Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban


Soal US/USBN BAHASA INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin berbagi Soal PAT/UKK BAHASA INDONESIA Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, berkaitan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs  Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :


Dengan semakin dekatnya Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan Ujian Sekolah (US/USBN) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PAT atau US/USBN untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun, Ujian Sekolah SMP/MTs Kurikulum 2013.


Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PAT, US/USBN Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK atau US/USBN dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.


Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.



Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN).

  1. Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
  2. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
  3. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
  4. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama tiga tahun.
  5. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
  6. Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  7. Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  8. Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.



Fungsi Ujian Sekolah (US/USBN).

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (US/USBN) :
  1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kelulusan Peserta Didik.
  2. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  3. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  4. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  5. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.



Materi soal US/USBN ini diambilkan dari kisi-kisi B INDONESIA SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.


Berikut admin tulis Soal US/USBN BAHASA INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13, dan untuk selengkapnya silahkan download file nya pada akhir postingan ini :

UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMP
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
LEMBAR SOAL

Mata Uji                              :      Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan             :      SMP
Hari/Tanggal                       :     
Waktu                                 :      120 Menit
Kurikulum Acuan                :      Kurikulum 2013

PETUNJUK UMUM
1. Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.
2.      Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUS.
3.     Jagalah LJUS agar tidak rusak, sobek ataupun terlipat.
4.      Jumlah soal sebanyak 40 butir Pilihan Ganda dan 5 Uraian.
5.      Periksa dan bacalah setiap butir soal sebelum Anda menjawabnya.
6.      Pilih jawaban yang benar dengan menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia.
7.    Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.
8.      Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
9.      Lembar soal tidak boleh dicoret-coret.
10.  Setiap bentuk kecurangan adalah pelanggaran.
11.  Berdoalah sebelum mengerjakan soal.


I.     PILIHAN GANDA

PETUNJUK KHUSUS:
Untuk soal nomor 1 sampai dengan 40, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan (l) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!


1.    Cermati kalimat berikut!
Banyak kalangan menyebut Rudy Hartono sebagai maestro bulu tangkis dunia.
Makna kata bergaris bawah adalah ....    
A.  orang yang hebat dalam bidang yang digeluti
B.  orang yang ahli dan berprestasi di bidang tertentu
C.  orang yang mempunyai nama besar karena kesuksesannya
D.  orang yang menjuarai suatu pertandingan dan tidak terkalahkan

Cermati kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.

2.    Ide pokok teks tersebut adalah ....
A.  manfaat jeruk nipis                                      C. campuran jeruk nipis
B.  kandungan jeruk nipis                                 D. cara penggunaan jeruk nipis

3.    Isi tersirat yang terdapat pada bagian teks tersebut adalah ....
A.  Jeruk nipis dapat dicampur dengan zat lainnya
B.  Jeruk nipis dapat ditanam di pekarangan rumah
C.  Jeruk nipis memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan
D.  Jeruk nipis lebih berkhasiat dibandingkan jeruk lainnya

4.    Cermati kutipan teks berikut!
Lukisan berjudul Kakak dan Adik karya Basuki Abdullah menggambarkan kesunyian dan kesedihan. Gambaran kesunyian diperkuat melalui ekspresi wajah jernih, tetapi tatapan mata yang kosong. Pakaian yang bersahaja dan berwarna gelap membuat sosok kakak beradik tampak diliputi kesedihan.

       Simpulan isi penggalan teks tanggapan tersebut adalah ....
A. Kesunyian dan kesedihan digambarkan Basuki Abdullah dalam lukisan berjudul Kakak dan Adik.
B. Lukisan berjudul Kakak dan Adik karya Basuki Abdullah merupakan karya bertema persaudaraan.
C. Pakaian bersahaja yang tergambar dalam lukisan berjudul Kakak dan Adik mampu memunculkan suasana sepi.
D. Basuki Abdullah mengekspresikan perasaan sedih melalui tatapan kosong sosok kakak beradik.


5.    Bacalah kutipan teks berikut!
Alkisah, karena merasa sudah mulai tua, seorang tukang kayu meminta izin kepada mandornya untuk pensiun. Lalu, sang mandor mengizinkannya, tetapi dengan syarat tukang kayu tua harus menyelesaikan satu proyek lagi. Yaitu, tukang kayu tua harus membuat bangunan sesuka hatinya.
Tukang kayu tua merasa jengkel setelah mengetahui proyek terakhirnya adalah pembangunan sebuah rumah. Sebab, penyelesaian pembangun rumah memakan waktu yang cukup lama. Ia pun bekerja malas-malasan dan membuat rumah dengan asal-asalan. Kualitas bahan-bahan yang digunakannya pun sangat rendah.
Ketika pembangunan rumah itu selesai, sang mandor mendatangi si tukang kayu tua dan berkata, “Rumah yang kau bangun ini adalah hadiah dariku untukmu. Terima kasih telah bekerja dengan baik.”

Tujuan penulis teks inspiratif tersebut adalah menyampaikan pesan kepada pembaca bahwa ....
A. generasi tua harus memberikan kesempatan kepada generasi muda
B. suatu pekerjaan harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh
C. keinginan akan terwujud apabila dilakukan dengan bekerja sama
D. seorang atasan harus mengabulkan semua permintaan bawahannya


Bacalah teks fabel berikut untuk menjawab soal nomor 6, 7, dan 8!
....  Kura-kura lalu meminta bantuan kepada monyet.
"Maukah kau membantuku memetik buah pisang ini?" tanya kura-kura.
"Aku bersedia, tetapi buah pisang itu nanti dibagi dua," jawab monyet.
"Baik!" jawab kura-kura. Monyet lalu memanjat pohon pisang kura-kura. Bau harum buah pisang menggoda selera monyet. la lupa akan janjinya. Kura-kura menunggu di bawah pohon pisang.
"Nyet, Nyet, mana pisang bagianku?" teriak kura-kura.
"Sebiji pun tidak ada," jawab monyet rakus.
"Nyet, ini pohon pisangku!" rengek kura-kura hampir menangis.
"Salah sendiri mengapa tidak bisa memanjat pohon!" ejek monyet.
Raut wajah Kura-kura memerah, ia mulai menangis. Hatinya sedih bercampur marah. la lalu menggoyang-goyang pohon pisang itu. Tiba-tiba .... bruk! Pohon pisang itu tumbang. Monyet itu jatuh. Dia mengerang kesakitan. Tubuhnya tertimpa batang pohon pisang.
"Ampun kura-kura, tolong aku! Aku menyesal ...” kata monyet.
Tetapi, kura-kura sudah berlalu. la mencari sahabat baru.
6.    Pernyataan yang sesuai dengan kutipan teks fabel tersebut adalah ...
A. Kura-kura bersedia membantu Monyet asalkan buah pisang hasil petiknya dibagi dua.
B. Kura-kura yang merasa sedih itu meninggalkan Monyet yang masih berada di atas pohon.
C. Monyet tidak memenuhi janji membagi pisang sehingga Kura-kura merasa sedih dan marah.
D. Monyet meminta Kura-kura menolong dirinya dan berjanji akan mengembalikan pisangnya.

7.    Makna simbol wajahnya merah pada teks fabel tersebut adalah ....
A. malu                         B. marah                      C. terharu                      D. senang

8.    Sebab terjadinya konflik pada teks fabel tersebut adalah ...
A. Monyet mengingkari janji.                          C. Kura-kura tidak mau berbagi hasil.
B. Kura-kura tidak menepati janji.                  D. Monyet membagi hasil panen pisang.

9.    Cermati peristiwa-peristiwa berikut!
(1)   Pemilik kedai menawari Bagus semangkuk mi.
(2)   Bagus turun dari kereta api dengan berdesak-desakkan.
(3)   Pemilik kedai merasa iba melihat keadaan Bagus.
(4)   Bagus merasa panik karena tidak dapat membayar air mineral yang telah diminumnya.
(5)   Bagus tidak menyadari dompet yang ia simpan di saku celananya dicuri.
Urutan peristiwa yang tepat adalah ... .
A. (2), (3), (5), (1), (4)                                     C. (3), (1), (2), (5), (2)
B. (2), (5), (4), (3), (1)                                     D. (3), (2), (1), (5), (4)

10. Bacalah teks berikut!
(1) Oding sedang berlibur di rumah kakeknya. Rumah itu besar dan tua. Ruang tamunya luas. Ruang tengahnya lebar. Kamar tidurnya banyak. Kakek dan Nenek tidur di kamar tengah. Kamar yang lainnya kosong. Rumah ini adalah rumah warisan.
(2) ”Mengapa tadi malam, kau mengigau?” tanya Kakek pada pagi harinya.
     ”Tidak, Kek, tidak mengigau. Benar-benar ada yang mempermainkan jendela.”
(3) ”Kau lihat sesuatu?”
(4) ”Tidak, Kek. Tapi, malam nanti Kakek tidur denganku, ya,” rajuk Oding.
Bukti tokoh Oding seorang yang penakut terdapat pada bagian … .
A. (1)                             B. (2)                          C. (3)                             D. (4)

11. Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Maya
:
Pokoknya, Ibu harus setuju!
Ibu
:
(menarik napas panjang kecewa) Dengan apa Ibu membayarnya?
Maya
:
(terkejut dan gugup) Kan, masih lama, Ibu.
Ibu
:
Biaya kursus cukup besar, Maya.
Maya
:
[…]
Ibu
:
(dengan tersenyum) Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan teks tersebut adalah ...
A. Coba kamu mengerti kondisi Ibu.               C. Iya deh, Maya turuti nasihat Ibu.
B. Kita sekarang lagi kesulitan.                       D. Baiklah Ibu akan beli yang baru.

12. Cermati kutipan teks berikut!
[…]
Bandi
:
Din, aku minta jawaban soal nomor 8 dan 9!
Andini
:
A dan D!
Ita
:
Kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa, Ban?
Bandi
:
10 A, 11 D, nomor 15 aku belum!
Adit
:
Huss, jangan kencang-kencang nanti pengawasnya dengar!
Ita
:
Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks drama tersebut adalah ....
A. Di Ruang 09 ulangan sedang berlangsung. Beberapa siswa tampak gelisah karena soal-soal yang dihadapinya sangat sulit. Sementara itu, Pak Rohsidin tengah sibuk mencatat administrasi ulangan.
B. Di Ruang 09 ulangan sedang berlangsung. Suasana sangat tegang karena tatapan mata Pak Rohsidin tak pernah lengah sedetik pun. Untunglah, soal-soal ulangan kali ini tidak terlalu sulit.
C. Beberapa siswa di Ruang 09 tampak gelisah karena soal-soal yang dihadapinya sangat sulit. Namun, ada hal yang melegakan. Pak Rohsidin pamit keluar sebentar karena ada sesuatu.
D. Ulangan sedang berlangsung. Suasana benar-benar hening. Para siswa tampak fokus pada soal yang dihadapinya. Pak Rohsidin duduk sambil sesekali melempar pandangan ke luar Ruang 09.

13.  Bacalah penggalan teks berikut!
dalam pengembaraanku yang ragu
kulipat sisa-sisa harapan
ketika pintu dan jendela menuju-Mu
tak lagi terbuka untukku
Pilihan kata yang tepat agar bait tersebut memiliki rima akhir yang sama adalah ....
A. kata ragu diganti dengan kata gamang
B. kata harapan diganti dengan kata pilu
C. kata kulipat diganti dengan kata kusimpan
D. kata terbuka diganti dengan kata tersisa

14. Cermati beberapa teks berikut!
(1)
Nuvo ciptakan hari-hari Anda tanpa kuman.
(2)
Ikutilah lomba dan workshop menyambut Bulan K3 Pertamina RU IV Balongan.
(3)
Sediakan selalu Energienis. Penambah energi dan sahabat sarapan pagi Anda.
(4)
Begitu banyak masalah akibat narkoba. Katakan Tidak untuk Narkoba!
Kalimat iklan yang bertujuan menyampaikan informasi yang mendidik khalayak ditandai dengan nomor ....
A. (1)                            B. (2)                          C. (3)                             D. (4)

15.  Cermati kedua kutipan teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengonfirmasi sekaligus membenarkan kabar kepulangan 12 mahasiswa Indonesia dari Wuhan, Tiongkok ke Tanah Air. Mereka dipulangkan dalam rangka evakuasi dari bahaya virus corona yang tengah mewabah di negara tersebut.
Kondisi Kota Wuhan seperti kota mati. Hal tersebut terjadi menyusul merebaknya virus corona di kota itu. Rio mengatakan, seluruh transportasi umum seperti kereta listrik dan bus sudah berhenti beroperasi. Otoritas setempat juga meminta penduduk tak keluar rumah jika tidak ada urusan mendesak.
Perbedaan pola penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
diawali dengan siapa
diawali dengan bagaimana
B.
diawali dengan siapa
diawali dengan kapan
C.
diawali dengan di mana
diawali dengan siapa
D.
diawali dengan di mana
diawali dengan mengapa
16. Cermati kalimat berikut!
Erick Thohir dipercaya sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano pada 2013 yang ke-21.
Perbaikan susunan kalimat tersebut adalah ....
A.  Erick Thohir dipercaya pada 2013 sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano yang ke-21.
B.  Erick Thohir sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano dipercaya yang ke-21 pada 2013
C.  Pada 2013 Erick Thohir dipercaya sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano yang ke-21.
D.  Pada 2013 Erick Thohir sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano dipercaya yang ke-21.

17. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)
(2)
(3)
(4)
Banjir berpotensi menyebabkan kerusakan pada kehidupan dan properti.
Pada saat terjadi hujan ringan, akan terlihat warna-warni bercahaya menuju cakrawala
Gempa tektonik disebabkan oleh pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak.
Letusan atau erupsi gunung berapi dapat menimbulkan berbagai bencana.
Kata bergaris bawah yang bersinonim terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)                                 B. (2)                          C. (3)                                 D. (4)

18. Cermati teks berikut!
Pada saat kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada makhluk kecil bersayap bernama nyamuk. Hal ini mungkin hal yang sepele bagi sebagian orang dan dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar. Namun, tahukah Anda jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternatif yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk. Cara membuatnya cukup sederhana dan bahan untuk membuatnya pun dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Judul yang tepat untuk melengkapi kutipan teks laporan hasil percobaan di atas adalah ....
A.  Cara Membuat Perangkap Alternatif dan Aman
B.  Cara Aman Membuat Cairan Pembasmi Nyamuk
C.  Cara Alternatif Membuat Nyamuk Terperangkap
D.  Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana

19. Cermati kerangka teks berikut!
Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
Bagian yang tepat untuk melengkapi kerangka pidato persuasif yang rumpang tersebut adalah ...
A.  b) Pengertian pergaulan bebas menurut para ahli
d) Dampak positif pergaulan bebas remaja
B.  b) Faktor penyebab pergaulan bebas remaja
d) Langkah mengantisipasi pergaulan bebas remaja
C.  b) Pendapat ahli tentang pergaulan bebas remaja
d) Tanggapan para remaja tentang fenomena pergaulan bebas
D.  b) Tanggapan para orangtua tentang fenomena pergaulan bebas
d) Pro dan kontra di masyarakat tentang fenomena pergaulan bebas

20. Cermati kutipan teks berikut!
OSIS SMP Wiralodra mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan parit, selokan, dan sampah di sekitar lingkungan. Kegiatan ini bertujuan agar lingkungan sekitar tetap sehat dan bersih.
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A.  Gotong royong menjalin kerja sama sesama warga.
B.  Lingkungan bersih dan sehat tanggung jawab kita bersama.
C.  Mari bersama-sama bergotong royong di lingkungan sekitar.
D.  Hidup sehat dan bersih merupakan cita-cita warga bersama.

21. Cermati ilustrasi berikut!
“Banjir bandang itu datang tiba-tiba menerjang wilayah Garut dan sekitarnya,” kata Dedi Erawan, salah seorang warga.
Variasi kalimat yang tepat dari teks tersebut adalah ...
A.  “Banjir bandang menerjang wilayah Garut dan sekitarnya,” kata Dedi Erawan, salah seorang warga yang datang tiba-tiba.
B.  Kata Dedi Erawan, “Seorang warga wilayah Garut dan sekitarnya menerjang Banjir bandang secara tiba-tiba,”
C.  Kata Dedi Erawan, salah seorang warga, “Wilayah Garut dan sekitarnya diterjang banjir bandang yang datang tiba-tiba.”
D.  Salah seorang warga, Dedi Erawan, secara tiba-tiba mengatakan wilayah Garut dan sekitarnya diterjang banjir bandang.

22. Cermati kerangka surat pribadi berikut!
Surat untuk Kakak Pelangi
(1)   Salam rindu, Kakak bagaimana kabarmu di sana?
(2)   Untuk Pelangi, Kakakku Tercinta, di Bandung
(3)   Indramayu, 10 Maret 2020
(4)   Isi tentang kerinduan adik pada kakak yang sedang kuliah di Bandung
(5)   Wassalamualaikum wr. wb.
(6)   Akhir kata, moga Kakak selalu dalam lindungan-Nya. 
(7)   dari Adikmu Tersayang, Dede Ayung
Urutan kerangka untuk penulisan surat pribadi yang tepat adalah adalah ....
A.  (1), (7), (6), (4), (5), (2), (3)                                   C. (2), (3), (1), (7), (5), (6), (4)
B.  (3), (2), (1), (4), (6), (5), (7)                                   D. (7), (2), (1), (3), (4), (6), (5)


Cermati teks diskusi berikut untuk menjawab soal nomor 23 s.d. 25 !
Dampak Bermain Game Online pada Anak
Istilah game online sudah tidak asing lagi bagi anak-anak dan remaja masa kini. Dengan daya jelajah internet yang sangat luas dan tanpa batas, game online sudah bisa dinikmati kapan pun dan di mana pun. Dampaknya pun kini mulai dirasakan banyak pihak. ( .... ) Akan tetapi, banyak juga pihak yang berpendapat bahwa game online juga memiliki sisi positif. Dengan demikian, game online kini menimbulkan pro-kontra di masyarakat.

23. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ...
A.  Ada pihak yang beranggapan bahwa game online banyak menimbulkan dampak negatif.
B.  Anak-anak dan remaja pun kini bisa bermain game online melalui telepon genggam mereka.
C.  Karena itu, persoalan ini tentunya memerlukan perhatian dan pengawasan dari para orang tua.
D.  Terutama para orang tua yang memiliki anak remaja yang setiap hari gemar bermain game online.

24. Variasi judul yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A.  Pengaruh Bermain Game Online Bersama Anak
B.  Hubungan Game Online dan Anak di Masyarakat
C.  Pro dan Kontra Pengaruh Game Online pada Anak
D.  Dampak Anak yang Bermain Game Online di Masyarakat 

25. Berdasarkan teks diskusi tersebut, pernyataan argumen kontra/ menentang yang paling tepat adalah ...
A. Game online bisa dijadikan aktivitas untuk refreshing. Anak yang baru pulang sekolah dapat menghilangkan rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran. Dengan game online, mereka bisa melepaskan kepenatan sambil bermain game online.
B. Bermain game online dianggap dapat meningkatkan kreativitas anak. Mereka akan berimajinasi tentang hal-hal baru, mendapatkan ide menarik untuk menyelesaikan tugas dari gurunya di sekolah, dan menciptakan sesuatu dari ide kreatifnya setelah bermain game online.
C. Saat bermain game online, anak berlatih untuk bersabar dan tidak pantang menyerah. Karena, ada beberapa jenis game yang bisa memancing emosi sang anak. Pada saat itulah anak diuji untuk dapat mengendalikan emosinya, agar bisa memenangkan gamenya.
D. Bermain game online dapat menyebabkan kecanduan. Mereka yang ketagihan akan terus berusaha mendapatkan skor terbanyak dan mencapai level tertinggi sehingga tidak akan meninggalkan game tersebut. Jika ditinggalkan mereka akan terus memikirkan game itu, entah sampai kapan.

26. Cermati ilustrasi berikut!
Seorang siswa diminta membuat teks dengan judul Upaya Mengatasi Kecanduan Terhadap Game Online pada Remaja.
       Susunan kerangka isi teks yang paling tepat sesuai dengan judul tersebut adalah ....
A.  1) Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja
2) Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja
3) Tips mengantisipasi kecanduan game online bagi remaja
4) Pentingnya mengatasi masalah kecanduan game online pada remaja
B. 1) Fenomena maraknya kecanduan game online pada remaja
2) Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja
3) Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja
4) Tips mengantisipasi kecanduan game online pada remaja
C. 1) Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja
2) Fenomena maraknya kecanduan game online pada remaja
3) Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja
4) Tips mengantisipasi kecanduan game online pada remaja
D. 1) Latar belakang timbulnya kecanduan game online pada remaja
2) Tips mengantisipasi kecanduan game online pada remaja
3) Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja
4) Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja

27. Bacalah data-data berikut!
(1)  Sungai Serayu bersih dan alami.
(2)  Airnya jernih dan pemandangannya indah.
(3)  Di pinggir sungai terdapat bebatuan.
Teks laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah …
A.  Sungai Serayu tampak bersih dan alami. Sungai itu berair jernih. Pemandangan di sekitar sungai pun tampak indah. Tidak terdapat sampah sedikit pun di sekitar sungai itu. Di pinggirnya, terdapat bebatuan yang ditumpuk rata dan rapi. Orang-orang yang biasanya mancing di sekitar sungai itu biasanya duduk-duduk di atas batu tersebut.
B.  Semua orang mengetahui kalau Sungai Serayu itu bersih dan alami. Sungai tersebut terlihat bersih dan alami karena selalu dibersihkan. Oleh karena itu, setiap hari banyak sekali orang yang datang ke sana untuk memancing.                             
C.  Sungai Serayu tampak bersih. Walaupun air sungai ini jernih dan tidak ada sampah sedikit pun, tetapi tampak kurang indah. Di pinggirnya terdapat bebatuan yang ditumpuk ala kadarnya dan tidak rapi. Orang-orang yang memancing di sekitar sungai itu biasanya duduk-duduk di atas batu tersebut.
D.  Sungai Serayu merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Sungai yang berhulu di dataran tinggi Dieng dan memiliki panjang sekitar 30 km ini melintasi lima kabupaten, di Jawa Tengah.

28. Cermati teks berikut!
Irfan anak dari keluarga yang kaya. Ia pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa saja. Sikap Irfan tersebut membuat teman- temannya suka kepadanya. Irfan memang anak yang [ ...].
       Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A.  besar hati                  B. rendah hati             C. besar kepala              D. hati emas

29. Cermati kutipan teks pantun yang rumpang berikut!
(1)      Ke pasar membeli roti tawar
(2)       ...
(3)      Kalau ingin bertambah pintar
(4)       ...
       Larik yang tepat untuk melengkapi bagian teks pantun tersebut adalah ...
A.  (2) Belikan aku sekilo duku                        C. (2) Pulangnya jemput adik dahulu
(4) Bantulah aku bawakan buku                      (4) Jangan lupa tuk belajar selalu
B.  (2) Jangan lupa beli pepaya                         D. (2) Kayu bakar dibuat arang
(4) Jangan lupa bahagia                                   (4) Banyaklah minta nasihat orang

30. Cermati teks berikut!
Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur. Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer. Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya telah menguning untuk siap panen. [ ... ] Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin lebih lama tinggal bersama Bibi Ani.
       Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.  Sungai di sekitar pegunungan itu sering menyebabkan banjir.
B.  Sungai yang ada di sekitar pegunungan itu sangat dalam.
C.  Sungai di dekat gunung itu sangat kotor dan penuh sampah.
D.  Sungai di kaki gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki gunung.

31. Cermati teks berikut!
Jenis-Jenis Minuman
Minuman adalah segala sesuatu yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cair. Minuman dapat dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, penggunaan pewarna, dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut.
       Berdasarkan strukturnya, kutipan teks laporan tersebut terdapat pada bagian ....
A.  definisi umum                                              C. deskripsi bagian
B.  definisi bagian                                             D. deskripsi manfaat

32. Cermati teks berikut!
(1) Dengarkan angin mengusir batang-batang padi
(2) Sebelum matahari terbenam
(3) Dengarkan senandung di balik jendela
(4) Sebelum keadaan sepi dan sunyi
(5) Rumah kecil, bukalah pintu pagarmu
Larik yang bermajas sama dalam puisi tersebut ditandai dengan nomor ....
A.  (1) dan (2)               B. (1) dan (3)               C. (1) dan (4)                  D. (1) dan (5)

33. Cermati kalimat berikut!
Kami harus membaca berulang-ulang puisi Derai-Derai Cemara dalam buku antologi puisi Deru Campur Debu karya Chairil Anwar, karena maknanya yang begitu mendalam.
       Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut tidak tepat karena ...
A.  tanda petik (“...”) tidak digunakan pada penulisan judul puisi.
B.  tanda titik (.) tidak digunakan pada penulisan kalimat majemuk
C.  tanda hubung (-) tidak digunakan jika yang diulang bukan kata dasar.
D.  tanda koma (,) tidak digunakan jika induk kalimat mendahului anak kalimat.

34. Cermati kutipan teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Karimunjawa di Jepara berada di sebelah utara Pulau Jawa. Lokasi wisata bahari yang satu ini sejak dulu sudah menjadi salah satu alternatif liburan yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Fasilitas di sana sangat lengkap. Bahkan, banyak juga backpacker yang berani untuk berwisata ke sana dengan budget rendah.
Kota Batu identik sebagai Kota Apel. Karena besarnya jumlah pengunjung untuk berwisata di Kota Batu, potensi perkebunan apel juga dikembangkan sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar. Saat ini, perkebunan apel yang tersebar di Kota Batu telah menjadi salah satu objek wisata favorit, terutama bagi wisatawan lokal.
       Persamaan isi kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. menggambarkan objek wisata domestik
B. membahas penelitian pengembang wisata
C. menguraikan jenis wisata bahari di Jawa
D. menjelaskan ketertarikan wisatawan luar negeri

35. Cermati kutipan cerita berikut!
Motorku melaju dengan cepat, suara ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga aku tergelincir. Motorku masih di atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. Tidak begitu dalam, tetapi sulit untukku naik ke atas karena jurang itu berbentuk sudut 90 derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali. 
       Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ….
A. akhir cerita mengejutkan sehingga memberikan kesan mendalam
B. isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk lebih berhati-hati
C. banyak menggunakan kata-kata ungkapan, majas, dan kiasan
D. bagian akhir ceritanya biasa dan mudah ditebak oleh pembaca

36. Cermati teks berikut!
Pembakaran merupakan reaksi oksidasi yang (...) energi dalam bentuk panas. Ketika suatu zat terbakar, zat tersebut bergabung dengan oksigen untuk (...) oksida. Sebagian besar bahan bakar, seperti kayu, gas, dan bensin mengandung hidrogen dan karbon.
       Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. dikeluarkan, dibentuk                                      C.   mengeluarkan, membentuk
B. pengeluaran, terbentuk                                     D.  keluarkan, pembentukan

37. Cermati teks berikut!
Petunjuk Menulis Resensi Buku
1.    Meringkas atau mencatat bagian-bagian penting isi buku
2.    Mendaftar bagian-bagian yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku.
3.    Mendata identitas buku yang dibaca.
4.    Memadukan rangkuman dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang utuh.
5.    Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku.
       Urutan petunjuk yang tepat adalah ....
A. (3) – (1) – (2) – (5) – (4)                                  C. (4) – (2) – (1) – (5) – (3)
B. (3) – (1) – (4) – (2) – (5)                                  D. (5) – (2) – (4) – (3) – (1)

38. Cermati kutipan cerpen berikut!
Kata-kata si pegawai itu memberondong cepat bagai peluru yang mendesing memerahkan daun telinga laki-laki kurus itu. Biji mata laki-laki itu melotot berputar-putar cepat seolah-olah ...
       Majas yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. hendak menatap sekeling orang yang mencemoohnya
B. hendak memandang tatapan siapapun yang ada di sana
C. hendak mengawasi gerak-gerik teman-temannya
D. hendak melompat keluar dari kedua matanya

39. Cermati teks berikut!
Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua orang, tanpa terkecuali. Oleh sebab itu, setiap orang wajib menjaga kelestarian lingkungan. Termasuk juga peran Dinas Kehutanan yang bertugas menjaga kelestarian hutan. Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri.
       Alasan kesalahan yang terdapat pada bagian teks tersebut adalah ....
A. ada penggunaan kata penghubung antarkalimat yang salah.
B. kesalahan penempatan salah satu tanda baca titik dan koma.
C. terdapat salah satu bagian kalimat yang tidak padu
D. beberapa pilihan kata yang tidak sesuai dan tidak tepat.

40.  Cermati teks berikut!
Minum air garam yang sudah ditakar bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi air garam, proses methabolisasi terbantu sehingga air bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Air garam bisa menstimulasi sisteam sekresi usus sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Air garam yang diperlukan tubuh manusia setiap hari paling tidak sebanyak 8 gram. Minum air garam yang cukup dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat terhindar dari penyakit cronis.
       Perbaikan yang tepat terhadap kata bercetak miring pada teks tersebut adalah ....
A. metabolisme, sistim, khronis                           C.  metabolisme, sistem, kronis
B. methabolisme, sistem, chronis                         D.  methabolisme, sistim, kronis




II.   URAIAN
Jawablah dengan singkat dan jelas!

41.  Cermati teks berikut!
Hingga suatu hari, Mang Doir pergi ke ladangnya. Celananya robek terkena pohon berduri. Lalu, Mang Doir mencabut tanaman berduri itu. Hal itu dilakukannya agar duri di pohon itu tak mengenai orang lain yang lewat. Saat Mang Doir mencabut tanaman itu, ia melihat sebuah kendi berisi uang perak yang tertanam di hawah tanaman tersebut. Alangkah senang hatinya.
       Ubahlah kutipan cerpen tersebut menjadi sudut pandang orang pertama!

42.  Cermati teks berikut!
Ribuan massa dari berbagai elemen turut serta dalam kegiatan Bersih-bersih Sungai Cimanuk. Dengan menggunakan peralatan kebersihan seperti sapu, sekop, karung, dan lain sebagainya, para peserta mengumpulkan sampah yang berserakan di sekitar Sungai Cimanuk, Kabupaten Indramayu, Sabtu (22/2). Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat lebih peduli pada sampah dan kelestarian lingkungan.

Tentukan unsur adik simba (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) sesuai dengan kutipan teks berita tersebut!

43. Cermati teks cerita inspiratif berikut!
Kisah Putri dan Semangkuk Baso
Hari ini Putri berulang tahun yang ke-14. Biasanya di hari ulang tahun Putri, ibu akan memasak makanan kesukaannya dan ayah akan memberikan hadiah. Begitu bel pulang sekolah berbunyi, Putri langsung bergegas pulang, berharap kejutan dari orang tuanya.
Tapi, hari itu ternyata adik Putri sedang sakit. Otomatis, sirnalah harapan Putri untuk makan makanan kesukaannya. Putri kesal pada orangtuanya karena merasa tidak diperhatikan. Ia lalu pergi dari rumah menuju ke taman sambil marah-marah. Tidak lama kemudian, perutnya mulai melilit karena lapar. Saat itu hanya ada tukang bakso keliling yang berjualan di taman. Putri pun mendekati tukang bakso itu, sayangnya ia tak memiliki uang. Melihat wajah Putri yang memelas, tukang bakso itu menawarinya semangkuk bakso gratis. Sambil memakan semangkuk bakso itu, tiba-tiba air mata putri menetes.
Abang tukang bakso pun bertanya, “Kenapa nangis, Neng?”
“Sebenarnya ini hari ulang tahunku,. Aku terharu, Abang yang baru kenal malah baik banget,” jawab Putri, “orang tuaku malah ngga peduli.”
“Ya, kalo Abang yang baru kasih Neng makan sekali aja udah bikin terharu, apalagi orang tua Neng yang udah bertahun-tahun kasih makan. Jangan ngeremehin orang tua sendiri Neng, nanti nyesel loh!” kata abang tukang bakso.
Putri pun tersadar setelah mendengarkan nasihat abang bakso itu dan ia lalu segera pulang. Sampai di rumah ia meminta maaf pada ibunya.
[…]

       Tulislah bagian koda atau pesan moral teks cerita inspiratif tersebut!


44. Cermatilah teks berikut!
terlepas dari beberapa kekurangan kekurangan yang ada buku karya juaningsih ini layak digunakan untuk mengajari semua anak anak tentang konsep ilmu bahasa secara sangat menyenangkan sekali
Tulislah kembali tersebut sehingga menjadi kalimat yang efektif dengan memperhatikan penulisan huruf dan tanda baca!


45. Cermatilah teks berikut!
“Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan ke sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?”
“Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.”
Nada terdiam.
Tulislah teks dialog drama berdasarkan teks cerpen di atas dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan antar dialog, ejaan, dan tanda baca!



*** Selamat Mengerjakan ***



Bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada link berikut ini :
  • Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Kunci Jawaban US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13 (DISINI)




Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, mohon maklum adanya karena admin hanya berbagi soal latihan Ujian Sekolah bertujuan untuk menjadikannya sebagai referensi belajar.



Demikian yang dapat admin sampaikan terkait Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

2 komentar untuk "Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"