Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal US/USBN BAHASA INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
– Sebelumnya admin berbagi Soal PAT/UKK BAHASA INDONESIA Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, berkaitan hal itu admin menindaklanjutinya dengan
berbagi kembali Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :
Dengan semakin dekatnya Penilaian
Akhir Tahun (PAT) dan Ujian Sekolah (US/USBN) yang akan sebentar lagi
dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PAT atau
US/USBN untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan
menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun, Ujian Sekolah
SMP/MTs Kurikulum 2013.
Surat Edaran yang baru-baru ini di
publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal
PAT, US/USBN Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan
harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking
Skills). Oleh karena itu sengaja admin
berbagi Soal PAT/UKK atau US/USBN dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan
guru, langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan
berikut ini.
Setiap Sekolah wajib melakukan
perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian
hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif
dan efisien serta kondusif.
Tujuan
pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN).
- Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama tiga tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi
Ujian Sekolah (US/USBN).
Dibawah ini merupakan beberapa
fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (US/USBN) :
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kelulusan Peserta Didik.
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Materi soal US/USBN ini diambilkan dari kisi-kisi B INDONESIA SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal
berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian
pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.
Berikut admin tulis Soal US/USBN BAHASA INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13, dan untuk selengkapnya silahkan download file nya pada
akhir postingan ini :
UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMP
TAHUN PELAJARAN
2019/2020
LEMBAR SOAL
Mata Uji : Bahasa
Indonesia
Satuan Pendidikan : SMP
Hari/Tanggal :
Waktu : 120 Menit
Kurikulum Acuan : Kurikulum 2013
PETUNJUK UMUM
|
1. Isikan
identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.
2.
Hitamkan bulatan di depan nama
mata ujian pada LJUS.
3. Jagalah LJUS agar tidak rusak,
sobek ataupun terlipat.
4.
Jumlah soal sebanyak 40 butir
Pilihan Ganda dan 5 Uraian.
5.
Periksa dan bacalah setiap butir
soal sebelum Anda menjawabnya.
6.
Pilih jawaban yang benar dengan
menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia.
7. Laporkan
kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak
atau tidak lengkap.
8.
Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum
diserahkan kepada pengawas ujian.
9.
Lembar soal tidak boleh
dicoret-coret.
10. Setiap bentuk kecurangan adalah pelanggaran.
11. Berdoalah sebelum mengerjakan soal.
|
I. PILIHAN GANDA
PETUNJUK KHUSUS:
Untuk soal nomor 1 sampai
dengan 40, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan (l) pada huruf A, B,
C atau D pada lembar jawaban!
1. Cermati
kalimat berikut!
Banyak kalangan menyebut Rudy
Hartono sebagai maestro bulu tangkis dunia.
|
Makna kata bergaris bawah adalah ....
A. orang yang hebat dalam bidang yang digeluti
B. orang yang ahli dan
berprestasi
di bidang tertentu
C. orang yang mempunyai
nama
besar
karena kesuksesannya
D.
orang yang menjuarai suatu pertandingan dan tidak terkalahkan
Cermati kutipan
teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
Ternyata
jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan
berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot
pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu
dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan
madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.
|
2.
Ide pokok teks tersebut adalah ....
A. manfaat jeruk nipis C.
campuran jeruk nipis
B. kandungan jeruk nipis D.
cara penggunaan jeruk
nipis
3.
Isi tersirat yang terdapat pada bagian
teks tersebut adalah ....
A.
Jeruk nipis dapat dicampur dengan zat lainnya
B.
Jeruk nipis dapat ditanam di pekarangan
rumah
C.
Jeruk nipis memiliki khasiat untuk
menjaga kesehatan
D.
Jeruk nipis lebih berkhasiat
dibandingkan jeruk lainnya
4. Cermati
kutipan teks berikut!
Lukisan
berjudul Kakak dan Adik karya Basuki Abdullah menggambarkan kesunyian dan kesedihan. Gambaran kesunyian
diperkuat melalui ekspresi wajah jernih, tetapi tatapan mata yang kosong.
Pakaian yang bersahaja dan berwarna gelap membuat sosok kakak beradik tampak
diliputi kesedihan.
|
Simpulan isi penggalan teks
tanggapan tersebut adalah ....
A. Kesunyian
dan kesedihan digambarkan Basuki Abdullah
dalam lukisan berjudul Kakak dan Adik.
B. Lukisan berjudul Kakak dan Adik karya Basuki
Abdullah merupakan karya bertema persaudaraan.
C. Pakaian
bersahaja yang tergambar dalam lukisan berjudul Kakak dan Adik mampu memunculkan suasana sepi.
D. Basuki Abdullah mengekspresikan perasaan sedih melalui tatapan kosong sosok
kakak beradik.
5.
Bacalah kutipan teks berikut!
Alkisah, karena merasa sudah mulai tua, seorang tukang
kayu meminta izin kepada mandornya untuk pensiun. Lalu, sang mandor
mengizinkannya, tetapi dengan syarat tukang kayu tua harus menyelesaikan satu
proyek lagi. Yaitu, tukang kayu tua harus membuat bangunan sesuka hatinya.
Tukang kayu tua merasa jengkel setelah mengetahui
proyek terakhirnya adalah pembangunan sebuah rumah. Sebab, penyelesaian
pembangun rumah memakan waktu yang cukup lama. Ia pun bekerja malas-malasan dan membuat rumah dengan asal-asalan.
Kualitas bahan-bahan yang digunakannya pun sangat rendah.
Ketika pembangunan rumah itu selesai, sang mandor
mendatangi si tukang kayu tua dan berkata, “Rumah yang kau bangun ini adalah
hadiah dariku untukmu. Terima kasih telah bekerja dengan baik.”
|
Tujuan
penulis teks inspiratif tersebut adalah menyampaikan pesan kepada pembaca bahwa
....
A. generasi
tua harus memberikan kesempatan kepada generasi muda
B. suatu pekerjaan harus
dilaksanakan secara sungguh-sungguh
C. keinginan akan
terwujud apabila dilakukan dengan bekerja sama
D. seorang atasan harus
mengabulkan semua permintaan bawahannya
Bacalah
teks fabel berikut untuk menjawab soal nomor 6, 7, dan 8!
.... Kura-kura lalu meminta bantuan kepada monyet.
"Maukah kau
membantuku memetik buah pisang ini?" tanya kura-kura.
"Aku bersedia,
tetapi buah pisang itu nanti dibagi dua," jawab monyet.
"Baik!" jawab
kura-kura. Monyet lalu memanjat pohon pisang kura-kura. Bau harum buah pisang
menggoda selera monyet. la lupa akan janjinya. Kura-kura menunggu di bawah
pohon pisang.
"Nyet, Nyet, mana
pisang bagianku?" teriak kura-kura.
"Sebiji pun tidak
ada," jawab monyet rakus.
"Nyet, ini pohon
pisangku!" rengek kura-kura hampir menangis.
"Salah sendiri
mengapa tidak bisa memanjat pohon!" ejek monyet.
Raut
wajah Kura-kura memerah, ia mulai menangis. Hatinya sedih bercampur marah. la
lalu menggoyang-goyang
pohon pisang itu. Tiba-tiba .... bruk! Pohon pisang itu tumbang. Monyet itu
jatuh. Dia mengerang kesakitan. Tubuhnya tertimpa batang pohon pisang.
"Ampun kura-kura,
tolong aku! Aku menyesal ...” kata monyet.
Tetapi, kura-kura sudah berlalu. la mencari sahabat
baru.
|
6. Pernyataan
yang sesuai dengan kutipan teks fabel tersebut adalah ...
A. Kura-kura bersedia membantu
Monyet asalkan buah pisang hasil petiknya dibagi dua.
B. Kura-kura yang merasa
sedih itu meninggalkan Monyet yang masih berada di atas pohon.
C. Monyet tidak memenuhi
janji membagi pisang sehingga Kura-kura merasa sedih dan marah.
D. Monyet meminta
Kura-kura menolong dirinya dan berjanji akan mengembalikan pisangnya.
7. Makna simbol wajahnya
merah pada teks fabel tersebut adalah ....
A. malu B.
marah C.
terharu D.
senang
8. Sebab terjadinya konflik pada teks
fabel tersebut adalah ...
A. Monyet mengingkari janji. C.
Kura-kura tidak mau berbagi hasil.
B. Kura-kura tidak menepati janji. D.
Monyet membagi hasil panen pisang.
9. Cermati
peristiwa-peristiwa berikut!
(1)
Pemilik kedai menawari Bagus semangkuk mi.
(2)
Bagus turun dari kereta api dengan berdesak-desakkan.
(3)
Pemilik kedai merasa iba melihat keadaan Bagus.
(4)
Bagus merasa panik karena tidak dapat membayar air mineral yang telah
diminumnya.
(5) Bagus
tidak menyadari dompet yang ia simpan di saku celananya dicuri.
|
Urutan
peristiwa yang tepat adalah ... .
A. (2), (3), (5), (1), (4) C.
(3), (1), (2), (5), (2)
B. (2), (5), (4), (3), (1) D.
(3), (2), (1), (5), (4)
10. Bacalah
teks berikut!
(1)
Oding sedang berlibur di rumah kakeknya. Rumah itu besar dan tua. Ruang
tamunya luas. Ruang tengahnya lebar. Kamar tidurnya banyak. Kakek dan Nenek
tidur di kamar tengah. Kamar yang lainnya kosong. Rumah ini adalah rumah
warisan.
|
(2)
”Mengapa tadi malam, kau mengigau?” tanya Kakek pada pagi harinya.
|
”Tidak, Kek, tidak mengigau. Benar-benar ada yang mempermainkan jendela.”
|
(3)
”Kau lihat sesuatu?”
|
(4) ”Tidak,
Kek. Tapi, malam nanti Kakek tidur denganku, ya,” rajuk Oding.
|
Bukti
tokoh Oding seorang yang penakut terdapat pada bagian … .
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)
11. Perhatikan
kutipan teks drama berikut!
Maya
|
:
|
Pokoknya, Ibu harus setuju!
|
Ibu
|
:
|
(menarik napas panjang kecewa) Dengan
apa Ibu membayarnya?
|
Maya
|
:
|
(terkejut dan gugup) Kan, masih lama,
Ibu.
|
Ibu
|
:
|
Biaya kursus cukup besar, Maya.
|
Maya
|
:
|
[…]
|
Ibu
|
:
|
(dengan tersenyum)
Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.
|
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan
teks tersebut adalah ...
A. Coba kamu mengerti kondisi Ibu. C.
Iya deh, Maya turuti nasihat Ibu.
B. Kita sekarang lagi kesulitan. D.
Baiklah Ibu akan beli yang baru.
12. Cermati
kutipan teks berikut!
[…]
|
||
Bandi
|
:
|
Din, aku minta jawaban soal nomor
8 dan 9!
|
Andini
|
:
|
A dan D!
|
Ita
|
:
|
Kalau soal nomor 10, 11, dan 15
jawabannya apa, Ban?
|
Bandi
|
:
|
10 A, 11 D, nomor 15 aku belum!
|
Adit
|
:
|
Huss, jangan kencang-kencang nanti
pengawasnya dengar!
|
Ita
|
:
|
Soalnya
sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi kutipan teks drama tersebut adalah ....
A. Di
Ruang 09 ulangan sedang berlangsung. Beberapa siswa tampak gelisah karena soal-soal
yang dihadapinya sangat sulit. Sementara itu, Pak Rohsidin tengah sibuk
mencatat administrasi ulangan.
B. Di
Ruang 09 ulangan sedang berlangsung. Suasana sangat tegang karena tatapan mata
Pak Rohsidin tak pernah lengah sedetik pun. Untunglah, soal-soal ulangan kali
ini tidak terlalu sulit.
C. Beberapa
siswa di Ruang 09 tampak gelisah karena soal-soal yang dihadapinya sangat
sulit. Namun, ada hal yang melegakan. Pak Rohsidin pamit keluar sebentar karena
ada sesuatu.
D. Ulangan
sedang berlangsung. Suasana benar-benar hening. Para siswa tampak fokus pada
soal yang dihadapinya. Pak Rohsidin duduk sambil sesekali melempar pandangan ke
luar Ruang 09.
13. Bacalah
penggalan teks berikut!
dalam
pengembaraanku yang ragu
kulipat
sisa-sisa harapan
ketika
pintu dan jendela menuju-Mu
tak lagi
terbuka untukku
|
Pilihan
kata yang tepat agar bait tersebut memiliki rima akhir yang sama adalah ....
A.
kata ragu diganti dengan kata gamang
B. kata harapan diganti dengan kata pilu
C. kata kulipat
diganti dengan kata kusimpan
D. kata terbuka
diganti dengan kata tersisa
14. Cermati
beberapa teks berikut!
(1)
|
Nuvo ciptakan hari-hari Anda
tanpa kuman.
|
(2)
|
Ikutilah
lomba dan workshop menyambut Bulan K3 Pertamina RU IV Balongan.
|
(3)
|
Sediakan
selalu Energienis. Penambah energi dan sahabat sarapan pagi
Anda.
|
(4)
|
Begitu banyak masalah
akibat narkoba. Katakan Tidak untuk Narkoba!
|
Kalimat
iklan yang bertujuan menyampaikan informasi yang mendidik khalayak ditandai
dengan nomor ....
A.
(1) B. (2) C. (3) D.
(4)
15. Cermati
kedua kutipan teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengonfirmasi
sekaligus membenarkan kabar kepulangan 12 mahasiswa Indonesia dari Wuhan,
Tiongkok ke Tanah Air. Mereka dipulangkan dalam rangka evakuasi dari bahaya virus
corona yang tengah mewabah di negara tersebut.
|
Kondisi Kota Wuhan seperti kota mati. Hal tersebut
terjadi menyusul merebaknya virus corona di kota itu. Rio mengatakan,
seluruh transportasi umum seperti kereta listrik dan bus sudah berhenti
beroperasi. Otoritas setempat juga meminta penduduk tak keluar rumah jika
tidak ada urusan mendesak.
|
Perbedaan pola
penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah ....
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A.
|
diawali
dengan siapa
|
diawali
dengan bagaimana
|
B.
|
diawali
dengan siapa
|
diawali
dengan kapan
|
C.
|
diawali
dengan di mana
|
diawali
dengan siapa
|
D.
|
diawali
dengan di mana
|
diawali
dengan mengapa
|
16. Cermati
kalimat berikut!
Erick
Thohir dipercaya sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano pada 2013
yang ke-21.
|
Perbaikan
susunan kalimat tersebut adalah ....
A.
Erick Thohir dipercaya pada 2013 sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano
yang ke-21.
B.
Erick Thohir sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano
dipercaya yang ke-21 pada 2013
C.
Pada 2013 Erick Thohir dipercaya sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano yang
ke-21.
D.
Pada 2013 Erick Thohir sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano
dipercaya yang ke-21.
17. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1)
(2)
(3)
(4)
|
Banjir berpotensi menyebabkan kerusakan pada
kehidupan dan properti.
Pada saat terjadi hujan ringan, akan terlihat
warna-warni bercahaya menuju cakrawala.
Gempa tektonik disebabkan oleh pergeseran
lempeng-lempeng tektonik secara mendadak.
Letusan atau erupsi gunung berapi dapat menimbulkan
berbagai bencana.
|
Kata
bergaris bawah yang bersinonim terdapat pada kalimat bernomor ....
A.
(1) B. (2) C. (3) D.
(4)
18. Cermati teks berikut!
Pada saat kita tidur, baik siang maupun
malam hari, selalu saja ada makhluk kecil bersayap bernama nyamuk. Hal ini mungkin hal yang sepele bagi sebagian
orang dan dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk
yang banyak beredar di pasar. Namun, tahukah Anda jika cairan pembasmi
tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan
kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternatif yang lebih
aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk. Cara membuatnya cukup sederhana
dan bahan untuk membuatnya pun dapat kita temukan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Judul
yang tepat untuk melengkapi kutipan teks laporan hasil percobaan di atas adalah
....
A. Cara
Membuat Perangkap Alternatif dan Aman
B. Cara
Aman Membuat Cairan Pembasmi Nyamuk
C. Cara
Alternatif Membuat Nyamuk Terperangkap
D. Cara
Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana
19.
Cermati kerangka teks berikut!
Bagian yang tepat untuk
melengkapi kerangka pidato persuasif yang rumpang tersebut adalah ...
A. b)
Pengertian pergaulan bebas menurut para ahli
d)
Dampak positif pergaulan bebas remaja
B. b)
Faktor penyebab pergaulan bebas remaja
d)
Langkah mengantisipasi pergaulan bebas remaja
C. b)
Pendapat ahli tentang pergaulan bebas remaja
d)
Tanggapan para remaja tentang fenomena pergaulan bebas
D. b)
Tanggapan para orangtua tentang fenomena pergaulan bebas
d)
Pro dan kontra di masyarakat tentang fenomena pergaulan bebas
20. Cermati
kutipan teks berikut!
OSIS
SMP Wiralodra mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan parit, selokan,
dan sampah di sekitar lingkungan. Kegiatan ini bertujuan agar lingkungan sekitar
tetap sehat dan bersih.
|
Slogan
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Gotong
royong menjalin kerja sama sesama warga.
B. Lingkungan
bersih dan sehat tanggung jawab kita bersama.
C. Mari
bersama-sama bergotong royong di lingkungan sekitar.
D. Hidup
sehat dan bersih merupakan cita-cita warga bersama.
21. Cermati
ilustrasi berikut!
“Banjir bandang itu datang tiba-tiba
menerjang wilayah Garut dan sekitarnya,” kata Dedi Erawan, salah seorang
warga.
|
Variasi
kalimat yang tepat dari teks tersebut adalah ...
A.
“Banjir bandang menerjang wilayah Garut
dan sekitarnya,” kata Dedi Erawan, salah seorang warga yang datang tiba-tiba.
B.
Kata Dedi Erawan, “Seorang warga wilayah
Garut dan sekitarnya menerjang Banjir bandang secara tiba-tiba,”
C.
Kata Dedi Erawan, salah seorang warga,
“Wilayah Garut dan sekitarnya diterjang banjir bandang yang datang tiba-tiba.”
D.
Salah seorang warga, Dedi Erawan, secara
tiba-tiba mengatakan wilayah Garut dan sekitarnya diterjang banjir bandang.
22. Cermati
kerangka surat pribadi berikut!
Surat untuk Kakak Pelangi
(1) Salam rindu, Kakak bagaimana kabarmu di sana?
(2) Untuk Pelangi, Kakakku Tercinta, di Bandung
(3) Indramayu, 10 Maret 2020
(4) Isi tentang kerinduan adik pada kakak yang sedang kuliah
di Bandung
(5) Wassalamualaikum wr. wb.
(6) Akhir kata, moga Kakak selalu dalam lindungan-Nya.
(7)
dari Adikmu Tersayang, Dede Ayung
|
Urutan kerangka untuk penulisan surat pribadi yang tepat adalah
adalah ....
A. (1), (7), (6), (4), (5), (2), (3) C.
(2), (3), (1), (7), (5), (6), (4)
B. (3), (2), (1), (4), (6), (5), (7) D.
(7), (2), (1), (3), (4), (6), (5)
Cermati teks diskusi berikut untuk menjawab soal nomor 23 s.d. 25
!
Dampak Bermain Game Online
pada Anak
Istilah game online sudah tidak asing lagi bagi
anak-anak dan remaja masa kini. Dengan daya jelajah internet yang sangat luas dan tanpa batas, game online sudah bisa
dinikmati kapan pun dan di mana pun. Dampaknya pun kini mulai dirasakan banyak pihak. ( .... ) Akan tetapi, banyak
juga pihak yang berpendapat bahwa game online juga memiliki sisi positif. Dengan demikian, game online kini
menimbulkan pro-kontra di masyarakat.
|
23. Kalimat
yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah
...
A. Ada
pihak yang beranggapan bahwa game online banyak menimbulkan dampak
negatif.
B. Anak-anak
dan remaja pun kini bisa bermain game online melalui telepon genggam
mereka.
C. Karena itu, persoalan ini tentunya memerlukan perhatian dan
pengawasan dari para orang tua.
D. Terutama para orang tua yang memiliki anak
remaja yang setiap hari gemar bermain game online.
24. Variasi
judul yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Pengaruh Bermain Game Online Bersama Anak
B. Hubungan Game Online dan Anak di Masyarakat
C. Pro dan Kontra Pengaruh Game Online pada Anak
D. Dampak Anak yang Bermain Game Online di Masyarakat
25. Berdasarkan teks diskusi
tersebut, pernyataan argumen kontra/ menentang yang paling tepat adalah ...
A. Game online bisa dijadikan
aktivitas untuk refreshing. Anak yang baru pulang sekolah dapat menghilangkan
rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran. Dengan game online,
mereka bisa melepaskan kepenatan sambil bermain game online.
B. Bermain game
online dianggap dapat meningkatkan kreativitas anak. Mereka akan
berimajinasi tentang hal-hal baru, mendapatkan ide menarik untuk menyelesaikan
tugas dari gurunya di sekolah, dan menciptakan sesuatu dari ide kreatifnya
setelah bermain game online.
C. Saat
bermain game online, anak berlatih untuk bersabar dan tidak pantang
menyerah. Karena, ada beberapa jenis game yang bisa memancing emosi sang
anak. Pada saat itulah anak diuji untuk dapat mengendalikan emosinya, agar bisa
memenangkan gamenya.
D. Bermain game online dapat menyebabkan
kecanduan. Mereka yang ketagihan akan terus berusaha mendapatkan skor terbanyak
dan mencapai level tertinggi sehingga tidak akan meninggalkan game
tersebut. Jika ditinggalkan mereka akan terus memikirkan game itu, entah
sampai kapan.
26. Cermati
ilustrasi berikut!
Seorang siswa diminta
membuat teks dengan judul Upaya Mengatasi Kecanduan Terhadap Game Online
pada Remaja.
|
Susunan kerangka isi teks yang paling tepat sesuai dengan judul
tersebut adalah ....
A. 1) Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada
remaja
2) Langkah
mengatasi kecanduan game online pada remaja
3) Tips
mengantisipasi kecanduan game online bagi remaja
4) Pentingnya mengatasi
masalah kecanduan game online pada remaja
B. 1) Fenomena maraknya kecanduan game
online pada remaja
2) Masalah yang timbul akibat
kecanduan game online pada remaja
3) Langkah mengatasi
kecanduan game online pada remaja
4) Tips mengantisipasi kecanduan game online pada
remaja
C. 1) Langkah mengatasi
kecanduan game online pada remaja
2) Fenomena maraknya
kecanduan game online pada remaja
3) Masalah yang timbul akibat
kecanduan game online pada remaja
4) Tips mengantisipasi kecanduan game online pada
remaja
D. 1) Latar belakang
timbulnya kecanduan game online pada remaja
2) Tips mengantisipasi
kecanduan game online pada remaja
3) Langkah mengatasi
kecanduan game online pada remaja
4) Masalah yang timbul akibat
kecanduan game online pada remaja
27. Bacalah
data-data berikut!
(1) Sungai Serayu bersih dan alami.
(2) Airnya jernih dan pemandangannya indah.
(3) Di pinggir sungai terdapat
bebatuan.
|
Teks laporan
yang tepat berdasarkan data tersebut adalah …
A. Sungai
Serayu tampak bersih dan alami. Sungai itu berair jernih. Pemandangan di
sekitar sungai pun tampak indah. Tidak terdapat sampah sedikit pun di sekitar
sungai itu. Di pinggirnya, terdapat bebatuan yang ditumpuk rata dan rapi.
Orang-orang yang biasanya mancing di sekitar sungai itu biasanya duduk-duduk di
atas batu tersebut.
B. Semua
orang mengetahui kalau Sungai Serayu itu bersih dan alami. Sungai tersebut
terlihat bersih dan alami karena selalu dibersihkan. Oleh karena itu, setiap
hari banyak sekali orang yang datang ke sana untuk memancing.
C. Sungai Serayu
tampak bersih. Walaupun air sungai ini jernih dan tidak ada sampah sedikit pun,
tetapi tampak kurang indah. Di pinggirnya terdapat bebatuan yang ditumpuk ala
kadarnya dan tidak rapi. Orang-orang yang memancing di sekitar sungai itu
biasanya duduk-duduk di atas batu tersebut.
D. Sungai
Serayu merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Provinsi Jawa
Tengah. Sungai yang berhulu di dataran tinggi Dieng dan memiliki panjang
sekitar 30 km ini melintasi lima kabupaten, di Jawa Tengah.
28. Cermati
teks berikut!
Irfan anak dari keluarga yang kaya. Ia
pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa saja.
Sikap Irfan tersebut membuat teman- temannya suka kepadanya. Irfan memang
anak yang [ ...].
|
Ungkapan
yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A.
besar hati B. rendah hati C. besar
kepala D. hati emas
29. Cermati kutipan teks
pantun yang rumpang berikut!
(1)
Ke pasar membeli roti tawar
(2) ...
(3) Kalau ingin
bertambah pintar
(4) ...
|
Larik
yang tepat untuk melengkapi bagian teks pantun tersebut adalah ...
A. (2)
Belikan aku sekilo duku C. (2) Pulangnya jemput
adik dahulu
(4)
Bantulah aku bawakan buku (4)
Jangan lupa tuk belajar selalu
B. (2)
Jangan lupa beli pepaya D. (2) Kayu bakar dibuat
arang
(4)
Jangan lupa bahagia (4)
Banyaklah minta nasihat orang
30. Cermati teks berikut!
Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang
sangat subur. Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer.
Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya
telah menguning untuk siap panen. [ ... ] Rumah penduduk yang dikelilingi
oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin
lebih lama tinggal bersama Bibi Ani.
|
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Sungai di sekitar pegunungan itu sering menyebabkan banjir.
B. Sungai yang ada di sekitar pegunungan itu sangat dalam.
C. Sungai di dekat gunung itu sangat kotor dan penuh sampah.
D. Sungai di kaki gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki
gunung.
31. Cermati teks berikut!
Jenis-Jenis Minuman
Minuman adalah segala sesuatu yang dapat
dikonsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cair.
Minuman dapat dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak,
penggunaan pewarna, dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut.
|
Berdasarkan
strukturnya, kutipan teks laporan tersebut terdapat pada bagian ....
A. definisi
umum C.
deskripsi bagian
B. definisi
bagian D. deskripsi manfaat
32. Cermati teks berikut!
(1)
Dengarkan angin mengusir batang-batang padi
(2)
Sebelum matahari terbenam
(3)
Dengarkan senandung di balik jendela
(4)
Sebelum keadaan sepi dan sunyi
(5) Rumah kecil, bukalah pintu pagarmu |
Larik
yang bermajas sama dalam puisi tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
dan (2) B. (1) dan (3) C. (1) dan (4) D.
(1) dan (5)
33. Cermati kalimat
berikut!
Kami
harus membaca berulang-ulang puisi Derai-Derai Cemara dalam buku
antologi puisi Deru Campur Debu karya Chairil Anwar, karena maknanya
yang begitu mendalam.
|
Penggunaan
tanda baca pada kalimat tersebut tidak tepat karena ...
A. tanda
petik (“...”) tidak digunakan pada penulisan judul puisi.
B. tanda
titik (.) tidak digunakan pada penulisan kalimat majemuk
C. tanda
hubung (-) tidak digunakan jika yang diulang bukan kata dasar.
D. tanda
koma (,) tidak digunakan jika induk kalimat mendahului anak kalimat.
34. Cermati
kutipan teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Karimunjawa di Jepara berada di sebelah utara Pulau
Jawa. Lokasi wisata bahari yang satu ini sejak dulu sudah menjadi salah satu
alternatif liburan yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Fasilitas di
sana sangat lengkap. Bahkan, banyak juga backpacker yang berani untuk
berwisata ke sana dengan budget rendah.
|
Kota Batu identik sebagai Kota Apel. Karena besarnya
jumlah pengunjung untuk berwisata di Kota Batu, potensi perkebunan apel juga
dikembangkan sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar. Saat ini,
perkebunan apel yang tersebar di Kota Batu telah menjadi salah satu objek
wisata favorit, terutama bagi wisatawan lokal.
|
Persamaan
isi kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. menggambarkan
objek wisata domestik
B. membahas
penelitian pengembang wisata
C. menguraikan
jenis wisata bahari di Jawa
D. menjelaskan
ketertarikan wisatawan luar negeri
35. Cermati
kutipan cerita berikut!
Motorku melaju dengan cepat, suara ayah dan bundaku masih
saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati
tikungan yang jalannya licin, sehingga aku tergelincir. Motorku masih di
atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. Tidak begitu
dalam, tetapi sulit untukku naik ke atas karena jurang itu berbentuk sudut 90
derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap
sekali.
|
Keunggulan
kutipan cerita tersebut adalah ….
A. akhir cerita mengejutkan sehingga
memberikan kesan mendalam
B. isi ceritanya menginspirasi pembaca
untuk lebih berhati-hati
C. banyak menggunakan kata-kata ungkapan,
majas, dan kiasan
D. bagian akhir ceritanya biasa dan mudah
ditebak oleh pembaca
36. Cermati
teks berikut!
Pembakaran
merupakan reaksi oksidasi yang (...) energi dalam bentuk panas. Ketika suatu
zat terbakar, zat tersebut bergabung dengan oksigen untuk (...) oksida.
Sebagian besar bahan bakar, seperti kayu, gas, dan bensin mengandung hidrogen
dan karbon.
|
Kata yang
tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. dikeluarkan,
dibentuk C. mengeluarkan, membentuk
B. pengeluaran,
terbentuk D. keluarkan, pembentukan
37. Cermati
teks berikut!
Petunjuk Menulis Resensi Buku
1.
Meringkas atau mencatat bagian-bagian penting isi buku
2.
Mendaftar bagian-bagian yang merupakan kelebihan dan kekurangan
buku.
3.
Mendata identitas buku yang dibaca.
4.
Memadukan rangkuman dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang
utuh.
5. Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku.
|
Urutan
petunjuk yang tepat adalah ....
A. (3)
– (1) – (2) – (5) – (4) C. (4) – (2) – (1) –
(5) – (3)
B. (3)
– (1) – (4) – (2) – (5) D. (5) – (2) – (4) –
(3) – (1)
38. Cermati
kutipan cerpen berikut!
Kata-kata si pegawai
itu memberondong cepat bagai peluru yang mendesing memerahkan daun telinga
laki-laki kurus itu. Biji mata laki-laki itu melotot berputar-putar cepat
seolah-olah ...
|
Majas yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut adalah ...
A. hendak menatap sekeling
orang yang mencemoohnya
B. hendak memandang tatapan
siapapun yang ada di sana
C. hendak mengawasi
gerak-gerik teman-temannya
D. hendak melompat keluar dari
kedua matanya
39. Cermati teks berikut!
Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai
dunia ini berakhir. Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua orang,
tanpa terkecuali. Oleh sebab itu, setiap orang wajib menjaga kelestarian
lingkungan. Termasuk juga peran Dinas Kehutanan yang bertugas menjaga
kelestarian hutan. Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita
sendiri.
|
Alasan
kesalahan yang terdapat pada bagian teks tersebut adalah ....
A. ada penggunaan kata
penghubung antarkalimat yang salah.
B. kesalahan penempatan salah
satu tanda baca titik dan koma.
C. terdapat salah satu bagian kalimat
yang tidak padu
D. beberapa pilihan kata yang
tidak sesuai dan tidak tepat.
40. Cermati
teks berikut!
Minum air garam
yang sudah ditakar bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi air
garam, proses methabolisasi terbantu sehingga air bisa diserap oleh
tubuh dengan baik. Air garam bisa menstimulasi sisteam sekresi
usus sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Air garam yang
diperlukan tubuh manusia setiap hari paling tidak sebanyak 8 gram. Minum air
garam yang cukup dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat terhindar
dari penyakit cronis.
|
Perbaikan
yang tepat terhadap kata bercetak miring pada teks tersebut adalah ....
A. metabolisme,
sistim, khronis C. metabolisme, sistem, kronis
B. methabolisme,
sistem, chronis D. methabolisme, sistim, kronis
II.
URAIAN
Jawablah
dengan singkat dan jelas!
41. Cermati teks
berikut!
Hingga suatu hari, Mang Doir pergi ke ladangnya.
Celananya robek terkena pohon berduri. Lalu, Mang Doir mencabut tanaman berduri
itu. Hal itu dilakukannya agar duri di pohon itu tak mengenai orang lain yang
lewat. Saat Mang Doir mencabut tanaman itu, ia melihat sebuah kendi berisi
uang perak yang tertanam di hawah tanaman tersebut. Alangkah senang hatinya.
|
Ubahlah
kutipan cerpen tersebut menjadi sudut pandang orang pertama!
42. Cermati teks berikut!
Ribuan
massa dari berbagai elemen turut serta dalam kegiatan Bersih-bersih Sungai Cimanuk.
Dengan menggunakan peralatan kebersihan seperti sapu, sekop,
karung, dan lain sebagainya, para peserta mengumpulkan sampah yang
berserakan di sekitar Sungai Cimanuk, Kabupaten Indramayu, Sabtu (22/2). Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat
lebih peduli pada sampah dan kelestarian lingkungan.
|
Tentukan
unsur adik simba (apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) sesuai dengan kutipan teks
berita tersebut!
43.
Cermati teks cerita inspiratif berikut!
Kisah Putri dan Semangkuk Baso
Hari ini Putri berulang tahun yang ke-14.
Biasanya di hari ulang tahun Putri, ibu akan memasak makanan kesukaannya dan
ayah akan memberikan hadiah. Begitu bel pulang sekolah berbunyi, Putri
langsung bergegas pulang, berharap kejutan dari orang tuanya.
Tapi, hari itu ternyata adik Putri
sedang sakit. Otomatis, sirnalah harapan Putri untuk makan makanan
kesukaannya. Putri kesal pada orangtuanya karena merasa tidak
diperhatikan. Ia lalu pergi dari rumah menuju ke taman sambil marah-marah.
Tidak lama kemudian, perutnya mulai melilit karena lapar. Saat itu hanya ada
tukang bakso keliling yang berjualan di taman. Putri pun mendekati tukang
bakso itu, sayangnya ia tak memiliki uang. Melihat wajah Putri yang memelas,
tukang bakso itu menawarinya semangkuk bakso gratis. Sambil memakan semangkuk
bakso itu, tiba-tiba air mata putri menetes.
Abang tukang bakso pun bertanya, “Kenapa
nangis, Neng?”
“Sebenarnya ini hari ulang tahunku,. Aku
terharu, Abang yang baru kenal malah baik banget,” jawab Putri, “orang
tuaku malah ngga peduli.”
“Ya, kalo Abang yang baru kasih
Neng makan sekali aja udah bikin terharu, apalagi orang tua Neng yang udah
bertahun-tahun kasih makan. Jangan ngeremehin orang tua sendiri Neng,
nanti nyesel loh!” kata abang tukang bakso.
Putri pun tersadar setelah mendengarkan
nasihat abang bakso itu dan ia lalu segera pulang. Sampai di rumah ia meminta
maaf pada ibunya.
[…]
|
Tulislah
bagian koda atau pesan moral teks cerita inspiratif tersebut!
44. Cermatilah teks berikut!
terlepas dari
beberapa kekurangan kekurangan yang ada buku karya juaningsih ini layak
digunakan untuk mengajari semua anak anak tentang konsep ilmu bahasa secara
sangat menyenangkan sekali
|
Tulislah kembali tersebut
sehingga menjadi kalimat yang efektif dengan memperhatikan penulisan huruf dan
tanda baca!
45. Cermatilah
teks berikut!
“Nada, minggu depan kita harus
pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan ke sana.” Bagaikan petir di siang
bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa
mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap
tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?”
“Tidak bisa, sayang. Kamu mau
tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu
hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.”
Nada terdiam.
|
Tulislah teks dialog drama
berdasarkan teks cerpen di atas dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan
antar
dialog,
ejaan, dan tanda baca!
*** Selamat Mengerjakan ***
Bagi rekan-rekan guru yang
membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban US/USBN B
INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada link
berikut ini :
- Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
- Kunci Jawaban US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13 (DISINI)
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN PJOK Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Soal US/USBN B INGGRIS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN Matematika Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, mohon maklum adanya karena admin hanya berbagi soal latihan Ujian Sekolah bertujuan untuk menjadikannya sebagai referensi belajar.
Demikian yang dapat admin sampaikan
terkait Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9
SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)
terima kasih ka infonya garut memang swiss van Java
BalasHapusmampir disini ya ka domba garut tanduk super
siap, terimakasih
Hapus