Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal US/USBN IPS Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin berbagi Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013, berkaitan dengan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs  Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :


Dengan semakin dekatnya Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) dan Ujian Sekolah (US/USBN) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang membutuhkan atau mencari sumber referensi Soal-soal PAT/UKK atau US/USBN untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Tahun atau Ujian Sekolah SMP/MTs Kurikulum 2013.


Surat Edaran yang di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PTS/UTS, PAT/UKK atau US/USBN Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK atau US/USBN dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.


Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/UUSBN).

  1. Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
  2. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
  3. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
  4. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama tiga tahun.
  5. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
  6. Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  7. Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  8. Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.



Fungsi Ujian Sekolah (US/USBN).

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) :
  1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kelulusan Peserta Didik.
  2. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  3. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  4. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  5. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.



Materi soal US/USBN ini diambilkan dari kisi-kisi IPS SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.

Berikut admin tulis Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13, dan untuk File-nya silahkan unduh pada akhir postingan ini :


UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMP
TAHUN PELAJARAN 20 . . . / 20 . . .
LEMBAR SOAL

Mata Uji                         :     Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Satuan Pendidikan         :     SMP

Hari/Tanggal                  :    

Waktu                            :     120 Menit

Kurikulum Acuan            :     Kurikulum 2013


PETUNJUK UMUM

1.      Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.

2.      Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUS.

3.      Jagalah LJUS agar tidak rusak, sobek ataupun terlipat.

4.      Jumlah soal sebanyak 40 butir Pilihan Ganda dan 5 Uraian.

5.      Periksa dan bacalah setiap butir soal sebelum Anda menjawabnya.

6.      Pilih jawaban yang benar dengan menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia.

7.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.

8.      Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

9.      Lembar soal tidak boleh dicoret-coret.

10.  Setiap bentuk kecurangan adalah pelanggaran.

11.  Berdoalah sebelum mengerjakan soal.

 


I.   PILIHAN GANDA

PETUNJUK KHUSUS:

Untuk soal nomor 1 sampai dengan 40, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan (l) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!

 

1.     Perhatikan gambar berikut !

 

Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Dampak kondisi infrastruktur terhadap interaksi antarruang seperti tampak pada gambar adalah   . . . .

A. meningkatnya interaksi antarruang karena persaingan dagang menurun
B. meningkatnya interaksi antarruang karena permintaan barang menurun
C. menurunnya interaksi antarruang karena waktu pengiriman bertambah
D. menurunnya interaksi antarruang karena upah tenaga kerja meningkat
 

2.   Perhatikan Negara-negara berikut !

1)  Malaysia

2)  Singapura

3)  Filipina

4)  Australia

Wilayah utara Indonesia berbatasan dengan Negara yang ditunjukkan oleh angka . . . .

A. 1), 2), dan 3)                                  

B. 1), 2), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 3), 4), dan 5)

 

3.   Pada peta berskala 1 : 50.000  panjang rel kereta api sebesar 20 cm. Panjang sebenarnya rel kereta api tersebut adalah...

A. 10 km

B. 20 km

C. 30 km

D.  40 km

 

4.   Interaksi sosial dianggap penting dan tidak dapat dihindari dalam kehidupan masyarakat karena . . . .

A. masyarakat memiliki kepentingan berbeda-beda

B. interaksi sosial berpotensi mengembangkan kelompok sosial

C. manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain

D. manusia memiliki potensi dalam diri yang tidak dimiliki oleh orang lain

 

5.   Faktor yang berpengaruh terhadap dinamika penduduk di suatu wilayah adalah ....

A. Migrasi, transmigrasi, dan urbanisasi

B. Kelahiran, urbanisasi, dan transmigrasi

C. Kelahiran, kematian, dan migrasi

D. Kematian, migrasi, dan urbanisasi

 

 

6.  Siti seorang ibu rumah tangga dengan dua anak yang masih kecil. Penghasilan suaminya yang pas-pasan untuk makan mendorong Siti untuk mencari penghasilan tambahan sebagai pencuci pakaian di rumah orang.

      Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh Siti didorong oleh motif ….

A. Membantu sesama                                                       

B. Mencari keuntungan

C. Memperoleh penghargaan

D. Untuk kemakmuran

 

7.    Perhatikan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan di bawah ini!

1. Memberi pinjaman tanpa bunga untuk modal usaha

2. Membeli barang yang dianggap perlu dan penting

3. Menyisihkan dana untuk membantu sesama

4. Memberi barang yang berkualitas

5. Membantu orang lain yang mengalami kesulitan

Berdasar pernyataan di atas yang merupakan kegiatan manusia sebagai makhluk sosial ditunjukkan oleh nomor….

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 2 dan 4

C. 1, 3 dan 4

D. 1, 3 dan 5

 

8.   Perhatikan fungsi uang di bawah ini!

I

II

III

IV

Alat tukar

Alat satuan hitung

Alat Pembayaran

Penimbun kekayaan

Alat tukar

Alat pembayaran

Penimbun kekayaan

Pemindah kekayaan

Fungsi asli uang  ditunjukkan oleh nomor….

A. I

B. II

C. III

D. IV

 

9.    Kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Indonesia adalah ....

A. Demak, Aceh, Majapahit                    

B. Samudera Pasai, Aceh, Majapahit

C. Demak, Aceh, Sriwijaya

D. Demak , Samudera Pasai,  Aceh

 

10. Perhatikan peta berikut ini !


Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Dari gambar diatas Kerajaan Demak terletak pada nomor :

A. 4                                          
B. 3                                          
C. 2
D. 1


11.     Kawasan Asia Tenggara terletak di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Potensi ekonomi yang dapat dikembangkan Negara-negara di kawasan Asia Tenggara adalah  . . . .

A. kawasan ASEAN berada pada jalur perdagangan

B. kawasan ASEAN rawan terjadi bencana gempa

C. kawasan ASEAN mengalami empat kali pergantian musim

D. sebagian besar kawasan ASEAN beriklim tropis

 

12.     Perhimpunan Negara-negara ASEAN dibentuk  berdasarkan  Deklarasi  Bangkok  pada  tanggal . . . .

A. 7 Agustus 1967

B.  8 Agustus 1967

C.  8 Agustus 1966

D. 6 Agustus 1967

 

13. Krisis ekonomi di suatu Negara mengakibatkan berbagai persoalan. Salah satunya adalah banyak pegawai yang diberhentikan sehingga bekerja dengan posisi yang lebih rendah ditempat kerja baru. Si A yang dulunya menjadi manajer di suatu perusahaan terkena PHK sehingga saat ini menjadi staf di perusahaan lain. Gejala sosial ini termasuk mobilitas sosial . . . .

A. vertikal ke bawah  

B. vertikal ke atas  

C. antargenerasi    

D. intragenerasi

 

14.     Berikut ini merupakan peran pelaku ekonomi dalam perekonomian :

(1) Sebagai konsumen              

(2) Pengguna faktor produksi

(3) Sebagai penyedia faktor produksi

(4) Pelaku perdagangan internasional

       Peran rumah tangga konsumen (RTK) ditunjukan pada ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)

 

15. Perhatikan bagan hubungan pelaku ekonomi dua sektor berikut !

Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Berdasarkan bagan di samping yang termasuk arus sumber pendapatan rumah tangga produsen  adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4                                                                                      

 

 

16. Perhatikan gambar berikut !

Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban


Kegiatan yang dilakukan Rumah Tangga Pemerintah Melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina, dalam hal ini peran pemerintah sebagai ….
A. Regulator                            
B. Produsen         
C. Konsumen        
D. Distribusi

 

17.  Perhatikan konsep Ekonomi kelautan (marine economy) dan Ekonomi maritime (maritime economy) pada kegiatan ekonomi berikut !

(1) Kegiatan di pesisir, lautan serta darat yang menggunakan sumber daya alam

(2) Jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa

(3) Transportasi laut, Industri galangan kapal dan perawatannya

(4) Pembangunan dan pengoperasian  pelabuhan beserta industri dan jasa terkait

Kegiatan yang termasuk Ekonomi maritim (maritime economy) ditunjukan pada ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)

 

18.  Sistem Tanam Paksa dijalankan oleh Pemerintah Kolonial Belanda sejak tahun 1830. Tujuan Pemerintah Kolonial Belanda menjalankan sistem tanam paksa adalah ....

A.  Memanfaatkan wilayah kosong yang ada di Indonesia

B.  Merebut dominasi ekonomi dari tangan Inggris dan Perancis

C.  Mengenalkan sistem pertanian modern kepada rakyat Indonesia

D.  Mendapatkan komoditas ekspor yang laku di pasaran dunia

 

19. Jepang masuk di Indonesia dengan janji akan membebaskan Asia dari belenggu penjajahan bangsa Barat. Saat Jepang datang di Indonesia perekonomian Indonesia sedang mengalami kelumpuhan. Untuk mengambil hati rakyat Indonesia dan para pemimpin pergerakan Indonesia, berbagai kebijakan diterapkan oleh Jepang antara lain di bidang ekonomi yaitu ....

A. Kegiatan ekonomi diarahkan untuk kepentingan Jepang

B. Eksploitasi sumberdaya alam untuk kepentingan Jepang

C. Didirikan kumyai atau koperasi untuk kepentingan bersama

D Tanah pertanian rakyat yang dikuasai Belanda dikembalikan

 

20.  Perhatikan nama-nama tokoh berikut ini !

1.  Soepomo              

2.  Sayuti Melik           

3.  Ir. Soekarno

4.  Drs. Moh. Hatta

5.  Ahmad Soebarjo

Tokoh-Tokoh Bangsa Indonesia yang merumuskan naskah proklamasi ditunjukkan oleh angka....

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 3 dan 4

C. 2, 3 dan 4

D. 3, 4 dan 5

 

 

21. Secara astronomis, Benua Eropa terletak pada 9°BB-60°BT dan 35°LU-80°LU. Berdasarkan letak tersebut, maka Benua Eropa memiliki iklim….

A. sedang dan dingin                             

B. tropis dan subtropis

C. subtropis dan sedang

D. subtropis dan dingin

 

22. Perhatikan negara-negara berikut ini:

(1) Sri Lanka              

(2) Afghanistan         

(3) India

(4) Sudan

(5) Nepal

Negara-negara yang berada di kawasan Asia Selatan ditunjukkan oleh nomor….

A. (1), (2), dan (3)  

B. (1), (3), dan (5)  

C. (2), (3), dan (4) 

D. (3), (4), dan (5)

 

23. Perhatikan gambar berikut ini!!

 

Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Jenis hewan yang dapat ditemukan pada wilayah yang ditunjukkan oleh huruf X adalah….

A. walabi dan anoa                                      

B. armadillo dan trenggiling

C. kanguru dan alpaka

D. walabi dan kanguru

 

24. Thailand, Indonesia, dan Vietnam merupakan negara produsen karet terbesar di dunia. Getah karet bermanfaat bagi kehidupan manusia, yaitu….

A. sebagai bahan baku mebel                     

B. sebagai bahan baku makanan ringan

C. sebagai bahan baku pembuatan ban

D. berfungsi menyerap karbondioksida di udara

 

25. Tiongkok merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Pada tahun 2017, jumlah penduduk Tiongkok mencapai 1,386 miliar jiwa. Langkah yang dilakukan pemerintah Tiongkok untuk menekan angka pertumbuhan penduduk adalah….

A. memberikan tunjangan bagi keluarga yang memiliki lebih dari tiga anak

B. membatasi jumlah anak yang boleh dimiliki

C. melarang penduduk untuk menikah

D. meningkatkan kualitas untuk fasilitas kesehatan

 

 

26. Dahulu, surat dikirim oleh petugas pos, saat ini sudah berkembang telepon, telepon seluler, e-mail, chat, dan video call. Pola hubungan sosial masyarakat secara perlahan berubah seiring perkembangan teknologi dan komunikasi. Berdasarkan laju kecepatannya, ilustrasi tersebut termasuk dalam bentuk perubahan ….

A. revolusi

B. evolusi

C. progress

D. regress

 

27. Globalisasi tentunya akan memberikan dampak di setiap bidang kehidupan. Di bawah ini yang merupakan contoh upaya dalam menghadapi globalisasi di bidang teknologi dan pendidikan adalah ….

A. pemakaian smartphone untuk menggali informasi dalam proses pembelajaran

B. menggunakan smartphone untuk mengakses resep masakan

C. mengakses internet hingga larut malam dan mengantuk di ruang kelas

D. pemanfaatan sosial media sebagai lahan bisnis online

 

28. Indonesia selalu membuka peluang kerjasama dengan negara lain dan organisasi internasional, misalnya dengan UNESCO yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan, budaya, dan komunikasi. Kerjasama ini juga didukung oleh adanya kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi di era globalisasi. Kerjasama ini menunjukkan adanya gejala globalisasi di bidang ….

A. politik

B. hukum

C. ekonomi

D. transportasi

 

29. Saat ini, tak jarang dijumpai remaja Indonesia mengikuti cara berpakaian ataupun perilaku selebriti dari berbagai belahan dunia. Hal ini dapat berdampak pada perilaku remaja seperti tidak mementingkan budaya lokal. Kasus tersebut menunjukkan bahwa dampak negatif globalisasi dalam kehidupan sosial budaya adalah ….

A. masuknya banyak tenaga kerja asing yang mendominasi tenaga kerja lokal

B. menumbuhkan sikap toleransi antarmasyarakat

C. mudah terpengaruh budaya luar hingga cenderung melupakan budaya lokal

D. memahami konsep multikulturalisme

 

30. Kenaikan harga BBM mempengaruhi kenaikan berbagai tarif dan harga kebutuhan pokok masyarakat. Apabila realitas tersebut dikaitkan dengan perubahan sosial, dapat ditarik kesimpulan bahwa....

A. masyarakat mengalami perubahan kecil akibat kenaikan harga BBM

B. kenaikan harga BBM menimbulkan perubahan besar

C. kenaikan harga kebutuhan pokok memicu perubahan evolusi

D. kenaikan BBM membawa perubahan progres bagi masyarakat

 

 

31. Perhatikan ciri-ciri perdagangan berikut:

(1) Pembeli dan penjual tidak bertemu langsung

(2) Dikenakan bea masuk

(3) Mata uang berbeda

(4) Pembeli dan penjual cenderung bertemu

(5) Biaya angkut lebih murah

 

Yang termasuk ciri-ciri perdagangan internasional adalah ....

A. (1), (2), dan (3)           

B. (1), (3), dan (4)           

C. (2), (3), dan (5)           

D. (3), (4), dan (5)

 

32. Kondisi kekurangan tenaga ahli di suatu negara sehingga tidak mampu memproduksi barang berkualitas tinggi dan murah merupakan salah satu pendorong terjadinya perdagangan internasional yaitu disebabkan ....

A. perbedaan upah dan biaya produksi       

B. perbedaan kualitas sumber daya manusia

C. perbedaan budaya suatu bangsa

D. perbedaan sumber daya alam

 

33. Kebijakan pengekspor menjual barang di luar negeri dengan harga yang lebih murah daripada di dalam negeri merupakan salah satu hambatan dalam perdagangan internasional yaitu ....

A. proteksi

B. kuota

C. tarif

D. dumping

 

34. Grafik Perkembangan Ekspor-Impor Indonesia.

 

Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Perkembangan ekspor Indonesia mengalami kenaikan tertinggi dilihat dari grafik terjadi pada tahun ….

A. 2010                               

B. 2011

C. 2012

D. 2013

 

35. Peluang produk masyarakat Indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh ....

A. kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan budaya yang melimpah

B. letak wilayah yang strategis sebagai jalur utama perdagangan internasional

C. adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

D. kemampuan melakukan efisiensi produksi sehingga memiliki daya saing tinggi

 

 

36. Pada akhir tahun 1944, Jepang mulai terdesak dalam Perang Asia Pasifik kemudian memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia. Hal ini bertujuan ....

A. meyakinkan sekutu bahwa Jepang telah menyerah

B. sebagai balas jasa atas perlakuan Jepang terhadap bangsa Indonesia

C. sebagai pembuktian bahwa Jepang adalah pemimpin, pelindung, dan cahaya Asia

D. mendapatkan dukungan rakyat Indonesia dalam menghadapi sekutu

 

37. Masa ketika pemerintah menggunakan UUDS 1950 sebagai undang-undang negara disebut ....

A. Demokrasi Parlementer  

B. Demokrasi Terpimpin

C. Demokrasi Pancasila

D. Demokrasi liberal

 

38. Berdasarkan isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 terdapat hubungan dengan pelaksanaan model pemerintahan Demokrasi Terpimpin. Hubungan yang dimaksud adalah ....

A. segala permasalahan kepemerintahan diputuskan oleh presiden sebagai kepala negara

B. presiden sebagai pemimpin negara tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan masalah pemerintahan

C. presiden hanya sebagai lambang kesatuan dan pelaksanaan kepemerintahan dipimpin perdana menteri

D. penerapan Undang-Undang Sementara (UUDS) tahun 1950 masih tetap berlaku

 

39. Perhatikan ciri-ciri kehidupan bangsa Indonesia berikut ini!

1) Prioritas pembangunan pada sektor maritim dan infrastruktur

2) Tercapainya masyarakat madani terutama peran ormas dan pers

3) Kehidupan politik berbasis demokrasi dan penegakan hukum

4) Penerapan konsep dwi fungsi ABRI secara konsisten

5) Prioritas pada pembangunan pertanian sehingga berhasil melakukan swasembada pangan

6) Keberhasilan menyelenggarakan pemilu sebanyak enam kali

 

Yang mencerminkan ciri kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru adalah ....

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 5)

C. 2), 4), dan 6)

D. 4), 5), dan 6)

 

40. Latar belakang lahirnya reformasi ditandai dengan krisis ekonomi dan politik pada akhir pemerintahan Orde Baru yang terjadi karena ....

A. pertumbuhan ekonomi tidak menunjukkan peningkatan, fundamental ekonomi rapuh

B. terbentuknya mentalitas dan budaya korupsi, dan reaksi terhadap kekuasaan otoriter

C. pembangunan politik tidak berlandaskan GBHN, parpol dikendalikan pemerintah

D. faktor ketidakpercayaan para donatur dan kreditor terhadap pemerintah




II.   URAIAN

41. Hubungan antara harga dan jumlah penawaran.

(Harga dan penawaran)

No

Harga per Kg

Jumlah barang yang ditawarkan

1

2

3

4

5

50.000

40.000

30.000

20.000

10.000

25 kg

20 kg

15 kg

10 kg

5 kg

Dari tabel di atas, buatlah kurva penawarannya!

42.  Perhatikan gambar berikut !

 

Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang melakukan propaganda dengan semboyan “Tiga A”. Jelaskan yang dimaksud dengan “Tiga A” !


43.  Jelaskan 3 (tiga) karakteristik benua Asia?


44  Jelaskan dampak negatif perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia?


45.  Sebutkan 3 (tiga) agenda yang diajukan dalam masa reformasi !

 

 

*** Selamat Mengerjakan ***




Bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada link berikut ini :
  • Soal US/USBN IPS Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Kunci Jawaban US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 (DISINI)





Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, mohon maklum adanya karena admin hanya berbagi soal latihan Ujian Sekolah bertujuan untuk menjadikannya sebagai referensi belajar.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait Soal US/USBN IPS Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

1 komentar untuk "Soal US/USBN IPS Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"