Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal US/USBN PAI Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban


Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin berbagi Soal US/USBN B INGGRIS Kelas 9 SMP/MTs K-13, berkaitan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs  Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :


Dengan semakin dekatnya Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan Ujian Sekolah (US/USBN) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PAT/UKK atau US/USBN untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun, Ujian Sekolah SMP/MTs Kurikulum 2013.


Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PAT/UKK atau US/USBN Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK atau US/USBN dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.


Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/UUSBN).

Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
  1. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
  2. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
  3. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama tiga tahun.
  4. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
  5. Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  6. Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  7. Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.



Fungsi Ujian Sekolah (US/USBN).

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) :
  1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kelulusan Peserta Didik.
  2. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  3. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  4. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  5. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.



Materi soal Penilaian Akhir Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi PAI SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.


Berikut admin tulis Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13, dan untuk File-nya silahkan unduh pada akhir postingan ini :

 

UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMP

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LEMBAR SOAL

 

Mata Uji                          : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Satuan Pendidikan          : SMP

Hari/Tanggal                   :

Waktu                             : 120 Menit

Kurikulum Acuan             : Kurikulum 2013

 

PETUNJUK UMUM

1.      Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.

2.      Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUS.

3.      Jagalah LJUS agar tidak rusak, sobek ataupun terlipat.

4.      Jumlah soal sebanyak 40 butir Pilihan Ganda dan 5 Uraian.

5.      Periksa dan bacalah setiap butir soal sebelum Anda menjawabnya.

6.      Pilih jawaban yang benar dengan menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia.

7.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.

8.      Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

9.      Lembar soal tidak boleh dicoret-coret.

10.  Setiap bentuk kecurangan adalah pelanggaran.

11.  Berdoalah sebelum mengerjakan soal.

 

I.   PILIHAN GANDA

PETUNJUK KHUSUS:

Untuk soal nomor 1 sampai dengan 40, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan (l) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!

 

1.     Perhatikan QS. Al-Mujadilah/58: 11 berikut!


Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban


Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Perilaku berikut yang sesuai dengan penerapan ayat tersebut adalah... .

A. Sering membuat jamuan terutama kepada Orang yang sedang Menuntut ilmu

B. Berjuang melawan musuh di jalan Allah untuk mempertahankan agama

C. Menuntut ilmu yang baik adalah jika dilaksanakan dengan berdiri

D. Gemar menuntut ilmu kapanpun dan di manapun

 

2.     Perhatikan contoh perilaku terpuji berikut ini!

1)  Ahmad bekerja sungguh-sungguh membersihkan masjid tanpa mengharap imbalan apapun.

2)  Arman sangat senang membantu ibunya karena selalu mendapatkan uang jajan setiap hari.

3)  Siska selalu melaksanakan tugas yang diberikan oleh gurunya dengan penuh rasa riang.

4)  Fatimah suka membersihkan kelas meskipun bukan piketnya karena dipuji ibu wali kelas.

Berdasarkan contoh perilaku tersebut, yang sesuai dengan makna dari QS. An Nisa/4: 146:


Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban


Artinya: “Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar”, adalah ... .

A. 1) dan 2)

B. 1) dan 3)

C. 2) dan 3)

D. 3) dan 4)

 

3.     Perhatikan tabel lafal dan hukum bacaan berikut!

Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Berdasarkan tabel tersebut, pasangan berikut ini yang paling tepat adalah... .

A. 1-A, 2-B, 3-C, 4-D                          

B. 1-A, 2-A, 3-B, 4-C

C. 1-A, 2-A, 3-A, 4-C

D. 1-A, 2-A, 3-C, 4-D


4.     Perhatikan QS. An-Nahl/16: 114 berikut!

 

Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Artinya: ”Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah”.

Contoh perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut adalah... .

A. Pak Joni suka makan daging kambing meskipun tekanan darahnya cukup tinggi

B. Pak Doni selalu minum kopi manis setiap hari meskipun sedang terkena diabetes

C. Bu Candra suka makan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh

D. Bu Dewi suka minum es buah saat kondisi udara sangat panas agar terasa segar


5.     Perhatikan QS. Az-Zumar/39: 53 berikut!

 

Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Arti kata yang digaris bawahi adalah... .

A. jangan melampaui batas

B. jangan berputus asa

C. jangan memperbanyak dosa

D. D. jangan berlebih-lebihan

 

6.     Perhatikan contoh perilaku berikut!

1)  Wildan belajar sungguh-sungguh setiap hari meskipun tidak sedang ada ulangan

2)  Yenita yakin bahwa apa yang sudah dilakukannya akan ada hasilnya di kemudian hari

3)  Ardita telah berusaha semaksimal mungkin selanjutnya ia menyerahkan hasilnya kepada Allah

4)  Sonia berlatih tanpa mengenal lelah dalam rangka menghadapi kejuaraan tingkat kabupaten

5)  Fachri sangat percaya bahwa tidak ada perbuatan baik yang sia-sia

6)  Dinar telah mengunci kendaraannya dengan benar di tempat parkir dan selanjutnya ia berserah diri kepada Allah Swt.

Berdasarkan pernyataan tersebut, perilaku optimis ditunjukkan oleh:

A. Wildan dan Yenita

B. Ardita dan Sonia

C. Fachri dan Dinar

D. D. Yenita dan Fachri

 

7.     Perhatikan ilustrasi berikut!

Hamdi nekat mencuri kotak amal dari masjid. Dia berpura-pura istirahat di dalam masjid, ketika melihat jamaah sepi diapun langsung membawanya kabur. Ketika aksi tersebut berlangsung salah seorang warga melihat Hamdi membawa kotak amal masjid dan langsung mengejarnya. Warga yang marah lalu menangkapnya.

Ilustrasi di atas menggambarkan perilaku Hamdi yang tidak mengamalkan al asmaul al husna…

A. Al Alim

B. As Sami’

C. Al Bashir

D. Al khabir

 

8.     Perhatikan Q.S.Al-Anbiya’/21:19 beserta artinya!.

 

Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

“Dan kepunyaan-Nya-lah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih”

Berdasarkan kutipan ayat di atas dapat disimpulkan bahwa malaikat…

A.   Memiliki kekuasaan dalam mengatur langit dan bumi

B.   Patuh dan taat terhadap semua perintah  Allah

C.   Sebagiannya tidak memiliki rasa angkuh

D.   memiliki rasa letih

 

9.     Perhatikan perilaku berikut!

1)  Memahami arti dan makna al Quran

2)  Memasang bacaan al Quran sebagai ringtone

3)  Membiasakan membaca Al Qur’an sesudah shalat

4)  Meyakini dan mengamalkan kitab-kitab sebelum Al Qur’an

5)  Mengamalkan ajaran al Quran dalam kehidupan sehari-hari

6)  Memiliki semua kitab yang telah diturunkan oleh Allah

Perilaku mencintai al Quran ditunjukkan pada nomor… .

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 3 dan 5

C. 3, 4 dan 5

D. 4, 5 dan 6

 

10.  Perhatikan ilustrasi berikut!

Syauqi adalah seorang peserta didik di salah satu SMP di daerahnya. Dia adalah anak yang soleh, selalu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh guru dan teman-temanya dengan  baik. Oleh karena itu dia terpilih jadi ketua kelas dan setahun kemudian terpilih jadi ketua OSIS.

 

Berdasarkan ilustrasi tersebut, Syauqi telah meneladani salah satu sifat nabi dan rasul, yaitu….

A. Siddiq

B. Tabligh

C. Fatanah

D. Amanah

 

11.  Perhatikan pernyataan berikut !

1)  motivasi untuk selalu berbuat amal saleh

2)  motivasi agar senantiasa hidup dengan hati-hati

3)  menjadikan manusia takut mati

4)  menjadikan manusia mengerjakan tanggung jawab

5)  manusia berani membela kebenaran

6)  pesimis untuk selalu bersedekah

 

Dari pernyataan di atas yang menunjukkan fungsi iman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari, ditunjukan oleh pilihan nomor....

A. 1, 2, 4, 5

B. 1, 2, 3, 4

C. 1, 3, 5, 6          

D. 3, 4, 5, 6

 

12.  Perhatikan kutipan berita berikut!

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah provinsi Riau berimbas pada kesehatan warga. Berdasarkan data Kementrian Kesehatan RI per Senin, 16 September 2019 sudah ada 16.372 orang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). (www.liputan6.com, 17 September 2019)

Dari kutipan berita di atas sikap yang sesuai dengan makna iman kepada qadha dan qadar Allah SWT, adalah ....

A. menyesali takdir yang diberikan Allah SWT

B. menerima dan pasrah terhadap ketentuan Allah yang terjadi

C. menyalahkan warga masyarakat karena sengaja membakar hutan dan lahan

D. optimis karena semua sudah menjadi kehendak Nya dan yakin pasti ada solusinya

 

13.  Perhatikan beberapa contoh perilaku berikut ini!

1)  Para siswa senantiasa mengerjakan sholat Dhuhur dengan berjama’ah

2)  Meminta izin agar menjadikan tugasnya tersebut sebagai pekerjaan rumah (PR)

3)  Menemukan uang dan langsung diserahkan kepada guru piket untuk diumumkan

4)  Mengerjakan ujian yang diberikan oleh gurunya tanpa minta bantuan orang lain

5)  Menunda tugas yang diberikan guru, karena bisa dikerjakan di rumah pada waktu senggang

 

Berdasarkan beberapa pernyataan tersebut, perilaku jujur yang paling tepat bagi seorang siswa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah adalah:

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5

 

14.  Perhatikan kutipan  kejadian berikut ini !

Dalam kegiatan olahraga terjadi kecelakaan pada seorang siswa yang menyebabkan patah tulang kaki. Untuk itu, siswa tersebut harus dilakukan operasi yang memerlukan biaya yang besar.

Berdasarkan kutipan di atas, bentuk-bentuk empati yang dapat dilakukan seorang siswa dalam menyikapi musibah tersebut adalah...                              

A. Menggalang dana untuk membantu beban biaya operasinya.

B. Mencari tahu  penyebab terjadinya kecelakaan tersebut

C. Memperbaiki sarana olahraga sehingga aman digunakan

D. Menghentikan sementara kegiatan olahraga

 

15.  Sebagai generasi muda penerus bangsa, jangan kalian biarkan diri kalian terjerumus  dalam minuman keras. Jauhilah minuman haram tersebut, ingatlah masa depan kalian masih sangat panjang.

 

Dari pernyataan tersebut cara yang paling tepat untuk menghindarkan diri dari minuman keras adalah.....

A. meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt.

B. selektif ketika memilih teman dalam pergaulan

C. harus mempunyai semangat yang kuat untuk meraih masa depan

D. meyakini kalau minuman keras itu akan berakibat fatal bagi peminumnya

 

16.  Perhatikan kutipan ilustrasi berikut ini!

Ibu Aminah adalah seorang pedagang yang sudah terkenal dan memiliki banyak pelanggan. Suatu hari dia mendapati barang dagangannya ada yang rusak, sementara masih banyak pelanggan yang memerlukan barang dagangannya itu.

Sesuai ilustrasi tersebut, perilaku yang mencerminkan sikap jujur yang harus ibu Aminah lakukan adalah....

A. Mencampurkan barang yang rusak kedalam barang lain karena jumlahnya hanya sedikit

B. Menjual barangnya yang rusak bersama dengan barangnya yang lain, karena pembeli tidak mengetahuinya

C. Membuang barangnya yang rusak dan tidak menjualnya karena khawatir pembeli kecewa

D. Memberitahukan kondisi barangnya yang telah rusak kepada pembeli, walaupun beresiko tidak laku

 

17.  Perhatikan deskripsi berikut ini

1)  Danu menerima perlakuan yang kurang adil dari guru, ia tidak dendam, tidak melakukan protes, dan pembelaan diri, karena apabila itu dilakukan akan menambah masalah.

2)  Ketika Tito memperoleh perlakuan yang tidak adil, ia protes dan marah terhadap guru didepan kelas.

3)  Tanti tetap khusnuzan kepada guru, walaupun ia mendapatkan perilaku yang tidak adil dari guru.

4)  Yanti melaporkan ke orang tua, ketika mendapatkan perlakuan yang tidak adil, sebagai pelajaran kepada guru.

5)  Rico tetap berlaku sopan santun kepada guru yang melakukan ketidakadilan kepada dirinya, karena Rico meyakini kalau guru bertindak seperti itu, akibat mendapatkan informasi yang tidak lengkap

 

Dari deskripsi diatas sikap yang benar adalah... .

A. 1, 3, dan 5

B. 1, 2, dan 4

C. 2, 3, dan 5

D. 3, 4, dan 5

 

18.  Perhatikan beberapa contoh perilaku terpuji  berikut ini !

1)  rendah hati                                  

2)  percaya diri

3)  berbuat baik

4)  tolong menolong

5)  saling menghormati

6)  mensyukuri nikmat

 

Dari contoh pernyataan diatas yang menunjukkan perilaku berbaik sangka kepada sesama  manusia adalah....

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 6       

C. 3, 4, dan 5

D. 4, 5, dan 6

 

19.  Perhatikan Q.S. Al-Ahzab /33:70

Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Ayat Al-Qur’an tersebut menjelaskan tentang sikap ....

A.  menepati janji

B.  istiqomah        

C.  tekun

D.  Jujur

 

20.  Perhatikan ilustrasi berikut ini !

Rahman seorang siswa yang berprestasi, dia akan  mengikuti PENTAS PAI yang menuntutnya untuk terus berlatih di sekolah. Hampir setiap hari ia pulang sore ke rumah, padahal saat itu ibunya tengah sakit dan ayahnya juga sedang pergi bekerja di luar kota.

 

Berdasarkan ilustrasi di atas, cara berbakti dan taat kepada orang tua yang paling tepat  dilakukan oleh Rahman adalah...                                     

A.   mengikuti lomba PENTAS PAI dan mengabaikan ibunya yang sedang sakit

B.   memutuskan tidak ikut lomba agar ibunya yang sakit segera sembuh

C.   meminta ayahnya untuk tidak bekerja  dan mendampingi ibunya di rumah saja

D.   meminta guru pembimbingnya untuk mengizinkan berlatih di rumah

 

21.  Perhatikan beberapa contoh perilaku berikut ini!

1)  membicarakan kebaikan

2)  menggunakan volume suara yang sesuai

3)  menuliskan salam pembuka dan penutup

4)  mengklarifikasi informasi sebelum disebarkan

5)  menatap wajah lawan bicara dengan penuh perhatian

6)  membagikan semua informasi yang diterima kepada semua teman

 

Berdasarkan beberapa contoh perilaku di atas, yang termasuk kepada tatakrama berkomunikasi secara tertulis melalui media sosial yang baik adalah...

A. 1, 2, dan 5

B. 1, 3, dan 4

C. 2, 4, dan 6

D. 3, 5, dan 6

 

22.  Perhatikan narasi berikut!

Ibu Mirna baru saja melahirkan seorang bayi, dia mengalami nifas. Setelah empat puluh hari nifasnya selesai, dia bermaksud untuk bersuci. Secara kebetulan kemarau sedang terjadi di kampungnya yang menyebabkan tidak ada air.

 

Dari narasi tersebut, yang harus dilaksanakan oleh Ibu Mirna sebelum melaksanakan shalat adalah ...

A. Wudhu                                           

B. Tayamum

C. Mandi dan Tayamum

D. Wudhu dan Tayamum

 

23.  Perhatikan ilustrasi berikut!

Rifqi sedang melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah dengan teman-temannya. Tiba-tiba Aldi datang untuk mengikutinya pada saat mereka sedang melaksanakan sujud rakaat kedua.

 

Dari ilustrasi tersebut, Jumlah rokaat yang harus dilakukan Aldi untuk menyempurnakan sholatnya adalah...

A. 1 rakaat

B. 2 rakaat           

C. 3 Rakaat

D. 4 Rakaat

 

24.  Perhatikan ilustrasi berikut!

Pak Fahmi dan warga  sedang melaksanakan shalat Jum’at di mesjid Jami’ di kampungnya.  Pada waktu khatib sedang khutbah tiba-tiba khatib tersungkur dan langsung wafat.

 

Dari ilustrasi tersebut, yang harus dilakukan oleh Pak Fahmi adalah ....

A. mengurus jenazah                                                       

B. menggantikan posisi khatib

C.  membubarkan jamaah Shalat Jum'at

D.  menggantikan shalat Jum’at dengan shalat Dzuhur

 

25.  Perhatikan narasi berikut ini!

Muhaimin tinggal di Indramayu, ia hendak bersilaturahmi ke rumah neneknya di Yogyakarta. Saat waktu magrib ia beristirahat untuk menunaikan salat maghrib dan salat isya secara jamak qasar. Setelah itu, ia melanjutkan kembali perjalanan sampai tujuan. Dari ilustrasi tersebut, salat jama qasar yang benar dilakukan oleh Muhaimin adalah .…

A. Maghrib dikerjakan 3 rakaat dan isya 4 rakaat, dengan niat jamak ta’khir dan qasar

B. Maghrib dikerjakan 3 rakaat dan isya 2 rakaat, dengan niat jamak ta’khir dan qasar

C. Maghrib dikerjakan 3 rakaat dan isya 4 rakaat, dengan niat jamak taqdim dan qasar

D. Maghrib dikerjakan 3 rakaat dan isya 2 rakaat, dengan niat jamak taqdim dan qasar

 

26.  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi melalui berbagai media massa. Dalam informasi tersebut dinyatakan bahwa esok hari akan terjadi gerhana Matahari, yaitu dimulai pukul 11.30 WIB dan berakhir pada pukul 14.00 WIB. Fenomena alam ini merupakan peristiwa yang unik dan menarik untuk diamati sebagai bukti adanya kebesaran Allah swt. Dengan terjadinya peristiwa tersebut, bagi setiap muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat sunnah ....

A. Kusuf

B. Khusuf

C. Tahajjud

D. Istisqa

 

27.  Perhatikan narasi berikut!

Maryati adalah siswi SMP kelas VIII, ia mengikuti salah satu lomba pada PENTAS PAI SMP tingkat Nasional. Ketika para pemenang lomba diumumkan, namanya disebutkan sebagai pemenang lomba dengan predikat juara satu. Sebagai bentuk ekspresi kegembiraannya, Maryati melakukan …

A. Sujud syukur

B. Sujud tilawah

C. Bertasbih

D. Bertahlil

 

28.  Marwah seorang siswi berprestasi di salah satu SMP di Indramayu, Ia termasuk siswi yang taat beribadah kepada Allah Swt. Ia pernah berjanji dalam hatinya, jika saat nanti menjadi juara I pada lomba Pentas PAI tingkat Nasional maka akan melaksanakan puasa selama tiga hari berturut-turut.

 

Puasa yang harus dilakukan oleh Marwah adalah ....

A. Tarwiyah

B. Nadzar

C.  Kifarat

D.  Arofah

 

29.  Perhatikan gambar berikut!


Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Bahaya yang dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi minuman beralkhohol seperti yang ditunjukkan gambar di atas diantaranya, kecuali ...

A. merusak syaraf otak

B. meningkatkan daya tahan tubuh

C. menimbulkan pertengkaran

D. lalai dari mengingat Allah

 

30.  Perhatikan QS. At Taubah : 60:

 

Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Artinya :” Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.

Kandungan ayat tersebut yang benar adalah....

A. Pembagian zakat diberikan kepada delapan golongan

B. Zakat dibagikan untuk menghilangkan kesenjangan sosial

C. Pembagian zakat merupakan sarana untuk mengentaskan kemiskinan

D. Sarana membantu dalam memenuhi hajat hidup yatim piatu


31.  Perhatikan pernyataan berikut!

1)  Memakai kain ihram    

2)  Membaca talbiyah       

3)  Melaksanakan wukuf

4)  Melaksanakan sa’i

5)  Melontar jumrah

6)  Melaksanakan tawaf  ifadah

 

Dari pernyataan tersebut dapat  disimpulkan bahwa yang termasuk amalan rukun haji adalah ….

A. 1), 2), 4)

B. 2), 3), 5)           

C. 3), 4), 6)

D. 4), 5), 6)

 

32.  Perhatikan pernyataan di bawah ini !

1)  Menyiapkan lubang penampung darah.

2)  Hewan yang akan disembelih dihadapkan kiblat, lambung kiri di bawah.

3)  Kaki hewan dipegang kuat-kuat atau diikat, kepalanya ditekan ke bawah

4)  Leher hewan diletakkan di atas lubang penampung darah yang sudah disiapkan

5)  Berniat menyembelih.

6)  Membaca basmalah, shalawat nabi, dan takbir tiga kali.

7)  Arahkan pisau pada bagian kepala hewan.

8)  Sembelihlah sampai terputus tenggorokan, saluran makanan, dan urat lehernya.

 

Urutan tata cara penyembelihan hewan secara tradisional yang tepat ditunjukkan pada nomor ....

A. 1-2-3-4-5-6-8                                  

B. 1-2-3-4-5-6-7

C. 1-3-4-5-6-7-8                                  

D. 1-2-3-5-6-7-8

 

33.  Pak Mustari membeli beberapa hewan qurban diantaranya:  2 ekor sapi umur 3 tahun, 3 ekor sapi umur 1 tahun, 4 ekor kerbau umur 2 tahun, 3 ekor kambing umur 2 tahun, 2 ekor kambing umur setengah tahun.

Hewan yang layak untuk dijadikan qurban pada pernyataan tersebut di atas adalah ...

A. 2 ekor sapi umur 3 tahun, 4 ekor kerbau umur 2 tahun, 3 ekor kambing umur 2 tahun

B. 2 ekor sapi umur 3 tahun, 3 ekor sapi umur 1 tahun, 4 ekor kerbau umur 2 tahun

C. 2 ekor sapi umur 3 tahun, 3 ekor sapi umur 1 tahun, 2 ekor kambing umur setengah tahun.

D. 4 ekor kerbau umur 2 tahun, 3 ekor kambing umur 2 tahun, 2 ekor kambing umur setengah tahun.

 

34.  Perhatikan nama-nama sahabat Rasulullah berikut!

(1)  Abu Bakar                                                 

(2)  Salman Al Farisi

(3)  Ali bin Abi Thalib   

(4)  Khalid bin Walid 

(5)  Khadijah

(6)  Abu Hurairah

 

Dari beberapa nama sahabat Rasulullah tersebut, yang termasuk as-Sabiqun al-Awwalun adalah ....

A. (2), (5), dan (6)                              

B. (2), (4), dan (6)

C. (1), (4), dan (5)

D. (1), (3), dan (5)

 

35.  Perhatikan narasi berikut !

Nabi Muhammad saw. Setelah Hijrah di kota Madinah, melakukan beberapa program untuk mengatur kehidupan bermasyarakat, diantara program tersebut adalah mempersaudarakan antara Kaum  Muhajirin dengan Anshor, kemudian  mendirikan sebuah masjid, yang diberi nama Masjid Nabawi, dalam pembangunannya  seluruh umat Islam boleh mengambil bagian untuk mewujudkan Masjid tersebut.

Berdasarkan Narasi tersebut nilai yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat adalah …

A. Persaudaraan                                 

B. Persatuan

C. Kebersamaan                                 

D. Perjuangan

 

36.  Perhatikan narasi berikut !

Ali bin Abi Thalib merupakan   khalifah terakhir dari khulafaurrasyiddin  yang  memiliki sifat  cerdas  dan tegas. Ketika menjadi pemimpin  Proses pergantian Khalifah  Usman Bin Affan ke Ali bin Abi Thalib mengalami hambatan. Ada kelompok yang setuju dan yang menentang. Dalam situasi genting seperti ini, beliau  tampil dengan tegas sehingga dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang timbul. Diantarannya dengan luasnya kekuasaan terjadi kesulitan bahasa, sehingga beliau menetapkan penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa persatuan, namun pemerintahannya tidak pernah lepas dari makar dan guncangan, untuk mengatasi hal itu beliau membangun pusat pemerintahan di Kuffah.

 

Berdasarkan narasi tersebut  dapat disimpulkan  bahwa  Ali bin Abi Thalib berjasa dalam…

A.  pengembangan ilmu pengetahuan pada  dunia Islam

B.  penyempurnaan bahasa arab sebagai bahasa Negara

C.  penyempurnaan  ilmu tafsir di masa khulafaur Rasyiddin

D.  menyatukan perbedaan pendapat di kalangan kaum muslimin


37.  Perhatikan biografi berikut !

Ketika Bani umayah dipimpin oleh Khalifah al Walid Bin Abdul Malik  pada tahun 705-715 M / 86 -97 H. Pada masa pemerintahannya keadaan negara sangat tenteram, makmur, dan tertib. Umat Islam merasa nyaman dan hidup bahagia. Pada 10 tahun itu tercatat suatu perluasan wilayah dari Afrika Utara menuju wilayah barat daya, benua Eropa. Beliau membangun infrastruktur, Universitas yang megah, membangun rumah jompo dan panti asuhan serta   Masjid al Umawi di Damaskus.

Berdasarkan biografi tersebut nilai perjuangan yang bisa diteladani adalah ..

A. Mencintai rakyat                             

B. Membahagiakan rakyat

C. Mensejahterakan rakyat

D. Memajukan ilmu pengetahuan

 

38.  Perhatikan kisah berikut !

Aku ahli dibidang kedokteran, salah satu karyaku yang termasyhur adalah “Al Qonun” yang menjadi rujukan utama di bidang kedokteran selama  berabad-abad, aku dijuluku bapak pengobatan modern, aku adalah …

A. Al Hawarijmi                                  

B. Al Farabi

C. Ibnu Sina

D. Al Kindi

 

39.  Perhatikan tabel berikut!

No

Nama Sunan

No

Nama  Asli

1

Sunan Ampel

a

Raden Maulana Makdum Ibrahim

2

Sunan Bonang

b

Prabu Satmata

3

Sunan Drajat

c

Syarifudin

4

Sunan Giri

d

Raden Rahmat

 

Berdasarkan tabel di atas pasangan yang tepat antara nama sunan dan nama aslinya, adalah ....

A. 1 dan a

B. 2 dan a            

C. 3 dan b           

D. 4 dan c

 

40.  Perhatikan narasi berikut !

Sebelum Islam datang ke Nusantara, kesenian dan kebudayaan Hindu-Buddha telah  mengakar kuat di tengah-tengah masyarakat. Kesenian tersebut  tidak dihilangkan tetapi justru digunakan sebagai sarana dan media dakwah. Cabang-cabang  seni yang dikembangkan para penyebar Islam diantaranya adalah seni bangunan, seni pahat dan ukir, seni tari, seni musik dan seni sastra. Seni bangunan, misalnya masjid, mimbar, dan ukiran-ukirannya masih  menunjukkan motif-motif seperti yang terdapat pada candi-candi Hindu atau Buddha. Motif tersebut dapat dilihat pada Masjid Agung Demak, Masjid Agung Kasepuhan di Cirebon, Masjid Agung Banten, dan Masjid Baiturrahman di Aceh,

 

Berdasarkan narasi tersebut interpretasi penyebab Islam mudah diterima masyarakat Nusantara karena …

A.   penyebarannya melalui kesenian yang menjadi kesukaan masyarakat

B.   penyebar Islam di Nusantara memahami kondisi masyarakat

C.   pedagang  yang datang ke Nusantara   mempunyai bakat kesenian

D.   penyebar agama Islam mengembangkan seni yang ada untuk dakwah




II.     Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

41.  Perhatikan narasi berikut!

Fikri, Ahmad dan Andreas adalah siswa SMP di sekolah ternama kota itu. Mereka telah berteman sejak lama, bahkan mulai kelas VII. Saat ini mereka sudah kelas IX. Suatu ketika, mereka mendapat tugas dari guru Prakarya untuk membuat miniatur (replika) rumah ideal berikut kamar-kamarnya. Mereka sepakat untuk mengerjakannya di hari Minggu. Diantara mereka, hanya Andreas yang beragama Katolik, sementara Fikri dan Ahmad beragama Islam. Saat itu Andreas mengusulkan kepada Fikri dan Ahmad agar pelaksanaan pekerjaan tersebut agak siang setelah Andreas pulang dari Gereja.

Berdasarkan narasi tersebut, apa keputusan paling tepat yang dilakukan Fikri dan Ahmad?

 

42.  Setelah seluruh alam semesta hancur, manusia akan dibangkitkan dan menjalani rangkaian tahapan hingga mereka memperoleh ketentuan balasan surga atau neraka. 

Jelaskan 5 tahapan kehidupan hari akhir secara berurutan!

 

43.  Ketika Firda makan di Rumah Makan, saat mau pulang dia melihat ada dompet yang tertinggal disebelahnya, Firda tidak mengetahui itu milik siapa?, Firda memberanikan diri membuka dompet tersebut dan ternyata berisi sejumlah uang dan kartu-kartu penting, termasuk KTP yang tertera nama dan alamat lengkap.

Dari ilustrasi peristiwa tersebut, langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan oleh Firda?

 

44.  Ibu Maryana mempunyai emas seberat 200 gram sudah tersimpan selama satu tahun. Berapa rupiah zakat yang dikeluarkan jika harga emas Rp. 600.000,- per gram? Jelaskan cara perhitungan?

 

45.  Perhatikan fakta berikut!

Di Indonesia banyak tradisi Islam yang berkembang, hal ini disebabkan adanya percampuran antara tradisi Islam dan budaya asli Indonesia. Salah satunya adalah halal bi halal yang dilaksanakan bersamaan dengan perayaan hari raya Idul Fitri atau di bulan Syawal. Pada waktu itu umat Islam saling berkunjung ke rumah sanak saudara, kerabat dan teman untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi sehingga sanak kerabat yang tinggal berjauhan dapat berjumpa secara fisik minimal sekali dalam setahun.

Simpulkan dua nilai yang terkandung pada fakta tersebut!

 

*** Selamat Mengerjakan ***




Bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada link berikut ini :
  • Soal US/USBN PAI Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Kunci Jawaban US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs K-13 (DISINI)




Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, mohon maklum adanya karena admin hanya berbagi soal latihan Ujian Sekolah bertujuan untuk menjadikannya sebagai referensi belajar.



Demikian yang dapat admin sampaikan terkait Soal US/USBN PAI Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal US/USBN PAI Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"