Soal US/USBN PPKN Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
– Sebelumnya admin berbagi Soal US/USBN Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 9 SMP/MTs K-13, berkaitan hal itu
admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal US/USBN PPKN Kelas 9
SMP/MTs Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :
Dengan
semakin dekatnya Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) dan Ujian Sekolah (US/USBN) yang
akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan
Soal-soal PAT/UKK atau US/USBN untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya,
terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir
Tahun, Ujian Sekolah SMP/MTs Kurikulum 2013.
Surat
Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PAT/UKK atau US/USBN Kurikulum 2013 harus memenuhi
ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran
HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal
PAT/UKK atau US/USBN dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, okeee
langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut
ini.
Setiap
Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga
perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses
pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.
Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah
(US/UUSBN).
Tujuan
pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara
khusus ialah sebagai berikut ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama tiga tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Ujian Sekolah (US/USBN).
Dibawah
ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
:
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kelulusan Peserta Didik.
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Materi
soal US/USBN ini diambilkan dari kisi-kisi PPKN SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal
berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian
pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.
Berikut
admin tulis Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs K-13, dan untuk File-nya silahkan unduh pada akhir postingan ini :
UJIAN
SEKOLAH TINGKAT SMP
TAHUN PELAJARAN
2019/2020
LEMBAR SOAL
Mata Uji : P
P Kn
Satuan
Pendidikan : SMP
Hari/Tanggal :
Waktu : 120 Menit
Kurikulum Acuan : Kurikulum
2013
PETUNJUK UMUM
|
1. Isikan
identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) yang tersedia dengan
menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.
2.
Hitamkan bulatan di depan nama
mata ujian pada LJUS.
3.
Jagalah LJUS agar tidak rusak, sobek
ataupun terlipat.
4.
Jumlah soal sebanyak 40 butir
Pilihan Ganda dan 5 Uraian.
5.
Periksa dan bacalah setiap butir
soal sebelum Anda menjawabnya.
6.
Pilih jawaban yang benar dengan
menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia.
7.
Laporkan
kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak
atau tidak lengkap.
8.
Periksa kembali pekerjaan Anda
sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
9.
Lembar soal tidak boleh
dicoret-coret.
10.
Setiap bentuk kecurangan adalah
pelanggaran.
11.
Berdoalah sebelum mengerjakan
soal.
|
I. PILIHAN
GANDA
PETUNJUK KHUSUS:
Untuk soal nomor 1 sampai dengan 40, pilihlah jawaban yang paling tepat
dengan menghitamkan bulatan (l) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!
1.
Perhatikan
gagasan-gagasan mengenai dasar negara berikut !
(1) Peri
kebangsaan
(2) Kesejahteraan
rakyat
(3) Mufakat
dan demokrasi
(4) Kebangsaan
Indonesia
(5) Kesejahteraan
sosial
Gagasan
yang dikemukakan oleh Mr. Moh. Yamin dalam proses perumusan dasar negara
adalah ....
A. (1)
dan (2) B. (2) dan (3) C. (3) dan (4) D. (4)
dan (5)
2.
Salah
satu nilai kebersamaan yang timbul dari para perumus saat melakukan rapat
perumusan dasar negara adalah ....
A. Melindungi
hak golongan minoritas
B. Mengutamakan
golongan mayoritas
C. Menghargai
orang lain yang berpendapat sama
D. Mengedepankan
semangat persatuan bangsa
3.
Tujuan utama ditetapkannya norma dalam kehidupan
bermasyarakat adalah ….
A. Menghindari adanya konflik C. Memberi sanksi
bagi masyarakat
B. Membatasi hak-hak warga negara D. Mengatur tata
kehidupan masyarakat
4.
Berikut ini adalah pengertian norma kesopanan, yaitu….
A. sekumpulan peraturan yang mengatur tingkah manusia yang
berumber dari Tuhan Yang Maha Esa
B. sekumpulan
peraturan yang mengatur tingkah manusia yang berumber dari hati nurani
C.
sekumpulan peraturan hidup yang mengatur
tingkah laku manusia yang berumber dari tata pergaulan
D. sekumpulan
peraturan yang mengatur tingkah laku manusia yang berumber dari adat istiadat
5.
Janji
Jepang untuk membentuk BPUPKI (Dokuritsi Zyumbi Tyoosakai )
direalisasikan pada tanggal 1 Maret1945.
Selanjutnya dalam upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, BPUPKI mengadakan
sidang resmi dua kali dan sidang tidak resmi sekali. Sidang resmi kedua BPUPKI,
tanggal 10 – 16 Juli 1945 membahas tentang….
A. rancangan
Undang-Undang Dasar C. semboyan Negara Indonesia
B. sistem pemerintahan
Indonesia D. dasar negara Indonesia
6.
Keberagaman
dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan
kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku,
pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui
dialog dan kerja sama dengan prinsip …
A.
kebersamaan,
kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati
B.
kesetaraan,
kesejajaran, keadilan, dan mufakat
C.
musyawarah
mufakat, keadilan, dan kemandirian
D.
kepercayaan,
kedamaian, toleransi, dan kesetaraan
7.
Dalam
pasal 33 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan “
Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan “. Hal
ini berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, saling
membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama
secara adil. Salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang diharapkan
dalam pasal ini adalah …
A. Firma B. BUMN C. Koperasi
D. CV
8.
Otonomi daerah adalah
kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat
setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan....
A.
kehendak masyarakat dan
para pejabat di daerah
B.
aspirasi masyarakat sesuai
dengan peraturan perundang-undangan
C.
anjuran pemerintah pusat
yang disesuaikan dengan kondisi daerah
D.
kehendak para wakil
rakyat dan pemerintah daerah
9.
Dengan adanya otonomi
daerah, potensi sumber daya alam dapat dikelolah oleh sumber daya manusia yang
dimiliki oleh daerah setempat supaya daerah dapat berkembang maju. Peran daerah
dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain....
A.
meningkatkan
kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan
B.
meningkatkan pendapatan
per kapita bagi masyarakat pedesaan
C.
mengali sumber dana
sebesar-besarnya untuk pembangunan di daerah
D.
membantu pemerintah
pusat dalam penarikan pajak untuk pembangunan nasional
10. Perhatikan
fungsi Pancasila di bawah ini !
(1) Sebagai alat pemersatu bangsa
(2) Sebagai dasar dan sumber hukum nasional
(3) Mengarahkan bangsa Indonesia menuju tujuan
(4) Sebagai dasar penyelenggaraan kehidupan kenegaraan
Dari pernyataan di atas fungsi Pancasila
sebagai Dasar Negara ditunjukkan pada nomor…..
A. (1) dan (2) B. (3) dan (4) C. (1) dan (3) D. (2)
dan (4)
11. Dalam
suatu rapat terjadi perbedaan pendapat yang dipertahankan oleh masing-masing
kelompok sebagai pendapat yang paling tepat untuk dijadikan keputusan dalam
rapat sehingga rapat menemui jalan buntu. Dalam kondisi seperti itu akhirnya
pemimpin rapat mengambil kebijakan keputusan rapat ditunda dan memanggil
perwakilan dari masing-masing kelompok peserta rapat untuk membahas
permasalahan dalam rapat kecil. Sikap yang diambil pemimpin rapat ini sebagai
bentuk perwujudan sila ke empat Pancasila.
Berdasarkan
ilustrasi tersebut menunjukkan Pancasila sebagai pandangan hidup yang berfungsi
…..
A. menunjukkan
arah atau tujuan yang akan dicapai sesuai dengan cita-cita bangsa
B. menjadi
pegangan dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dan tantangan
C. menunjukkan
gagasan-gagasan mengenai wujud kehidupan yang di cita-citakan
D. memberikan
kemampuan untuk menyaring pengaruh-pengaruh yang negatif
12. Hubungan
Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ….
A. Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia lahir karena adanya Pembukaan Undang-Undang Dasar
B. Alinea
pertama dalam pembukaan merupakan uraian singkat dari kalimat pertama
proklamasi kemerdekaan
C. Alinea
pertama, kedua dan ketiga dalam Pembukaan merupakan uraian rinci dari kalimat
pertama proklamasi kemerdekaan
D. Alinea
keempat dalam Pembukaan merupakan uraian rinci dari kalimat pertama proklamasi
kemerdekaan.
13. Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki sifat ....
A. Tertulis,
memuat norma-norma/ataruan-aturan/ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan
secara konstitusional dan memuat aturan yang sangat terperinci.
B. Merupakan hukum positif yang tertinggi, memuat
norma-norma/aturan-aturan/ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan
secara konstitusional dan memuat aturan yang sangat terperinci.
C. Tertulis,
merupakan hukum positif yang tertinggi, dan memuat aturan yang sangat
terperinci.
D. Tertulis,
memuat norma-norma/ataruan-aturan/ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan
secara konstitusional dan merupakan hukum positif yang tertinggi.
14. Perhatikan
Tabel Tata urutan Peraturan Perundang-undangan di bawah ini !
I
|
II
|
III
|
IV
|
1. UUD NRI Tahun 1945
2. Ketetapan MPR
3. UU/Perpu
4. Peraturan Pemerintah
5. Keputusan Presiden
6. Peraturan Pelaksana Lainnya
|
1. UUD NRI Tahun 1945
2. Ketetapan MPR
3. UU
4. Peratuan Pemerintah
Pengganti Undang-Undang
5. Peraturan Pemerintah
6. Keputusan Presiden
7. Peraturan Daerah
|
1. UUD NRI Tahun 1945
2. UU/Perpu
3. Peraturan Pemerintah
4. Peraturan Presiden
5. Peraturan Daerah, yang
meliputi:
a. Perda Provinsi
b. Perda Kabupaten/ Kota
c. Peraturan Desa atau
peraturan lain yang setingkat
|
1. UUD NRI Tahun 1945
2. Ketetapan MPR
3. UU/Perpu
4. Peraturan Pemerintah
5. Peraturan Presiden
6. Peraturan Daerah Provinsi
7. Peraturan Daerah
Kabupaten/Kota
|
Tata urutan Peraturan
Perundang-undangan menurut pasal 7 UU Nomor 12 tahun 2011 ditunjukan pada
kolom ....
A. I B. II C. III
D. IV
15. Perhatikan
pernyataan di bawah ini !
(1) Usul perubahan pasal-pasal diajukan oleh
sekurang-kurangnya 1/3 dari jumlah anggota MPR dan
disampaikan secara tertulis yang memuat bagian yang diusulkan untuk diubah
beserta alasannya
(2) Sidang MPR untuk mengubah pasal-pasal dihadiri sekurang-kurangnya 2/3
anggota MPR
(3) Putusan untuk mengubah disetujui oleh sekurang-kurangnya 50% dari
anggota MPR
(4) Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat
dilakukan perubahan
Berdasarkan pasal 37
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang Tata cara
perubahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang benar adalah ....
A. (1), (2) dan (3) C. (1), (3) dan (4)
B. (1), (2) dan (4) D. (2), (3) dan (4)
16. Perilaku
hukum warga negara ditunjukkan dalam bentuk menaati aturan-aturan hukum yang
berlaku dalam kehidupan masyarakat. Contoh perilaku hukum yang benar di
lingkungan sekolah adalah ....
A. Mematuhi nasihat orang tua, bersikap sopan dan santun
B. Tekun belajar, menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya
C. Menjaga nama baik masyarakat dan menghormati tata cara adat kebiasaan
setempat
D. Taat
dan tepat membayar pajak, mengendarai kendaraan sesuai dengan ketentuan yang
berlaku
17. Salah seorang dokter lulusan STOVIA (Sekolah Kedokteran
Jawa), yaitu dokter Wahidin Sudirohusodo yang menyadari
betapa terbelakang dan tertindasnya rakyat akibat penjajahan. Dokter Wahidin
Sudirohusodo menggagas tentang pentingnya mendirikan organisasi yang bertujuan
memajukan Pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan ini disambut baik
oleh para pelajar STOVIA, dan pada tanggal 20 Mei 1908 lahirlah Budi Utomo.
Keadaan ini perlu
diterapkan kembali untuk membangun motivasi dan karakter harapan bangsa saat
ini melalui kegiatan.…
A. melaksanakan
kegiatan dan lomba yang melibatkan pemuda di seluruh wilayah RI secara rutin
B. Mengingatkan
lagi kepada generasi muda bahwa mereka adalah tunas dan harapan bangsa
C. bergaul
dengan siapapun dan berusaha menghilangkan perbedaan dan karkteristik
kedaerahan
D. menjaga
sikap persatuan dengan meningkatkan nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung
jawab
18. Dr.
Wahidin Soedirohusodo menggagas organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan
dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan tersebut melahirkan organisasi ”Budi
Utomo”. Organisasi pertama pada zaman pergerakan nasional.
Kegiatan yang perlu
diteladani dari peristiwa tersebut dan dapat diterapkan untuk membangkitkan
semangat generasi muda saat ini adalah....
A. meyakinkan
kepada generasi muda bahwa mereka adalah penerus dan pejuang bangsa
B.
menjaga sikap
persatuan dengan meningkatkan nilai-nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung
jawab
C. berinterkasi
dengan siapapun dengan menghilangkan perbedaan dan karkteristik kedaerahan
D.
menyelenggarakan
kegiatan terkait dengan kepemudaan di seluruh wilayah Indonesia secara rutin
19. Pada
tanggal 28 Oktober 1928, peserta Kongres Pemuda mengucapkan ikrar yang dikenal
sebagai “Sumpah Pemuda”. Isi
teks Sumpah Pemuda menyimpulkan bahwa ....
A. peserta
kongres pemuda memiliki tekad yang kuat untuk mengusir penjajah
B. putra
dan putri Indonesia memiliki keberanian dalam melawan penjajah
C. golongan
muda memiliki niat lebih kuat untuk memerdekakan Indonesia
D. para
pemuda Indonesia mengakui sebagai bagian dari bangsa Indonesia
20. Perjuangan untuk mewujudkan kemerdekaan telah dilakukan
oleh para Pemuda Angkatan Tahun 1928 dengan terwujudnya ikrar
....
A. Proklamasi
Kemerdekaan C. Sumpah
Pemuda
B. Kongres
Pemuda I D. Budi
Utomo
21. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa
Indonesia adalah....
A. membangkitkan kesadaran nasional
B. memperkuat semangat dan tekat para pemuda untuk
bersatu
C. Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
D. mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
22. Berikut ini merupakan salah satu contoh sikap pelajar yang
mencerminkan keteladanan para tokoh perumus Pancasila, kecuali .....
A. hanya menghormati guru di sekolah
B. menghargai pedapat teman walaupun berbeda agama
C. membayar jajan di kantin dengan jujur
D. membantu teman yang berasal dari satu daerah
23. Perhatikan
pernyataan berikut di bawah ini !
(1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia
(2) Kesiapan sosial budaya
(3) Menjaga kelestarian lingkungan
(4) Menciptakan ketahanan nasional
Sikap dan perilaku menjaga
kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia ditunjukkan pada nomor... .
A. (1) dan (2) B. (2) dan (3) C. (3) dan (4) D. (1)
dan (4)
24. Berbagai
peristiwa berikut, yang tidak pernah mengancam keberadaan Pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara adalah .....
A. pemberontakan PKI
di Madiun
B. gerakan reformasi
pembangunan
C. pemberontakan
DI/TII di Jawa Barat
D. gerakan 30
September/PKI
25. Perhatikan
ciri-ciri ideologi berikut!
(1) nilai-nilai dan
cita-citanya diambil dan dipaksakan dari luar, serta diciptakan oleh negara
(2) nilai dan cita
citanya digali dari kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakat itu sendiri.
(3) dasarnya ditemukan
dalam masyarakat itu sendiri dan dari konsensus masyarakat itu sendiri,
(4) milik dari semua
rakyat, dan masyarakat dapat menemukan dirinya di dalamnya.
(5) Dibenarkan dan dibutuhkan
oleh seluruh warga masyarakat
Ciri khas ideologi terbuka terbuka ditunjukkan pada nomor....
A. (1), (2),
(3), dan (4) C. (1), (3),
(4), dan (5)
B. (1), (2),
(3), dan (5) D. (2), (3),
(4), dan (5)
26.
Perhatikan
penerapan nilai nilai Pancasila berikut ini !
1
|
Istianah rajin membantu ibu memasak di rumah
|
6
|
Nizza selalu sholat berjamaah di masjid
|
2
|
Aina menolong temannya yang kena musibah
|
7
|
Naura menengok orang sakit
|
3
|
Muafik rajin Menabung di sekolah
|
8
|
Sabrina mengikuti pemilihan ketua osis di sekolahnya
|
4
|
Dina selalu mengikuti upacara bendera di
sekolah setiap hari senin
|
9
|
Presa selalu menghormati kakak kelasnya
|
5
|
Rusmanto aktif mengikuti gotong royong di
kampung
|
10
|
Indra tidak mengganggu temannya yang sedang
beribadah
|
Dari tabel di atas perwujudan nilai-nilai Pancasila
sila 2 ditunjukkan dengan sikap…
A. Aina, Naura C. Istianah,
Presa
B. Aina, Nizza D. Nizza,
Indra
27. Kemerdekaan
yang di capai oleh bangsa Indonesia adalah merupakan rahmat dan anugerah Tuhan
Yang Maha Kuasa, bangsa Indonesia menyadari bahwa tanpa rahmat Tuhan Yang Maha
Kuasa maka bangsa Indonesia tidak akan merdeka, kemerdekaan yang di capai tidak
semata-mata hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia tetapi atas rahmat
Tuhan Yang Maha Esa. Makna ini terdapat dalam Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945….
A.
alinea 1 B. alinea 2 C. alinea 3 D. alinea 4
28. Pokok
pikiran kedua pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah negara ....
A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah
darah Indonesia berdasar atas persatuan
B. hendak
mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
C. yang berkedaulatan
rakyat, berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/ perwakilan
D. berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar
kemanusiaan yang adil dan beradab
29. Perhatikan
pokok-pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar berikut ini !
(1) Mengutamakan sikap
individualisme, hedonisme dan konsumerisme
(2) Bangga sebagai
bangsa Indonesia yang kaya subur dan makmur
(3) Mengutamakan
kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan
(4) Menggunakan Bahasa
Indonesia dengan baik dan benar
(5) Sistem
pemerintahan yang bersifat otoriter
Dari pernyataan di atas merupakan sikap positif
yang ditampilkan terhadap pokok-pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar
Tahun 1945 di lingkungan bangsa dan negara yaitu nomor ....
A. 1,
5 dan 3 B. 5,
1 dan 4 C. 1, 3 dan 4 D. 2,
3 dan 4
30. Menurut Jean Bodin, kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi
untuk menentukan hukum dalam suatu negara. Kedaulatan
memiliki empat sifat pokok, di antaranya adalah Permanen yang
memiliki arti kekuasaan….
A. Tidak
dibatasi oleh kekuasaan lain
B. Tidak
berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi
C. Tetap
ada sepanjang negara tetap berdiri walaupun pemerintah sudah berganti
D. Merupakan
satu satunya dalam negara dan tidak dibagi kepada badan-badan lain.
31. Perhatikan
bentuk kedaulatan berikut ini !
(1) Kekuasaan
untuk mengelola semua yang ada di wilayahnya untuk kemakmuran dan
kesehjahteraan rakyatnya
(2) Kekuasaan
untuk bekerjasama dengan bangsa lain tanpa terikat oleh kekuasaan lain.
(3) Kekuasaan
untuk menyusun dan mengatur organisasi pemerintahan sendiri tanpa campur tangan
negara lain
(4) Kekuasaan
untuk berhubungan dengan bangsa dan negara lain
Dari pernyataan di atas yang merupakan bentuk
kedaulatan Dalam ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1),(2),
(3) dan (4) C. (1)
dan (3)
B. (1),
(2) dan (3) D. (1)
dan (4)
32. Perhatikan
Perbandingan Demokrasi berikut ini!
Ciri-ciri Demokrasi
dan Otoriter
1.
Kedaulatan di tangan
individu dan bertindak otoriter
2.
Pemerintah di jalankan
atas kehendak rakyat
3.
Adanya hukum dan
konstitusi yang membatasi kekuasaan Negara
4.
Adanya Pemilihan umum
yang melibatkan rakyat
5.
Pemilu ada tetapi tidak
terbuka melainkan tertutup
6.
Tidak adanya jaminan HAM
7.
Kedaulatan berada di
tangan rakyat
|
Berdasarkan pernyataan di atas otoriter
ditunjukan oleh nomor ….
A. (1), (5)
dan (6) C. (3),
(5) dan (6)
B. (2), (3)
dan (6) D. (1),
(3) dan (6)
33. Perhatikan
wewenang berikut ini!
(1) Mengubah
dan menetapkan Undang-Undang Dasar
(2) Melantik
Presiden dan Wakil Presiden berdasar hasil pemilihan umum dan sidang paripurna
MPR
(3) Memberhentikan
Presiden dan Wakil Presiden dalam masa jabatannya
(4) Memberikan
grasi kepada narapidana
(5) Membuat
undang-undang bersama Presiden
Pernyataan yang menunjukkan wewenang Majelis
Perwakilan Rakyat ditunjukkan oleh nomor....
A. (1),
(2) dan (5) C. (1), (3) dan (5)
B. (1),
(2) dan (4) D. (1), (2) dan (3)
34. Kebhinnekaan
yang ada pada bangsa Indonesia, disatu sisi adalah sebuah potensi dan modal
dasar bagi pembangunan, namun disisi lain juga dapat menjadi ancaman bagi
keutuhan bangsa Indonesia.
Keragaman
pada bangsa ini, seperti keragaman suku, tradisi, seni, alat musik, tarian,
makanan, agama dan lagu daerah membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia,
yaitu….
A. memperlihatkan
kepada dunia luar bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya
B. masyarakat
Indonesia lebih mudah mewujudkan tujuan nasionalnya
C. keragaman
ini merupakan unsur yang dapat membangun rasa nasionalisme dan patriotisme
D. Indonesia
menjadi bangsa yang disegani dan dihargai karena keragaman dan kebhinnekaannya
35. Keberagaman
dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan
kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antarsuku,
pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui
dialog dan kerja sama dengan prinsip …
A. kebersamaan,
kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati
B. kesetaraan,
kesejajaran, keadilan, dan mufakat
C. musyawarah
mufakat, keadilan, dan kemandirian
D. kepercayaan,
kedamaian, toleransi, dan kesetaraan
36. Konflik
dapat mengganggu kerukunan masyarakat. Anggota masyarakat yang sebelumnya
saling bertetangga bisa berubah menjadi
tidak saling bertegur sapa, saling membenci dan saling berprasangka
negatif. Hal ini merupakan salah satu akibat konflik, yaitu ….
A. perubahan
kepribadian
B. perpecahan
dalam masyarakat
C. kerugian
harta benda dan korban manusia
D. kehancuran
nilai-nilai dan norma sosial yang ada
37. Upaya dalam menyelesaikan konflik di masyarakat dapat dilakukan
dengan ....
A. mengembangkan sikap menghargai dan menghormati berbagai
keberagaman di masyarakat
B. mengembangkan sikap acuh tak acuh dalam keberagaman di lingkungan
masyarakat
C. merendahkan kemampuan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat
D. merasa paling benar sendiri dalam tata pergaulan masyarakat
38. Makna
penting yang terkandung dalam kegiatan bela negara adalah …
A. Selalu
membanggakan sukunya
B. Menolak
keberadaan budaya asing di Indonesia
C. Taat
dan patuh pada peraturan yang dikeluarkan negara
D. Berusaha
untuk mempertahankan NKRI dari segala ancaman
39. Salah
satu potensi ancaman yang dihadapi NKRI dari dalam negeri antara lain
penyalahgunaan narkoba. Berikut upaya penanggulangan penyebaran narkoba yang
lebih efektif adalah .…
A. memberikan
alternatif aktivitas yang bermanfaat dan penjelasan bahaya narkoba
B. penerapan
hukuman mati bagi yang menggunakan maupun mengedarkan
C. memobilisasi
semua pihak baik pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat
D. melibatkan
dan memobilisasi komunitas lokal maupun pemerintah/aparat
40. Kemajuan teknologi memiliki dampak negatif di antaranya
munculnya sifat egois dan individualisme, selain itu dalam
hidup bermasyarakat generasi muda kurang memahami norma dan etika.
Usulan
gagasan yang tepat untuk membangkitkan semangat bela negara generasi muda
terkait dengan ilustrasi tersebut adalah....
A. menghargai
dan mengenang pengorbanan pahlawan
B. memiliki
sikap integritas yang tinggi terhadap asal usul
C. menerapkan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
D. menghidupkan
karang taruna untuk pembinaan mental para pemuda
II. URAIAN
41. Usulan
mengenai dasar Indonesia merdeka dalam sidang pertama BPUPKI secara berurutan
dikemukakan oleh Muhammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno. Pada tanggal 31 Mei
1945, Soepomo menyampaikan pidatonya tentang dasar negara. Tuliskan Rumusan
dasar negara yang diajukan oleh Soepomo !
42. Tata
urutan peraturan perundang-undangan mengandung makna bahwa peraturan
perundang-undangan yang berlaku memiliki hierarki atau tingkatan. Tata urutan
perlu dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip atau asas umum yang berlaku dalam
hukum. Sebutkan 4 prinsip atau asas umum yang berlaku dalam tata urutan
peraturan perundang-undangan !
43. Selain
mempunyai makna yang sangat mendalam, Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 juga mengandung pokok-pokok pikiran. Pokok-pokok
pikiran tersebut menggambarkan suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta mewujudkan cita hukum yang
melandasi hukum dasar negara, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.
Sebutkan dan jelaskan secara singkat 4 pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 !
44. Menurut
Soerjono Soekamto, “masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara
unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok
sosial”. masalah sosial merupakan suatu kondisi yang dapat muncul dari keadaan
masyarakat yang kurang atau tidak ideal. Sebutkan 4 jenis faktor penyebab
masalah sosial !
45. Membela
negara itu bukan hanya tugas dan tanggung jawab dari apparat keamanan, seperti
Polisi atau TNI saja, namun juga sekaligus kewajiban seluruh rakyat Indonesia
dalam membela sesuai dengan kemampuan masing masing. Membela negara harus
didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang ada. Tuliskan 4 dasar hukum
yang mangatur tentang bela Negara !
*** Selamat Mengerjakan
***
Bagi
rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci
jawaban US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020
pada link berikut ini :
- Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
- Kunci Jawaban US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs K-13 (DISINI)
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN PJOK Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Soal US/USBN B INGGRIS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN Matematika Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, mohon maklum adanya karena admin hanya berbagi soal latihan Ujian Sekolah bertujuan untuk menjadikannya sebagai referensi belajar.
Demikian
yang dapat admin sampaikan terkait Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . .
.*)
Posting Komentar untuk "Soal US/USBN PPKN Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"