Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal US/USBN PPKN Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin berbagi Soal US/USBN Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 9 SMP/MTs K-13, berkaitan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs  Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :


Dengan semakin dekatnya Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) dan Ujian Sekolah (US/USBN) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PAT/UKK atau US/USBN untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun, Ujian Sekolah SMP/MTs Kurikulum 2013.


Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PAT/UKK atau US/USBN Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK atau US/USBN dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, okeee langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.


Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/UUSBN).

Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
  • Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
  • Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
  • Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama tiga tahun.
  • Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
  • Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  • Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  • Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.



Fungsi Ujian Sekolah (US/USBN).

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) :
  1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kelulusan Peserta Didik.
  2. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  3. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  4. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  5. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.



Materi soal US/USBN ini diambilkan dari kisi-kisi PPKN SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.

Berikut admin tulis Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs K-13, dan untuk File-nya silahkan unduh pada akhir postingan ini :

UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMP
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
LEMBAR SOAL
Mata Uji                              :      P P Kn
Satuan Pendidikan             :      SMP
Hari/Tanggal                       :     
Waktu                                 :      120 Menit
Kurikulum Acuan                :      Kurikulum 2013
PETUNJUK UMUM
1.  Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.
2.      Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUS.
3.      Jagalah LJUS agar tidak rusak, sobek ataupun terlipat.
4.      Jumlah soal sebanyak 40 butir Pilihan Ganda dan 5 Uraian.
5.      Periksa dan bacalah setiap butir soal sebelum Anda menjawabnya.
6.      Pilih jawaban yang benar dengan menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia.
7.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.
8.      Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
9.      Lembar soal tidak boleh dicoret-coret.
10.  Setiap bentuk kecurangan adalah pelanggaran.
11.  Berdoalah sebelum mengerjakan soal.

I.     PILIHAN GANDA

PETUNJUK KHUSUS:
Untuk soal nomor 1 sampai dengan 40, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan (l) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!

1.        Perhatikan gagasan-gagasan mengenai dasar negara berikut !
(1)     Peri kebangsaan
(2)     Kesejahteraan rakyat
(3)     Mufakat dan demokrasi
(4)     Kebangsaan Indonesia
(5)     Kesejahteraan sosial
Gagasan yang dikemukakan oleh Mr. Moh. Yamin dalam proses perumusan dasar  negara adalah ....
A.  (1) dan (2)                B. (2) dan (3)              C. (3) dan (4)                D. (4) dan (5)
2.        Salah satu nilai kebersamaan yang timbul dari para perumus saat melakukan rapat perumusan dasar negara adalah ....
A.  Melindungi hak golongan minoritas
B.  Mengutamakan golongan mayoritas
C.  Menghargai orang lain yang berpendapat sama
D.  Mengedepankan semangat persatuan bangsa
3.        Tujuan utama ditetapkannya norma dalam kehidupan bermasyarakat adalah ….
A.  Menghindari adanya konflik                          C. Memberi sanksi bagi masyarakat                      
B.  Membatasi hak-hak warga negara                 D. Mengatur tata kehidupan masyarakat
4.        Berikut ini adalah pengertian norma kesopanan, yaitu….
A.  sekumpulan peraturan yang mengatur tingkah manusia yang berumber dari Tuhan Yang Maha Esa
B.  sekumpulan peraturan yang mengatur tingkah manusia yang berumber dari hati nurani
C.   sekumpulan peraturan hidup yang mengatur tingkah laku manusia yang berumber dari tata pergaulan
D.  sekumpulan peraturan yang mengatur tingkah laku manusia yang berumber dari adat istiadat
5.        Janji Jepang untuk membentuk BPUPKI  (Dokuritsi Zyumbi Tyoosakai ) direalisasikan pada tanggal 1 Maret1945. Selanjutnya dalam upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, BPUPKI mengadakan sidang resmi dua kali dan sidang tidak resmi sekali. Sidang resmi kedua BPUPKI, tanggal 10 – 16 Juli 1945 membahas tentang….
A.  rancangan Undang-Undang Dasar              C. semboyan Negara Indonesia
B.  sistem pemerintahan Indonesia                   D. dasar negara Indonesia
6.        Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan  prinsip …
A.  kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati
B.  kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat
C.  musyawarah  mufakat, keadilan, dan kemandirian
D.  kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan
7.        Dalam pasal 33 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan “ Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan “. Hal ini berarti dalam  kegiatan usaha ekonomi  digunakan prinsip kerjasama, saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil. Salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal ini  adalah …
A.  Firma                        B. BUMN                   C. Koperasi                   D. CV
8.        Otonomi daerah adalah kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan....
A.  kehendak masyarakat dan para pejabat di daerah
B.  aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan
C.  anjuran pemerintah pusat yang disesuaikan dengan kondisi daerah
D.  kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah
9.        Dengan adanya otonomi daerah, potensi sumber daya alam dapat dikelolah oleh sumber daya manusia yang dimiliki oleh daerah setempat supaya daerah dapat berkembang maju. Peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain....
A.  meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan
B.  meningkatkan pendapatan per kapita bagi masyarakat pedesaan
C.  mengali sumber dana sebesar-besarnya untuk pembangunan di daerah
D.  membantu pemerintah pusat dalam penarikan pajak untuk pembangunan nasional
10.    Perhatikan fungsi Pancasila di bawah ini !
(1)     Sebagai alat pemersatu bangsa                   
(2)     Sebagai dasar dan sumber hukum nasional
(3)     Mengarahkan bangsa Indonesia menuju tujuan
(4)     Sebagai dasar penyelenggaraan kehidupan kenegaraan
Dari pernyataan di atas fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara ditunjukkan pada nomor…..
A.  (1) dan (2)                B. (3) dan (4)              C. (1) dan (3)                D. (2) dan (4)
11.    Dalam suatu rapat terjadi perbedaan pendapat yang dipertahankan oleh masing-masing kelompok sebagai pendapat yang paling tepat untuk dijadikan keputusan dalam rapat sehingga rapat menemui jalan buntu. Dalam kondisi seperti itu akhirnya pemimpin rapat mengambil kebijakan keputusan rapat ditunda dan memanggil perwakilan dari masing-masing kelompok peserta rapat untuk membahas permasalahan dalam rapat kecil. Sikap yang diambil pemimpin rapat ini sebagai bentuk perwujudan sila ke empat Pancasila.
Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan Pancasila sebagai pandangan hidup yang berfungsi …..
A.  menunjukkan arah atau tujuan yang akan dicapai sesuai dengan cita-cita bangsa
B.  menjadi pegangan dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dan tantangan
C.  menunjukkan gagasan-gagasan mengenai wujud kehidupan yang di cita-citakan
D.  memberikan kemampuan untuk menyaring pengaruh-pengaruh yang negatif  
12.    Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ….
A.  Proklamasi Kemerdekaan Indonesia lahir karena adanya Pembukaan Undang-Undang Dasar
B.  Alinea pertama dalam pembukaan merupakan uraian singkat dari kalimat pertama proklamasi kemerdekaan
C.  Alinea pertama, kedua dan ketiga dalam Pembukaan merupakan uraian rinci dari kalimat pertama proklamasi kemerdekaan
D.  Alinea keempat dalam Pembukaan merupakan uraian rinci dari kalimat pertama proklamasi kemerdekaan.
13.    Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki sifat ....
A.  Tertulis, memuat norma-norma/ataruan-aturan/ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan secara konstitusional dan memuat aturan yang sangat terperinci.
B.  Merupakan hukum positif yang tertinggi, memuat norma-norma/aturan-aturan/ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan secara konstitusional dan memuat aturan yang sangat terperinci.
C.  Tertulis, merupakan hukum positif yang tertinggi, dan memuat aturan yang sangat terperinci.
D.  Tertulis, memuat norma-norma/ataruan-aturan/ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan secara konstitusional dan merupakan hukum positif yang tertinggi.
14.    Perhatikan Tabel Tata urutan Peraturan Perundang-undangan di bawah ini !
I
II
III
IV
1.     UUD NRI Tahun 1945
2.     Ketetapan MPR
3.     UU/Perpu
4.     Peraturan Pemerintah
5.     Keputusan Presiden
6.     Peraturan Pelaksana Lainnya
1.     UUD NRI Tahun 1945
2.     Ketetapan MPR
3.     UU
4.     Peratuan Pemerintah Pengganti Undang-Undang
5.     Peraturan Pemerintah
6.     Keputusan Presiden
7.     Peraturan Daerah
1.     UUD NRI Tahun 1945
2.     UU/Perpu
3.     Peraturan Pemerintah
4.     Peraturan Presiden
5.     Peraturan Daerah, yang meliputi:
a.     Perda Provinsi
b.     Perda Kabupaten/ Kota
c.     Peraturan Desa atau peraturan lain yang setingkat
1.     UUD NRI Tahun 1945
2.     Ketetapan MPR
3.     UU/Perpu
4.     Peraturan Pemerintah
5.     Peraturan Presiden
6.     Peraturan Daerah Provinsi
7.     Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
Tata urutan Peraturan Perundang-undangan menurut pasal 7 UU Nomor 12 tahun 2011 ditunjukan pada kolom  ....
A.  I                                B. II                            C. III                             D. IV

15.    Perhatikan pernyataan di bawah ini !
(1)   Usul perubahan pasal-pasal diajukan oleh sekurang-kurangnya 1/3 dari jumlah anggota MPR dan disampaikan secara tertulis yang memuat bagian yang diusulkan untuk diubah beserta alasannya
(2)   Sidang MPR untuk mengubah pasal-pasal dihadiri sekurang-kurangnya 2/3 anggota MPR
(3)   Putusan untuk mengubah disetujui oleh sekurang-kurangnya 50% dari anggota MPR
(4)   Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan
Berdasarkan pasal 37 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang Tata cara perubahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang benar adalah ....
A.  (1), (2) dan (3)                                              C. (1), (3) dan (4)
B.  (1), (2) dan (4)                                             D. (2), (3) dan (4)
16.    Perilaku hukum warga negara ditunjukkan dalam bentuk menaati aturan-aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Contoh perilaku hukum yang benar di lingkungan sekolah adalah ....
A.  Mematuhi nasihat orang tua, bersikap sopan dan santun
B.  Tekun belajar, menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya     
C.  Menjaga nama baik masyarakat dan menghormati tata cara adat kebiasaan setempat
D.  Taat dan tepat membayar pajak, mengendarai kendaraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
17.    Salah seorang dokter lulusan STOVIA (Sekolah Kedokteran Jawa), yaitu dokter Wahidin Sudirohusodo yang menyadari betapa terbelakang dan tertindasnya  rakyat akibat penjajahan. Dokter Wahidin Sudirohusodo menggagas tentang pentingnya mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan Pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan ini disambut baik oleh para pelajar STOVIA, dan pada tanggal 20 Mei 1908 lahirlah Budi Utomo.
Keadaan ini perlu diterapkan kembali untuk membangun motivasi dan karakter harapan bangsa saat ini melalui kegiatan.…
A.  melaksanakan kegiatan dan lomba yang melibatkan pemuda di seluruh wilayah RI secara rutin
B.  Mengingatkan lagi kepada generasi muda bahwa mereka adalah tunas dan harapan bangsa
C.  bergaul dengan siapapun dan berusaha menghilangkan perbedaan dan karkteristik kedaerahan
D.  menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab
18.    Dr. Wahidin Soedirohusodo menggagas organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan tersebut melahirkan organisasi ”Budi Utomo”. Organisasi pertama pada zaman pergerakan nasional.
Kegiatan yang perlu diteladani dari peristiwa tersebut dan dapat diterapkan untuk membangkitkan semangat generasi muda saat ini adalah....
A.  meyakinkan kepada generasi muda bahwa mereka adalah penerus dan pejuang bangsa
B.   menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai-nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab
C.  berinterkasi dengan siapapun dengan menghilangkan perbedaan dan karkteristik kedaerahan
D.  menyelenggarakan kegiatan terkait dengan kepemudaan di seluruh wilayah Indonesia secara rutin
19.    Pada tanggal 28 Oktober 1928, peserta Kongres Pemuda mengucapkan ikrar yang dikenal sebagai “Sumpah Pemuda”. Isi teks Sumpah Pemuda menyimpulkan bahwa ....
A.  peserta kongres pemuda memiliki tekad yang kuat untuk mengusir penjajah
B.  putra dan putri Indonesia memiliki keberanian  dalam melawan penjajah
C.  golongan muda memiliki niat lebih kuat untuk memerdekakan Indonesia
D.  para pemuda Indonesia mengakui sebagai bagian dari bangsa Indonesia
20.    Perjuangan untuk mewujudkan kemerdekaan telah dilakukan oleh para Pemuda Angkatan Tahun 1928 dengan terwujudnya ikrar ....
A.  Proklamasi Kemerdekaan                           C. Sumpah Pemuda
B.  Kongres Pemuda I                                       D. Budi Utomo
21.    Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah....
A.  membangkitkan kesadaran nasional
B.  memperkuat semangat dan tekat para pemuda untuk bersatu
C.  Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
D.  mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
22.    Berikut ini merupakan salah satu contoh sikap pelajar yang mencerminkan keteladanan para tokoh perumus Pancasila, kecuali .....
A.  hanya menghormati guru di sekolah
B.  menghargai pedapat teman walaupun berbeda agama
C.  membayar jajan di kantin dengan jujur
D.  membantu teman yang berasal dari satu daerah
23.    Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini !
(1)    Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia
(2)    Kesiapan sosial budaya
(3)    Menjaga kelestarian lingkungan
(4)    Menciptakan ketahanan nasional
Sikap dan perilaku menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia ditunjukkan pada nomor... .
A.  (1) dan (2)                B. (2) dan (3)              C. (3) dan (4)                D. (1) dan (4)
24.    Berbagai peristiwa berikut, yang tidak pernah mengancam keberadaan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah .....
A.  pemberontakan PKI di Madiun                  
B.  gerakan reformasi pembangunan               
C.  pemberontakan DI/TII di Jawa Barat
D.  gerakan 30 September/PKI
25.    Perhatikan ciri-ciri ideologi berikut!
(1)   nilai-nilai dan cita-citanya diambil dan  dipaksakan dari luar, serta diciptakan oleh negara
(2)   nilai dan cita citanya digali dari kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakat itu sendiri.
(3)   dasarnya ditemukan dalam masyarakat itu sendiri dan dari konsensus masyarakat itu sendiri,
(4)   milik dari semua rakyat, dan masyarakat dapat menemukan dirinya di dalamnya.
(5)   Dibenarkan dan dibutuhkan oleh seluruh warga masyarakat
Ciri khas ideologi terbuka terbuka ditunjukkan pada nomor....
A.  (1), (2), (3), dan (4)                                     C. (1), (3), (4), dan (5)
B.  (1), (2), (3), dan (5)                                     D. (2), (3), (4), dan (5)
26.    Perhatikan penerapan nilai nilai Pancasila  berikut ini !
1
Istianah rajin membantu ibu memasak di rumah
6
Nizza selalu sholat berjamaah di masjid
2
Aina menolong temannya yang kena musibah
7
Naura menengok orang sakit
3
Muafik rajin Menabung di sekolah
8
Sabrina mengikuti pemilihan ketua osis di sekolahnya
4
Dina selalu mengikuti upacara bendera di sekolah setiap hari senin
9
Presa selalu menghormati kakak kelasnya
5
Rusmanto  aktif mengikuti gotong royong di kampung
10
Indra tidak mengganggu temannya yang sedang beribadah
Dari tabel di atas  perwujudan nilai-nilai Pancasila sila 2 ditunjukkan dengan sikap…          
A.  Aina, Naura                                                  C. Istianah, Presa
B.  Aina, Nizza                                                  D. Nizza, Indra            
27.    Kemerdekaan yang di capai oleh bangsa Indonesia adalah merupakan rahmat dan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa, bangsa Indonesia menyadari bahwa tanpa rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa maka bangsa Indonesia tidak akan merdeka, kemerdekaan yang di capai tidak semata-mata hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia tetapi atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Makna ini terdapat dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945….                                                     
A.  alinea 1                     B. alinea 2                  C. alinea 3                     D. alinea 4
28.    Pokok pikiran kedua pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah negara ....
A.  melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia berdasar atas persatuan
B.  hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
C.  yang berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/ perwakilan
D.  berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
29.    Perhatikan pokok-pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar berikut ini !
(1)  Mengutamakan sikap individualisme, hedonisme dan konsumerisme
(2)  Bangga sebagai bangsa Indonesia yang kaya subur dan makmur
(3)  Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan
(4)  Menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
(5)  Sistem pemerintahan yang bersifat otoriter
Dari pernyataan di atas merupakan sikap positif yang ditampilkan terhadap pokok-pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 di lingkungan bangsa dan negara yaitu nomor ....
A.  1, 5 dan 3                 B. 5, 1 dan 4               C. 1, 3 dan 4                 D. 2, 3 dan 4
30.    Menurut Jean Bodin, kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi untuk menentukan hukum dalam suatu negara. Kedaulatan memiliki empat sifat pokok, di antaranya adalah Permanen yang memiliki arti kekuasaan….
A.  Tidak dibatasi oleh kekuasaan lain
B.  Tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi
C.  Tetap ada sepanjang negara tetap berdiri walaupun pemerintah sudah berganti
D.  Merupakan satu satunya dalam negara dan tidak dibagi kepada badan-badan lain.
31.    Perhatikan bentuk kedaulatan berikut ini !
(1)    Kekuasaan untuk mengelola semua yang ada di wilayahnya untuk kemakmuran dan kesehjahteraan rakyatnya
(2)    Kekuasaan untuk bekerjasama dengan bangsa lain tanpa terikat oleh kekuasaan lain.
(3)    Kekuasaan untuk menyusun dan mengatur organisasi pemerintahan sendiri tanpa campur tangan negara lain
(4)    Kekuasaan untuk berhubungan dengan bangsa dan negara lain
Dari pernyataan di atas yang merupakan bentuk kedaulatan Dalam ditunjukkan oleh nomor ....
A.  (1),(2), (3) dan (4)                                        C. (1) dan (3)
B.  (1), (2) dan (3)                                             D. (1) dan (4)
32.    Perhatikan Perbandingan Demokrasi berikut ini!
Ciri-ciri Demokrasi dan Otoriter

1.    Kedaulatan di tangan individu dan bertindak otoriter
2.    Pemerintah di jalankan atas kehendak rakyat
3.    Adanya hukum dan konstitusi yang membatasi kekuasaan Negara
4.    Adanya Pemilihan umum yang melibatkan rakyat
5.    Pemilu ada tetapi tidak terbuka melainkan tertutup
6.    Tidak adanya jaminan HAM
7.    Kedaulatan berada di tangan rakyat
Berdasarkan pernyataan di atas  otoriter ditunjukan oleh nomor ….
A.  (1), (5) dan (6)                                              C. (3), (5) dan (6)
B.  (2), (3) dan (6)                                             D. (1), (3) dan (6)
33.    Perhatikan wewenang berikut ini!
(1)   Mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar                                  
(2)   Melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasar hasil pemilihan umum dan sidang paripurna MPR
(3)   Memberhentikan Presiden dan Wakil Presiden dalam masa jabatannya
(4)   Memberikan grasi kepada narapidana
(5)   Membuat undang-undang bersama Presiden
Pernyataan yang menunjukkan wewenang Majelis Perwakilan Rakyat ditunjukkan oleh nomor....
A.  (1), (2) dan (5)                                              C. (1), (3) dan (5)
B.  (1), (2) dan (4)                                              D. (1), (2) dan (3)
34.    Kebhinnekaan yang ada pada bangsa Indonesia, disatu sisi adalah sebuah potensi dan modal dasar bagi pembangunan, namun disisi lain juga dapat menjadi ancaman bagi keutuhan bangsa Indonesia.
Keragaman pada bangsa ini, seperti keragaman suku, tradisi, seni, alat musik, tarian, makanan, agama dan lagu daerah membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia, yaitu….
A.  memperlihatkan kepada dunia luar bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya
B.  masyarakat Indonesia lebih mudah mewujudkan tujuan nasionalnya
C.  keragaman ini merupakan unsur yang dapat membangun rasa nasionalisme dan patriotisme
D.  Indonesia menjadi bangsa yang disegani dan dihargai karena keragaman dan kebhinnekaannya
35.    Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antarsuku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan  prinsip …
A.  kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati
B.  kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat
C.  musyawarah  mufakat, keadilan, dan kemandirian
D.  kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan
36.    Konflik dapat mengganggu kerukunan masyarakat. Anggota masyarakat yang sebelumnya saling bertetangga bisa berubah menjadi tidak saling bertegur sapa, saling membenci dan saling berprasangka negatif.  Hal ini merupakan salah satu akibat konflik, yaitu ….
A.  perubahan kepribadian
B.  perpecahan dalam masyarakat
C.  kerugian harta benda dan korban manusia
D.  kehancuran nilai-nilai dan norma sosial yang ada
37.    Upaya dalam menyelesaikan konflik di masyarakat dapat dilakukan dengan ....
A.  mengembangkan sikap menghargai dan menghormati berbagai keberagaman di masyarakat
B.  mengembangkan sikap acuh tak acuh dalam keberagaman di lingkungan masyarakat
C.  merendahkan kemampuan orang lain dalam kehidupan  bermasyarakat
D.  merasa paling benar sendiri dalam tata pergaulan masyarakat
38.    Makna penting yang terkandung dalam kegiatan bela negara adalah …
A.  Selalu membanggakan sukunya
B.  Menolak keberadaan budaya asing di Indonesia
C.  Taat dan patuh pada peraturan yang dikeluarkan negara
D.  Berusaha untuk mempertahankan NKRI dari segala ancaman
39.    Salah satu potensi ancaman yang dihadapi NKRI dari dalam negeri antara lain penyalahgunaan narkoba. Berikut upaya penanggulangan penyebaran narkoba yang lebih efektif adalah .…
A.  memberikan alternatif aktivitas yang bermanfaat dan penjelasan bahaya narkoba
B.  penerapan hukuman mati bagi yang menggunakan maupun mengedarkan
C.  memobilisasi semua pihak baik pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat
D.  melibatkan dan memobilisasi komunitas lokal maupun pemerintah/aparat
40.    Kemajuan teknologi memiliki dampak negatif di antaranya munculnya sifat egois dan individualisme, selain itu dalam hidup bermasyarakat generasi muda kurang memahami norma dan etika.
Usulan gagasan yang tepat  untuk membangkitkan semangat bela negara generasi muda terkait dengan ilustrasi tersebut adalah....
A.  menghargai dan mengenang pengorbanan pahlawan
B.  memiliki sikap integritas yang tinggi terhadap asal usul
C.  menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
D.  menghidupkan karang taruna untuk pembinaan mental para pemuda


II.   URAIAN

41.    Usulan mengenai dasar Indonesia merdeka dalam sidang pertama BPUPKI secara berurutan dikemukakan oleh Muhammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno. Pada tanggal 31 Mei 1945, Soepomo menyampaikan pidatonya tentang dasar negara. Tuliskan Rumusan dasar negara yang diajukan oleh Soepomo !
42.    Tata urutan peraturan perundang-undangan mengandung makna bahwa peraturan perundang-undangan yang berlaku memiliki hierarki atau tingkatan. Tata urutan perlu dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip atau asas umum yang berlaku dalam hukum. Sebutkan 4 prinsip atau asas umum yang berlaku dalam tata urutan peraturan perundang-undangan !
43.    Selain mempunyai makna yang sangat mendalam, Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 juga mengandung pokok-pokok pikiran. Pokok-pokok pikiran tersebut menggambarkan suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta mewujudkan cita hukum yang melandasi hukum dasar negara, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Sebutkan dan jelaskan secara singkat 4 pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 !
44.    Menurut Soerjono Soekamto, “masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial”. masalah sosial merupakan suatu kondisi yang dapat muncul dari keadaan masyarakat yang kurang atau tidak ideal. Sebutkan  4 jenis faktor penyebab masalah sosial !
45.    Membela negara itu bukan hanya tugas dan tanggung jawab dari apparat keamanan, seperti Polisi atau TNI saja, namun juga sekaligus kewajiban seluruh rakyat Indonesia dalam membela sesuai dengan kemampuan masing masing. Membela negara harus didasarkan pada  peraturan perundang-undangan yang ada. Tuliskan 4 dasar hukum yang mangatur tentang bela Negara !


*** Selamat Mengerjakan ***



Bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada link berikut ini :

  • Soal US/USBN PPKN Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Kunci Jawaban US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs K-13 (DISINI)




Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, mohon maklum adanya karena admin hanya berbagi soal latihan Ujian Sekolah bertujuan untuk menjadikannya sebagai referensi belajar.



Demikian yang dapat admin sampaikan terkait Soal US/USBN PPKN Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal US/USBN PPKN Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"