Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Harus TK Sebelum SD?


Mengapa Harus TK Sebelum SD?

Kali ini admin akan membahas pentingnya sekolah TK/PAUD sebelum masuk SD, seperti judulnya : Mengapa Harus TK Sebelum SD?

Pembaca yang budiman, ada baiknya meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel yang admin sajikan karena artikel ini sangat berkaitan erat dengan masa depan anak-anak kita.

Hal yang harus di perhatikan bagi orang tua adalah sejak dini harus bisa menentukan jenjang pendidikan bagi anaknya, mulai dari awal pendidikan sampai akhir pendidikannya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 51 tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Bagi anak yang usianya kurang 6 tahun saat mendaftar masuk SD siswa tersebut harus dites terlebih dahulu oleh Psikolog profesional, apabila tidak tersedia psikolog profesional maka direkomendasi dapat dilaksanakan oleh Dewan Guru yang ada disekolah.

Selain itu, dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa khusus anak berusia 7 atau 6 tahun wajib diterima masuk SD.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dengan penjelasan diatas admin akan membahas pentingnya sekolah TK sebelum masuk SD.

Pada umumnya Sekolah Dasar tidak memberikan Syarat wajib memiliki ijazah TK/Sederajat bagi anak-anak yang akan masuk SD, akan tetapi yang harus di pertimbangkan adalah :

Apakah anak tersebut sudah layak masuk SD dengan tidak memiliki dasar pendidikan dari TK/sederajat ???

Mengapa Harus TK Sebelum SD?

Kenapa demikian, karena pada prosesnya dalam pembelajaran SD kelas 1, seorang siswa akan sulit berkembang, bahkan siswa tersebut akan tertinggal jika di bandingkan dengan siswa yang sudah memiliki pengetahuan Sekolah TK /sederajat, karena minimal anak-anak yang sudah mengenyam sekolah TK/sederajat sudah mengenal CALISTUNG (membaca, menulis dan menghitung).

Mengapa Harus TK Sebelum SD?

Bagi anak-anak yang belum mempunyai sama sekali pengetahuan dasar dari Sekolah TK/sederajat, atau biasa disebut CALISTUNG, cenderung akan merasa kesusahan dalam proses pembelajarannya, biasanya anak-anak tersebut akan berpotensi tidak naik kelas.

Jika sampai hal ini terjadi, tentunya kita sebagai orang tua akan merasa kasihan sekaligus malu karena anak kita belum mampu bersaing dengan anak-anak seangkatan-NYA. Karena hal inilah orang tua seharusnya dapat mempertimbangkan pentingnya pendidikan awal bagi anak-anak sebelum masuk ke Sekolah Dasar.

Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) pada Sekolah Dasar :
  • Telah berusia 7 (tujuh) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib diterima.
  • Telah berusia berusia 6 (enam) tahun dapat diterima.
  • Telah berusia berusia 5 (lima) tahun sampai dengan kurang dari 6 (enam) tahun,  dapat dipertimbangkan atas rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
  • Berusia kurang dari 5 (lima) tahun tidak dapat diterima.

Mengapa Harus TK sebelum SD?

Mungkin penjelasan diatas sedikit memberi pencerahan tentang pentingnya pendidikan TK sebelum masuk SD.

Kesimpulan diatas adalah admin mengajak serta menghimbau kepada semua kalangan masyarakat agar supaya anak-anaknya masuk TK/PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) terlebih dahulu sebelum masuk ke jenjang sekolah dasar (SD) karena proses ini akan menentukan bagi perkembangan serta kesiapan pendidikannya ke jenjang yang lebih lanjut.

Demikian sedikit penjelasan pentingnya "Mengapa Harus TK Sebelum SD?" 

Semoga menjadi pertimbangan dan bermanfaat bagi kita semua.




Posting Komentar untuk "Mengapa Harus TK Sebelum SD?"