Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal US/USBN IPA Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban


Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin berbagi Soal US/USBN Matematika Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, berkaitan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs  Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :


Dengan semakin dekatnya Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan Ujian Sekolah (US/USBN) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PAT atau US/USBN untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun, Ujian Sekolah SMP/MTs Kurikulum 2013.


Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PAT, US/USBN Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT atau US/USBN dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.


Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/UUSBN).

Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :

  • Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
  • Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
  • Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama tiga tahun.
  • Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
  • Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  • Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  • Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.



Fungsi Ujian Sekolah (US/USBN).

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) :

  • Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kelulusan Peserta Didik.
  • Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  • Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  • Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  • Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.


Materi soal us/usbn Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.


Berikut admin tulis Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13, dan untuk File-nya silahkan unduh pada akhir postingan ini :

UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMP
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LEMBAR SOAL

 

Mata Uji                         :     Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Satuan Pendidikan        :     SMP
Hari/Tanggal                  :    
Waktu                            :     08.00 – 10.00 WIB
Kurikulum Acuan           :     Kurikulum 2013

 

PETUNJUK UMUM

1.      Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.

2.      Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUS.

3.      Jagalah LJUS agar tidak rusak, sobek ataupun terlipat.

4.      Jumlah soal sebanyak 35 butir Pilihan Ganda dan 5 Uraian.

5.      Periksa dan bacalah setiap butir soal sebelum Anda menjawabnya.

6.      Pilih jawaban yang benar dengan menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia.

7.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.

8.      Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

9.      Lembar soal tidak boleh dicoret-coret.

10.  Setiap bentuk kecurangan adalah pelanggaran.

11.  Berdoalah sebelum mengerjakan soal.

 

I.   PILIHAN GANDA
PETUNJUK KHUSUS:
Untuk soal nomor 1 sampai dengan 35, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan (l) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!
 
1.        Perhatikan hasil pengukuran benda berikut!
Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Hasil pengukuran benda yang ditunjukkan pada mikrometer sekrup tersebut
adalah ... .

A. 6,34 mm                                                                                      

B.  6,35 mm

C.  C. 6,50 mm

D. D. 6,84 mm

 

2.        Perhatikan peristiwa perubahan zat berikut!

(1) Jagung digiling menjadi tepung maizena.           
(2) Air dibuat menjadi es batu.

(3) Singkong berubah menjadi tape.

(4) Perkaratan pada jembatan yang terbuat dari besi.

 

Berdasarkan peristiwa tersebut, perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor …

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (4)

D. (3) dan (4)

 
3.       Perhatikan model atom berikut!
Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Berdasarkan gambar tersebut, nomor atom, nomor massa, dan jumlah neutron
berturut turut adalah ...

A.  2, 2, dan 2

B.   2, 4, dan 2

C.   2, 2, dan 4

D.  4, 2, dan 2

 
4.  Garam yang kita konsumsi pada umumnya berasal dari air laut. Petani garam di Indramayu memanfaatkan panas matahari untuk membuat garam. Proses pembuatan garam yang dilakukan petani tersebut dilakukan dengan teknik … .

A. evaporasi

B. filtrasi

C. sublimasi

D. kromatografi

 

5.   Pengukuran massa dan volume dari tiga benda padat terdapat pada tabel berikut.

Benda Padat

Massa (g)

Volume (cm3)

1

2

2

2

2

5

3

4

2

 

Bila ketiga benda tersebut dimasukkan ke dalam bejana yang berisi air (massa jenis air = 1 gr/cm3), maka posisi benda padat 1, 2 dan 3 dalam bejana tersebut bejana yang benar ditunjukkan oleh gambar ...

 
Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban



6.   Beberapa zat diuji dengan kertas lakmus merah dan lakmus biru. Data perubahan warna lakmus tercantum pada tabel berikut.

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban


Pasangan larutan yang membentuk garam adalah … .

A. 1 dan 2          

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 3 dan 4

 
7.    Perhatikan grafik pemanasan 1 kg es berikut ini!

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban


Jika kalor jenis es 2.100J/kgoC, kalor lebur es 336.000 J/kg dan kalor jenis air adalah 4.200 J/kgoC, maka kalor yang dibutuhkan dalam proses dari P – Q – R adalah …

A. 10.500 J

B. 21.000 J

C. 336.000 J

D. 346.500 J


8.  Saat praktikum IPA, Anisa memanaskan sebuah bimetal yang terbuat dari lempengan tembaga dan besi dengan api. Jika koefisien muai panjang tembaga adalah 17 x 10-6 /ºC sedangkan besi 12 x 10-6/ºC, maka bentuk bimetal yang terjadi adalah …
 
Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

9.    Perhatikan kejadian sehari-hari berikut ini!

(1) Bola basket menggelinding di lapangan basket.

(2) Budi menjatuhkan bola basket dari atas tangga ke lantai.

(3) Mobil mainan digerakkan dengan baterai.

(4) Tamia meluncur pada lintasannya.

Yang termasuk gerak lurus berubah beraturan ditunjukkan oleh nomor ...

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (1) dan (4)

 

10. Sebuah benda bergerak di atas lantai. Kecepatan benda tersebut semakin lama semakin kecil dan akhirnya berhenti. Gaya yang menyebabkan gerak benda tersebut semakin melambat adalah … .

A. gaya dorong

B.  gaya gesekan

C.  gaya tarik

D. gaya berat

 


11.  Perhatikan gambar gaya-gaya yang bekerja pada benda berikut!

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

    Jika massa benda tersebut 3 kg, percepatan yang akan terjadi pada benda 
    adalah … .
    A.15 m/s2
    B. 10 m/s2
    C. 5 m/s2
    D. 2,5 m/s2
 
12.   Perhatikan gambar sangkar burung berikut!

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Jika masa sangkar burung tersebut 2 kg, maka energi potensial yang dimiliki oleh sangkar tersebut adalah  ...
A. 10 J
B.  16 J
C.  100 J
D. 160 J

13.  Perhatikan gambar tuas berikut!

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Tuas ini akan menghasilkan gaya kuasa F paling kecil bila beban W diletakkan di

titik ...

A. 1, tumpu T di titik 2 dan F di titik 7

B. 2, tumpu T di titik 3 dan F di titik 7

C. 1, tumpu T di titik 5 dan F di titik 6

D. 3, tumpu T di titik 4 dan F di titik 7

 

14. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1)   Matahari terlihat terbit dari timur dan terbenam ke barat.

2)   Adanya pergantian musim di belahan bumi.

3)   Lama waktu siang dan malam di khatulistiwa berbeda.

4)   Tempat di wilayah timur dan barat memiliki perbedaan waktu.

 

Pernyataan di atas yang merupakan akibat rotasi bumi adalah ...

A. 1 dan 3

B. 1 dan 4

C. 2 dan 3

D. 3 dan 4

 

15. Dua balok kayu terapung di permukaan laut. Masing-masing balok berada di puncak gelombang dan diantara keduanya terdapat 3 lembah dan 2 bukit gelombang. Jika jarak kedua balok kayu 6 m dan keduanya mengalami gerakan naik turun sebanyak 10 kali dalam 2 sekon, cepat rambat gelombangnya adalah  ... .

A. 5 m/s

B.  10 m/s

C.  15 m/s

D. 20 m/s

 


16.   Dari atas kapal seorang peneliti memancarkan bunyi ke dasar laut seperti gambar berikut:

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Berdasarkan observasi, ternyata bunyi pantul terdeteksi setelah 5 sekon. Jika
kecepatan bunyi di air laut 1400 m/s, maka kedalaman laut tersebut adalah …

A. 350 m

B. 700 m

C. 3.500 m

D. 7.000 m

 
17. Bentuk bayangan yang benar pada cermin datar ditunjukkan oleh gambar ...
 
Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

18.  Dua buah muatan masing-masing Q1 dan Q2 berada di udara terpisah pada jarak 2r, sehingga terjadi gaya tarik sebesar F seperti tampak pada gambar.

 
Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Jika kedua muatan dipindahkan sehingga berjarak setengah kali jarak mula-mula, maka gaya tarik antara kedua muatan menjadi ….

A. 4 F      

B.  2 F

C.  1F

D. 1/2F

 
19.   Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Besar kuat arus yang mengalir dalam rangkaian tersebut adalah … .
A. 1 A
B.  2 A
C.  3 A
D. 4 A
 
20.   Sebuah transformator step up menghasilkan beda potensial 200 volt. Transformator tersebut dihubungkan dengan sumber tegangan 100 volt. Jika arus yang mengalir pada kumparan primer 150 mA, maka arus listrik yang mengalir pada kumparan skunder adalah ... .
A.     75 mA
B.     B. 100 mA
C.     C. 150 mA
D.     D. 300 mA
 


21. Ketika bayi baru lahir tingginya 50 cm, setelah 1 bulan diukur tingginya di posyandu menjadi 55 cm. Hal ini merupakan ciri makhluk hidup yaitu … .
A. tumbuh
B. memerlukan nutrisi
C. berkembang
D. berkembang biak
 
22.  Perhatikan data berikut ini!
1.  Padi                  6.  Jahe
2.  Rumput            7.  Katak
3.  beruang            8.  Rumput laut
4.  Strowberi         9.  Apel
5.  Belalang        10.  Kucing
 
Yang merupakan komponen biotik penyusun ekosistem sawah adalah …
A. 1, 2, 3
B.  1, 5, 7
C.  3, 6, 8
D. 4, 9, 10
 
23. Perhatikan gambar rantai makanan berikut!

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Organisme yang berperan sebagai produsen ditunjukkan oleh nomor ... .
A. 1
B.  2
C.  3
D. 4
 
24. Informasi tentang domba-domba yang mati dimangsa macan tutul sering terjadi di daerah Lebak.
Beberapa kemungkinan penyebab terjadinya fenomena tersebut di atas adalah sebagai berikut:
1)   Keseimbangan alam terganggu.
2)   Sumber makanan macan tutul terbatas.
3)   Peternak domba dekat daerah hutan.
4)   Habitat macan tutul terganggu.
 
Kemungkinan yang tepat sebagai penyebab terjadinya fenomena tersebut
ditunjukkan oleh nomor …
A. 1), 2) dan 3)
B. 1), 2) dan 4)
C. 2), 3) dan 4)
D. 3) dan 4)
 

25. Perhatikan pernyataan tentang perilaku berikut!

1.   Membiasakan membuang sampah di pinggir sungai.

2.   Memilah sampah plastik untuk dilebur menjadi produk lain.

3.   Membuang limbah industri ke sungai sebelum disaring.

4.   Membakar jerami padi sisa panen.

 

Perilaku yang benar untuk menjaga kelestarian lingkungan kita adalah …

A. 1

B.  2

C.  3

D. 4

 


26. Perhatikan gambar pabrik-pabrik yang menimbulkan pencemaran udara berikut !

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki lingkungan tersebut adalah … .
A. mewajibkan semua karyawan memakai masker
B.  mengganti bahan bakar fosil dengan bahan gas
C.  memindahkan pabrik ke daerah pegunungan
D. memperbaiki instalasi pembuangan limbah/ cerobong asap
 
27.  Perhatikan tabel pemanfaatan bioteknologi berikut!

No.

Produk

Proses

Aspek

1

Tape

Fermentasi

Pangan

2

Insulin

Rekayasa genetik

Pertanian

3

Kecap

Fermentasi

Pangan

4

Yoghurt

Rekayasa genetik

Pangan

5

Kedelai transgenik

Fermentasi

Pertanian

 
Hubungan yang benar antara produk, proses dan aspek ditunjukkan nomor … .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
 
28.  Perhatikan data berikut!

1). Organisme

2). Sel

3). Organ

4). Jaringan

5). sistem organ
 
Urutan organisasi kehidupan yang benar ditunjukkan oleh ….

A. 1-2-3-4-5

B. 2-3-4-5-1

C. 2-4-3-5-1

D. 3-4-5-1-2
 

29. Sel tumbuhan lebih kuat dan lebih kaku dibandingkan sel hewan, bagian organel sel yang membedakan adalah … .

A. dinding sel

B.  membrane sel   

C.  kloroplas           

D. Mitokondria
 
30. Perhatikan tabel data hasil percobaan Sach berikut!

No.

Bagian daun

Warna daun setelah ditetesi lugol

1

Ditutup

Cokelat

2

Tidak ditutup

Biru tua

 
Simpulan yang dapat diperoleh dari data percobaan adalah …

A. Daun yang tidak tertutup tidak terjadi fotosintesis.

B.  Daun yang tertutup dapat terjadi fotosintesis.

C.  Daun yang tidak tertutup terjadi fotosintesis.

D. Daun yang tertutup dan tidak tertutup terjadi fotosintesis.

 


31.  Kebiasaan membawa beban yang terlalu berat dibagian punggung sehingga tubuh membungkuk. Kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan kelainan tulang yang disebut … .

A. Skoliosis

B.  Rakitis

C.  kifosis                

D. lordosis

 
32. Perhatikan tabel data hasil uji makanan berikut!
No
Bahan Makanan
Zat penguji
Warna zat setelah diuji
1
K
Biuret
Ungu
2
L
Lugol
Biru tua
3
M
Benedict
Merah bata
4
N
Yodium
Ungu






Berdasarkan data tersebut, bahan makanan yang mengandung protein dan amilum adalah … .

A. K dan L

B.  K dan M            

C.  L dan M             

D. M dan N

 
33. Perhatikan gambar proses pernapasan berikut!
 
Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Dari gambar tersebut volume rongga dada pada saat inspirasi dan ekspirasi
adalah…
A. volume rongga dada pada saat inspirasi lebih besar dibandingkan pada saat ekspirasi
B.  volume rongga dada pada saat inspirasi lebih kecil dibandingkan pada saat ekspirasi
C.  volume rongga dada pada saat ekspirasi lebih besar dibandingkan pada saat inspirasi
D. volume rongga dada pada saat inspirasi sama besar pada saat ekspirasi
 
34. Perhatikan gambar berikut!

Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Terdapat pada organ apakah struktur gambar tersebut!
A. Hati
B.  Kulit
C.  Ginjal
D. Paru-paru
 
35. Penyakit AIDS dapat menular dari penderita kepada orang lain. Hal-hal utama yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit menular seksual seperti AIDS adalah … .
A. menjaga kesehatan                                      
B. berolah raga secara teratur
C. menjauhi gaya hidup yang menganut seks bebas
D. makan makanan bergizi
 
 

II.  Soal Uraian
Jawablah dengan singkat dan benar!
 
36.  Penggunaan zat adiktif dan psikotropika secara umum dapat menimbulkan kecanduan dan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh seseorang, maka kita harus berupaya untuk menghindari penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika. Berikan minimal 3 upaya  diri untuk menghindari penyalahgunaan pemakaian zat adiktif dan psikotropika!
37. Sebuah jembatan penyebrangan darurat dibuat menggunakan drum yang dirangkai sehingga menjadi jembatan ponton. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan 12 drum yang masing-masing memiliki volume 0,5 m3 dan berat 1.000 N. Jembatan tersebut akan berfungsi dengan aman jika bagian jembatan yang muncul di udara minimal 1/3 bagiannya. Jika massa jenis air sungai 1.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2, tentukan berat maksimal kendaraan beserta isinya yang diperbolehkan agar jembatan dapat dilalui!
38. Rumah Pak Budi menggunakan peralatan listrik yang terdiri dari 3 lampu masing-masing 20 W, 3 lampu masing-masing 40 W yang semuanya digunakan selama 12 jam per hari. Satu pompa air 250 W digunakan 4 jam sehari dan setrika 300 W digunakan 2 jam sehari. Apabila tarif listrik Rp 600,00 / kWh, berapakah rekening listrik yang harus dibayar Pak Budi selama 1 bulan (30 hari)?
39.  Perhatikan gambar beberapa organisme berikut!
 
Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

a. Berdasarkan persamaan dan perbedaan cirinya, buatlah klasifikasi menjadi 2 kelompok !
b.   Tentukan persamaan ciri dari masing-masing kelompok yang dibuat
40. Anin menyilangkan tanaman mangga berbuah besar rasa manis bergenotip BbMm dengan tanaman mangga berbuah kecil rasa asam (bbmm). Jika gen buah besar (B) dan rasa manis (M) bersifat dominan.
a. Buatlah diagram persilangannya!
b. Berapa perbandingan fenotip keturunannya!
 
 
 
*** Selamat Mengerjakan ***


Bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada link berikut ini :
  • Soal US/USBN IPA Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Kunci Jawaban US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 (DISINI)





Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, mohon maklum adanya karena admin hanya berbagi soal latihan Ujian Sekolah bertujuan untuk menjadikannya sebagai referensi belajar.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait Soal US/USBN IPA Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal US/USBN IPA Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"