Download RPP Kurikulum 2013 SD 1 Lembar Intruksi Mendikbud
RPP Kurikulum 2013 SD 1 Lembar Intruksi Mendikbud - Pada postingan sebelumnya admin berbagi mengenai langkah kebijakan Mendikbud yaitu 4 Pokok Kebijakan Pendidikan ‘Merdeka Belajar’, tentunya postingan kali ini sangat erat kaitannya dengan hal tersebut karena Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim akan menerapkan kebijakannya yaitu dengan menyederhanakan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang selama ini menjadi kewajiban dan tugas seorang pendidik.
Sekarang, dalam pembuatan RPP bagi pendidik atau guru hanya satu lembar. Dalam penyajiannya, komponen yang biasanya panjang kini hanya menjadi tiga bagian komponen utama, yakni :
- Tujuan pembelajaran,
- Kegiatan Pembelajaran, dan
- Penilaian.
Ketiga komponen itu akan di muat dalam satu lembar, tentu hal ini jauh
lebih sedikit jika dibandingkan dengan belasan lembar yang selama ini harus diisi.
RPP
merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru
sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem mengatakan RPP ini penting untuk tetap
diimplementasi.
Namun, selama ini berkas RPP sangat menyita waktu guru-guru
karena bisa sampai 20 halaman. Dari RPP itu, guru bisa melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang dilakukan di kelas, selain dapat memperbaiki kinerjanya di
kemudian hari.
Penerapan
Kurikulum 2013 menyebabkan perubahan kompetensi dasar dan metode pembelajaran
di jenjang Sekolah Dasar (SD) yang menggunakan metode tematik integratif.
Materi yang dipelajari kaitkan dengan sebuah tema, sistem mata pelajaran tidak
begitu terlihat. Dalam Kurikulum 2013 setiap kelas disediakan beberapa tema
yang memiliki 3-4 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran.
Dibawah ini admin sajikan contoh RPP 1 lembar untuk Sekolah Dasar (SD) :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN K13
Satuan
Pendidikan : SD/MI ……………….. Kelas /
Semester : 2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema
1)
Sub
Tema : Hidup Rukun di
Rumah (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 1
Alokasi
waktu : 1 Hari
Muatan
Pelajaran : B. indonesia (3.1, 4.1),
Matematika (3.1, 4.1), SBdP (3.2, 4.2)
Pelaksanaan :
……………………..
A. TUJUAN
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
- Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
- Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
- Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
- Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi.
Kegiatan Pendahuluan
Ayo
Mengamati :
- Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
- Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.
- Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.
- Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
Ayo
Berlatih :
- Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
- Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.
- Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya. (Creatiivity and Innovation)
Ayo
Berlatih :
- Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
- Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. Guru dapat menambahkan soal latihan.
- Siswa membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. Hasil pengamatan sikap dituliskan di dalam jurnal. (Critical Thinking and Problem Formulation)
Kegiatan
Bersama Orang Tua
- Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai 999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui Portal Rumah Belajar
- Orang tua membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.
Kegiatan
Penutup
- Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini.
- Guru memberikan penguatan dan kesimpulan.
- Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
- Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
C.
PENILAIAN
Penilaian
Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
a.
Menjawab pertanyaan lisan tentang tata cara memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian
Keterampilan
- Contoh RPP Kurikulum 2013 SD 1 Lembar Intruksi Mendikbud, (Download Disini)
Download RPP Langsung Pakai Kelas 1 Semester 2 (DISINI)
Dalam penyederhanaan RPP, Mendikbud Nadiem akan memangkas beberapa komponen. Guru
akan dibebaskan memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP.
Penyusunan RPP secara efisien dan efektif dilakukan agar guru memiliki banyak
waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran.
Langkah kebijakan
Pokok Mendikbud yang menyederhanakan RPP disambut baik oleh guru, yang selama ini dibebani administrasi yang ditimbulkan dari penyusunan RPP selalu dikeluhkan oleh para
guru.
Dalam penyampaiannya Mendikbud juga menegaskan, esensi dari RPP ialah proses refleksi. Seorang guru
menulis RPP untuk mereview apakah target pembelajaran tercapai
atau belum. dan dari situlah pembelajaran terjadi bukan dengan menulis puluhan halaman
sekadar buat administrasi.
Demikian
admin sampaikan tentang “RPP Kurikulum 2013 SD 1 Lembar Intruksi Mendikbud”, semoga bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Download RPP Kurikulum 2013 SD 1 Lembar Intruksi Mendikbud"