Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin sudah berbagi Soal US/USBN PJOK Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013, berkaitan dengan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs  Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :


Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) dan Ujian Sekolah (US/USBN) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang membutuhkan atau mencari sumber referensi Soal-soal PAT/UKK atau US/USBN untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Tahun atau Ujian Sekolah SMP/MTs Kurikulum 2013.


Surat Edaran yang di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PTS/UTS, PAT/UKK atau US/USBN Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK atau US/USBN dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.


Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/UUSBN).

Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
  1. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
  2. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
  3. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama tiga tahun.
  4. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
  5. Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  6. Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  7. Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.



Fungsi Ujian Sekolah (US/USBN).

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) :
  1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kelulusan Peserta Didik.
  2. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  3. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  4. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  5. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.



Materi soal US/USBN ini diambilkan dari kisi-kisi PRAKARYA SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.

Berikut admin tulis Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13, dan untuk File-nya silahkan unduh pada akhir postingan ini :


UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMP 
TAHUN PELAJARAN 20 . .  / 20 . .
LEMBAR SOAL

Mata Uji                          : Prakarya
Satuan Pendidikan         : SMP
Hari/Tanggal                   :
Waktu                             : 120 Menit
Kurikulum Acuan            : Kurikulum 2013


PETUNJUK UMUM
  1. Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.
  2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUS.
  3. Jagalah LJUS agar tidak rusak, sobek ataupun terlipat.
  4. Jumlah soal sebanyak 40 butir Pilihan Ganda dan 5 Uraian.
  5. Periksa dan bacalah setiap butir soal sebelum Anda menjawabnya.
  6. Pilih jawaban yang benar dengan menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia.
  7. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.
  8. Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
  9. Lembar soal tidak boleh dicoret-coret.
  10. Setiap bentuk kecurangan adalah pelanggaran.
  11. Berdoalah sebelum mengerjakan soal.


I. PILIHAN GANDA 
PETUNJUK KHUSUS:
Untuk soal nomor 1 sampai dengan 40, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan (o) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!

1. Suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan  memanjang yang utuh merupakan pengertian dari....
A. bahan Serat
B. serat tumbuhan
C. serat alam
D. produksi bahan serat

2. Perhatikan tabel di bawah ini....

Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Dari tabel di atas yang merupakan klasifikasi dari serat tumbuhan terdapat pada nomor....
A. 1, 2, 3, 4
B. 2, 3, 4, 5
C. 1, 2, 4, 5
D. 1, 3, 4, 5

3. Unsur dekorasi yang dibuat dengan berbagai cara di antaranya, dilukis, diukir, dan dicetak merupakan unsur dari....
A. kerajinan
B. ornamen
C. estetik
D. motif hias
 
4. Sentuhan atau perlakuan yang diberikan pada permukaan busana yang memberikan  efek visual dan memperindah penampilan.
Misalnya tas kain katun yang dijahit, lalu diberi hiasan dengan sulam pita merupakan teknik....
A. structural
B. estetis
C. visual
D. decorative
 
5.Batik  yang  berkembang  di  masyarakat  yang  tinggal  di  luar  benteng  kerato,sebagai akibat dari pengaruh budaya daerah di luar Pulau Jawa. Selain itu, adanya pengaruh budaya asing seperti Cina dan India, termasuk agama Hindu dan Budha, merupakan jenis batik....
A. pedalaman
B. pekalongan
C. pesisir
D. dermayon



6. Perhatikan tabel berikut ini :

Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Pada keterangan tabel di atas yang merupakan prinsip- prinsip pengolahan limbah adalah....
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 1, 3, 4
D. 3, 4, 5
 
7. Perhatikan tabel berikut ini....

Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Apabila kita ingin membuat sebuah kerajinan dari limbah organik  yang berasal dari tumbuh-tumbuhan maka kita bisa memilih bahan-bahan tersebut pada nomor....
A. 1, 2, 3, 5, 6, 8, 10
B. 2, 3, 4, 5, 7, 8,  9
C. 3, 4, 5, 6, 8, 9, 10
D. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
 
8. Lavenia Alesha ditugaskan untuk membuat undangan ulang tahun yang tidak hanya habis pakai buang tetapi masih dapat bernilai manfaat (desain berkelanjutan).  Lavenia Alesha  memilih menggunakan limbah  lunak  organik  yang  ada  di  lingkungan  sekitar.  Berdasarkan  hasil  pengamatan  dan  survei lapangan maka Lavenia Alesha memilih untuk menggunakan limbah ...
A. besi
B. plastik
C. kulit pisang
D. kulit jagung
 
9. Jenis limbah yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk diuraikan atau tidak bisa membusuk dinamakan dengan limbah....
A. pertanian
B. anorganik
C. pertambangan
D. organic
 
10. Bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulpi disebut....
A. kertas
B. kayu
C. seng
D. daun



11. Kerajinan merupakan benda-benda yang mempunyai nilai guna praktis, bersifat universal, dibuat dengan keterampilan teknik tangan namun masih dipengaruhi oleh adat istiadat setempat. Prinsip tersebut merupakan....
A. keterampilan tangan                                  
B. keterampilan tradisional
C. keterampilan teknik                            
D. keterampilan modern

12. Bahan lunak alam adalah bahan lunak untuk karya kerajinan yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan. Salah satu contohnya adalah.... kecuali ....
A. tanah liat            
B. Bubur tisu                 
C. lour clay                 
D. paraffin

13. Limbah yang berasal dari alam (tumbuhan dan hewan) bersifat keras, padat, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai dalam tanah disebut dengan limbah....
A. domestik            
B. organik                      
C. anorganik                 
D. buatan

14.Sebuah  produk  kerajinan  akan  kelihatan  menarik  apabila  kita  memberikan  warna dengan  cara disemprot atau di kuas dengan menggunakan cat. Pengolahan tersebut merupakan proses dari....
A. pembersihan limbah                                   
B. pengeringan
C. pewarnaan                                               
D. pengeringan setelah pewarnaan

15. Muhsona Marwah dan temen-temannya mendapatkan tugas kelompok dari gurunya untuk membuat aksesoris seperti anting-anting, cincin, kalung, bros, dan gelang dari limbah keras. Untuk membuat kerajinan tersebut Muhsona Marwah dan teman-temanya harus menyiapkan bahan limbah keras dari....
A. sisik ikan            
B. cangkang kerang       
C. pelepah pisang        
D. tempurung kelapa


16. Kerajinan yang dibuat dengan tujuan merubah bentuk sebuah benda yang dominan terbuat dari satu jenis bahan kini dipadukan dengan bahan lainnya agar menjadi lebih menarik, baik tanpa menghilangkan fungsi aslinya ataupun mengganti fungsinya, merupakan pengertian dari....
A. kerajinan buatan                                        
B. kerajinan berbasis media campuran
C. kerajinan alam campuran           
D. kerajinan bahan keras alam

17. Berikut ini beberapa bahan dasar dan bahan paduannya yang dapat dikatakan cocok atau padu, untuk dijadikan bahan campuran dalam produk kerajinan, kecuali....
A. tanah                  
B. batu                           
C. logam                      
D. plastik

18. Dalam pembuatan keramik, tanah liat memiliki sifat plastis,  sehingga mudah dibentuk. Setelah itu dibakar dalam tingkat pembakaran suhu  600 sampai dengan ....
A. 1000 C               
B. 1300 C                      
C. 1500 C                    
D. 2000 C

19. Dalam pembuatan kerajinan keramik, tentunya di butuhkan alat-alat untuk membuat keramik tersebut, diantaranya adalah....
A. butsir, rol, spon, alat pemotong, alat putar tangan, alat putar kaki, tungku pembakaran
B. butsir, rol, spon, tali pemotong, alat putar kaki, alat putar tangan, tungku pembakaran
C. butsir, rol, spon, alat pemotong, alat putar tangan, alat putar tangan, tungku pembakaran
D. butsir, rol, spon, tali pemotong, alat putar tangan, alat putar kaki, tungku pembakaran

20. Proses akhir dari pembuatan sebuah kerajinan adalah....
A. kemasan
B. produk                       
C. finishing                 
D. pemasaran



21. Avokad (Avocado) memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan lemak nabati yang tinggi dan tak jenuh bermanfaat untuk menurunkan kolestrol LDL (kolestrol jahat) sehingga berguna untuk mencegah stroke, penyakit jantung, darah tinggi dan kanker. Adapun avokad memiliki kandungan vitamin....
A. A dan E              
B. A dan D                      
C. A dan C                  
D. A dan F
 
22. Mengolah bahan makanan yang terlebih dahulu ditumis bumbunya, dan direbus dengan cairan yang berbumbu dan cairan yang tidak terlalu banyak dengan api sedang, merupakan teknik...
A. mengukus          
B. menyetup                  
C. merebus                  
D. mengetim
 
23. Memasak bahan makanan dengan menggunakan dua buah panci yang berbeda ukuran, Salah satu panci berukuran lebih kecil. Cara ini memang memerlukan waktu yang lama, seperti membuat nasi tim dan cokelat.
A. mengukus          
B. menyetup                  
C. merebus                  
D. mengetim
 
24. Berikut ini adalah nama-nama buah segar yang bisa dijadikan sebagai minuman kesehatan, kecuali....
A. manggis             
B. jeruk                          
C. bernuk                     
D. avocado
 
25. Bagian vegetatif dari tumbuhan yang dapat dimakan, baik secara segar maupun melalui pengolahan dengan cara dimasak adalah...
A. sayuran              
B. buah                           
C. tanaman                  
D. umbi jalar



26. Suatu kegiatan mengubah bahan mentah menjadi bahan makanan siap dikonsumsi atau menjadi bahan setengah jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa simpan bahan pangan merupakan pengertian....
A. pengolahan bahan pangan                         
B. pengolahan buah-buahan                           
C. pengolahan bahan makanan setengah jadi
D. pengolahan bahan minuman
 
27. Ada enam macam zat gizi yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan tubuh supaya dapat tumbuh dengan baik dan sehat, yaitu....
A. karbohidrat, protein, lemak, vitamin, susu, dan air
B. karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air
C. susu, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan air
D. protein, lemak, vitamin, mineral, garam dan air
 
28. Cara mengolah bahan makanan yang terlebih dahulu ditumis bumbunya, dan direbus dengan cairan yang berbumbu dan cairan yang tidak terlalu banyak dengan api sedang, biasanya digunakan pada makanan....
A. sayuran dan ikan                                        
B. ikan, nasi dan daging                                 
C. daging, ayam, dan ikan
D. daging dan sayur
 
29. Tiwul merupakan produk pangan setengah jadi dengan bentuk butiran besar terbuat dari....
A. umbi                   
B. kentang                     
C. kedelai                    
D. gandum
 
30. Untuk mengolah bahan makanan dengan menggunakan bahan dasar cairan untuk mematangkannya disebut...
A. boiling              
B. poaching                   
C. moist heat               
D. simmering



Perhatikan tabel berikut ini untuk nomor 31 dan 32.

Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
 
31. Makanan berbentuk lempengan yang dibuat  dengan cara pengeringan. Bumbu yang digunakan adalah garam dapur, gula merah, dan rempah-rempah. Terdapat pada nomor....
A. 1                         
B. 2                                
C. 3                              
D. 4
 
32. Proses pembuatannya direbus lalu digiling dan ditambahkan garam kemudian difermentasi/diragikan, lalu dijemur agar kadar air menjadi rendah, kemudian digiling kembali hingga dapat dibentuk. Terdapat pada tabel nomor....
A. 1                         
B. 2                                
C. 3                              
D. 4
 
33. Pengolahan pangan dari bahan setengah jadi dari hasil perikanan dan peternakan secara umum dapat menggunakan teknik-teknik dasar diantaranya adalah ...
A. penggilingan, pemanggangan, menggoreng
B. perebusan, pemanggangan, menggoreng
C. penggilingan, penyetiman, menggoreng
D. penggilingan, pemanggangan, pemanasan
 
34. Daging yang dipanggang sebaiknya daging yang memiliki tekstur daging yang lebih kencang. Ikan dipanggang dalam oven. Caranya, panggang ikan dalam oven dengan suhu 200°C selama sekitar 10 menit atau hingga kulit pelapisnya kuning keemasan, merupakan teknik dari....
A. penggilingan      
B. menggoreng              
C. pemanggangan       
D. perebusan
 
35. Jenis-jenis bahan baku yang digunakan untuk membuat makanan dari hasil samping perikanan dan peternakan, yaitu, kecuali....
A. kepala ikan        
B. kulit                           
C. ceker ayam             
D. sirip ikan



36. Metode tertua untuk mengawetkan bahan pangan maupun non pangan adalah....
A. penggorengan    
B. pengeringan              
C.  pemanggangan      
D. perebusan
 
37. Proses pemasakan bahan baku dengan menggunakan media air panas adalah........
A. penggorengan    
B. pengeringan              
C.  pemanggangan      
D. perebusan
 
38. Tempat sintesis vitamin D pada hasil samping perikanan dan peternakan terdapat pada....
A. kulit                   
B. daging                       
C. kepala ikan             
D. ceker ayam
 
39. Ceker ayam yang dimasak biasanya akan mengeluarkan cairan atau gel khusus yang banyak mengandung…
A. vitamin
B. protein    
C. gelatin    
D. karbohidrat
 
40. Produk kornet bisa dibuat dari bahan baku ....
A. keju
B. daging
C. baso ikan
D. cumi


II. Uraian

41. Tuliskan bahan serat alam dari tumbuhan yang dapat diolah menjadi produk kerajinan !
42. Teknik menempel potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah, dan biasanya berbahan keramik adalah teknik....
43.Ayah  Lavenia  Alesha  baru  saja  panen  kentang.  Lavenia  Alesha  ingin  membuat makanan yang memanfaatkan  sayuran  kentang  secara  utuh  yaitu  umbinya  sebagai  bahan  pangan utama dan juga kulitnya  sebagai  hasil  samping  kentang,  Lavenia  Alesha  ingin  mempraktikkan  pengetahuan  yang didapat di sekolah dan mencoba merasakan seperti apa jika dia makan kentang bersama dengan kulitnya yaitu dengan cara membuat balado kentang, kira-kira bahan apa saja yang harus di persiapkan oleh Lavenia Alesha untuk membuat balado kentang tersebut ?
44. Tuliskan peralatan yang digunakan untuk membuat kerupuk tulang ikan....
45. Tuliskan hasil produk pangan dari hasil samping peternakan....


Bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada link berikut ini :

  • Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
  • Kunci Jawaban US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 (DISINI)


ARTIKEL TERKAIT :


Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, mohon maklum adanya karena admin hanya berbagi soal latihan Ujian Sekolah bertujuan untuk menjadikannya sebagai referensi belajar.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9  SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"