Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
– Sebelumnya admin sudah berbagi Soal US/USBN PJOK Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013,
berkaitan dengan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal
US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs
Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :
Penilaian
Akhir Tahun (PAT/UKK) dan Ujian Sekolah (US/USBN) yang akan sebentar lagi
dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang membutuhkan atau mencari sumber
referensi Soal-soal PAT/UKK atau US/USBN untuk dijadikan bahan ujian pada anak
didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian
Tengah Semester, Penilaian Akhir Tahun atau Ujian Sekolah SMP/MTs Kurikulum
2013.
Surat
Edaran yang di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemdikbud) bahwa soal PTS/UTS, PAT/UKK atau US/USBN Kurikulum 2013 harus
memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan
pembelajaran HOTS (Higher Order
Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK atau
US/USBN dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, untuk lebih jelasnya
silahkan simak penjelasan berikut ini.
Setiap
Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga
perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses
pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.
Tujuan pelaksanaan Ujian Sekolah
(US/UUSBN).
Tujuan
pelaksanaan Ujian Sekolah (US/USBN) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara
khusus ialah sebagai berikut ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama tiga tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Ujian Sekolah (US/USBN).
Dibawah
ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
:
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kelulusan Peserta Didik.
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Materi
soal US/USBN ini diambilkan dari kisi-kisi PRAKARYA SMP/MTs Kurikulum 2013.
Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian
pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.
Berikut
admin tulis Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13, dan untuk File-nya silahkan unduh pada akhir postingan ini :
UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMP
TAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .
LEMBAR SOAL
Satuan Pendidikan : SMP
Hari/Tanggal :
Waktu : 120 Menit
Kurikulum Acuan : Kurikulum 2013
- Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.
- Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUS.
- Jagalah LJUS agar tidak rusak, sobek ataupun terlipat.
- Jumlah soal sebanyak 40 butir Pilihan Ganda dan 5 Uraian.
- Periksa dan bacalah setiap butir soal sebelum Anda menjawabnya.
- Pilih jawaban yang benar dengan menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia.
- Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.
- Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
- Lembar soal tidak boleh dicoret-coret.
- Setiap bentuk kecurangan adalah pelanggaran.
- Berdoalah sebelum mengerjakan soal.
PETUNJUK KHUSUS:
Untuk soal nomor 1 sampai dengan 40, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan (o) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!
1. Suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh merupakan pengertian dari....
A. bahan Serat
B. serat tumbuhan
C. serat alam
D. produksi bahan serat
2. Perhatikan tabel di bawah ini....
Untuk soal nomor 1 sampai dengan 40, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan (o) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!
A. bahan Serat
B. serat tumbuhan
C. serat alam
D. produksi bahan serat
A. 1, 2, 3, 4
B. 2, 3, 4, 5
C. 1, 2, 4, 5
D. 1, 3, 4, 5
A. kerajinan
B. ornamen
C. estetik
D. motif hias
Misalnya tas kain katun yang dijahit, lalu diberi hiasan dengan sulam pita merupakan teknik....
A. structural
B. estetis
C. visual
D. decorative
5.Batik yang berkembang di masyarakat yang tinggal di luar benteng kerato,sebagai akibat dari pengaruh budaya daerah di luar Pulau Jawa. Selain itu, adanya pengaruh budaya asing seperti Cina dan India, termasuk agama Hindu dan Budha, merupakan jenis batik....
A. pedalaman
B. pekalongan
C. pesisir
D. dermayon
6. Perhatikan tabel berikut ini :
A. structural
B. estetis
C. visual
D. decorative
A. pedalaman
B. pekalongan
C. pesisir
D. dermayon
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 1, 3, 4
D. 3, 4, 5
A. 1, 2, 3, 5, 6, 8, 10
B. 2, 3, 4, 5, 7, 8, 9
C. 3, 4, 5, 6, 8, 9, 10
D. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
A. besi
B. plastik
C. kulit pisang
D. kulit jagung
A. pertanian
B. anorganik
C. pertambangan
D. organic
A. kertas
B. kayu
C. seng
D. daun
A. keterampilan tangan
B. keterampilan tradisional
C. keterampilan teknik
D. keterampilan modern
A. tanah liat
B. Bubur tisu
C. lour clay
D. paraffin
A. domestik
B. organik
C. anorganik
D. buatan
A. pembersihan limbah
B. pengeringan
C. pewarnaan
D. pengeringan setelah pewarnaan
A. sisik ikan
B. cangkang kerang
C. pelepah pisang
D. tempurung kelapa
A. kerajinan buatan
B. kerajinan berbasis media campuran
C. kerajinan alam campuran
D. kerajinan bahan keras alam
A. tanah
B. batu
C. logam
D. plastik
A. 1000 C
B. 1300 C
C. 1500 C
D. 2000 C
A. butsir, rol, spon, alat pemotong, alat putar tangan, alat putar kaki, tungku pembakaran
B. butsir, rol, spon, tali pemotong, alat putar kaki, alat putar tangan, tungku pembakaran
C. butsir, rol, spon, alat pemotong, alat putar tangan, alat putar tangan, tungku pembakaran
D. butsir, rol, spon, tali pemotong, alat putar tangan, alat putar kaki, tungku pembakaran
A. kemasan
B. produk
C. finishing
D. pemasaran
A. A dan E
B. A dan D
C. A dan C
D. A dan F
A. mengukus
B. menyetup
C. merebus
D. mengetim
A. mengukus
B. menyetup
C. merebus
D. mengetim
A. manggis
B. jeruk
C. bernuk
D. avocado
A. sayuran
B. buah
C. tanaman
D. umbi jalar
A. pengolahan bahan pangan
B. pengolahan buah-buahan
C. pengolahan bahan makanan setengah jadi
D. pengolahan bahan minuman
A. karbohidrat, protein, lemak, vitamin, susu, dan air
B. karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air
C. susu, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan air
D. protein, lemak, vitamin, mineral, garam dan air
A. sayuran dan ikan
B. ikan, nasi dan daging
C. daging, ayam, dan ikan
D. daging dan sayur
A. umbi
B. kentang
C. kedelai
D. gandum
A. boiling
B. poaching
C. moist heat
D. simmering
Perhatikan tabel berikut ini untuk nomor 31 dan 32.
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
A. penggilingan, pemanggangan, menggoreng
B. perebusan, pemanggangan, menggoreng
C. penggilingan, penyetiman, menggoreng
D. penggilingan, pemanggangan, pemanasan
A. penggilingan
B. menggoreng
C. pemanggangan
D. perebusan
A. kepala ikan
B. kulit
C. ceker ayam
D. sirip ikan
A. penggorengan
B. pengeringan
C. pemanggangan
D. perebusan
A. penggorengan
B. pengeringan
C. pemanggangan
D. perebusan
A. kulit
B. daging
C. kepala ikan
D. ceker ayam
A. vitamin
B. protein
C. gelatin
D. karbohidrat
A. keju
B. daging
C. baso ikan
D. cumi
42. Teknik menempel potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah, dan biasanya berbahan keramik adalah teknik....
43.Ayah Lavenia Alesha baru saja panen kentang. Lavenia Alesha ingin membuat makanan yang memanfaatkan sayuran kentang secara utuh yaitu umbinya sebagai bahan pangan utama dan juga kulitnya sebagai hasil samping kentang, Lavenia Alesha ingin mempraktikkan pengetahuan yang didapat di sekolah dan mencoba merasakan seperti apa jika dia makan kentang bersama dengan kulitnya yaitu dengan cara membuat balado kentang, kira-kira bahan apa saja yang harus di persiapkan oleh Lavenia Alesha untuk membuat balado kentang tersebut ?
44. Tuliskan peralatan yang digunakan untuk membuat kerupuk tulang ikan....45. Tuliskan hasil produk pangan dari hasil samping peternakan....
Bagi
rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci
jawaban US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran
2019/2020 pada link berikut ini :
- Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
- Kunci Jawaban US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 (DISINI)
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN PJOK Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN IPS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN PPKN Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Soal US/USBN PAI Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Soal US/USBN B INGGRIS Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN B INDONESIA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN IPA Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
- Soal US/USBN Matematika Kelas 9 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, mohon maklum adanya karena admin hanya berbagi soal latihan Ujian Sekolah bertujuan untuk menjadikannya sebagai referensi belajar.
Demikian
yang dapat admin sampaikan terkait Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . .
.*)
Posting Komentar untuk "Soal US/USBN PRAKARYA Kelas 9 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"