Soal PAT/UKK B INDONESIA Kelas 7 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
- Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII / Genap
Hari dan Tanggal :
Waktu : 120 Menit
Petunjuk Umum :
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
3. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
4. Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
5. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
6. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
7. Periksalah seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1. Cermati teks berikut!
Teks 1 |
Teks 2 |
Ibu-ibu pergi ke pasar Membeli kain berwarna merah Marilah kita giat belajar Agar masa depan kita cerah |
Ketika aku telah lelah Mengikuti langkah nasib Yang selalu berjalan Tanpa rasa sadar dan arah tujuan |
Pernyataan yang tepat tentang kedua puisi tersebut adalah ....
|
Teks 1 |
Teks 2 |
A |
termasuk puisi rakyat karena terikat oleh jumlah larik dalam tiap baris |
termasuk puisi modern karena tidak terikat oleh jumlah larik dalam tiap baris |
B |
termasuk puisi rakyat karena tidak memperhatikan rima akhir |
termasuk puisi modern karena sangat memperhatikan rima akhir |
C |
termasuk puisi modern karena tidak terikat oleh jumlah larik dalam tiap baris |
termasuk puisi rakyat karena terikat oleh jumlah larik dalam tiap baris |
D |
termasuk puisi modern karena sangat memperhatikan rima akhir |
termasuk puisi rakyat karena tidak memperhatikan rima akhir |
2. Cermati teks berikut!
(1) Jika kita makan petai
Jangan lupa makan kerupuk
Jika kita ingin pandai
Ranjin-rajinlah membaca buku
(2) Siapa menggemari silang sengketa
Kelaknya pasti berduka cita
(3) Janganlah engkau berbuat maksiat
Janganlah engkau berbuat jahat
Segeralah engkau bertaubat
Agar selamat dunia akhirat
(4) Barang siapa meninggalkan zakat
Tiadalah hartanya yang beroleh berkat
Puisi yang termasuk gurindam ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
3. Cermati teks berikut!
(1) Burung dara jatuh dari sarangnya (2) Ikan lele tak punya sisik (3) Jika kau tulus mencintainya (4) Jagalah dia dengan baik |
Larik isi pada pantun tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (1)
4. Cermati teks berikut!
Teks 1 |
Teks 2 |
Mangga muda jatuh ke tanah |
Janganlah engkau berbuat maksiat |
Perbedaan kedua puisi rakyat tersebut adalah ...
|
Teks 1 |
Teks 2 |
A |
menggunakan kata-kata lugas |
menggunakan kata-kata kias |
B |
terdapat sampiran dan isi |
hanya terdapat isi |
C |
bersajak A-A-A-A |
bersajak A-B-A-B |
D |
berisi pengetahuan |
berisi nasihat |
5. Cermati teks berikut!
Teks 1 |
Teks 2 |
Jika
belajar besungguh-sungguh |
Janganlah
engkau berbuat maksiat |
Persamaan kedua puisi rakyat tersebut adalah keduanya memiliki ....
A. sajak berpola A-A-A-A
B. empat larik dalam satu bait
C. larik yang semuanya merupakan isi
D. dua sampiran dalam satu bait
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Lelah diri mengikuti syahwat |
6. Kata berima pada syair tersebut adalah ....
A. lelah, mengikuti, hidup, syahwat
B. kian, semakin, berkarat, berat
C. jalani, semakin, terawat, hati
D. syahwat, berat, terawat, bekarat
7. Makna kata bergaris bawah pada syair tersebut adalah ....
A. tak terkendali
B. baik hati
C. mudah tersentuh
D. menjadi luluh
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
(1) Hari minggu pergi ke pasar (2) Beli sayur dan juga beras (3) Tiap hari rajinlah kau belajar (4) Pastilah kau menjadi cerdas |
8. Pernyataan tepat sesuai dengan struktur makna antarlarik pantun tersebut adalah ....
A. Larik 1 dan 2 dengan larik 3 dan 4 tidak ada hubungan makna.
B. Larik 1 dan 2 memiliki hubungan pertentangan.
C. Larik 3 dan 4 mengungkapkan sebuah permohonan.
D. Larik 4 dan 1 merupakan kalimat majemuk.
9. Kalimat berisi ajakan pada syair tersebut terdapat pada larik bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
10. Cermati teks berikut!
Orang jahat banyak masalah Orang baik banyak anugerah |
Struktur makna antarlarik gurindam tersebut adalah ....
A. kedua larik tidak memiliki hubungan makna
B. larik 1 merupakan pengantar menuju larik 2
C. kedua larik memiliki hubungan pertentangan
D. larik 1 merupakan syarat menuju larik 2
Cermati teks berikut untuk menjawab pertanyaan soal nomor 11 dan 12!
(1) Meski sudah uzur, Rahman masih gesit dan cekatan. (2) Aktivitas lelaki ini memang sangat luar bisa. (3) Begitu bangun pagi, ia sudah memikul cangkul menuju sawahnya (4) Ia harus mengayunkan cangkulnya untuk membongkar tanah yang mengeras. |
11. Kalimat yang berisi kata penghubung tujuan ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
12. Kalimat tunggal pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 13, 14, dan 15!
Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?" tanya si Rusa. "Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si Kura-kura. "Jangan berlagak engkau, hei Kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!" Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan menginjak tubuh si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki. Si Rusa sangat marah mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu. "Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!" tantang si Rusa. "Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku," balas si Kura-kura. Si Rusa kian marah mendengar ucapan si Kura-kura. Ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya. .... Si kura-kura bersiaga dan mengambil ancang-ancang di tempat tinggi. Ia lalu menggelindingkan tubuhnya. Ketika hampir tiba di dekat tubuh si Rusa, ia pun menaikkan tubuhnya hingga tubuhnya melayang. Si Kura-kura mengincar hidung si rusa. Begitu kerasnya tempurung si kura-kura mengena hingga hidung si Rusa putus. |
13. Alasan yang tepat bahwa teks tersebut termasuk fabel adalah ....
A. berlatar tempat perkotaan
B. tidak menggunakan kalimat langsung
C. tokoh-tokohnya merupakan binatang
D. hanya bertujuan menghibur pembaca
14. Peristiwa yang menunjukkan konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
B. Si Rusa marah karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.
15. Peristiwa yang menunjukkan penyebab terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
B. Si Rusa marah karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.
16. Peristiwa yang menunjukkan akibat terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
B. Si Rusa marah karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.
Cermati bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 17, 18, dan 19!
|
Singa dan Seekor Tikus |
(1) |
Seekor singa sedang tidur dengan lelap di dalam hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya. Seekor tikus kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya, dan setelah tikus itu sadar bahwa dia berjalan di depan seekor singa yang tertidur, sang Tikus menjadi ketakutan dan berlari dengan cepat, tetapi karena ketakutan, sang Tikus malah berlari di atas hidung sang Singa yang sedang tidur. |
(2) |
Sang Singa menjadi terbangun dan dengan sangat marah menangkap makhluk kecil itu dengan cakarnya yang sangat besar. "Ampuni saya!" kata sang Tikus. "Tolong lepaskan saya dan suatu saat nanti saya akan membalas kebaikanmu." Singa menjadi tertawa dan merasa lucu saat berpikir bahwa seekor tikus kecil akan dapat membantunya. Tetapi dengan baik hati, akhirnya singa tersebut melepaskan tikus kecil itu. Suatu hari, ketika sang Singa mengintai mangsanya di dalam hutan, sang Singa tertangkap oleh jala yang ditebarkan oleh pemburu. Karena tidak dapat membebaskan dirinya sendiri, sang Singa mengaum dengan marah ke seluruh hutan. Saat itu sang Tikus yang pernah dilepaskannya mendengarkan auman itu dan dengan cepat menuju ke arah di mana sang Singa terjerat pada jala. Sang Tikus kemudian menemukan sang Singa yang meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari jala yang menjeratnya. |
(3) |
Sang Tikus kemudian berlari ke tali besar yang menahan jala tersebut, dia lalu menggigit tali tersebut sampai putus hingga akhirnya sang Singa dapat dibebaskan. |
(4) |
"Kamu tertawa ketika saya berkata akan membalas perbuatan baikmu," kata sang Tikus. "Sekarang kamu lihat bahwa walaupun kecil, seekor tikus dapat juga menolong seekor singa." |
17. Tahapan komplikasi pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
18. Tahapan koda pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
19. Variasi pengungkapan pada bagian orientasi (pengenalan) pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. diawali dengan deskripsi latar waktu
B. diawali dengan deskripsi latar masa lalu
C. diawali dengan kegiatan tokoh
D. diawali dengan deskripsi latar suasana
20. Pola pengembangan judul pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. judul dikembangkan berdasarkan latar cerita
B. judul berasal dari nama tokoh
C. judul dikembangkan berdasarkan sifat tokoh
D. judul diambil dari tema
21. Cermati teks berikut!
(1) Sang mentari menampakkan diri dengan senyum terindahnya. Nuri bersama sahabat-sahabatnya bernyanyi riang. (2) Sementara Katak Putih bertepuk tangan dengan ceria. (3) Sudah terkenal di seluruh hutan bahwa si Nuri dan si Katak Putih bersahabat karib. (4) Saling menopang dan saling menolong dalam suka dan duka. |
Cuplikan cerita fabel tersebut menunjukkan peristiwa pada siang hari. Kalimat yang berisi latar waktu siang hari ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal 22 dan 23!
Teks 1 |
Teks 2 |
Pada suatu hari, saat Fintu sedang mencari makanan, ia bertemu Tuvi. “Hai Tuvi, bolehkah aku meminta sedikit makananmu?” pinta Fintu. “Hey, Fintu! Ini makananku dan tetap makananku. Sana cari makanan yang lain!” tolak Tuvi. “Baiklah…” Fintu menunduk dan berlalu. |
Di musim panas yang hangat dan cerah sedikit menggoda Belalang untuk memainkan biola kesayangan sambil bernyanyi dan menari. Hampir setiap harinya itulah yang dilakukan belalang. Ia tidak terpikir untuk melakukan aktivitas lainnya seperti bekerja atau bersiap untuk mengumpulkan bekal musim dingin. |
22. Perbedaan pengembangan watak tokoh pada kedua cuplikan fabel tersebut adalah watak tokoh diketahui melalui ....
|
Teks 1 |
Teks 2 |
A |
deskripsi fisik tokoh |
dialog tokoh dengan diri sendiri |
B |
kegiatan tokoh |
deskripsi fisik tokoh |
C |
dialog tokoh dengan diri sendiri |
dialog dengan tokoh lain |
D |
dialog dengan tokoh lain |
kegiatan tokoh |
23. Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua cuplikan fabel tersebut adalah ....
|
Teks 1 |
Teks 2 |
A |
kalimatnya panjang, membingungkan |
kalimatnya singkat, jelas |
B |
menggunakan dialog |
tidak terdapat dialog |
C |
seluruhnya berupa narasi |
tidak menggunakan narasi |
D |
menggunakan ragam bahasa resmi |
menggunakan ragam bahasa percakapan |
24. Cermati teks berikut!
Musim panas yang membuatnya(1) ceria sudah akan berganti(2) ke musim dingin, di mana hujan(3) akan turun dengan lebat(4) disertai suhu udara yang sangat rendah(5). |
Kata sifat pada kalimat tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 25 dan 26!
(1) Merpati merasa jatah jagungnya lebih sedikit dibandingkan dengan Tekukur. (2) Merpati menganggap pemiliknya sudah tak menyayanginya lagi. (3) “Oh, ternyata pemilikku lebih sayang Tekukur,” keluh Merpati. (4) Didalam kandangnya ia selalu murung. |
25. Kalimat yang berisi kata seru ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
26. Penulisan kata depan yang salah terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
27. Cermati teks berikut!
.... Rencananya, liburan aku akan main ke Indramayu dan berharap kita bisa bermain bersama dengan teman-teman sekelas. Aku juga sudah kangen masakan ibumu, pindang gombyang. Oh ya, sekian dulu surat dariku. Aku sangat berharap balasan darimu. Terima kasih dan sampai jumpa. .... |
Teks tersebut termasuk cuplikan surat pribadi karena ....
A. berkaitan dengan masalah kedinasan
B. berkaitan dengan keperluan yang bersifat resmi
C. melibatkan instansi tertentu
D. ditulis oleh seseorang atas nama individu
28. Cermati teks berikut!
Kepada Yth. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Indramayu
Dengan hormat, Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMP Wiralodra menyelenggarakan lomba futsal tingkat SD se-Kabupaten Indramayu. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada .... |
Teks tersebut termasuk cuplikan surat dinas karena ....
A. berkaitan dengan masalah kedinasan
B. berkaitan dengan keperluan yang bersifat pribadi
C. menggunakan bahasa yang akrab
D. ditulis oleh seseorang atas nama individu
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 29 dan 30!
Teks 1 |
Teks 2 |
.... Bu, saya sekarang bersekolah di SMA Siliwangi. Saya juga masih mengingat apa yang Ibu katakan dulu saat di sekolah, “Jika kita punya keinginan, kita harus mengejarnya sampai dapat!”. Hal itu terus memotivasi saya sampai sekarang. Dua minggu lagi saya akan mengikuti babak final lomba menulis karya ilmiah yang diadakan oleh Universitas Pajajaran. Untuk itu, saya minta doa Ibu supaya saya bisa memberikan yang terbaik. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras Ibu mengajariku menulis. Berkat itu semua, saya yang dulunya tidak suka menulis, sekarang sangat mencintai dunia itu. Bu, buku tentang teknik menulis yang Ibu berikan sangat membantu dalam mengasah kemampuan saya. ..... |
.... Aku sangat meridukanmu, Vin. Rindu dengan semua kehidupan dan kebiasaan di desa. Juga sangat rindu dengan teman-teman semua yang ada di sana. Saking kangennya, aku jadi bermimpi bahwa semalam kita bermain bersama. Oh iya, kini aku sudah diterima di SMA Siliwangi. Aku berhasil bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pendaftar yang lain, loh. Aku belajar dengan sangat giat untuk itu. Hasilnya, tidaklah sia-sia, aku berhasil diterima di sekolah yang dulu kita bilang sangat bagus itu. Vin, kamu juga harus belajar dengan sangat giat agar hidupmu diberi kemudahan. Jangan lupa pula untuk berdoa supaya cita-citamu dikabulkan. Kamu harus tetap semangat, ya. Yakinlah, aku senantiasa mendoakanmu dari sini. Aku akan tunggu kamu di sini. .... |
29. Perbedaan isi kedua cuplikan surat pribadi tersebut adalah ....
|
Teks 1 |
Teks 2 |
A |
mengungkapkan kerinduan |
mengungkapkan kebahagiaan |
B |
mengungkapkan pesan untuk teman |
mengungkapkan pesan untuk guru |
C |
memberikan nasihat |
menyampaikan informasi |
D |
menyampaikan ucapan terima kasih |
memberikan doa dan semangat |
30. Persamaan penggunaan bahasa yang digunakan kedua cuplikan surat pribadi tersebut adalah ....
A. menggunakan bahasa formal
B. terdapat pribahasa
C. terdapat kata-kata asing
D. menggunakan ungkapan perasaan
31. Cermati penulisan alamat tujuan surat berikut!
(1) YTH Ibu Kepala Sekolah SMP Wiralodra
di Indramayu
(2) yth. Kepala Sekolah SMP Wiralodra
di Indramayu
(3) Yth Ibu Kepala SMP Wiralodra
di Indramayu
(4) Yth. Kepala SMP Wiralodra
di Indramayu
Penulisan alamat tujuan surat yang tepat ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
32. Cermati penulisan teks berikut!
(1) |
Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pentas Seni SMP Wiralodra 2018, kami mengharap kehadiran Ibu pada |
|
|
hari, tanggal |
: Sabtu, 25 Agustus 2018 |
|
Pukul |
: 08.00 s.d. 10.00 |
|
Tempat |
: Aula SMP Wiralodra |
|
acara |
: Persiapan Pentas Seni |
(2) |
Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pentas Seni SMP Wiralodra 2018, kami mengharap kehadiran Ibu pada: |
|
|
hari, tanggal |
: Sabtu, 25 Agustus 2018 |
|
Pukul |
: 08.00 s.d. 10.00 |
|
Tempat |
: Aula SMP Wiralodra |
|
acara |
: Persiapan Pentas Seni |
(3) |
Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pentas Seni SMP Wiralodra 2018, kami mengharap kehadiran Ibu pada |
|
|
Hari, Tanggal |
: Sabtu, 25 Agustus 2018 |
|
Pukul |
: 08.00 s.d. 10.00 |
|
Tempat |
: Aula SMP Wiralodra |
|
Acara |
: Persiapan Pentas Seni |
(4) |
Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pentas Seni SMP Wiralodra 2018, kami mengharap kehadiran Ibu pada, |
|
|
Hari, tanggal |
: Sabtu, 25 Agustus 2018 |
|
Pukul |
: 08.00 s.d. 10.00 |
|
Tempat |
: Aula SMP Wiralodra |
|
Acara |
: Persiapan Pentas Seni |
Penulisan kalimat rincian yang tepat pada cuplikan surat tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
33. Cermati teks berikut!
(1) Akhir tahun ini Nanda tidak bisa pulang, Bu. (2) Hal ini disebabkan ada proyek di Kalimantan. (3) Nanda mohon maaf tidak bisa menemani Ibu pergi berlibur ke rumah nenek di Sukabumi. (4) Tapi, Ibu jangan khawatir. (5) Setelah proyek ini Nanda akan mendapatkan cuti panjang. |
Kata keterangan tempat pada cuplikan surat tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
34. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Mohon doa Ayah dan Ibu agar aku bisa lulus dengan predikat yang memuaskan. (2) Bu Vivi, cita-cita saya menjadi pendidik sudah terwujud, yaitu menjadi guru di SMP Wiralodra. (3) Atas perhatian dan kerja sama Bapak, saya menyampaikan terima kasih. (4) Sahabatku yang baik, semua yang saya miliki sekarang ini tidak lepas dari bantuan dan doamu. |
Kalimat yang berisi kata yang bersinonim ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 35 dan 36!
Teks 1 |
Teks 2 |
Minuman beralkohol tidak baik bagi tubuh. Minuman tersebut dapat meningkatkan risiko terserangnya penyakit kanker dan stroke. Minuman beralkohol juga menyebabkan kerusakan pada jantung dan sel-sel otak. Lebih dari itu, zat- zat yang terkandung dalam minuman itu menyebabkan toksin bagi tubuh. |
“Ika, mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun berjuang untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini kapan saja kamu mau bicara dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah hilang. |
35. Perbedaan jenis dan isi kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
A |
teks nonfiksi, memaparkan ilmu pengetahuan |
teks fiksi, berisi gagasan bersifat fiktif imajinatif |
B |
teks nonfiksi, mengandung unsur latar, penokohan, dan alur |
teks fiksi, berisi gagasan bersifat logis |
C |
teks fiksi, dikembangkan berdasarkan data-data faktual |
teks nonfiksi, dikembangkan berdasarkan alur cerita |
D |
teks fiksi, berisi gagasan bersifat fiktif imajinatif |
teks nonfiksi, memaparkan informasi ilmiah |
36. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
A |
pada umumnya lebih banyak menggunakan kata kias |
pada umumnya lebih banyak menggunakan kata lugas |
B |
sering menggunakan kalimat percakapan |
jarang sekali menggunakan gaya bahasa |
C |
sering menggunakan bahasa formal |
sering menggunakan bahasa percakapan |
D |
sering menggunakan gaya bahasa |
sering menggunakan bahasa formal |
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 37 dan 38!
(1) "Ya, tetapi aku lebih suka naik bendi daripada berjalan kaki, sebab aku amat lelah rasanya dan hari amat panas. (2) Lihatlah mukamu, telah merah sebagai jambu air, kena panas matahari!" jawab anak laki-laki itu, seakan-akan merengut. (3) "Benar hari panas, tetapi tak mengapa. (4) Kaulihat sendiri, aku ada membawa payung yang boleh kita pakai bersama-sama. |
37. Kalimat yang berisi majas perbandingan (membandingkan satu hal dengan hal lainnya) pada kutipan tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
38. Hal unik, yaitu sesuatu yang saat ini sudah jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 38 dan 39!
Di rumah Yuli yang nyaman, Ira, Agnes, Marta serius mengerjakan latihan matematika. Suasana hening. Tapi, keheningan itu tiba-tiba dipecahkan oleh lagu, "Sepasang mata bola ... dari balik jendela ...." Anak-anak itu menoleh ke depan. Jantung Ira berdebar-debar. Suara itu amat dikenalnya dan sosok tubuh yang gemuk pendek itu juga tak asing baginya. "Huh, orang lagi asyik belajar. Mengganggu saja!" gerutu Marta. "Sudah tua, masih mengamen. Lagunya lagu keroncong lagi. Bilang saja maaf, tidak ada uang kecil. Kamu saja yang ke depan, Agnes!" tambah Yuli. Sejenak Ira ragu-ragu. Apakah sebaiknya ia pura-pura tidak mengenal mbahnya? Namun, Mbah sudah berkorban banyak untuknya. Dan Mbah selalu mengajarnya untuk berani menghadapi kenyataan. Agnes belum lagi bangkit, Ira sudah menghambur ke depan. Kawan-kawan mengira Ira mau menyuruh pengamen itu pergi. Namun, Ira membuka pintu gerbang dan berkata, "Mbah, ini rumah Yuli. Mbah mau minum dulu?" Ketiga anak lainnya berdiri di ambang pintu, melihat dengan heran. "Kawan-kawan, perkenalkan, ini nenekku!" kata Ira. |
39. Tokoh yang paling disukai dengan alasan yang tepat pada cuplikan cerpen tersebut adalah ....
A. Marta, menyediakan tempat belajar
B. Agnes, selalu siap membantu
C. Yuli, sangat serius belajar
D. Ira, berani menghadapi kenyataan
40. Judul yang sesuai dengan cuplikan cerpen tersebut adalah ....
A. Pengamen Itu Nenekku
B. Lagu untuk Nenekku
C. Belajar untuk Masa Depan
D. Arti Sebuah Persahabatan
II SOAL URAIAN
Petujuk Khusus:
1. Jawablah soal-soal dengan kalimat yang singkat dan jelas!
2. Tulislah jawaban dengan menggunakan bolpoin (bukan pensil)!
41. Cermati dialog berikut!
(1) aku dengar ada pertemuan para burung di balai. apa kau tidak ke sana tanya zenk serigala. (2) tentu saja aku harus ke sana. kenapa pula aku sampai tidak tahu ujar bu mural tanpa rasa curiga. |
Tulislah kembali cuplikan tersebut dengan penulisan huruf kapital dan tanda baca yang tepat!
42. Cermati teks berikut!
“Kena kau! Kau tidak bisa lari dariku, Ayam! Ha ha ha ...,” teriak Serigala kegirangan. “Tunggu! Agar dagingku terasa lebih lezat, sebaiknya kau berdoa terlebih dahulu!” ujar Ayam meyakinkan. Mendengar ucapan Ayam, Serigala pun menunda keinginannya untuk melahap Ayam. “Berdoa? Bagaimana caranya? Ayo, cepat beritahu aku!” tanya Serigala. “Aku pernah melihat manusia yang sedang berdoa. Ketika mereka akan berdoa, mereka biasanya melipat tangannya di dada,” jelas Ayam. Serigala pun menuruti yang dikatakan Ayam. Serigala segera melipat kedua tangannya di dada. “Selain melipat kedua tangannya, manusia juga menutup matanya saat berdoa,” lanjut Ayam. Serigala pun menuruti perkataan Ayam. Dengan semangat, Serigala pun menutup kedua matanya. Pada saat Serigala melipat kedua tangan dan menutup kedua matanya, dengan sangat cepat Ayam segera terbang dan melarikan diri. Serigala yang tak menyadari tipuan Ayam segera membuka kedua matanya dan tak sabar untuk segera melahap mangsanya. Namun, ia sangat terkejut dan terbengong-bengong melihat Ayam sudah tak ada lagi di hadapannya. |
Jelaskan watak kedua tokoh pada cuplikan fabel tersebut! Berilah alasan/bukti yang mendukung jawabanmu dengan singkat!
43. Cermati cuplikan surat dinas berikut!
Sebutkan empat bagian surat dinas yang telah ditandai pada cuplikan surat tersebut! Jelaskan bagian-bagian tersebut secara singkat!
44. Cermati cuplikan surat pribadi berikut!
Sudah hampir satu tahun kita nggak ketemu. Di sini aku sangat ngerinduin kamu, Dik. Semester ini aku sedang ngerjain skripsi. Doain Kakak, ya. |
Carilah empat kata tidak baku pada cuplikan surat pribadi tersebut! Perbaikilah kata-kata tersebut menjadi kata baku!
45. Bacalah pantun rumpang berikut!
Menjamu tamu memakai ...(1)
Tamu dijamu kue putu
Apa guna berparas ...(2)
Kalau lupa shalat lima waktu
Sebelum pergi jangan lupa makan
Agar hari tidak penuh ...(3)
Terimakasih telah diingatkan
Tak akan lupa waktu ...(4)
Lengkapi bagian rumpang dengan kata yang tepat sehingga menjadi pantun yang padu!
- Soal PAT/UKK B INDONESIA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Kunci Jawaban PAT/UKK B INDONESIA Kelas 7 SMP/MTs K-13
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal PAT/UKK Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Indonesia Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Inggris Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPA Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PPKn Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PJOK Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PAI Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh Soal PAT/UKK BAHASA INDONESIA Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Lengkap isinya. Maturnuwun admin. Tingkatkan lagi postingan ya terkait pendidikan
BalasHapus