Soal PAT/UKK SENI BUDAYA Kelas 7 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal PAT/UKK SENI BUDAYA Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin berbagi Soal PAT/UKK MATEMATIKA Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban,
berkaitan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal PAT/UKK SENI
BUDAYA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum
2013 , berikut informasi selengkapnya :
Penilaian
Akhir Tahun (PAT/UKK) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu
Guru sedang memerlukan referensi Soal-soal Penilaian Akhir Tahun untuk
dijadikan bahan ujian bagi anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan
membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun untuk Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum
2013.
Surat
Edaran yang di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemdikbud) bahwa soal PAT/UKK Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar
soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher
Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK
dalam rangka membantu semua rekan-rekan guru, langsung saja untuk lebih
jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.
Setiap
Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga
perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses
pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.
Salah
satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK). Penilaian
Akhir Tahun adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya
diambilkan dari materi dalam 2 semester.
Penilaian
Akhir Tahun menjadi salah satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian
lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester, dan
Penilaian Akhir Semester.
Tujuan
Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian
kompetensi peserta didik selama satu tahun dan hasilnya dijadikan sebagai salah
satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.
Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir
Tahun (PAT/UKK)
Tujuan
pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut
ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK).
Dibawah
ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
:
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Materi
soal Penilaian Akhir Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi SENI BUDAYA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4
(empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan
total pertanyaan 45 soal.
Berikut
admin tulis Soal PAT/UKK SENI BUDAYA Kelas 7 SMP/MTs K-13 sebagai contoh saja, dan untuk rekan-rekan
yang membutuhkan silahkan download File-nya pada akhir postingan ini
PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran : Seni BudayaSatuan Pendidikan : SMPKelas/Semester : VII / GenapHari dan Tanggal :Waktu : 120 Menit
Petunjuk Umum :
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
3. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
4. Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
5. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
6. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
7. Periksalah seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat
1. Ditinjau dari kegunaannya, karya seni rupa dapat digolongkan menjadi dua, yaitu . . .
A. Seni rupa dan seni kriya
B. Seni rupa daerah dan seni kontemporer
C. Seni murni dan seni terapan
D. Seni kriya dan seni pakai
2. Berikut ini manakah yang merupakan salah satu contoh karya seni rupa terapan kecuali . . .
A. Sepeda Motor
B. Gedung
C. Lukisan
D. Mobil
3. Karya seni yang memiliki nilai estetis (keindahan) dan nilai fungsi (kegunaan), yaitu . . .
A. Lukisan pemandangan
B. Patung kuda
C. Kursi jati ukiran
D. Lukisan kaligrafi
4. Tema ragam hias motif batik di samping yaitu . . .
A. Fauna
B. Flora
C. Flora dan fauna
D. Serangga
5. Dalam pembuatan karya seni tekstil bahan pewarna yang digunakan ada yang berasal dari alam dan pewarna buatan.
Pewarna dari alam biasanya berupa . . .
A. Tinta warna
B. Akar–akaran
C. Naptol
D. Lilin/malam
6. Teknik menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan cara stilasi.
Maksud dari stilasi adalah . . .
A. Memberi latar belakang
B. Memberi gelap terang
C. Pemberian tekstur
D. Penggayaan/pengembangan
7. Di Indramayu terkenal pula sebagai penghasil karya seni terapan Batik. Tepatnya di daerah . . .
A. Parean
B. Paoman
C. Terisi
D. Losarang
8. Kota Jepara di Jawa Tengah terkenal dengan hasil karya seni terapan daerah yaitu …..
A. Keramik
B. Batik
C. Ukiran kayu
D. Patung kayu
9. Penerapan ragam hias pada bahan tekstil dilakukan dengan teknik yang berbeda–beda.
Dibawah ini manakah yang merupakan teknik dalam ragam hias berbahan tekstil ...
A. Tempa
B. Ukir
C. Songket
D. Butsir
10. Jenis bahan tekstil yang mempunyai sifat menyerap air, mudah kusut, lentur dan dapat disetrika dalam temperatur yang panas disebut . . .
A. Katun
B. Wol
C. Sutera
D. Polyester dan nilon
11. Dalam penerapan ragam hias pada produk kaos oblong apakah fungsi dari alas karton atau triplek . . .
A. Untuk menjaga tidak kusut
B. Untuk menjaga cat tidak tembus
C. Untuk menjaga ukuran gambar
D. Untuk menjaga kaos tidak terpotong
12. Tema ragam hias disamping adalah ...
A. Flora
B. Fauna
C. Figuratif
D. Geometris
13. Hasil karya seni ragam hias berbahan kayu merupakan karya seni rupa yang berbentuk ...
A. Dua dimensi
B. Tiga dimensi
C. Empat dimensi
D. Lima dimensi
14. Kegiatan membentuk tonjolan dan cekungan berbentuk ragam hias tertentu pada permukaan kayu dengan menggunakan alat pahat merupakan pengertian dari ...
A. Membutsir
B. Mencetak
C. Mengukir
D. Mengkonstruksi
15. Perhatikan gambar di bawah ini! Manakah hasil karya seni rupa dengan bentuk dasar kubistis...
A. Gambar 1
B. Gambar 2
C. Gambar 3
D. Gambar 4
16. Campuran warna merah dan biru akan menghasilkan warna ….
A. Oranye
B. Ungu
C. Cokelat
D. Hijau
17. Salah satu jenis pahat yang gunanya untuk membersihkan pada sudut sela–sela ukiran dan meraut bagian–bagian yang diperlukan disebut ...
A. Pahat kuku
B. Pahat lengkung
C. Pahat lurus
D. Pahat pegot
18. Alat apakah yang digunakan untuk mengukir ragam hias di atas kayu …..
A. Pahat dan pemukul
B. Pisau dan gergaji
C. Paku dan Palu
D. Pahat dan Pisau
19. Apakah kegunaan pahat kuku….
A. Untuk mengerjakan bagian yang lurus
B. Untuk mengerjakan bagian lengkung, melingkar, cekung dan ikal
C. Untuk membersihkan pada sudut sela-sela ukiran
D. Untuk mengerjakan bagian-bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan dengan pahat kuku
20. Pembuatan karya seni rupa berbahan kayu dengan teknik melukis akan menghasilkan tekstur yang ...
A. Keras
B. Lembut
C. Kasar
D. Halus
21. Berikut yang dimaksud dengan bernyanyi dua suara adalah...
A. Dua orang yang bernyanyi bersama
B. Bernyanyi dengan membagi suara satu dan suara dua
C. Bernyanyi dengan dua irama
D. Bernyanyi dengan cara unisono
22. Dalam penampilan vokal grup syarat utama yang harus diperhatikan adalah . . .
A. Kerja sama
B. Penampilan individu
C. Volume suara
D. Ekspresi
23. Bentuk penyajian vokal grup tanpa musik pengiring disebut ...
A. Vokal
B. Instrumentalia
C. Akapela
D. Nasyid
24. Bernyanyi yang anggotanya berjumlah 12 sampai dengan 28 orang, dinamakan...
A. Vocal group
B. Lagu kanon
C. Akapela
D. Nasyid
25. Lagu yang dinyanyikan oleh dua kelompok atau lebih dengan melodi yang saling kejar-kejaran adalah...
A. lagu nasional
B. lagu pop
C. lagu kanon
D. lagu rohani
26. Menyanyi dengan banyak suara secara kanon dapat melatih ...
A. Saling menghormati dan menghargai satu sama lain
B. Saling membantu
C. saling menunjukkan kemampuan
D. saling berkompetisi dalam bernyanyi
27. Yang bertugas memimpin dalam paduan suara disebut . . .
A. Pemandu
B. Dirigen
C. Pemimpin
D. Vokalis
28. Lagu Apuse berasal dari propinsi ...
A. Irian jaya
B. Kalimantan
C. Sulawesi
D. Jawa Barat
29. Teknik pernapasan yang baik dalam bernyanyi adalah...
A. Pernapasan dada
B. Pernapasan diafragma
C. Pernapasan perut
D. Pernapasan hidung
30. Di bawah ini yang merupakan contoh lagu-lagu daerah adalah ...
A. Tokecang dan Bungong Jeumpa
B. Lir-ilir dan Bangun Pemudi-Pemuda
C. Syukur dan Panon Hideung
D. Butet dan Halo-halo Bandung
31. Tarling adalah musik daerah dari ...
A. Indramayu
B. Jakarta
C. Aceh
D. Madura
32. Bermain musik secara bersama-sama menggunakan beberapa alat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana merupakan pengertian...
A. Group musik
B. Perkumpulan musik
C. Ansambel musik
D. Vocal group
33. Gambar di samping termasuk jenis alat musik...
A. melodis
B. harmonis
C. ritmis
D. instrumental
34. Alat musik yang berfungsi untuk membawakan melodi suatu lagu disebut...
A. Alat musik melodis
B. Alat musik harmonis
C. Alat musik ritmis
D. Alat musik gesek
35. Cara memainkan musik ansambel ada dua macam, yaitu...
A. melodis dan campuran
B. sejenis dan ritmis
C. sejenis dan harmonis
D. sejenis dan campuran
36. Gambar di bawah ini adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara...
A. dipukul
B. dipetik
C. ditiup
D. digesek
37. Alat musik yang cara memainkannya digesek yaitu...
A. Rebab
B. Angklung
C. Calung
D. Gitar
38. Alat musik daerah yang teknik permainannya dengan cara digoyang, antara lain...
A. suling dan kecapi
B. gitar dan suling
C. kolintang dan rebab
D. angklung
39. Perpaduan dari beberapa nada yang merdu disebut . . .
A. Akord
B. Irama
C. Nada
D. Intonasi
40. Maestro keroncong Indonesia yang terkenal dengan lagu ciptaannya yang berjudul “ Bengawan Solo” adalah ...
A. Arman Maulana
B. Peter Pan
C. Gesang
D. Sundari Sukoco
II. URAIAN
41. Sebutkan teknik/cara dalam penerapan ragam hias dengan bahan tekstil . . .
42. Sebutkan dan jelaskan jenis–jenis bahan tekstil . . .
43. Sebutkan 4 kegunaan jenis pahat . . .
44. Jelaskan menurut pendapat kalian apakah yang dimaksud dengan Latihan Lagu Tiga Suara . . .
45. Sebutkan masing–masih 3 contoh dari . . .
a. Alat musik Ritmis
b. Alat musik melodis
c. Alat musik harmonis
Bagi
rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci
jawaban PAT/UKK SENI BUDAYA PEKERTI Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 pada link berikut ini :
- Soal PAT/UKK SENI BUDAYA Kelas 7 Kurikulum 2013
- Kunci Jawaban PAT/UKK SENI BUDAYA Kelas 7 Kurikulum 2013
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal PAT/UKK Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Indonesia Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Inggris Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPA Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PPKn Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PJOK Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PAI Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal-soal PAT/UKK diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK SENI BUDAYA Kelas 7 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"