Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
– Sebelumnya admin berbagi Soal PAT/UKK MATEMATIKA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, berkaitan hal itu
admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal PAT/UKK IPS Kelas 7
SMP/MTs Kurikulum 2013 , berikut informasi selengkapnya :
Dengan semakin dekatnya Penilaian
Akhir Tahun (PAT) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru
sedang memerlukan Soal-soal PAT untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya,
terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir
Tahun untuk Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013.
Surat Edaran yang baru-baru ini di
publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PAT
Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah
terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin
berbagi Soal PAT dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, oke langsung
saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.
Setiap Sekolah wajib melakukan
perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian
hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif
dan efisien serta kondusif. Salah satu bentuk penilaian
tersebut adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT). Penilaian Akhir Tahun adalah salah
satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya diambilkan dari setengah
materi dalam satu semester dalam hal ini
(dua).
Penilaian Akhir Tahun menjadi salah
satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian
Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.
Tujuan Penilaian Akhir Tahun (PAT)
secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama satu
tahun dan hasilnya dijadikan sebagai salah satu bahan penyusunan laporan
kemajuan belajar.
Tujuan
pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir
Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi
Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK).
Dibawah ini merupakan beberapa
fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) :
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Berikut ini admin bagikan soal PAT/UKK
IPS Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013.
Latihan soal PAT/UKK IPA ini untuk membantu belajar peserta didik Kelas 7
SMP/MTs dalam mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
genap.
Materi soal Penilaian Akhir Tahun
ini diambilkan dari kisi-kisi IPS Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal
berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian
pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.
Berikut admin tulis Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 :
PENILAIAN AKHIR TAHUNTAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)Satuan Pendidikan : SMPKelas/Semester : VII / GenapHari dan Tanggal :Waktu : 120 Menit
Petunjuk Umum :
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
3. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
4. Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
5. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
6. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
7. Periksalah seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1. Banyak kata atau istilah yang diambil dari bahasa asing termasuk dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), salah satunya adalah kata Ekonomi yang diambil dari Bahasa Yunani yakni Oikonomia.
Kata Oikonomia artinya adalah ....
A. aturan negara
B. aturan rumah tangga
C. kegiatan manusia
D. aturan masyarakat
2. Masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa terbatas adanya.
Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan itu disebut .…
A. kelangkaan
B. kebutuhan
C. keinginan
D. kemakmuran
3. Kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup disebut kebutuhan ….
A. sekunder
B. primer
C. tersier
D. kuarter
4. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di samping ini menunjukkan salah satu kebutuhan manusia menurut ….
A. intensitasnya
B. sifatnya
C. waktunya
D. subjeknya
5. Setiap orang memiliki perbedaan, salah satunya dalam hal konsumsi makanan.
Ervina lebih suka rumbah dibandingkan dengan Fanesya yang lebih menyukai seblak.
Hal ini menunjukkan perbedaan....
A. pendapatan
B. keinginan
C. harga
D. selera
6. Pakaian nelayan di Karangsong lebih tipis dibandingkan dengan pakaian orang yang tinggal di pegunungan.
Perbedaan jenis pakaian ini menunjukkan bahwa kebutuhan manusia berbeda karena adanya perbedaan faktor ....
A. selera atau kesukaan
B. lingkungan tempat tinggal
C. tingkat pendidikan
D. kedudukan sosial
7. Untuk mendapatkan air mineral dibutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit, seperti membangun pabrik di daerah yang dekat dengan sumber mata air, distribusi dari pabrik yang berada di pegunungan ke konsumen dan lain-lain.
Air mineral merupakan salah satu contoh dari barang ….
A. substitusi
B. komplementer
C. ekonomis
D. bebas
8. Perhatikan macam-macam barang berikut ini!
- Tas
- Sinar Matahari
- Udara
- Air Mineral
- Pakaian
Barang bebas ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 dan 5
9. Jika di rumah seorang ibu tidak masak nasi lalu diganti dengan menyediakan singkong goreng, maka hal tersebut merupakan salah satu contoh dari barang .…
A. ekonomis
B. bebas
C. substitusi
D. komplementer
10. Biasanya saat menggunakan sepatu maka harus menggunakan kaos kaki untuk menghindari kaki lecet dan bau.
Dalam hal ini kaos kaki merupakan salah satu contoh dari barang ....
A. ekonomis
B. bebas
C. substitusi
D. komplementer
11. Tingkat konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh harga barang yang dikonsumsi.
Jika harga barang-barang yang dikonsumsi naik, maka seseorang akan ….
A. menambah jumlah barang yang dikonsumsi
B. menambah jumlah jasa yang dikonsumsi
C. mengurangi jumlah barang yang dikonsumsi
D. mengurangi jumlah jasa yang dikonsumsi
12. Seorang pengusaha dodol mangga memanfaatkan mangga yang tidak tahan lama untuk diolah kembali menjadi barang yang memiliki harga jual lebih tinggi.
Hal tersebut merupakan salah satu kegiatan menghasilkan barang/jasa atau kegiatan menambah nilai guna barang/jasa yang disebut dengan….
A. produksi
B. konsumsi
C. distribusi
D. transisi
13. Pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi.
Salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk ....
A. memenuhi kebutuhan konsumen
B. memperoleh penghargaan dari pemerintah
C. berbuat baik kepada sesama manusia
D. menarik simpati dari masyarakat
14. Kegiatan ekonomi meliputi tiga hal yakni konsumsi, produksi dan distribusi.
Salah satu contoh kegiatan produksi adalah....
A. tukang ojek online membeli makanan di pasar
B. seorang montir sedang memperbaiki sepeda motor
C. tukang sayur menjajakan sayuran ke rumah-rumah
D. peserta didik memakai seragam pramuka
15. Perhatikan daftar berikut ini!
- Menjual barang dengan harga murah
- Hasil produksi lebih berguna bagi masyarakat
- Membantu diskontinuitas kegiatan produsen
- Menyalurkan barang dari produsen ke konsumen
Manakah yang termasuk tujuan kegiatan distribusi ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 1 dan 3
16. Batu yang ada di pegunungan akan bertambah nilai gunanya kalau dibawa ke toko bangunan dan digunakan oleh konsumen, hal tersebut dinamakan nilai guna….
A. tempat
B. kepemilikan
C. waktu
D. bentuk
17. Banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai.
Hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna ....
A. kepemilikan
B. waktu
C. tempat
D. bentuk
18. Seorang ibu memilih pakaian dengan harga yang lebih murah di Pasar Tegal Gubug dibandingkan membeli pakaian di pasar yang ada di sekitar rumahnya.
Hal ini menunjukkan ....
A. motif ekonomi
B. prinsip ekonomi
C. tindakan ekonomi
D. kegiatan ekonomi
19. Perhatikan daftar berikut ini!
- Menggunakan bahan mentah atau baku dengan mutu yang baik
- Mendirikan tempat usaha yang dekat dengan bahan mentah/bahan baku
- Menggunakan tenaga kerja dengan upah yang tinggi.
- Menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran dan tepat waktu.
Manakah yang termasuk penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 1 dan 3
20. Siswa mengumpulkan sumbangan untuk dikirimkan kepada saudaranya yang sedang mengalami musibah tsunami di Banten.
Tindakan ini merupakan salah satu motif ekonomi yakni ....
A. memenuhi kebutuhan
B. berbuat sosial
C. mendapatkan penghargaan
D. memperoleh kekuasaan
21. Perhatikan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan di bawah ini!
- Mengikuti pemilihan kepala desa.
- Menanam padi di sawah pada musim hujan.
- Menyisihkan uang untuk membantu sesama.
- Berjualan makanan ringan di pasar tradisional.
- Membantu orang lain yang mengalami kesulitan.
Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan kegiatan manusia yang didorong oleh motif memenuhi kebutuhan ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
22. Bagi pengusaha ada banyak hal yang harus diperhatikan agar perusahaannya tetap berjalan dengan lancar.
Berikut yang termasuk dalam motif ekonomi bagi pengusaha ialah....
A. mengeluarkan biaya produksi setinggi-tingginya
B. menerima pegawai sebanyak-banyaknya
C. mencari keuntungan sebanyak-banyaknya
D. memproduksi barang dalam jumlah besar
23. Jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu disebut....
A. permintaan
B. penawaran
C. hukum permintaan
D. hukum penawaran
24. Perhatikan gambar kurva di samping, dari gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa ….
A. jika harga naik, jumlah yang ditawarkan bertambah
B. bila harga turun, jumlah yang ditawarkan bertambah
C. bila harga turun, jumlah yang ditawarkan sedang
D. jika harga naik, jumlah yang ditawarkan berkurang
25. Pasar yang memperjualbelikan barang-barang keperluan seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan disebut dengan pasar ....
A. harian
B. mingguan
C. bulanan
D. tahunan
26. Pasar yang unsur-unsur pasarnya seperti penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan ada di satu tempat disebut dengan pasar ….
A. bulanan
B. konkret
C. abstrak
D. tahunan
27. Ada dampak positif dan negatif dengan adanya IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Berikut ini yang merupakan dampak negatif dari perkembangan IPTEK adalah ….
A. dapat terpenuhinya berbagai kebutuhan manusia.
B. dapat membuat kegiatan manusia lebih cepat dan mudah.
C. membantu perluasan dan pengembangan wawasan pengetahuan.
D. dapat menyebabkan terjadinya polusi udara, air, dan tanah.
28. Pada masa pra aksara ada banyak peralatan yang sudah digunakan oleh manusia pada saat itu, seperti kapak persegi, gerabah, dan kapak lonjong.
Alat-alat tersebut digunakan pada masa ….
A. bercocok tanam
B. modern
C. perundagian
D. berburu dan mengumpulkan makanan
29. Perhatikan gambar di samping ini!
Gambar tersebut merupakan benda peninggalan kehidupan pada zaman...
A. berburu dan meramu
B. bercocok tanam
C. berpindah-pindah tempat
D. perundagian
30. Bangunan berupa batu tegak atau tugu yang berfungsi sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang yang telah meninggal disebut ….
A. sarkofagus
B. menhir
C. dolmen
D. waruga
31. Peradaban manusia telah mengalami beberapa masa, di antaranya ada masa prasejarah dan sejarah.
Ciri dari zaman sejarah yaitu ....
A. masyarakat sudah hidup secara menetap
B. masyarakat sudah mengenal tulisan
C. adanya pembagian pekerjaan secara baik
D. terbentuknya sistem pemerintahan kerajaan
32. Pada abad ke-5 masyarakat Indonesia sudah mendapat pengaruh Agama Hindu.
Ini dibuktikan dengan adanya ….
A. penggunaan bahasa Sanskerta dalam penulisan prasasti
B. makin lunturnya adat istiadat asli nenek moyang
C. penggunaan bahasa Sanskerta dalam kehidupan sehari-hari
D. masyarakat tidak menggunakan bahasa Melayu
33. Teori yang menyebutkan orang Indonesia berperan aktif dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia adalah teori ....
A. Brahmana
B. Waisya
C. Ksatria
D. Arus Balik
34. Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam bidang pemerintahan adalah ....
A. pemimpin masyarakat dipilih berdasarkan kastanya
B. pimpinan masyarakat yang dipilih adalah orang yang dianggap tua dan bijaksana
C. pergantian pemimpin masyarakat berdasarkan atas keturunannya
D. gelar yang dipakai pemimpin masyarakat adalah Datuk
35. Perpaduan antara kebudayaan Hindu-Buddha dan kepercayaan asli Indonesia terlihat pada ....
A. munculnya kerajaan bercorak Hindu-Buddha
B. bentuk candi yang berundak-undak
C. pembuatan arca sebagai perwujudan dewa
D. raja dianggap sebagai keturunan dewa
36. Ada beberapa kerajaan Hindu di Indonesia, kerajaan Hindu pertama di Pulau Jawa yakni ....
A. Kerajaan Tarumanegara
B. Kerajaan Kutai
C. Kerajaan Pajajaran
D. Kerajaan Majapahit
37. Pengaruh Islam di Indonesia sudah ada sejak abad ke ....
A. 7 Masehi
C. 9 Masehi
B. 8 Masehi
D. 10 Masehi
38. Agama Islam mudah diterima oleh rakyat Indonesia, ini dikarenakan ....
A. adanya peraturan zakat dapat memperingan beban ekonomi umat Islam
B. agama Islam disebarluaskan tidak dengan paksaan dan tanpa persyaratan
C. persyaratan untuk masuk agama Islam hanya membaca dua kalimat syahadat
D. agama Islam berkembang dengan mempergunakan wayang dan gamelan
39. Perhatikan nama-nama kerajaan Islam di Indonesia!
- Banjar
- Demak
- Ternate
- Banten
- Makasar
Kerajaan Islam di Pulau Jawa ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 dan 5
40. Karya sastra bercorak peninggalan masa dari kesultanan Islam di Indonesia berupa kitab-kitab yang berisi masalah gaib, ramalan tentang hari baik atau buruk, dan makna atau simbol tertentu yang dihadapi manusia adalah....
A. suluk
B. babad
C. hikayat
D. panji
II. ESSAY
41. Berikan penjelasan bahwa tingkat pendidikan dapat menjadi penyebab perbedaan kebutuhan manusia!
42. Hubungan antara harga dan jumlah penawaran.
(Harga dan penawaran)
Dari tabel di atas, buatlah kurva penawarannya!
43. Pasar menurut wujudnya dibagi menjadi dua yakni pasar konkret dan pasar abstrak.
Jelaskan perbedaannya?
44. Sebutkan ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha!
45. Jelaskan bagaimana cara penyebaran agama Islam di Indonesia!
Bagi rekan-rekan guru yang
membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban PAT/UKK Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 pada link
berikut ini :
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Kunci Jawaban PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal PAT/UKK Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Indonesia Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Inggris Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPA Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PPKn Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PJOK Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PAI Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Demikian yang dapat admin sampaikan
terkait Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"