Soal PAT/UKK PPKN Kelas 7 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal PAT/UKK PPKN Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
– Sebelumnya admin berbagi Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, berkaitan hal itu
admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal PAT/UKK PPKN Kelas 7
SMP/MTs Kurikulum 2013 , berikut informasi selengkapnya :
Dengan
semakin dekatnya Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang akan sebentar lagi
dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PAT untuk
dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan
membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun untuk Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum
2013.
Surat
Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PAT Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan
standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS
(Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT
dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, langsung saja untuk lebih
jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.
Setiap
Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga
perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses
pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif. Salah satu bentuk penilaian
tersebut adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT). Penilaian
Akhir Tahun menjadi salah satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian
lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir
Semester.
Tujuan
Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian
kompetensi peserta didik selama satu tahun dan hasilnya dijadikan sebagai salah
satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.
Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir
Tahun (PAT/UKK)
Tujuan
pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut
ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK).
Dibawah
ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
:
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Berikut
ini admin bagikan soal PAT/UKK PPKN Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Latihan soal PAT/UKK PPKN ini
untuk membantu belajar peserta didik Kelas 7 SMP/MTs dalam mempersiapkan diri
menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) genap. Materi soal Penilaian Akhir
Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi PPKN Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal
berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian
pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.
Berikut
admin tulis Soal PAT/UKK PPKN Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013, dan untuk selengkapnya silahkan
download file lengkapnya pada akhir postingan ini :
PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20 . . /20 . .
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran : PPKnSatuan Pendidikan : SMPKelas/Semester : VII / GenapHari dan Tanggal :Waktu : 120 Menit
Petunjuk Umum :
- Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
- Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
- Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
- Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
- Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
- Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
- Periksalah seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1. Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip …
A. kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati
B. kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat
C. musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian
D. kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan
2. Perkembangan budaya di kepulauan yang tersebar di Indonesia berkembang sesuai dengan tingkat kemajuan masyarakat dan lingkungan masing-masing.
Dengan demikian, muncullah keberagaman dalam masyarakat.
Hal tersebut disebabkan oleh …
A. kondisi negara kepulauan
B. keadaan transportasi dan komunikasi
C. perbedaan kondisi alam
D. letak strategis wilayah Indonesia
3. Perhatikan pernyataan berikut ini :
- Letak strategis wilayah Indonesia
- Berasal dari nenek moyang yang berbeda
- Kondisi Negara kepulauan
- Perbedaan kondisi alam
- Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian
- Keadaan transportasi dan komunikasi
Faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia ditunjukkan pernyataan nomor …
A. 1,2,3, dan 4
B. 1,3,4, dan 6
C. 2,3,4, dan 5
D. 3,4,5, dan 6
4. Pada Hari Kartini, seluruh siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat.
Putri akan akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala.
Berbeda dengan Putri, Husna menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya.
Pakaian adat yang dipakai siswa kelas 7 merupakan bagian …
A. ras
B. agama
C. suku bangsa
D. multi kulturalisme
5. Rumah Gadang berasal dari propinsi…
A. Aceh
B. Sumatera Utara
C. Kalimantan Barat
D. Sumatera Barat
6. Perhatikan pernyataan berikut :
- Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India
- Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat
- Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa
- Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia
- Agama Kong Hu Chu dibawa oleh pedagang dari Cina
Pernyataan yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia ditunjukkan oleh nomor…
A. 1, 2, 4
B. 1, 2, 5
C. 1,3, dan 4
D. 1,3, dan 5
7. Diah memiliki kulit sawo matang, tubuh tinggi, mata besar, dan berwarna cokelat muda, sedangkan Ayu memiliki kulit kuning langsat, rambut lurus, mata sipit, dan berwarna cokelat tua.
Perbedaan ciri-ciri fisik tersebut disebut ...
A. Ras
B. Budaya
C. golongan
D. suku bangsa
8. Bagi bangsa Indonesia keberagaman suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan apabila dikelola dengan baik merupakan …
A. mendorong percepatan pembangunan daerah
B. sumber pendapatan di daerah-daerah
C. kekayaan bangsa yang sangat berharga
D. modal pokok dalam pembangunan nasional
9. Bangsa kita adalah bangsa yang majemuk, artinya bahwa bangsa kita terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan antar golongan.
Keberagaman ini memiliki dampak negatif dan dampak positif.
Dibawah ini merupakan salah satu dampak positif dari keberagaman bangsa Indonesia, yaitu....
A. adanya ketidakharmonisan dalam hubungan kemasyarakatan
B. memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia
C. banyak bermunculan konflik antar masyarakat di daerah
D. perkembangan pembangunan di Indonesia menjadi terhambat
10. Makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, meskipun beragam …
A. suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.
B. pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan Indonesia
C. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun
D. peraturan tetapi tetap menjunjung hukum nasional
11. Negara Indonesia terdiri dari wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke.
Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat berdiamnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat.
Arti penting keberagaman suku, ras, agama dan antar golongan, bagi bangsa Indonesia salah satunya adalah....
A. penyebab konflik antar suku, agama, ras dan antar golongan
B. penyebab maraknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat
C. keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan
D. keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas
12. 1. Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan baik dan benar
2. Mengikuti acara ibadah agama orang lain untuk menunjukkan toleransi
3. Melarang umat beragama lain melaksanakan ibadah
4. Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain
5. Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain
Yang merupakan wujud perilaku toleransi dalam kehidupan antar umat beragama pada masyarakat yang beragam ditunjukkan dengan nomor....
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 3 dan 5
C. 1, 3 dan 4
D. 1, 4 dan 5
13. Jefri adalah pelajar di sekolah favorit, yang kebanyakan siswanya berasal dari keluarga mampu.
Jefri terpilih menjadi ketua kelas, padahal Jefri berasal dari keluarga tidak mampu.
Dari cerita di atas, menunjukkan bahwa di sekolah Jefri telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar...
A. umat beragama
B. golongan
C. suku
D. daerah
14. Kerja sama dalam mengusir penjajah untuk meraih kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti kemampuan bangsa Indonesia dalam hal.....
A. berkompromi dengan penjajah
B. berdialog dengan penjajah
C. mempersatukan perbedaan yang ada
D. membentuk organisasi politik
15. Bentuk kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dapat tampak dalam kehidupan ….
A. sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan kehidupan umat beragama
B. sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan sistem peradilan
C. hukum, ekonomi, keamanan dan pertahanan, dan kehidupan umat beragama
D. perdagangan, keamanan dan pertahanan, hukum, dan kehidupan umat beragama
16. Tujuan nasional bangsa Indonesia yang hendak dicapai melalui upaya pembangunan nasional, tercantum dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea …
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
17. Gotong royong adalah kerjasama yang dilakukan sejumlah warga masyarakat untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan.
Sikap gotong royong adalah bekerja sama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil.
Kelebihan gotong royong dibandingkan bentuk kerja sama yang lainnya adalah …
A. dilakukan tanpa pamrih
B. dilakukan secara bersama
C. dilakukan dalam berbagai kegiatan
D. hasil yang didapat menguntungkan semua pihak
18. Di sebuah kampung, ada kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari minggu.
Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah warga, jalan-jalan sepanjang kampung, dan lapangan yang ada di kampung tersebut.
Hal ini menunjukkan bentuk gotong royong, yaitu …
A. tolong menolong
B. gugur gunung
C. kerja sosial
D. kerja bakti
19. Musyawarah untuk mufakat merupakan cerminan dari pelaksanaan sila ke-4 Pancasila yang pada prinsipnya menegaskan bahwa bangsa Indonesia akan terus memelihara dan mengembangkan semangat bermusyawarah dalam perwakilan.
Gambar tersebut di atas merupakan bentuk kerjasama dalam kehidupan …
A. keamanan dan pertahanan
B. sosial politik
C. ekonomi
D. umat beragama
20. Dalam pasal 33 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan“.
Hal ini berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil.
Salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal ini adalah …
A. Firma
B. BUMN
C. Koperasi
D. CV
21. Sikap selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial di masyarakat karena adanya jurang pemisah akibat perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama dan bahasa daerah.
Sikap tersebut dalam kerjasama diberbagai bidang kehidupan masyarakat harus dihindari termasuk sikap tidak terpuji yang disebut …
A. fanatik sempit
B. individualis
C. eksklusivisme
D. primordialisme
22. Kerjasama merupakan usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan …
A. kekuatan untuk menghadapi pemberontakan dalam negeri
B. kekuatan untuk menghadapi serangan bangsa asing
C. kekuatan untuk mencapai tujuan nasional
D. modal utama pelaksanaan pembangunan
23. 1. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan
2. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan
3. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan
4. Adanya kecenderungan mencapai kesejahteraan
Arti pentingnya kerjasama ditunjukkan dengan pernyataan nomor …
A. 1,2, dan 3
B. 1,2, dan 4
C. 1,3, dan 4
D. 2,3, dan 4
24. Mewujudkan kerjasama antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan dengan cara....
A. membantu tugas tentara ketika negara berperang
B. mematuhi peraturan perundang-undangan
C. ikut piket di kantor polisi jika polisi sedang sibuk
D. mengumpulkan dana untuk membeli senjata api
25. Negara Republik Indonesia memiliki banyak penganut agama yang perlu dilindungi oleh negara dan perlu dijaga kerukunannya demi persatuan dan kesatuan.
Di bawah ini manakah perilaku yang menunjukkan sikap bekerja sama antar umat beragama....
A. membantu orang lain yang sama-sama memahami agama
B. menghormati umat seagama dan kepercayaannya yang sama
C. menghormati orang lain yang berbeda agama tetapi masih saudara
D. menghormati umat seagama dan berbeda agama
26. Contoh pelaksanaan kerjasama atau gotong royong di dalam kehidupan sekolah, yang melibatkan seluruh warga sekolah dalam kegiatan...
A. kebersihan lingkungan sekolah
B. peningkatan kompetensi guru
C. menggali sumber dana pendidikan
D. perkemahan pramuka terpadu
27. Proklamasi memberikan makna rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajah.
Hal ini merupakan makna proklamasi dari aspek …
A. sosiologis
B. psikologis
C. politis
D. kultural
28. Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pernyataan tersebut adalah bunyi dari UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal...
A. 18A ayat 2
B. 18B ayat 2
C. 19
D. 17
29. Otonomi daerah adalah kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan....
A. kehendak masyarakat dan para pejabat di daerah
B. aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan
C. anjuran pemerintah pusat yang disesuaikan dengan kondisi daerah
D. kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah
30. Berikut ini merupakan hak daerah dalam menyelenggarakan otonomi daerah adalah ….
A. pengelolaan seluruh kekayaan alam sesuai aspirasi masyarakat daerah
B. mengadakan hubungan luar negeri dengan ijin presiden
C. mengangkat tentara dan polisi sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing
D. mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan
31. Dengan adanya otonomi daerah, potensi sumber daya alam dapat dikelolah oleh sumber daya manusia yang dimiliki oleh daerah setempat supaya daerah dapat berkembang maju.
Peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain....
A. meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan
B. meningkatkan pendapatan per kapita bagi masyarakat pedesaan
C. mengali sumber dana sebesar-besarnya untuk pembangunan di daerah
D. membantu pemerintah pusat dalam penarikan pajak untuk pembangunan nasional
32. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang dibagi atas provinsi yang didalamnya dibagi atas kabupaten dan kota.
Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya demi kemajuan daerahnya yang digali atas potensi daerah masing-masing.
Kemajuan daerah akan lebih cepat tercapai apabila bangsa Indonesia memiliki nilai....
A. persatuan dan kesatuan
B. kesetiakawanan dalam berteman
C. perjuangan dalam meraih cita-cita
D. kerukunan dalam menyelesaikan masalah
33. Kegagalan perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa awal pergerakan nasional disebabkan …
A. penduduknya sangat besar
B. wilayah Indonesia yang luas
C. perjuangan bersifat kedaerahan
D. kurang memanfaatkan potensi alam
34. Keterikatan daerah terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ditegaskan dengan disepakati bentuk negara kesatuan yang menghendaki....
A.terjadinya persamaan di dalam menggunakan bahasa daerah dan nasional
B. bersatunya seluruh wilayah Indonesia dalam satu negara
C. hilangnya perbedaan adat istiadat di tiap-tiap daerah di Indonesia
D. terciptanya keharmonisan hubungan rakyat dengan pejabat
35. Sumber daya alam yang dimiliki negara Indonesia sangat melimpah tersebar di berbagai daerah yang akan dipergunakan demi kepentingan rakyat.
Kekayaan alam setiap daerah di Indonesia merupakan....
A. kekayaan bagi pemerintah pusat
B. kekayaan seluruh bangsa Indonesia
C. milik pemerintah daerah setempat
D. milik pihak-pihak yang mengelola
36. Bumi air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, merupakan bunyi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pasal...
A. 33 ayat (1)
B. 33 ayat (2)
C. 33 ayat (3)
D. 33 ayat (4)
37. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia pernah terjadi upaya untuk mengganti bentuk negara.
Bentuk negara yang sesuai dengan pasal 1 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah…
A. republik
B. monarki
C. federal
D. kesatuan
38. Nilai-nilai yang perlu ditanamkan dan disadari oleh setiap warga negara demi tegaknya NKRI adalah....
A. setiap warga negara memiliki kedudukan bertingkat-tingkat sesuai dengan perjuangannya terhadap pemerintah pusat
B. setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama tanpa membeda-bedakan asal daerah
C. setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam membela negara jika memang benar-benar dibutuhkan
D. setiap orang diberi kesempatan membela negara jika menguntungkan dirinya
39. Doni adalah mahasiswa di suatu universitas terkemuka dikotanya.
Doni ingin ikut berpartisipasi dalam usaha bela negara.
Salah satu usaha bela negara yang dapat Doni lakukan sebagai mahasiswa adalah…
A. ikut pelatihan dasar kemiliteran ( Menwa )
B. ikut organisasi anarkhis
C. melakukan demonstrasi di depan Istana Negara
D. menolak menjadi relawan di daerah-daerah terpencil
40. Kirana berasal dari suatu suku bangsa dan tinggal di Jakarta. Kirana selalu menganggap kebudayaannya lebih unggul dan selalu membanggakan kebudayaannya sendiri.
Hal yang dilakukan Kirana merupakan ancaman dari bidang sosial dan budaya yang menunjukkan adanya sikap …
A. etnosentrisme
B. nasionalisme
C. konsumerisme
D. primordialisme
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
41. Jelaskan perbedaan kondisi alam dapat menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia !
42. Berikan alasan keberagaman masyarakat Indonesia bisa menjadi potensi (kekayaan bangsa) !
43. Tuliskan 2 ( dua ) nama lain gotong royong di Indonesia !
44. Bagaimana cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah !
45. Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dilihat dari aspek hukum !
Bagi
rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci
jawaban serta kisi-kisi PAT/UKK Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 pada link berikut ini :
- Soal PAT/UKK PPKN Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Kunci Jawaban PAT/UKK PPKN Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal PAT/UKK Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Indonesia Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Inggris Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPA Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PPKn Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PJOK Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PAI Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh Soal PAT/UKK PPKN Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Demikian
yang dapat admin sampaikan terkait Soal PAT/UKK PPKN Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, semoga
bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK PPKN Kelas 7 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"