Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 1
Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 1 - Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang Resume Modul SMART ASN MOOC PPPK Tahun 2022, pada kesempatan yang berbahagia ini admin akan kembali memberikan informasi terkait Massive Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yakni : Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 1, berikut informasi selengkapnya :
Massive
Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
Tahun 2022.
Kegiatan ini sepadan dengan pelatihan dasar atau prajabatan bagi CPNS. Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018, tentang manajemen PPPK. Kompetensi PPPK yang tinggi diperlukan sejalan dengan tuntutan perkembangan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan umum, Tujuannya agar para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat bekerja maksimal di unit kerja masing-masing.
a.PNS tidak akan mengungkapkan informasi resmi selain yang dipersyaratkan oleh hukum atau otorisas yang diberikan oleh institusi (Materi akuntabilitas PNS hal. 60)
b.PNS memberikan informasi seluas-luasnya tanpa memperhatikan informasi tersebut bersifat rahasia atau tidak
c.PNS memanfaatkan data dan informasi untuk keuntungan pribadi atau komersial untuk diri mereka sendiri atau kelompok tertentu
d.PNS memberikan informasi yang tidak resmi dan belum teruji kebenarannya kepada masyarakat
a.Memisahkan tugas publik dengan kepentingan pribadi
b.Sejauhmana potensi terhadap kerugian instansi atau negara
c.Mengidentifikasi apakah bertentangan dengan kewajiban publik
d.Mengidentifikasi bagaimana agar dapat memberikan keuntungan finansial bagi pribadi (Materi akuntabilitas PNS hal.53)
a.Perencanaan dan perjanjian kinerja pada tahun tertentu
b.Pengukuran dan analisis capaian kinerja
c.Akuntabilitas keuangan
d.Sarana dan prasarana yang dimiliki instansi (Materi akuntabilitas PNS hal. 24)
a.Melakukan kerjasama dengan lembaga lain melalui kesepakatan resmi (MoU) atas nama instansi (Materi akuntabilitas PNS hal. 65-66)
b.Hubungan dengan orang-orang yang berurusan dengan instansinya yang melampaui tingkat hubungan kerja profesional
c.Menerima hadiah dari pihak tertentu untuk melancarkan suatu proyek dengan prosedur yang tidak sesuai ketentuan
d.Memiliki saham di suatu perusahaan yang sedang mengikuti proses pengadaan barang dan jasa di instansinya
a.Akuntabilitas kejujuran dan hukum
b.Akuntabilitas proses (Materi akuntabilitas PNS hal. 22)
c.Akuntabilitas kepercayaan
d.Akuntabilitas program
a.Si Manuk Dadali
b.Si Jalak Harupat (Materi nasionalisme hal. 60-62)
c.Si Jalak dari Bandung
d.Si Burung Jalak
7.Sejarah awal kebangkitan nasionalisme di lndonesia ditandai dengan berdirinya:
a.Sarekat lslam
b.Budi Utomo (Materi Nasionalisme hal. 60)
c.Taman Siswa
d.lndische parte
a.Menolak kerjasama dengan pemerintah Belandaa
b.Melakukan kerjasama dengan pemerintah Belanda (Sumber : Kamus Besar Bahasa Indonesia)
c.Melakukan aksi gerakan politik di bawah tanah
d.Mendirikan koperasi untuk memperkuat koperasi lndonesia
a.Relevansi
b.Validitas
c.Daya Guna
d.Objektivitas
Sumber : https://kuisatu.com/untuk-itu-kriteria-penilaian-kebijakan-publik-yang-dipakai-dprd-tersebut-adalah/
a.Adanya dugaan korupsi dalam perumusan kebijakan antipornografi tersebut.
b.Adanya tidak patuhan selektif terhadap hukum
c.Banyaknya anggota legislatif wanita yang masih permisif terhadap pornografi
d.Pemerintah RI yang kini berasal dari partai yang tidak popular
Sumber: https://quizizz.com/admin/quiz/60508c2db52d2f001d5ade14/evaluasi-latsar
a.Hasil kesepakatan antar elit politik menyerupai yang terjadi di Thailand
b.Hasil penelitian dan pengkajian yang valid dan reliabel para akademisi akan kebijakan
c.Hasil dari pengamatan detil dan menyeluruh menyerupai yang dilakukan pemerintah RI dikala menyusun jadwal rekonstruksi provinsi NAD pasca tsunami
d.Hasil penilaian dan dan analisis empiris terhadap jadwal dan kebijakan publik yang telah dilaksanakan
Sumber: https://quizizz.com/admin/quiz/60508c2db52d2f001d5ade14/evaluasi-latsar
a.Mengusulkan pembentukan Volksraad (dewan rakyat) bagi pribumi (Materi nasionalisme hal. 62)
b.memajukan pendidikan bagi kaum bumiputera
c.memelopori terbentuknya organisasi modern pertama di Indonesia
d.pembentukan organisasi wanita putri mardika
a.Frederickson dan Hart
b.Mc Donalds
c.Collins Cobuild
d.Gene Blocker (Materi etika public hal. 10-11)
a.Pelanggaran Etika Publik
b.Penyimpangan Moral
c.Pelanggaran Integritas
d.Wujud perilaku beretika (Materi etika public hal. 59)
a.Mendahulukan pelayanan masyarakat daripada kepentingan pribadi
b.Menjadi pengguna narkoba dan suka berjudi (Etika public)
c.Hadir tepat waktu untuk menyelesaikan tugas di kantor
d.Menegakkan hukum dan peraturan sesuai ketentuan yang berlaku
a.Peraturan perundangan
b.Kewenangan
c.Kekuasaan
d.Kepantasan social (Materi etika public hal 9)
a.Hanya 1 dan 2 yang benar
b.Hanya 1 dan 3 yang benar
c.Hanya 2 dan 3 yang benar
d.1, 2 dan 3 yang benar (Materi etika public hal 9)
18.Selama ini instansi pemerintah mengusulkan formasi perekrutan PNS bukan semata- mata berdasarkan kebutuhan. Misalnya PNS hakim di pengadilan yang direkrut karena kedekatan. Hal ini berdampak kepada:
a.kita kekurangan hakim yang tidak baik dan kelebihan hakim yang baik
b.kita kekurangan hakim yang baik dan kelebihan hakim yang tidak baik (materi etika public hal 59-60)
c.kita kelebihan hakim yang baik dan kekurangan hakim yang tidak baik
d.kita kelebihan hakim yang tidak baik dan kekurangan hakim yang tidak baik
a.hukuman disiplin ringan bisa diberlakukan jika sasaran kerja pegawai kurang dari 10%
b.hukuman disiplin sedang bisa diberlakukan jika sasaran kerja pegawai kurang dari 15%
c.hukuman disiplin berat bisa diberlakukan jika sasaran kerja pegawai kurang dari 25% (materi etika public hal. 50)
d.hukuman disiplin sangat berat bisa diberlakukan jika sasaran kerja pegawai kurang dari 30%
a.Mutu (Materi komitmen mutu hal 23)
b.Kreativitas
c.Efisien
d.Inovatif
a.Revolusioner
b.Demesioner
c.Evolusioner (Materi komitmen mutu hal 16)
d.Temporer
a.Individu atau kelompok dimana pekerjaan utama dirancang untuk membantu mereka
b.Individu atau kelompok yang memiliki kepentingan dengan kinerja organisasi atau sistem pemerintah
c.Subyek penegakkan, yaitu mereka yang harus mematuhi hukum dan peraturan, misalnya wajib pajak (Materi komitmen mutu hal 112)
d.Individu atau kelompok lain dimana pekerjaan dirancang untuk memberi manfaat kepada mereka tetapi sifatnya tidak langsung kepada pelanggan utama
a.Pergeseran selera pasar
b.Perkembangan ekonomi
c.Pergeseran gaya hidup
d.Dorongan melakukan perubahan (Materi komitmen mutu hal 14)
a.Keberanian berimajinasi/berinisiatif untuk menampilkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis
b.Keberanian berimajinasi/berinisiatif untuk menampilkan kreativitas dan kemampuan berpikir dinamis
c.Keberanian berimajinasi/berinisiatif untuk menampilkan kreativitas dan kemampuan berpikir sinergis
d.Keberanian berimajinasi/berinisiatif untuk menampilkan kreativitas dan kemampuan berpikir populis
Sumber: https://quizizz.com/admin/quiz/60508c2db52d2f001d5ade14/evaluasi-latsar
a.Kualitas produk dan layanan yang prima
b.Birokrasi yang bersih, berwibawa dan terhormat
c.Iklim atau budaya kerja unggul yang dapat menumbuhkan keberanian untuk menampilkan kreativitas dan inovasi (Materi komitmen mutu hal. 172)
d.Efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan
a.Jujur
b.Peduli
c.Simpati (Materi mata diklat anti korupsi hal 50)
d.Mandiri
a.Jujur, mandiri dan peduli
b.Jujur, empati dan adil (Mata diklat anti korupsi hal 50)
c.Jujur, tanggung jawab, sederhana
d.Jujur, berani, kerja keras.
a.Kerugian keuangan negara
b.Suap Menyuap
c.Benturan kepentingan dalam jabatan
d.Penggelapan dalam jabatan
Sumber: https://quizizz.com/admin/quiz/60508c2db52d2f001d5ade14/evaluasi-latsar
a.Kerugian Keuangan Negara
b.Perbuatan Curang
c.Penyuapan
d.Gratifikasi
Sumber: https://quizizz.com/admin/quiz/60508c2db52d2f001d5ade14/evaluasi-latsar
a.Corruption/Korupsi (C); Menipu (M); Delegasi (D) dan Akuntabilitas
b.Corruption/Korupsi (C), Monopoli (M), Diskcresi/Diskresi/ keleluasaan dan akuntabilitas (materi mata diklat anti korupsi hal 24)
c.Corruption/Korupsi (C); manipulasi (M), Diskriminasi (D) dan akuntabilitas
d.Corruption/Korupsi (C); Monopoli (M), Diskriminasi (D) dan Apresiasi (A)
a.Keluarga besar, yang akan hancur, terbawa sampai ke anak cucu, merusak nama besar keluarga.
b.Diri pribadi, keluarga besar, masyarakat dan proses kehidupan yang lebih luas
c.Menghancurkan masa depan anak- anaknya.
d.Membuat rakyat semakin miskin, karena harga-harga semakin mahal.
Sumber: https://quizizz.com/admin/quiz/60508c2db52d2f001d5ade14/evaluasi-latsar
a.Manajemen ASN (materi manajemen ASN hal 14)
b.Seleksi ASN
c.Profesi ASN
d.Perjanjian Kerja ASN
a.Sistem merit
b.Spoil system (materi manajeman ASN hal 31)
c.Sistem penilaian kinerja
d.Sistem Kepangkatan
a.Kualifikasi, kompetensi dan kinerja ASN (materi manajeman ASN hal 30)
b.Kompetensi, kualifikasi dan afiliasi politik ASN
c.Gender, kompetensi dan kinerja ASN
d.Kondisi kecacatan, kinerja dan kompetensi ASN
a.Organisasi dapat mengarahkan SDM-nya untuk dapat mempertanggungjawabkan keberadaannya
b.Organisasi dapat menggunakan SDM-nya secara efektif dan efisien
c.Mengakomodasi pertimbangan subjektif dalam penilaian seorang ASN (materi manajeman ASN hal 27)
d.Menjamin keadilan dan juga menyediakan ruang keterbukaan dalam perjalanan karir seorang pegawai
a.Mengutamakan keahlian yang berlandaskan kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan
b.Pengelolaan Pegawai ASN didasarkan pada satu sistem pengelolaan yang terpadu secara nasional
c.Pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun
d.Mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban Pegawai ASN
Sumber: https://quizizz.com/admin/quiz/60508c2db52d2f001d5ade14/evaluasi-latsar
a.Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan manajemen ASN untuk menjamin perwujudan atau pelaksanaan sistem merit pada instansi pemerintah (materi manajeman ASN hal 37)
b.Memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam penindakan Pejabat yang Berwenang dan Pejabat Pembina Kepegawaian atas penyimpangan Sistem merit dalam pengelolaan ASN
c.Menyusun program kepegawaian secara nasional dan sudah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah
d.Membina dan menyelenggarakan pelatihan pegawai ASN berbasis kompetensi
a.Analisis Jabatan dan Analisis Kebijakan
b.Analisis Kebijakan dan Analisis Beban Kerja
c.Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (materi manajeman ASN hal 39)
d.Analisis Kepegawaian dan Analisis Kebijakan
a.Meningkatkan HDI index
b.Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas (materi WOG hal 42)
c.Menurunkan Pengangguran
d.Mengurangi Defisit
a.Pelayanan atas barang
b.Pelayanan atas jasa
c.Pelayanan administratif
d.Pelayanan Prima (materi pelayanan public hal. 16-17 dan materi WOG hal. 52)
a.Peraturan Daerah (Perda) (materi WOG hal. 61-62)
b.Peraturan Kepala Daerah
c.Instruksi Kepala Daerah
d.Keputusan Kepala Daerah
a.Amerika Serikat
b.Inggris (materi WOG hal. 42)
c.Prancis
d.Australia
a.Chief Information Officer (CIO)
b.Interoperabilitas sektor publik,
c.Integrasi pelayanan online
d.Portal masing-masing kementerian dan lembaga (materi WOG hal. 46)
a.Evaluasi kinerja daerah
b.Sinkronisasi dan harmonisasi dengan Daerah (materi WOG hal 62)
c.Pemeriksaan keuangan daerah
d.Mendorong Kerjasama Daerah
a.Kecukupan Anggaran
b.Kualitas organisasi penyelenggara
c.Masyarakat (materi pelayanan public hal 13)
d.Birokrat
a.segala bentuk kegiatan pelayanan umum yang dilaksanakan oleh Instansi Pemerintahan di Pusat dan Daerah, dan di lingkungan BUMN/BUMD dalam bentuk barang dan/atau jasa, baik dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat
b.proses bantuan kepada orang lain dengan cara-cara tertentu yang memerlukan kepekaan dan hubungan interpersonal tercipta kepuasan dan keberhasilan.
c.kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan
d.kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh swasta (materi pelayan public hal. 17-18 )
a.Sebuah rangkaian peristiwa yang dilalui pelanggan sewaktu menikmati atau menerima layanan yang diberikan (Materi pelayanan public hal 17)
b.peristiwa yang dilalui pelanggan sewaktu menikmati layanan yang diberikan
c.Sebuah rangkaian peristiwa yang dilalui pemberi layanan sewaktu memberikan layanan
d.peristiwa yang dilalui pemberi layanan dan pelanggan
a.tidak berwujud
b.berlangsung sesaat
c.ada bentuk yang dapat dimiliki (materi pelayanan public hal 17)
d.dapat dirasakan
a.Fisiologi
b.Espitomologi
c.Kekayaan diri
d.Motivasi
Sumber: https://quizizz.com/admin/quiz/60508c2db52d2f001d5ade14/evaluasi-latsar
a.Korporasi (Materi pelayanan public hal 56)
b.LSM
c.Masyarakat Umum
d.Universitas
Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 1"