Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 2
Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 2 - Pada postingan
sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 1, pada kesempatan yang berbahagia ini
admin kembali akan memberikan informasi terkait Massive Open Online Course
(MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yakni : Soal dan
Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 2, berikut informasi
selengkapnya :
Massive
Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
Tahun 2022.
Kegiatan
ini sepadan dengan pelatihan dasar atau prajabatan bagi CPNS. Hal itu diatur
dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018, tentang manajemen PPPK. Kompetensi
PPPK yang tinggi diperlukan sejalan dengan tuntutan perkembangan tingkat
kepuasan masyarakat terhadap pelayanan umum, Tujuannya agar para Pegawai
Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat bekerja maksimal di unit kerja
masing-masing.
Pelatihan
dasar calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan
pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan yang dilakukan secara
terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi
nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung
jawab, dan memperkuat profesionalisme.
Berikut
admin bagikan soal serta jawaban Evaluasi Akademik bagi calon Pegawai
Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
:
Soal
dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 2
a.Akuntabilitas personal (Modul : Akuntabilitas pdf hal. 14)
b.Akuntabilitas kelompok
c.Akuntabilitas stakeholder
d.Akuntabilitas organisasi
a.Pembayar pajak
b.Pengguna layanan
c.Petugas administrasi perizinan (Modul : Akuntabilitas pdf hal 16)
d.Masyarakat umum
a.Menjadikan dirinya sebagai bagian dari solusi dan bukan masalah (Modul : Akuntabilitas pdf hal 15)
b.Mencari keuntungan pribadi dari setiap kegiatan yang dilakukan
c.Mencari perhatian pimpinan untuk memperoleh kesempatan promosi jabatan
d.Melakukan tindakan indisipliner tanpa diketahui
a.Peran demokrasi
b.Peran konstitusional (Modul : Akuntabilitas pdf hal 17)
c.Peran belajar
d.Peran evaluatif
a.Perencanaan strategis (Modul : Akuntabilitas pdf hal 21)
b.Alokasi anggaran
c.Kontrak kinerja
d.Laporan kinerja
a.Meningkatkan kepercayaan publik atau stakeholders
b.Meningkatkan kualitas kerja individu maupun institusi
c.Menciptakan lingkungan kerja yang hipokritas (Modul : Akuntabilitas pdf hal 23)
d.Meminimalisir praktek korupsi, kolusi dan nepotisme
a.Akuntabilitas eksternal
b.Akuntabilitas interaksi
c.Hubungan kekuasaan struktural
d.Hubungan internal (Modul : Akuntabilitas pdf hal 13)
a.Dewi Sartika
b.Christina Marthatiahahu
c.Cut Nyak Dien
d.R.A. Kartini (Sumber : Google keyword pergerakan kaum wanita)
a.Sarekat lslam
b.Budi Utomo (Modul : Wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara pdf hal 70)
c.Taman Siswa
d.lndische parte
a.Nasionalisme (Sumber : Google keyword pengertian Nasionalisme)
b.Marxisme
c.Sosialisme
d.Otoriterisme
a.Relevansi (Modul : pelayanan publik hal 99)
b.Validitas
c.Daya guna
d.Objektivitas
a.Menggalakan hubungan dagang dengan daerah lain (Sumber : brainly.co.id)
b.Membentuk organisasi sesama warga daerah
c.Mengadakan pertukaran kebudayaan dengan negara lain
d.Menjalankan program transmigrasi dan pembaharuan
a.Menjadi wakil PBB dalam mediasi krisis Kamboja dengan membentuk UNTAET
b.Menjadi mediator dalam konflik Kamboja dengan melaksanakan Jakarta Informal Meeting (JIM) (Sumber : youtu.be/r7i3Svx-85c)
c.Mengirimkan bantuan logistik dan obat-obatan untuk korban kekacauan di Kamboja
d.Mengirimkan pasukan Garuda untuk memukul mundur pasukan Vietnam yang menginvasi Kamboja
a.Melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan atau Pejabat yang berwenang meskipun bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (Modul : Manajemen ASN pdf hal 14)
b.Melaksanakan tugasnya dengan jujur, bertanggung jawab, dan berintegritas tinggi
c.Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan
d.Melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin
a.Manajemen Perubahan (Sumber : etika publik hal 20)
b.Manajemen Bisnis
c.Manajemen Organisasi
d.Manajemen Keuangan
a.Frederickson dan Hart (Modul : Etika publik pdf hal 26-27)
b.Ricocur
c.Imanuel Kantz
d. Collins Cobuild
1. Legitimasi religi
2. Legitimasi sosiologis
3. Legitimasi etis
a.Hanya 1 dan 2 yang benar
b.Hanya 1 dan 3 yang benar
c.Hanya 2 dan 3 yang benar
d.1, 2, dan 3 benar (Modul : Etika public pdf hal 31-32)
a.Bantuan dalam menimbang pilihan sarana kebijakan publik dan alat evaluasi (Modul : Etika Publik pdf hal 11)
b.Jembatan antara norma moral dan tindakan faktual
c.Layanan publik yang berkualitas dan relevan
d.Membentuk integritas pelayanan publik
a.Norma etika maupun norma hukum (Modul : Etika Publik pdf hal 25)
b.Norma susila dan norma kesantunan
c.Norma adat dan kebiasaan
d.Norma moral dan norma spiritual
a.Memerlukan kesadaran akan makna ganda moral dalam kehidupan
b.Pengkajian tentang prioritas nilai
c.Tujuan yang baik tidak pernah membenarkan cara yang tak bermoral (good ends never justify immoral means)
d.Fokus pada capaian hasil bukan pada proses (Sumber : etika publik hal 43)
a.Kesadaran dan orientasi pada mutu
b.Kualitas produk barang dan jasa (Modul : Komitmen Mutu pdf hal 29)
c.Desentralisasi yang memberikan wewenang di semua tingkat
d.Penerapan secara menyeluruh
a.Meningkatkan kesejahteraan
b.Kepercayaan publik kepada pemerintah (Modul : Komitmen Mutu pdf hal 131)
c.Penghargaan publik kepada pemerintah
d.Pemerataan pembangunan
a.Mengintegrasikan layanan
b.Desentralisasi pelayanan
c.Memanfaatkan kemitraan
d.Mengoptimalkan sumberdaya (Sumber : komitmen mutu hal 128)
24. Budaya mutu merupakan:
a.Perilaku efektif dan masukan dari pelanggan secara aktif diminta serta digunakan untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan
b.Perilaku yang inovatif dan masukan dari pelanggan secara aktif diminta serta digunakan untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan
c.Perilaku sesuai dengan slogan dan masukan dari pelanggan secara aktif diminta serta digunakan untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan (Sumber : komitmen mutu hal 129)
d.Perilaku yang harmonis dan masukan dari pelanggan secara aktif diminta serta digunakan untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan
a.Kompetensi, sifat pekerjaan yang menantang, pengalaman, dan kebutuhan
b.Kesadaran diri akan tanggung jawab, kompetensi, pengalaman dan kebutuhan
c.Kesadaran diri akan tanggung jawab, sifat pekerjaan yang menantang dan kebutuhan
d.Kesadaran diri akan tanggung jawab, sifat pekerjaan yang menantang, pengalaman, dan kebutuhan (Sumber : komitmen mutu hal 81)
a.Menumbuhkan kesadaran pegawai akan pentingnya menghargai inovasi (Modul Komitmen Mutu Pdf hal. 79)
b.Menyediakan fasilitas yang memadai
c.Memberikan contoh dan keteladanan
d.Menciptakan lingkungan yang kondusif
a.Kerugian keuangan negara
b.Penyuapan
c.Gratifikasi (Modul Anti Korupsi Pdf hal. 26)
d.Perbuatan curang
a.Jujur
b.Peduli
c.Simpati (Modul Anti Korupsi Pdf hal. 58)
d.Mandiri
a.Pemerasan (Modul 2.5.2 Anti Korupsi hal. 11 (video 2)
b.Gratifikasi
c.Benturan kepentingan dalam pengadaan
d.Perbuatan curang
a.Kerugian Keuangan Negara
b.Perbuatan curang
c.Penyuapan (Modul 2.5.2 Anti Korupsi hal. 11 (video 2)
d.Gratifikasi
a.Spiritual accountability yang baik akan menghasilkan niat baik, kemudian niat baik akan mendorong untuk menghasilkan visi dan misi yang baik dan diterjemahkan menjadi usaha dan hasil terbaik
b.Spiritual accountability yang baik tidak menjamin untuk menghasilkan public accountability yang baik, terbukti dengan banyak negara-negara yang penduduknya dengan basis atau mayoritas beragama lainnya (Modul 2.5.1 Anti Korupsi Pdf hal 28)
c.Spiritual accountability akan membuat manusia untuk selalu ingat pada tujuan hidup dan kesadaran bahwa hidupnya harus dipertanggung jawabkan
d.Kualitas spiritual accountability yang baik secara otomatis membuat manusia berhati- hati atas akibat perbuatannya kepada manusia dan alam pada umumnya
a.Menentukan skala prioritas atau mendapatkan nilai-nilai anti korupsi yang paling inti akan memudahkan untuk implementasinya
b.Jika nilai-nilai inti telah dilaksanakan maka nilai-nilai anti korupsi lainnya akan sekaligus telah dilaksanakan pula
c.9 nilai dasar anti korupsi tidak dapat digabung-gabungkan karena akan menghilangkan kesempurnaan (Modul Anti Korupsi Pdf hal. 58-59)
d.Memutuskan 3 nilai dasar anti korupsi yang paling signifikan akan membuat proses internalisasinya lebih terfokus
a.Manajemen ASN (Modul Manajemen ASN Pdf hal 15)
b.Seleksi ASN
c.Profesi ASN
d.Perjanjian kerja ASN
a.Mengutamakan keahlian yang berlandaskan kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan
b.Pengelolaan Pegawai ASN didasarkan pada satu sistem pengelolaan yang terpadu secara nasional
c.Pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun
d.Mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban Pegawai ASN (Modul Manajemen ASN Pdf hal 8)
a.PPPK
b.PNS
c.ASN (Modul Manajemen ASN Pdf hal 6)
d.Honorer
administratif untuk mencapai kepuasan pelanggan disebut juga dengan:
a.Kebijakan publik
b.Pelayanan publik (Modul Manajemen ASN Pdf hal 8)
c.Standar pelayanan
d. Standar Operasional Prosedur
a.Open recruitment
b.Talent management
c.Fair assessment
d.Spoil system (Modul Manajemen ASN Pdf hal 20)
a.Memilih berdasarkan afisiliasi politik
b.Menggunakan tools assessment tertentu (Modul Manajemen ASN Pdf hal 20)
c.Memberikan promosi tanpa indikator yang jelas
d.Kurang jelasnya akses informasi mengenai promosi
a.Amerika Serikat
b.Inggris (Modul Whole Of Goverment Pdf hal 42)
c.Perancis
d.Australia
a.Kontinental
b.Persemakmuran
c.Anglo Saxon (Modul Whole Of Goverment Pdf hal 16)
d.Federasi
a.Barack Obama
b.Tony Blair (Modul Whole Of Goverment Pdf hal 16)
c.Angelia Merkel
d.Kevin Rudd
a.Connecting Government (Modul Whole Of Goverment Pdf hal 17)
b.Joint Up Government
c.Integrated Government
d.Good Government
a.Koordinasi, Integrasi, Kedekatan dan pelibatan (Modul Whole Of Goverment Pdf hal 42)
b.Koordinasi, Kedekatan dan pelibatan, Integrasi
c.Integrasi, Kedekatan dan pelibatan, Koordinasi
d.Kedekatan dan pelibatan, Koordinasi, Integrasi
a.Kecukupan anggaran
b.Kualitas organisasi penyelenggara
c.Masyarakat (Modul Pelayanan Publik Pdf hal. 13)
d.Birokrat
a.Tidak berwujud
b.Berlangsung sesaat
c.Ada bentuk yang dapat dimiliki (Modul Pelayanan Publik Pdf hal. 17)
d.Dapat dirasakan
a.Organisasi penyelenggara pelayanan publik
b.Penerima layanan
c.Bentuk layanan (Modul Pelayanan Publik Pdf hal. 18-19)
d.Kepuasan pelanggan
a.Mematuhi perintah atasan dan tidak suka membantah
b.Menghargai pendapat dan usul pengguna jasa
c.Seorang atasan hendaknya juga mau mendengar pendapat bawahan
d.Mendengar dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan pengguna jasa (Modul Pelayanan Publik Pdf hal. 87)
a.Mendengar dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan pengguna jasa
b.Memperhatikan pengguna jasa
c.Seorang atasan hendaknya memperhatikan kondisi ASN
d.Membantu pengguna jasa yang kesulitan (Modul Pelayanan Publik Pdf hal. 87)
a.Pemberian label bahaya rokok pada bungkus rokok (Sumber : Google keyword edukasi rokok)
b.Menaikkan cukai rokok
c.Membuat larangan merokok di sekolah
d.Membuat Batasan usia pembeli rokok di tempat penjalan rokok
Bagi rekan-rekan yang membutuhkan Jawabannya, silahkan unduh file-nya melalui link dibawah ini :
Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 2"