Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
– Sebelumnya admin berbagi Soal PAT/UKK MATEMATIKA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, berkaitan hal itu
admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal PAT/UKK IPS Kelas 8
SMP/MTs Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :
Penilaian
Akhir Tahun (PAT/UKK) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu
Guru sedang memerlukan referensi Soal-soal Penilaian Akhir Tahun untuk
dijadikan bahan ujian bagi anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat
soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun untuk Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013.
Penilaian
atau ujian adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, memantau
kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran, dan menentukan keberhasilan belajar
peserta didik. PAT (Penilaian Akhir
Tahun) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian
kompetensi peserta didik setelah melaksanakan satu tahun kegiatan pembelajaran.
Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada
semester genap. Hasil penilaian akhir
tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar
peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk
pengisian rapor.
Dalam
sistem pendidikan di Indonesia, Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan
dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta
didik. Berdasarkan pada PP. Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
- Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
- Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
- Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Setiap
Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga
perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses
pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.
Salah
satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK). Penilaian
Akhir Tahun adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya
diambilkan dari materi dalam 2 semester. Penilaian Akhir Tahun menjadi salah
satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian
Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester.
Tujuan
Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian
kompetensi peserta didik selama satu tahun dan hasilnya dijadikan sebagai salah
satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.
Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir
Tahun (PAT/UKK)
Tujuan
pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut
ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK).
Dibawah
ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
:
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Materi
soal Penilaian Akhir Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi IPS Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum
2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan
rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.
Berikut
admin tulis Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs K-13 sebagai contoh saja, dan untuk rekan-rekan
yang membutuhkan silahkan download File-nya pada akhir postingan ini :
PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran :
I
P S
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas/Semester :
VIII / Genap
Hari dan Tanggal :
Waktu :
120 Menit
Petunjuk
Umum :
1. Perhatikan dan ikuti
petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
2. Periksa dan bacalah
soal-soal sebelum Anda menjawab;
3. Laporkan kepada pengawas
kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
4. Dahulukan mengerjakan
soal-soal yang Anda anggap mudah;
5. Pilihlah salah satu jawaban
yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
6. Apabila Anda ingin
memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai
bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
7. Periksalah seluruh jawaban
Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Pilihlah
jawaban yang paling tepat.
1. Pernyataan
yang paling tepat yang mengakibatkan munculnya aktivitas perdagangan
adalah...
A. Adanya kelebihan
devisa Negara
B. Adanya permintaan
dan penawaran akan produk tertentu
C. Adanya masyarakat
yang terkena penyakit busung lapar
D. Adanya kelebihan
produksi barang dan jasa
2. Berikut ini merupakan peran pelaku ekonomi dalam perekonomian :
(1)
Sebagai konsumen
(2)
Pengguna faktor produksi
(3) Sebagai penyedia faktor produksi
(4) Pelaku perdagangan
internasional
Peran rumah tangga konsumen (RTK) ditunjukkan pada ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan
(3)
C.
(2)
dan (3)
D.
(3)
dan (4)
3. Pendapatan rumah tangga keluarga/rumah tangga konsumen (RTK) berupa balas
jasa yang diterima karena telah meminjamkan sejumlah dana untuk modal usaha
perusahaan dalam kegiatan produksi adalah....
A. Sewa (rent)
B. Upah (wage)
C. Bunga (interst)
D. Lada/keuntungan
(profit)
4. Perhatikan bagan hubungan pelaku ekonomi dua sektor berikut !
Berdasarkan
bagan di atas yang termasuk arus sumber pendapatan rumah tangga
produsen
adalah ….
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
5. Perhatikan gambar berikut !
Kegiatan yang dilakukan Rumah
Tangga Pemerintah Melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina, dalam hal
ini peran pemerintah sebagai ….
A.
Regulator
B.
Produsen
C.
Konsumen
D.
Distribusi
6. Perdagangan
antardaerah akan terjadi jika ada produk yang diperdagangkan.
Hal yang menjadi tujuan perdagangan
antardaerah adalah ….
A. Meningkatkan produktivitas
B. Memperluas kesempatan kerja bagi
masyarakat
C. Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan
D. Memperoleh keuntungan dan memperluas
jangkauan pasar
7. Berikut ini merupakan kebijakan
pemerintah untuk mendorong ekspor dan faktor pendorong ekspor :
(1) Memberikan kemudahan kepada produsen
barang ekspor
(2) Keadaan pasar luar negeri
(3) Menjaga kestabilan nilai tukar
rupiah
(4) keuletan eksportir untuk
menangkap peluang pasar
(5) Membuat perjanjian dagang
internasional
(6) Kondisi sosial, ekonomi,
politik suatu Negara
Kebijakan
pemerintah untuk mendorong ekspor adalah ….
A.
(1), (2) dan (3)
B. (1),
(3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D.
(4),
(5), dan (5)
8. Perbedaan perdagangan antarpulau
dengan perdagangan antar negara
terletak pada ketat atau tidaknya regulasi. Hal
yang terjadi pada perdagangan antar negara
adalah ....
A. Regulasi ketat karena menyangkut
kedaulatan bangsa
B. Regulasi longgar karena lebih
mengutamakan keuntungan
C. Regulasi ketat sebagai upaya menekan
impor
D. Regulasi longgar sebagai upaya
meningkatkan ekspor
9.
Perhatikan konsep Ekonomi kelautan (marine economy)
dan Ekonomi maritim
(maritime economy) pada kegiatan ekonomi berikut !
(1) Kegiatan di pesisir, lautan serta darat yang menggunakan sumber daya alam
(2) Jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa
(3) Transportasi laut, Industri galangan kapal dan perawatannya
(4) Pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait
Kegiatan
yang termasuk Ekonomi maritim (maritime economy) ditunjukan pada ….
A.
(1) dan (2)
B. (1)
dan (3)
C.
(2) dan (3)
D. (3) dan (4)
10.
Strategi
yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengembangkan agrikultur di Indonesia
dengan cara meningkatkan sistem budi daya
di sektor pertanian yang ramah dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap
daerah adalah ….
A. Subsidi
pupuk bagi petani
B.
Ekofarming
C. Distribusi pupuk secara merata
D.
Perbaikan
irigasi
11.
Perhatikan
gambar berikut !
Pada
26 Desember 2004, bencana tsunami menerjang Aceh, Bocah bernama Martunis yang
saat itu masih berusia 7 tahun terombang-ambing di atas air selama 21 hari.
Ia
mengenakan jersey tim nasional Portugal saat pertama kali ditemukan. Ronaldo
pun menyempatkan datang menemuinya di Aceh dan memberi beasiswa untuk sekolah,
Martunis pun menjadi anak angkat pesepakbola ternama itu.
Kesimpulan
yang didapat antara Ronaldo dan Martunis telah terjadi ….
A. Redistribusi
vertikal
B. Redistribusi
horizontal
C. Redistribusi jaminan akses
D. Redistribusi
kredit lunak
12. Strategi pemenuhan kebutuhan dasar
rakyat yang dilakukan pemerintah diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH),
Program Indonesia Pintar (PIP) dan Bantuan Tunai Bersyarat (BTB), merupakan
aplikasi dari ….
A. Program
pemberian jaminan akses kebutuhan dasar bagi rakyat bawah
B. Program
kredit lunak dan penjaminan kredit berbasis kemitraan
C. Pengembangan
usaha atau industri kecil
D. Program
Corporate Social Responsibility (CSR)
13. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan
telah mengusahakan beberapa hal terkait dengan alternatif pendistribusian pendapatan.
Alat utama pemerintah dalam redistribusi pendapatan adalah ……
A. Subsidi
dan produksi
B. Pengenaan
pajak dan konsumsi
C. Subsidi dan pengenaan pajak
D. Produksi
dan konsumsi
14. Perhatikan
gambar berikut !
Nama rempah yang menjadi daya tarik
bangsa Eropa datang ke Nusantara ini adalah ….
A. Pala
B. Lada
C. Kemiri
D. Cengkeh
15. Semangat
untuk membangun kembali kejayaan bangsa Eropa dengan menaklukan bangsa-bangsa
lain merupakan pendorong kedatangan bangsa Eropa dari faktor ….
A. Good
B. Gold
C.
Gosfel
D.
Glory
16. Perhatikan
tabel berikut !
NO
|
NAMA PELAUT
|
ASAL NEGARA
|
1.
|
Vasco
da Gama
|
Protugis
|
2.
|
Bartolomeus
Diaz
|
Protugis
|
3.
|
Alfonso
d’Albuque rque
|
Protugis
|
4.
|
Antonio
de Abreu
|
Protugis
|
Pelaut
Protugis yang pada tahun 1512 telah berhasil sampai di Maluku adalah ….
A. Vasco da Gama
B. Bartolomeus Diaz
C. Alfonso d’Albuque rque
D.
Antonio
de Abreu
17. Perhatikan peta berikut !
Tanda
titik-titik merupakan jalur armada Cornelis de Houtman mengarungi ujung selatan
Afrika, selanjutnya terus menuju kearah timur melewati Samudra Hindia. Pada
tahun 1596, armada Cornelis de Houtman melalui Selat Sunda tiba di ....
A. Maluku
B. Malaka
C. Banten
D. Gowa
18. Pieter
Both mendirikan pusat perdagangan VOC di Ambon, Maluku. Namun kemudian, pusat
dagang dipindahkan ke Jayakarta (Jakarta). Hal yang menjadi alasan utama
pemindahan tersebut adalah ….
A. Jawa
lebih strategis sebagai lalu-lintas perdagangan
B. Jawa
penduduknya lebih banyak
C.
Jawa tanahnya lebih subur
D.
Jawa penghasil rempah-rempah yang banyak dicari bangsa
Eropa
19. Perhatikan
fakta sejarah berikut ini !
(1) Mencetak uang dan Mengedarkan uang
sendiri
(2) Kerja paksa
(3) Memonopoli perdagangan rempah-rempah
(4) Sistem sewa tanah ( landrent-system)
Manakah fakta-fakta sejarah berikut ini
yang merupakan Hak Oktroi VOC ?
A. (1) dan (2)
B.
(1)
dan (3)
C.
(2)
dan (3)
D. (3)
dan (4)
20. Pada tahun 1830,
Johannes van den Bosch menerapkan sistem tanam paksa (cultuur stelsel). Kebijakan ini diberlakukan karena Belanda menghadapi kesulitan keuangan
akibat
?
A. Perang
Diponegoro
B. Perang
Paderi
C. Perang Aceh
D.
Perang
Banjar
21. Pada
tahun 1870 keluar Undang-Undang Agraria (Agrarische Wet) yang mengatur
tentang
prinsip-prinsip politik tanah di negeri jajahan yang menegaskan bahwa pihak
swasta
dapat menyewa tanah, baik tanah pemerintah maupun tanah penduduk. Pada tahun
yang sama juga (1870) keluar Undang-undang Gula (Suiker Wet) yang berisi ….
A. Larangan
mempekerjakan tenaga pribumi
B. Larangan
mengangkut tebu keluar dari Indonesia.
C. prinsip-prinsip
politik tanah di negeri jajahan
D. Larangan
mempekerjakan tenaga asing
22.
Perhatikan
tabel berikut !
Pasangan yang tepat antara tokoh perlawanan dan asal
daerah adalah ….
A. 1 dan B
B. 2 dan D
C. C. 3 dan A
D.
4
dan C
23.Perhatikan
foto pahlawan Berikut !
Ia lahir
pada tanggal 11 November 1785 di Yogyakarta dengan nama Mustahar dari seorang
selir bernama R.A. Mangkarawati. Semasa kecilnya bernama Bendara Raden Mas
Antawirya. Pahlawan nasional tersebut lebih dikenal dengan nama ….
A. Sultan Hasanudin
B. Pangeran Diponegoro
C. Tuanku Imam Bonjol
D.
Sultan
Baabullah
24. Snouck
Hurgronje memberikan saran-saran kepada Belanda mengenai cara mengalahkan orang
Aceh. Menurut Hurgronje, Aceh tidak mungkin dilawan dengan kekerasan, sebab
karakter orang Aceh tidak akan pernah menyerah, Karena jiwa jihad orang Aceh
sangat tinggi. Menurut Snouck Hurgronje taktik yang paling tepat adalah dengan
mengadu domba antara golongan ….
A. Uleebalang (bangsawan) dan kaum ulama
B. Kaum Padri dan kaum adat
C. Kaum bangsawan dan rakyat jelata
D. Kaum bangsawan dan putra mahkota
25. Perhatikan
konsep-konsep di bawah ini!
(1)
Hak tawan karang (5)
Kerajaan Gowa
(2)
Sultan Hasanudin (6)
Puputan Jagaraga
(3)
Perjanjian Bongaya (7)
Patih I Gusti Ketut Jelantik.
(4)
Kerajaan Buleleng (8)
Aru Palaka
Ciri-ciri
perang Jagaraga di Bali ditunjukkan
pada ….
A. (1),
(4), (5) dan (7)
B. (1),
(4), (6) dan (8)
C. (2), (3), (6) dan (8)
D. (1),
(4), (6) dan (7)
26. Perhatikan
pernyataan di bawah ini!
1)
Perluasan Pendidikan
2)
Kemenangan Jepang atas Rusia
3)
Timbulnya gerakan nasional di berbagai negara
4)
Kegagalan perjuangan di berbagai daerah
5)
Rasa senasib sepenanggungan
Dari
pernyataan di atas yang merupakan faktor pendorong pergerakan nasional yang berasal
dari dalam ditunjukan pada nomor ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan
5
C.
1,
4, dan 5
D.
2,
3, dan 4
27. Pemerintah
Hindia Belanda menerapkan kebijakan Politik Etis pada tahun 1901, Tiga
kebijakan tersebut sebenarnya bertujuan memperbaiki kondisi masyarakat yang semakin
terpuruk.
Isi
kebijakan Politik Etis tersebut adalah ….
A. Migrasi, Irigasi,
Edukasi
B. Irigasi,
Transmigrasi, Edukasi
C. Migrasi, Transportasi, Edukasi
D.
Migrasi,
Irigasi, Transmigrasi
28. Kemenangan Jepang atas Rusia memberikan pengaruh positif
bagi pergerakan nasional Indonesia sebab....
A. Jepang sebagai
bangsa Asia mampu mengalahkan Rusia sehingga membangkitkan kepercayaan bangsa
Indonesia akan kekuatan sendiri
B. Jepang membantu
perjuangan bangsa Indonesia berupa persenjataan
C. Indonesia dapat
meminta bantuan Jepang untuk mendesak Belanda
D. Kekalahan Rusia
menandai kekalahan bangsa Eropa seluruhnya
29. Sejak
tahun 1930 organisasi-organisasi pergerakan Indonesia mengubah taktik
perjuangannya, mereka menggunakan taktik kooperatif atau bersedia bekerja sama
dengan pemerintah Hindia Belanda, sehingga masa tersebut dikenal dengan ....
A. Masa radikal
B. Jaman
konsultasi
C.
Masa
moderat
D.
Jaman
penegas
30. Tujuan
utama berdirinya Budi Utomo adalah ….
A.
Mendirikan sekolah pribumi
B.
Meningkatkan derajat bangsa melalui pendidikan dan kebudayaan
C.
Mempersatukan para tokoh perjuangan bangsa dalam melawan penjajah
D.
Melakukan perundingan dengan pihak penjajah
31. Sarekat Dagang Islam diganti menjadi Sarekat Islam pada
tanggal 10 September 1912 dengan maksud….
A. Agar kegiatan organisasi
lebih terbuka ke bidang-bidang lain, tidak hanya perdagangan
B. Ada penyegaran di
bawah pimpinan H.O.S Cokroaminoto
C. Menghindari
perpecahan di tubuh SDI
D. Agar segera
mendapatkan status berbadan hukum
32. Douwes
Dekker adalah seorang keturunan Belanda, tetapi dalam perjuangannya ternyata
menjadi pelopor pendirian partai politik
pada tahun 1912. Partai yang didirikan bersama Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat adalah ….
A. Indische
Vereniging
B. Indische
Partij
C. Europische Verbond
D. Inlander
33.
Di negeri
Belanda didirikan organisasi perjuangan oleh para pelajar Indonesia. Organisasi
tersebut adalah ....
A. Perhimpunan
Bumi Putra
B.
Perhimpunan Indonesia
C. Perhimpunan Pemuda Indonesia
D.
Perhimpunan pelajar Indonesia
34.
Adanya
penangkapan terhadap para pemimpin PNI memberi dampak pada ....
A.
Bubar (pecahnya) PNI menjadi Partindo dan PNI Baru
B.
Pemerintah kolonial melonggarkan pengawasan
C.
Semakin kuatnya tuntutan untuk merdeka
D.
Munculnya Gapi yang menginginkan Indonesia Berparlemen
35.
Setelah PNI dibubarkan tahun 1930, Hatta dan Syahrir mendirikan partai
politik yang dianggap penjelmaan dari PNI. Partai yang dimaksud bernama ..
A. Parindra
B. Gapi
C. PNI Pendidikan
D.
Gerindo
36. Salah satu
alasan dibentuknya Gapi adalah kegagalan petisi Sutarjo yang berisi tentang
....
A.
Penghapusan dan penggantian istilah Inlander menjadi Indonesisch
B.
Penggunaan bahasa Indonesia dalam volksraad
C.
Keinginan membentuk pemerintahan sendiri
D. Tuntutan
untuk menjadi persemakmuran Belanda
37. Partai-partai
yang menggunakan taktik kooperatif dan partai-partai yang menggunakan taktik non kooperatif mempunyai persamaan dalam hal ....
A. Struktur
organisasinya
B. Modal
perjuangannya
C. Sikap perjuangannya
D.
Tujuan
perjuangannya
38. Perhatikan
tabel organisasi bentukan Jepang berikut !
No
|
A
|
B
|
1.
|
Seinendan
|
PETA
|
2.
|
Heiho
|
Keibodan
|
3.
|
Fujinkai
|
Gokukutai
|
Berdasarkan
tabel di atas, yang termasuk organisasi semi militer bentukan Jepang adalah ….
A. A1, B2, A2 dan B2
B. A1, B2, A3 dan B3
C. A2, B1. A2 dan B2
D.
A2,
B2, A3 dan B3
39.
Perhatikan
peta berikut !
Pantai
Eretan tempat Jepang mendarat ditunjukkan pada nomor …..
A. 1
B. 2
C. 3
D.
4
40. Perhatikan
fakta sejarah Perubahan pada Masa Kolonial Barat dan Perubahan Masyarakat pada
Masa Penjajahan Jepang berikut ini :
(1)
Perubahan dalam Aspek Geografi
(2)
Perubahan dalam Aspek Ekonomi
(3) Perluasan Penggunaan Lahan
(4) Persebaran
Penduduk dan Urbanisasi
Manakah
fakta-fakta sejarah berikut ini yang termasuk Perubahan pada Masa Kolonial
Barat ?
A. (1) dan (2)
B. (1) dan
(3)
C.
(2)
dan (3)
D.
(3)
dan (4)
II.
URAIAN
41. Perhatikan
gambar berikut !
Dari
gambar di atas jelas masing-masing peran dua pelaku ekonomi tersebut !
42.
Jelaskan 3 strategi yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengembangkan
agrikultur di Indonesia !
43.
Perjanjian
Bongaya adalah perjanjian antara Sultan Hasanuddin dan VOC. Jelaskan Isi dari
perjanjian Bongaya !
44.
Jelaskan faktor internal yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional
di Indonesia !
45. Perhatikan
gambar berikut !
Untuk menarik
simpati rakyat Indonesia, Jepang melakukan propaganda dengan semboyan “Tiga A”.
Jelaskan yang dimaksud dengan “Tiga A” !
Bagi
rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci
jawaban PAT/UKK IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 pada link berikut ini :
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
- Kunci Jawaban PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs K-13 (DISINI)
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal PAT/UKK Matematika Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Indonesia Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Inggris Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PJOK Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PAI Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 8 K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs K-13 diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Demikian
yang dapat admin sampaikan terkait Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK IPS Kelas 8
SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga
bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"