Soal PAT/UKK B INDONESIA Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal PAT/UKK B INDONESIA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin berbagi Soal PAT/UKK B INGGRIS Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban,
berkaitan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal PAT/UKK B
INDONESIA Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum
2013, berikut informasi selengkapnya :
Penilaian
Akhir Tahun (PAT/UKK) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu
Guru sedang memerlukan referensi Soal-soal Penilaian Akhir Tahun untuk
dijadikan bahan ujian bagi anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan
membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun untuk Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum
2013.
Penilaian
atau ujian adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, memantau kemajuan,
melakukan perbaikan pembelajaran, dan menentukan keberhasilan belajar peserta
didik. PAT (Penilaian Akhir Tahun)
adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian
kompetensi peserta didik setelah melaksanakan satu tahun kegiatan pembelajaran.
Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada
semester genap. Hasil penilaian akhir
tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar
peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lainuntuk
pengisian rapor.
Dalam
sistem pendidikan di Indonesia, Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan
dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta
didik. Berdasarkan pada PP. Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
- a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
- b. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
- c. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Surat
Edaran yang di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemdikbud) bahwa soal PAT/UKK Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar
soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher
Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK
dalam rangka membantu semua rekan-rekan guru.
Setiap
Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga
perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses
pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.
Salah
satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK). Penilaian
Akhir Tahun adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya
diambilkan dari materi dalam 2 semester. Penilaian Akhir Tahun menjadi salah
satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian
Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester.
Tujuan
Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian
kompetensi peserta didik selama satu tahun dan hasilnya dijadikan sebagai salah
satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.
Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir
Tahun (PAT/UKK)
Tujuan
pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut
ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK).
Dibawah
ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
:
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Materi
soal Penilaian Akhir Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi B INDONESIA Kelas 8
SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi
jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45
soal.
Berikut
admin tulis Soal PAT/UKK B INDONESIA Kelas 8 SMP/MTs K-13 sebagai contoh saja, dan untuk rekan-rekan
yang membutuhkan silahkan download File-nya pada akhir postingan ini :
PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas/Semester :
VIII / Genap
Hari dan Tanggal :
Waktu :
120 Menit
Petunjuk
Umum :
1. Perhatikan dan ikuti
petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
2. Periksa dan bacalah
soal-soal sebelum Anda menjawab;
3. Laporkan kepada pengawas
kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
4. Dahulukan mengerjakan
soal-soal yang Anda anggap mudah;
5. Pilihlah salah satu jawaban
yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
6. Apabila Anda ingin
memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai
bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
7. Periksalah
seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Pilihlah
jawaban yang paling tepat.
1. Bacalah
paragraf-paragraf berikut dengan cermat!
(1) Buah
Mangga Indramayu (Mangifera
indica) atau mangga cengkir sudah sangat dikenal masyarakat
luas. Mangga ini diberi nama sesuai sesuai dengan daerah asalnya, yaitu
Indramayu. Ukuran buahnya cukup besar dengan daging buah yang tebal. Rasanya
yang manis dan juga segar membuat buah mangga Indramayu menjadi populer dan
juga disukai oleh banyak orang.
(2) Hujan terbentuk melalui beberapa tahapan. Pembentukan hujan diawali
dengan proses penguapan air oleh sinar matahari. Matahari yang menyinari bumi
dapat menimbulkan efek panas sehingga menyebabkan air danau, sungai, dan laut
menguap ke udara.
(3) Ada yang
menarik dari Film ini, penuh dengan momen menyentuh dengan chemistry
kuat antarpara pemainnya, Warga Baru merupakan film pendek yang
berkualitas diangkat dari kisah nyata. Kisah para warga tahanan Polres Indramayu.
Namun lebih dari itu, film ini juga merupakan film yang sarat pesan dan mencerahkan. Dibalur dalam sempal guyon
mazhab humor orang Indramayu.
(4) Film 5cm adalah
film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini merupakan
film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dari salah satu
karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh
Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo
sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot
Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda.
Paragraf yang
termasuk teks ulasan adalah ....
A. (1)
B.
(2)
C. (3)
D. (4)
Bacalah teks
ulasan berikut ini dengan cermat untuk menjawab soal nomor 2, 3, dan 4!
Film
Dilan 1990 merupakan sebuah film yang sangat identik dengan
kehidupan remaja pada saat itu. Mulai dari pacaran, tawuran, hingga konflik
yang terjadi sesama teman. Film ini sukses membuat
para penonton terbawa perasaan, terutama para wanita. Dilan menampilkan sosok lelaki
yang sangat diidam-idamkan oleh para wanita. Latar film Dilan ini
juga sesuai dengan judulnya tahun 1990. Demikian, properti yang digunakan
dalam film ini juga tidak jauh berbeda dari tahun 90-an.
Sayangnya,
film ini tidak menggambarkan suasana 1990–an secara keseluruhan. film Dilan
1990 ini merupakan film bagian pertama yang akan ada kelanjutan filmnya.
Sehingga, bisa dibilang akhir dari film Dilan 1990 ini dinilai
“nanggung”, tetapi cukup membuat penasaran banyak orang. film ini tidak hanya
berpengaruh untuk kalangan remaja, tetapi orang yang sudah dewasa juga sangat
antusias untuk menontonnya karena teringat kenangan di masa muda tepatnya
tahun 1990-an.
2. Objek
dalam teks ulasan di atas adalah ....
A. Teks ulasan film,
berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan film disertai alasan
pendukung yang berkaitan dengan bidang perfilman.
B. Teks ulasan film,
berisi kesimpulan isi film disertai keunggulan dan kelemahan film.
C. Teks ulasan film,
berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan film, berupa buku nonfiksi
dilengkapi dengan alasan pendukung
D. Teks ulasan film,
berisi gambaran umum mengenai tokoh tokoh pemeran disertai alasan pendukung
yang berkaitan dengan proses penciptaan karya sastra.
3. Kalimat
yang menyatakan kekurangan karya berdasarkan kutipan teks ulasan di atas
adalah….
A. Tema yang diangkat
adalah tema umum
B. Film ini berlatar
belakang kehidupan remaja tahun 1990-an
C. Film ini tidak
menggambarkan suasana tahun 1990-an secara keseluruhan
D. Penggambaran tokoh
acap kali berubah-ubah
4. Keunggulan
karya yang diapresiasi penulis dalam teks ulasan di atas adalah ....
A.
tema, penokohan
B.
kemasan cerita, gaya bahasa
C. kemasan cerita, tema
D. tema, perjuangan hidup
Bacalah teks
berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
(1)
Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami
para pembaca
(2) Cerpen ini juga menjadi sebuah motivasi yang luar biasa serta
menjadi panutan dalam kehidupan.
(3) Dengan kemasan yang apik, sang penulis
memberi nasihat-nasihat yang baik bagi para pembaca terutama kalangan anak
muda.
(4) Namun, alurnya mudah ditebak dan sosok tokoh ayah dalam cerpen “Nasihat
Untuk Anakku” karya Motinggo Busye ini tidak digambarkan jelas.
5. Pernyataan yang menunjukan kekurangan buku
ditandai dengan kalimat bernomor ....
A. (1)
B.
(2)
C. (3)
D. (4)
6. Bagian
struktur dari teks ulasan di atas adalah ....
A. orientasi
B.
sinopsis
C. penafsiran
D. kesimpulan
7. Cermati
teks ulasan berikut!
(1)
Rindu, karya sastra dari penulis besar, Darwis Tere Liye.
(2) Novel Rindu
ini diterbitkan pada tahun 2014.
(3) Di
dalamnya menceritakan tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan.
(4)
Perjalanan kerinduan yang banyak menimbun beban di hati.
(5) Mulai dari
bagaimana ia menempuh perjalanan dengan dosa yang tak terhitung di masa lalu.
(6)
Kemudian seseorang yang menempuh perjalanannya dengan penuh kebencian.
(7)
Sebuah perjalanan yang disebabkan karena dia yang kehilangan cintanya. (8)
Latar waktu pada novel menceritakan pada masa pemerintah Hindia Belanda, yaitu
saat Belanda masih menjajah Indonesia.
Bagian
orientasi pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor ….
A. (1)
dan (2)
B. (3) dan (4)
C. ( 5) dan
6
D. (7 ) dan (8)
8. Keluarga
Cemara versi
layar lebar menempatkan diri sebagai prekuel. Di layar kaca, Abah (Adi Kurdi)
dan Emak (Lia Waroka) digambarkan hidup sederhana. Di film dijelaskan, dulu
Abah (Ringgo) orang kaya. Ia mengembangkan bisnis properti dan tinggal di
sebuah klaster dengan Emak (Nirina), Euis (Zara), dan Ara (Widuri). Musibah
datang pada hari ulang tahun Euis.
Kutipan
novel tersebut menunjukan bagian ….
A. gambaran umum
B.
sinopsis
C. kesimpulan
D. penafsiran
9. Sang
Pemimpi
masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, karya Andre Hirata. Novel ini
mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta
kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi. Dalam novelnya menceritakan tentang
sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron
yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona.
Kisah tokoh tokoh tersebut akan membuat kita yakin adanya kekuatan cinta,
percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT.
Kalimat yang
menggunakan konjungsi penerang dalam teks ulasan di atas adalah ....
A. Sang Pemimpi masih
trilogi dari novel Laskar Pelangi, dari Andre Hirata.
B. Novel ini
mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta
kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi.
C. Dalam novelnya menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak
Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan
Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang
memesona.
D. Kisah tokoh tokoh
tersebut akan membuat kita yakin adanya kekuatan cinta, percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT.
Bacalah teks
berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
(1) Cerpen
dengan judul “Aku, Ibu, dan Takdir” ditulis oleh Bahtari Anugerah.
(2) Cerpen
dengan tema kekeluargaan dan sosial ini dipublikasikan pada tahun 2015.
(3)
Cerpen ini mengisahkan tentang kerasnya kehidupan yang harus dilalui seorang
gadis belia.
(4) Ia bernama Bella, seorang gadis yang terpisah dengan Ibu
kandungnya.
(5) Bella gadis belia yang kini duduk di bangku SMA, sejak bayi ia
dititipkan kepada nenek tua ini.
(6) Cerpen ini cocok untuk semua umur terutama
kaum remaja karena banyak mengandung amanat.
10. Penggunaan konjungsi temporal terdapat pada kalimat nomor…
A.
(1)
B. (2)
C. (4)
D
(5)
11. Kalimat
saran membaca pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor ….
A. (2)
B.
(3)
C. (5)
D. (6)
12. Paragraf
di bawah ini yang merupakan teks persuasi adalah….
A. Tari topeng Indramayu adalah jenis kesenian tradisional
berupa gerakan berirama yang dikenal oleh masyarakat Indramayu. Dari pengertian
tersebut dapat kita ketahui bahwa kata pengikut yakni “Indramayu” termasuk nama
daerah dimana jenis tarian tersebut dikenal. Hal ini dapat dikatakan karena
jika kita menilik lebih jauh terkait dengan kesenian tari dengan menggunakan
topeng sebagai properti utamanya maka kita akan mendapati tarian ini juga
dikenal di daerah lain seperti Cirebon, Betawi, Malang, dan Jawa Timur.
B. Sepanjang
abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian dan kerugian material
yang sangat besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tak pernah ada
peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia,
selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat
ditakuti.
C. Menyantap mi instan yang dibarengi nasi putih merupakan hal
lazim yang biasa dilakukan oleh masyarakat kita. Padahal tahukah Anda bahwa
kebiasaan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif untuk tubuh? Perlu Anda
ketahui bahwa mengkonsumsi mi instan yang dibarengi atau dicampur dengan nasi
putih akan dapat mengakibatkan obesitas.
D. Adakah
kata-kata sehat yang keluar dari mulut orang gila? Ini pertanyaan sederhana.
Namun, layaknya pertanyaan sederhana, yang ini pun membutuhkan jawaban yang
rumit. Celakanya, jawaban dari pertanyaan inilah yang akan menentukan persepsi
penonton terhadap Beth, film terbaru garapan sutradara muda Aria
Kusumadewa.
13. Bacalah
teks berikut!
Saat
ini masih banyak dari guru dan orang tua murid yang tidak sabar dalam mendidik
anak. Padahal, dalam mendidik anak kesabaran sangatlah diperlukan. Seperti yang
telah diutarakan oleh salah satu filsuf legendaris Yunani yaitu Plato, bahwa
pendidikan merupakan proses yang panjang
dan dijalani seumur hidup sejak manusia itu masih kecil hingga manusia beranjak
dewasa.
Berdasarkan pada
kutipan teks persuasi di atas, ajakan yang ingin disampaikan penulis pada
pembaca adalah….
A. Penulis mengajak guru dan
orang tua untuk berorientasi pada proses
perkembangan Anak
B. Penulis mengajak guru
dan orang tua untuk sabar dalam mendidik anak
C. Penulis mengajak semua
pihak untuk belajar mulai dari kecil hingga
beranjak dewasa
D. Penulis mengajak pembaca untuk menauladani
filsuf legendaris Plato
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 14, 15, dan 16!
(1)
Sebagian orang tidak terbiasa makan di pagi hari dengan alasan belum lapar,
buru buru berangkat kerja atau sekolah dan lain lain.
(2) Padahal sarapan merupakan
hal yang paling penting saat kita akan memulai kegiatan di pagi hari.
(3) Tubuh
yang kekurangan asupan makanan di pagi hari maka akan kekurangan tenaga di
siang hari saat melakukan aktivitas.
(4) Namun, kita juga harus memperhatikan
porsi sarapan, usahakan porsi makanan tidak banyak agar tidak menimbulkan
kantuk saat beraktivitas.
(5) Jadi, sarapan pagi secukupnya saja yang penting
perut tidak kosong sehingga memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas.
14. Simpulan yang tepat berdasarkan teks persuasi di atas
adalah…
A.
Sebagian orang menganggap sarapan pagi bukan hal yang
penting dilakukan
B. Membiasakan sarapan pagi yang cukup akan membuat tubuh
memiliki kecukupan energi untuk melakukan berbagai aktivitas.
C. Tubuh yang kekurangan asupan makanan akan kekurangan
tenaga di siang hari saat melakukan aktivitas.
D.
Sarapan adalah hal yang paling penting dilakukan
sebelum berangkat kerja atau Sekolah.
15. Pernyataan
penulis yang sesuai dengan kutipan teks persuasi di atas adalah…
A.
Sarapan pagi akan membuat tubuh kita bugar, aktivitas
lancar, dan mudah meraih prestasi
B. Jika kita tidak sarapan pagi
tubuh pasti menjadi lemas dan kita menjadi malas untuk melakukan
aktivitas pada siang hari.
C. Buru buru berangkat kerja atau sekolah menjadi alasan
seseorang tidak sempat sarapan pagi.
D.
Masyarakat wajib sarapan pagi sebelum melakukan
aktivitas apapun sehingga produktivitas kerja tidak terganggu.
16. Fakta
yang mendukung argumen penulis dalam teks persuasi di atas ditandai dengan
nomor….
A.
(1) dan (3)
B. (3) dan (5)
C.
(2) dan (4)
D. (1) dan (4)
Cermati
kalimat-kalimat di bawah ini untuk menjawab soal nomor 17 s.d. 20!
(1) Bahan-bahan alami yang menjadi bahan pembuatan Sear
Soap ini meliputi minyak zaitun, tanah liat,
air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega. Bahan-bahan tersebut dipilih yang
berkualitas baik.
(2) Jadi,
mulai sekarang lebih baik anda beralih ke sabun konvensional ini yang tentunya
ramah lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman atau bakteri yang menempel di
tubuh anda sehingga anda bisa lebih sehat dan bersih.
(3) Bahan-bahan
tersebut dipilih yang berkualitas baik dan tidak mengandung zat kimia apapun sehingga
tidak memiliki faktor risiko terhadap tubuh anda maupun untuk lingkungan anda.
(4) Sear
Soap ini salah satu produk asli Indonesia
yang memiliki harga cukup terjangkau.
(5) Sear
Soap merupakan salah satu merk sabun terbaru
yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya,
17. Perbaikan
urutan kalimat yang tepat agar menjadi teks persuasi yang padu adalah….
A.
(2) , (1), (3), (5), (4)
B.
(5), (1), (3), (2), (4)
C. (2), (1), (5), (4), (3)
D.
(1), (2), (5), (3), (4)
18. Kalimat
nomor (2) pada kutipan teks persuasi di atas termasuk bagian…
A. Penegasan ulasan karena kalimat tersebut berisi
ungkapan yang meyakinkan kembali pembaca untuk menggunakan Sear Soap.
B. Pengenalan isu karena kalimat
tersebut berisi pengantar atau penyampaian masalah yang menjadi
dasar tulisan atau pembicaraan.
C. Rangkaian argumen karena kalimat tersebut berisi
sejumlah fakta yang mendukung pendapat tentang manfaat Sear Soap.
D. Rekomendasi
karena kalimat tersebut berisi ajakan pada pembaca untuk menggunakan Sear Soap.
19. Istilah
kesehatan yang digunakan pada kutipan teks persuasi di atas adalah….
A. Sear Soap
B.
faktor risiko
C. lingkungan
D. kuman
20. Kalimat
yang menggunakan konjungsi kausalitas pada kutipan teks persuasi di atas
adalah….
A. Bahan-bahan alami
yang menjadi bahan pembuatan Sear Soap ini meliputi minyak zaitun, tanah
liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega.
B. Jadi, mulai
sekarang lebih baik Anda beralih ke sabun konvensional ini yang tentunya ramah
lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman atau bakteri yang menempel di tubuh.
C. Sear Soap merupakan
salah satu merk sabun terbaru yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak
menggunakan zat
kimia
yang berbahaya.
D. Bahan-bahan
tersebut dipilih yang berkualitas baik dan tidak mengandung zat
kimia
apapun sehingga tidak memiliki faktor risiko terhadap tubuh Anda.
21. Bacalah
teks berikut!
(1)
Salah satu penyebab lingkungan tercemar adalah kurangnya kesadaran masyarakat
untuk tidak membuang sampah sembarangan.
(2) Limbah rumah tangga yang jumlahnya
selalu bertambah setiap hari juga merupakan masalah serius yang seharusnya
dipecahkan bersama.
(3) Tentunya hal ini membutuhkan kesadaran dari setiap individu
mengenai kebersihan dan menjaga lingkungan.
Kalimat
ajakan yang tepat berdasarkan kutipan teks persuasi di atas adalah…
A. Ayo, kita
pecahkan masalah limbah rumah tangga dan kebersihan lingkungan.
B. Mari, kita kurangi pencemaran lingkungan dengan
membuang sampah pada tempatnya.
C. Seharusnya kita menjaga lingkungan dengan cara
membuang sampah pada tempatnya.
D. Sebaiknya kita menumbuhkan kesadaran diri untuk
menjaga lingkungan dari limbah rumah tangga.
Cermati teks drama
berikut untuk menjawab soal nomor 22 s.d 24!
(1) Mayor : Berapa
lama lagi aku harus menunggu? Lihat semburat matahari sudah terlihat (sambil
menggebrak meja)
(2) Kopral : Sabarlah
sedikit, Pak.
(3) Mayor : Jangan
ditawar lagi.
(4) Kopral : Apanya,
Pak?
(5) Mayor : Kesabarannya!
Sejak kemarin kesabaran saya habis. Sabar itu prinsip. Tidak bisa
ditawar-tawar, ngerti?
(6) Kopral : Kalau
begitu kuralat ucapanku tadi.
(7) Mayor : Ya,
tapi pertanyaanku belum Bung jawab. Berapa lama lagi? Semburat matahari sudah
terlihat tu!
22. Latar
disertai bukti nomor pada kutipan drama tersebut adalah ....
A. siang hari
bukti pada dialog nomor (7)
B. menjelang
maghrib bukti pada dialog nomor (5)
C. pagi hari bukti dialog pada nomor (7)
C. pagi hari bukti dialog pada nomor (7)
D. sore hari bukti
pada dialog nomor (1)
23. Dialog
pada kutipan teks drama di atas yang berisi kramagung ditandai dengan nomor…
A. (1)
B.
(4)
C. (3)
D. (5)
24. Amanat
yang tepat sesuai dengan kutipan teks drama di atas adalah ….
A.
Kemarahan bukanlah cara penyelesaian masalah yang bijak
B.
Seorang bawahan tidak sepatutnya melawan atasan sekalipun untuk membela
kebenaran
C.
Kita harus lebih banyak bersabar menghadapi apapun
D.
Kita harus mengikuti keinginan atasan kita walaupun kita tidak sejalan
dengannya.
Perhatikan
ilustrasi drama berikut!
(1) Jo : Hey, jalan yang bener dong! (keluar dari mobil)
Yuda : (tampak
terkejut dan menguasai diri) Maaf Pak.
(2) Jo : (melotot) maaf, maaf!
Bapak : Sudahlah Jo, dia sudah minta maaf kok, lagi pula ayah buru-buru nanti terlambat
ke kantor (cepat menyusul keluar dari mobil).
(3) Jo : Tidak bisa, dia harus diberi pelajaran! (nyaris melayangkan tinju).
Bapak : Sabar Jo, (melihat kasihan pada Yuda) Kau pergilah Nak!
Yuda : Terima kasih Pak!
Bapak : Hey, apa yang kau Bawa, Nak? (heran) Kamu jual lukisan?
Yuda : Iya Pak, ini lukisan kaca.
Bapak : Sungguh baru kali ini aku melihat lukisan kaca, biasanya saya di rumah memajang
lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan
bulu dan lain lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kamu menjual ini?
Yuda : Yang mana Pak?
Bapak : Semuanya, Ah, sudah jangan bingung, gini aja gimana kalau lukisan itu saya
beli lima juta rupiah.
Yuda : Apa? Lima juta!
Bapak : Apa kurang?
Yuda : Cu….kup Pak
25. Watak Yuda
disertai bukti yang tepat pada kutipan drama di atas adalah ….
A.
Penakut, buktinya dia tidak berani membalas kekasaran Jo yang hampir
memukulnya.
B.
Bertanggung jawab, buktinya dia tidak malu untuk meminta maaf pada Jo atas kesalahannya.
C.
Pencinta seni, buktinya ia rela menjual lukisan di pinggir jalan.
D.
Rendah diri, buktinya ia gugup saat lukisannya ditawar lima juta oleh Bapak.
Bacalah
kutipan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 26, 27, 28, 29, dan 30!
(1) Para
pelaku:
Jidul : Anak laki laki berusia 15 tahun
Pak Pikun : Pembantu rumah tangga berumur 40 tahun
Ibu : Nyonya rumah berumur sekitar 40 tahun
Tritis : Gadis 18 tahun
(2) Kisah ini terjadi
di sebuah ruang tamu keluarga yang cukup terpandang. Terdapat berbagai
perlengkapan yang lazim di ruang tamu, tetapi yang terpenting ialah seperangkat
meja dan kursi tamu. Dengan penuh keriangan, Si Jidul membersihkan meja dan
kursi kursi.
(3) Pak Pikun :
(muncul langsung menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana!
Berikan
kembali padaku! Ayo! Mana!
Jidul : (ber -ah uh, sambil memberikan isyarat
ketidakmengertiannya)
Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang
mengambilnya kalau bukan kamu! Ayo Jidul kamu sembunyikan di mana, heh?
Jidul : (ber-ah uh semakin bingung dan takut
)
Ibu : (muncul tergesa-gesa) Eh, ada apa Pak
Pikun? Ada apa dengan Jidul?
Pak
Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani Bu! Dia mencuri lagi. Arlojiku hilang!
Ibu :
Mencuri arloji? Kamu mencuri Jidul?
Jidul : (sambil ber-ah uh menggoyang
goyangkan kepala dan tangannya)
Pak Pikun : Mungkir, ya! Padahal jelas Bu! Tadi saya
mandi. Setelah itu, arloji saya tertinggal di kamar mandi, lalu dia masuk,
entah mengapa. Lalu tiba tiba arloji saya hilang (tangannya menunjuk Jidul).
Ibu : (melihat tangan Pak Pikun) O, arloji Pak Pikun hilang begitu? Lalu arloji yang Pak Pikun pakai di pergelangan tangan kanan itu punya siapa? (tertawa)
Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) Lain
waktu jangan main tuduh saja Pak!
(4) Pak
Pikun tertegun memandang pergelangan tangan kanannya. Dilepaskannya Si Jidul.
Dengan sangat malu, ia berjalan tertegun tegun. Si Jidul pun tertawa dengan
caranya sendiri.
26. Bagian
prolog pada kutipan drama di atas ditandai dengan nomor ….
A.
(1)
B. (2)
C. (3)
D.
(4)
27. Dialog
yang menunjukan bagian resolusi pada teks drama di atas adalah…
A.
Jidul : (ber-ah uh semakin bingung dan takut)
B.
Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani Bu! Dia mencuri lagi. Arlojiku
hilang.
C. Ibu : (melihat tangan
Pak Pikun) O, arloji Pak Pikun hilang begitu? Lalu arloji yang Pak Pikun pakai
di pergelangan tangan kanan itu punya siapa? (tertawa)
D. Tritis : (Muncul dan
langsung ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!)
28. Dialog
yang menggunakan kalimat perintah pada kutipan drama di atas adalah ….
A.
Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang mengambilnya kalau
kamu! Ayo!
B.
Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani Bu ! Dia mencuri lagi. Arlojiku
hilang!
C.
Pak Pikun : (muncul langsung menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana! Berikan
kembali padaku! Ayo! Mana!
D. Trittis : (Muncul dan
langsung ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!
29. Kata
sifat yang digunakan berdasarkan kutipan drama di atas adalah…
A. bodoh
B. hilang
C.
mungkir
D. tertegun
30. Dialog pada kutipan teks drama di
atas yang hanya berisi wawacang adalah….
A. Ibu : Mencuri arloji? Kamu mencuri
Jidul?
B. Jidul : (sambil ber-ah uh
menggoyang goyangkan kepala dan tangannya)
C. Ibu : (muncul tergesa-gesa) Eh,
ada apa Pak Pikun? Ada apa dengan Jidul?
D. Tritis : (Muncul dan langsung ikut
tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!
31. Cermati
kutipan cerita fiksi berikut!
“Mohammad-san
inilah rumahku.” Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah
kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Ibu! Inilah tamu yang kita
tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma.
Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?”
Paragraf
di atas termasuk teks fiksi karena…
A. Ditinjau
dari struktur teks, paragraf tersebut dibangun berdasarkan unsur-unsur intrinsik.
B. Struktur
teks bersifat sistematis berdasarkan fakta yang ada.
C. Narasi
dan dialog menggunakan ragam bahasa baku.
D. Penggunaan
peribahasa untuk memperjelas atau membandingkan suatu hal.
32. Paragraf
yang merupakan teks nonfiksi adalah…
A. Nurhayati Sri Handini Siti
Nukatin atau yang lebih akrab disapa N.H. Dini merupakan sastrawan
dan novelis Indonesia. Pada usia itu ia telah menulis karangan yang berjudul
"Merdeka dan Merah Putih''. Tulisan itu dianggap membahayakan Belanda
sehingga ayahnya harus berurusan dengan Belanda. Namun, setelah mengetahui
penulisnya anak-anak, Belanda mengalah.
B. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak
denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak
kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala
tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu
menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk
yang itu.
C. Fitri yakin, yang mengambil
uangnya bukan Tineke walaupun uangnya ditemukan di tas Tineke. Tineke berusaha tidak terpancing dengan ejekan
teman-temannya dan menenangkan hati
dengan membaca buku. la ingin sekali masalah ini cepat selesai tetapi ia
tidak ingin menyusul Fajar yang sedang bersarapan di kantin, ia tetap menunggu
di kelas.
D. Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau
utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar
di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu,
kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.
Perhatikan
daftar indeks buku berikut untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!
33. Indeks
buku di atas di tulis berdasarkan pada….
A.
pengarang
B. halaman pendek
C. judul
D.
topik
34. Berdasarkan kutipan indeks tersebut, dapat ditemukan kisah biografi
yaitu ....
A.
Candi Mendut
B.
Hidup Kedua
C. Catatan Harian Seorang Koruptor
D. Keluarga Cemara
35. Perhatikan kutipan indeks buku berikut!
Agusta,
Leon 307
Ayat, Rohaedi 52, 67
Aku 41, 59, 70, 212
Alegori 135, 144
Alisjahbana, Sutan Takdir 58, 212
Aliran 32, 47
ekspresionisme 40-43
imajis 46-47
impresionisme 42-47
naturalisme 32
realisme sosial 38, 40
romantik 32-35
Amuk 185, 186, 190, 194, 195
Ayat, Rohaedi 52, 67
Aku 41, 59, 70, 212
Alegori 135, 144
Alisjahbana, Sutan Takdir 58, 212
Aliran 32, 47
ekspresionisme 40-43
imajis 46-47
impresionisme 42-47
naturalisme 32
realisme sosial 38, 40
romantik 32-35
Amuk 185, 186, 190, 194, 195
Pernyataan yang benar berdasarkan kutipan indeks di atas adalah . . . .
A. Indeks tersebut hanya memuat informasi tentang pengarang.
B. Informasi tentang puisi “Aku” karya Chairil Anwar ada pada halaman
41, 59, 71, 141
C. Informasi tentang Leon Agusta dapat ditemukan pada halaman 207
D. Informasi tentang aliran-aliran
dalam penulisan puisi dapat ditemukan pada sejumlah halaman.
Cermati teks fiksi berikut!
(1) Andini
ialah gadis yang baik, hatinya lembut serta senang membantu orang yang lain.
(2) Satu
sore, Andini bersiap-siap pergi mengantar makanan untuk seorang nenek yang
tengah sakit walau rumah nenek itu cukuplah jauh, Andini ikhlas menjenguknya.
(3) Sepulang
dari rumah si nenek, Andini kemalaman dan tersesat dalam hutan. Pohon-pohon
besar berdiri berjejer seakan ingin
menelannya dalam kegelapan, ia pun merasa takut dan kebingungan.
(4) Saat
tengah kebingungan, tak terduga tiba tiba muncul ratusan kunang-kunang yang
langsung membuat hutan terang benderang oleh kilau cahaya yang keluar dari
badan mereka.
(5) Seekor
kunang-kunang memimpin di depan seperti mengomando teman-temannya untuk
menunjukan jalan pulang pada Andini
(6) “Terima
kasih kunang-kunang. Kalian sudah menerangi jalanku!“ kata Andini lega.
36. Kalimat
yang menggunakan makna kias pada teks fiksi tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 1 dan 3
B.
3 dan 5
C. 4 dan 6
D. 1 dan 6
37. Cermati
kutipan teks non fiksi berikut!
Perempuan yang cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dengan
kecerdasannya akan semakin menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu
tidak diukur dari seberapa tinggi IQ-nya. Tetapi bagaimana ia mampu
menyelesaikan seluruh permasalahan dalam kehidupannya dengan satu tolak ukur
tertentu yang bertanggung jawab.
Makna kata
bercetak miring di atas adalah …
A. tajam
pikiran
B. pandai
C. pintar
D.
panjang akal
38. Cermati
teks cerita berikut!
Kenari
merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya.
Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering mengejek
dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada
teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun
bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan.
Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malas.
Kemenarikan
tokoh pada cerita di atas adalah….
A. Seekor
burung kenari yang pandai bicara
B. Seekor
burung kenari yang pemalu dan kurang percaya diri
C. Keberanian
kenari memperbaiki diri untuk tidak bersikap malas
D. Seman
teman kenari suka menggoda dan mengejek
Cermati pernyataan berikut
untuk menjawab soal nomor 39 dan 40!
(1) Menggapai Mimpi berisi tentang kiat meraih sukses
dalam hidup. Selain itu,
juga dilengkapi testimoni beberapa pesohor negeri yang sukses membangun
usaha di berbagai bidang. Berawal dari sebuah mimpi
mereka kemudian
berjuang mewujudkan mimpi itu menjadi sebuah realita.
(2) Sang
Pemimpi menceritakan tentang betapa susahnya hidup ditanah
Belitung
yang diperankan oleh anak-anak yang mempunyai sejuta impian.
Mereka adalah
seorang bocah yang berjuang untuk hidup dengan banyak
tantangan.
(3) Laskar Pelangi menceritakan tentang kehidupan di
pedalaman daerah
Belitung yang kontras dan kaya
akan hasil timahnya. Akan tetapi masyarakatnya
tidak mampu memenuhi kebutuhan
hidupnya sehari-hari.
(4) Sang Pencerah ini menyajikan penggambaran realita kehidupan KH. Ahmad
Dahlan dan
disajikan secara lancar agak enak dibaca. Sisi kemanusiaan beliau
yang diungkap mulai dari hal-hal yang terbilang kecil hingga sederet dilema
hidup yang menekan batinnya.
39. Berdasarkan
sinopsis di atas, buku nonfiksi ditandai dengan nomor ….
A.
(1) dan (3)
B. (3) dan (4)
C. (2) dan (4)
D.
(1) dan (4)
40. Penggunaan
diksi yang menarik dalam kutipan teks 1 di atas adalah..
A.
sukses
B. testimoni
C. pesohor negeri
D.
mimpi
II. U R A I A N
Jawablah
pertanyaan pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
41. Suatu hari di perjalanan
pulang dari sekolah, Ika memberhentikan sebuah bus
untuk ditumpanginya sampai
rumah. Saat di dalam bus, penanya terjatuh dari
kursi yang didudukinya. Lalu
terdengar suara deheman di sebelah kanan, segera
dirapikan kembali duduknya
tanpa memungut pena tersebut. “Hem!” getar suara
itu lagi untuk kedua
kalinya. Ika melirik pemilik suara. Hop! Dia lagi! Rasanya ingin
kuterjang
tubuh besarnya lalu lari melesat ke bangku lain atau malah melompat
dari bus
kalau saja tangannya yang kokoh itu tidak mencegah niatku.
Kelancangannya,
keisengannya, digombali dan dikejar-kejar yang membuatku
menjadi kesal dan
malah keki sendiri tiap kali bertemu ataupun melihatnya. Dia
bilang kalau
tindakkannya saat itu tidak disengaja. Teman-temannya yang
mengajarinya, blaa…bla…
aku tak menanggapi penjelasannya. Namun aku jadi
tenggelam pada peristiwa yang
diungkitnya itu. Yaaa.. cowok yang duduk di
sampingku ini. Cowok yang memaksaku
untuk berkenalan. Cowok yang tempo
hari saat di kelas melemparkan secarik
kertas kepadaku yang bertuliskan “Kamu
manis, mau gak jadi cewekku?”. Aku
melongok ke belakang, samping kiri dan
kanan mencari si penulis kalimat itu.
Segerombolan cowok yang duduk dipojokan
tertawa riuh. Mereka seperti sengaja
memancing kemarahanku.
Buatlah analisis kekurangan dan kelebihan
dari kutipan cerpen di atas!
42. Cermati teks persuasi berikut!
Dewasa ini
banyak sekali penyakit baru yang bermunculan. Hal ini dikarenakan
berkurangnya
sistem imun di dalam tubuh kita. Jika sistem imun di dalam
tubuh melemah, maka
tubuh gampang sekali terkena penyakit. Selain itu,
makanan–makanan yang kita
konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan
mineral yang baik. Bahkan, saat ini
telah banyak penjual makanan–makanan
yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan
padatnya aktivitas membuat kita tidak
memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal
olahraga sangatlah baik untuk
kesehatan kita. Akibatnya, tubuh menjadi lemah
sehingga mudah terjangkit
virus–virus yang ada di sekitar kita. Oleh karena
itu, marilah kita menerapkan
pola hidup sehat agar kita tidak mudah sakit
dengan cara mengkonsumsi
makanan yang sehat dan berolahraga yang rutin.
Sebutkan bagian struktur dari teks persuasi di atas! Jelaskan
alasan dari jawabanmu!
43. (1) Adi : Huss, jangan
kencang-kencang nanti gurunya dengar.
(2) Sita : kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?
(3) Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
(4) Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
(5) Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum.
(6) Dini :
A dan C.
(7) Budi :
Belum, tinggal 3 soal lagi.
(8) Banu :
Bud, kamu sudah selesai?
(9) Banu :
Kenapa? Kita sahabat Bud, kita harus kerja sama.
(10) Budi : Tidak bisa Ban.
(11) Dini : Iya Bud, kita harus kerja sama.
(12) Banu :
Aku minta jawaban nomor 15 sampai 20 Bud!
(13) Adi :
Iya, kamu kan yang paling pintar di sini Bud!
(14) Sita :
Kenapa memang Bud? Hanya 5 soal saja!
(15) Budi : Tapi bukan kerja sama seperti ini teman-teman. Mencontek atau pun
memberi contekan adalah hal buruk, yang dosa nya sama. Aku tidak mau mencotek
karena dosa, begitu pula memberi contekkan ke kalian. Aku minta maaf.
Susunan kembali dialog acak di atas agar menjadi teks
drama yang baik!
44. Bacalah teks berikut!
Untuk menopang uang sakunya yang jauh dari cukup,
Chairul pun berkuliah sambil berbisnis. Awalnya ia berjualan buku kuliah
stensilan, kemudian juga berjualan kaos. Ia bersama temannya kemudian juga
membuka usaha foto copy di kampusnya. Ia juga membuka kios di daerah Senen Raya,
Jakarta Pusat yang menyediakan aneka kebutuhan dan peralatan kedokteran dan
laboratorium. Walau ia harus membagi waktu antara kuliah dan berbisnis, namun
Chairul bisa menyelesaikan kuliahnya di kedokteran gigi dengan baik. Ia
kemudian menyandang gelar sarjana kedokteran di belakang namanya. Namun karena
darah bisnis rupanya lebih kental, ia kemudian memutuskan untuk menjemput
rejeki dari bisnis bukan sebagai dokter gigi. Chairul kemudian lebih
memantapkan bisnisnya dengan mendirikan PT. Pariarti Shindutama bersama tiga
temannya pada tahun 1987. Bisnis ini bermodalkan hutangan dari Bank Exim
sebesar 150 juta.
Menurut pendapatmu kutipan teks di atas
termasuk pada teks fiksi atau non fiksi? Sertakan alasan dari jawabanmu!
45. Cermati Kutipan Teks Fiksi berikut!
Alangkah
pedih hati Salamah. Marni sebenarnya ingin meminta sesuatu kepadanya. Tapi
takut. Takut mengundang amarahnya. Tapi tidak sayangku, bisik Salamah dalam
hati. Kau terlalu baik anakku. Kau tidak melawan jika aku tidak memberimu
uang. Kau tidak minta apa-apa karena kau tahu betul betapa ibumu ini
melarat. Melarat sekali. Kau tidak pernah merengek minta dibelikan mainan.
Anakku, ini yang membuat aku begitu terenyuh kepadamu. Kau begitu tabah
menghadapi hidup kita yang sengsara ini, Marni. Salamah menatap anaknya yang
berdiri di depan tukang loak. Dengan keberanian yang luar biasa, Salamah menanyakan
berapa harga sandal jepit bekas itu. “Dua ratus rupiah,”
jawab tukang loak dengan acuh tak acuh.
Hatinya
semakin teriris. Sedangkan Marni memandang sandal itu dengan mata
berkilat-kilat. Alangkah sedihnya hati Salamah. “Seratus rupiah, Bang,” tawarnya.
Tukang loak itu tak menjawab, cuma menggelengkan kepalanya. Congkaknya orang
itu. Salamah tak segera beranjak dari tempatnya.
Jelaskan kemenarikan tokoh dalam teks fiksi di atas!
Bagi
rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci
jawaban PAT/UKK B INDONESIA Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 pada link berikut ini :
- Soal PAT/UKK B INDONESIA Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Kunci Jawaban PAT/UKK B INDONESIA Kelas 8 SMP/MTs K-13
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal PAT/UKK Matematika Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Indonesia Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Inggris Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PJOK Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PAI Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 8 K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal-soal PAT/UKK diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Demikian
yang dapat admin sampaikan terkait Soal PAT/UKK BAHASA INDONESIA
Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga
bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK B INDONESIA Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"