Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban – Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang Panduan Pembelajaran Program BDR di TVRI dan TV Edukasi Minggu Ke-17 Tahun 2021, pada kesempatan yang berbahagia ini admin kembali berbagi Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :
- Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
- Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
- Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun
(PAT/UKK)
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN PELAJARAN 20 .. / 20 . .
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran : Seni BudayaSatuan Pendidikan : SMP/MTs . . . . . . .Kelas/Semester : VIII / GenapHari dan Tanggal :Waktu : 120 Menit
Petunjuk Umum :
1. “Pengumuman atau iklan berbentuk gambar atau
tulisan yang ditempelkan di dinding, tembok, atau tempat-tempat umum yang
strategis agar mudah diketahui banyak orang”.
- Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
- Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
- Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
- Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
- Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
- Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
- Periksalah seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Silanglah (X) huruf A, B, C atau D pada jawaban yang paling tepat
Pada kalimat tersebut merupakan pengertian dari
. . . .
A. reklame
B. iklan
C. Poster
D. slogan
2. Perhatikan gambar dibawah ini!
A. reklame
B. iklan
C. Poster
D. slogan
Gambar poster disamping merupakan jenis poster . . . .
A. Ajakan
B. Larangan
C. Perintah
D. himbauan
- Spidol
- Kain atau kertas
- Cat air
- Cat minyak
- Kuas
- Spray
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 2, 3, 4, dan 5
C. 1, 2, 3, dan 5
D. 1, 2, 3, dan 6
- Siapkan kertas atau buku untuk menggambarnya
- Pilihlah tema tentang poster yang akan dibuat
- Menggunakan kata-kata sederhana dan menarik
- Sebaiknya diberi warna agar menarik
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 1, 3 dan 4
D. 1, 2, 3 dan 4
A. bentuk visual, kalimat singkat, jelas dan padat
B. bentuk visual, kalimat singkat, dan jelas
C. kalimat singkat, kalimat indah, jelas dan padat
D. kalimat singkat, jelas, padat dan berisi
- Mobille
- Poster
- Spanduk
- Etalase
- Buklet
- Leflet
- Baliho
A. 2, 3, 5 dan 7
B. 1, 4, 5 dan 7
C. 2, 5 dan 6
D. 1, 3 dan 4
- Kebakaran hutan
- Larangan merokok di tempat umum
- Iklan penjualan sabun mandi
- Layanan kesehatan dan pendidikan
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
- Karya seni rupa yang memuat komposisi huruf dan gambar
- Poster dapat ditempatkan di ruang-ruang pamer dan galeri lukisan
- Poster adalah karya seni rupa dua dimensi yang sering ditemui di tempat tempat strategis.
- Penempatan poster tergantung dari media dan bahan yang digunakan.
- Poster adalah karya seni rupa murni yang dapat dilihat keindahan dan detail dari poster
A. Pernyataan 1, 2 dan 3 benar, sedangkan pernyataan 4 dan 5 salah
B. Pernyataan 1, 3 dan 4 benar, sedangkan pernyataan 2 dan 5 salah
C. Pernyataan 2, 4 dan 5 benar, sedangkan pernyataan 1 dan 3 ragu-ragu
D. Pernyataan 1 dan 3 benar, sedangkan pernyataan 2, 4 dan 5 salah
- Menentukan topik dan tujuan
- Membuat kalimat singkat dan mudah diingat
- Menggunakan gambar
- Menggunakan media yang tepat
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 1 dan 2
Gambar diatas merupakan gambar poster yang dibuat menggunakan teknik . . . .
A. Manual
B. Konvensional
C. Tradisi
D. digital
A. powerpoint
B. corel draw
C. Excel
D. pinale
Penggalan kalimat tersebut merupakan sebuah
pengertian dari . . . .
A. Vignette
B. Menggambar komik
C. Cerita bergambar
D. Ragam Keunikan
13. Perhatikan gambar dibawah ini!
A. Vignette
B. Menggambar komik
C. Cerita bergambar
D. Ragam Keunikan
Gambar disamping merupakan penggalan dari sebuah cerita dalam bentuk gambar.
Gambar tersebut dinamakan . . . .
A. Komik
B. Poster
C. Model
D. Bentuk
14. Ciri utama dari komik adalah mempunyai
sifat . . . .
A. menarik untuk dibaca
B. sederhana
C. Lucu
D. cerah
15. Komik menurut fungsinya menyampaikan pesan
secara singkat menggunakan . . . .
A. suara
B. kata dan gambar
C. Sinyal
D. sandi
16. Langkah-langkah dalam menggambar komik
adalah . . . .
A. tema, tokoh, plot, konflik, dan tamat
B. tema, tokoh, plot, menarik dan tamat
C. tema, tokoh, plot, kejadian, dan tamat
D. tema, tokoh, plot, nyata, dan tamat
17. Perhatikan pernyataan berikut ini :
Pada urutan diatas, merupakan salah satu bagian
dalam membuat komik yang termasuk . . . .
A. Langkah-langkah
B. Urutan
C. Syarat
D. Prinsip-prinsip
18. Pensil yang memiliki sifat keras dan cocok
digunakan untuk membuat garis yang tipis adalah . . . .
A. tanda H
B. tanda HB
C. tanda B
D. tanda 2B
19. Cara pemberian warna dari arah gelap berlanjut
ke arah lebih terang dalam menggambar disebut
dengan . . . .
A. Arsir
B. Dusel
C. Gradasi
D. Pointilis
20. Orang yang membuat gambar komik disebut . .
. .
A. Pelukis
B. Komikus
C. Penyanyi
D. Kartunis
21. Suatu pertunjukkan musik yang menggunakan
alat musik sejenis atau tidak sejenis yang dimainkan secara bersama-sama
disebut….
A. ansambel
B. orkestra
C. vokal grup
D. paduan suara
22. Musik yang berkembang di Wilayah Nusantara
dan merupakan kebiasaan turun-temurun . . . .
A. Musik daerah
B. Musik Tradisional
C. Musik Nusantara
D. Musik Non Tradisional
23. Salah satu Unsur musik Tradisional
Nusantara adalah ….
A. Melodi
B. Harmoni
C. Lagu
D. Akor
24. Salah satu ciri khas dari lagu tradisional,
terlihat pada tangga nada yang digunakan.
A. Komik
B. Poster
C. Model
D. Bentuk
A. menarik untuk dibaca
B. sederhana
C. Lucu
D. cerah
A. suara
B. kata dan gambar
C. Sinyal
D. sandi
A. tema, tokoh, plot, konflik, dan tamat
B. tema, tokoh, plot, menarik dan tamat
C. tema, tokoh, plot, kejadian, dan tamat
D. tema, tokoh, plot, nyata, dan tamat
- Menentukan Topik dan Tujuan
- Membuat kalimat singkat dan Mudah diingat
- Menggunakan gambar
- Menggunakan media yang tepat
A. Langkah-langkah
B. Urutan
C. Syarat
D. Prinsip-prinsip
A. tanda H
B. tanda HB
C. tanda B
D. tanda 2B
A. Arsir
B. Dusel
C. Gradasi
D. Pointilis
A. Pelukis
B. Komikus
C. Penyanyi
D. Kartunis
A. ansambel
B. orkestra
C. vokal grup
D. paduan suara
A. Musik daerah
B. Musik Tradisional
C. Musik Nusantara
D. Musik Non Tradisional
A. Melodi
B. Harmoni
C. Lagu
D. Akor
Untuk lagu Sunda, pada umumnya menggunakan
tangga nada . . . .
A. Pelog
B. Mayor
C. Pentatonis
D. Minor
25. Lagu daerah di bawah ini mempunyai
arti/pesan tentang ajaran Islam secara simbolis . . . .
A. kambanglah bungo
B. apuse
C. lir ilir
D. tanduk majeng
26. Perhatikan pernyataan berikut ini :
i. Gaya lokal
ii. Gaya individual
iii. Gaya Periodikal
Pada urutan diatas merupakan gaya-gaya yang
berbeda dan menjadi ciri khas pada . . . .
A. lagu daerah
B. lagu modern
C. Unisono
D. vocal group
27. Perhatikan pernyataan berikut :
Penjelasan pada poin-poin diatas merupakan
ciri-ciri . . . .
A. unisono
B. duet
C. vocal group
D. paduan suara
28. Yang bukan merupakan fungsi musik
tradisional adalah . . . .
A. Upacara adat
B. Iringan tari
C. Penerangan
D. Aransemen
29. Di bawah merupakan gambar dari alat musik
yang bernama...
A. Pelog
B. Mayor
C. Pentatonis
D. Minor
A. kambanglah bungo
B. apuse
C. lir ilir
D. tanduk majeng
i. Gaya lokal
ii. Gaya individual
iii. Gaya Periodikal
A. lagu daerah
B. lagu modern
C. Unisono
D. vocal group
- menyanyi secara berkelompok/ bersama-sama
- menyanyi dengan satu suara (tidak pecah suara)
- menyanyi diiringi dengan dirigent
- biasanya menyanyi dengan lagu daerah
A. unisono
B. duet
C. vocal group
D. paduan suara
A. Upacara adat
B. Iringan tari
C. Penerangan
D. Aransemen
A. Sasando
B. Angklung
C. Sampek
D. Calung
A. Mandolin
B. Pianika
C. Recorder
D. Gong
A. ansambel
B. band
C. Unisono
D. rebana
A. ritmis
B. harmonis
C. Melodis
D. pop
A. ansambel sejenis dan campuran
B. ansambel senada dan sejenis
C. ansambel campuran dan senada
D. ansambel sejenis dan seirama
A. tekan
B. pukul
C. Pencet
D. petik
A. angklung
B. sasando
C. Kolintang
D. sampet
Pada gambar disamping terdapat beberapa alat musik, urutan teknik yang benar dalam memainkan alat musik tersebut adalah . . . .
A. dipukul, dipukul, dipetik dan dipetik
B. dipukul, dipetik, dipukul dan dipukul
C. dipetik, dipukul, dipetik dan dipukul
D. dipetik, dipukul, dipukul dan dipukul
A. Indramayu
B. Solo
C. Purwakarta
D. Bandung
A. accapela
B. unisono
C. vocal group
D. paduan suara
- Istilah karawitan untuk menunjuk pada seperangkat alat musik tradisional secara lengkap
- Lagu daerah berakar dan berkembang di suatu daerah
- Komposisi karawitan dapat mengembangkan perbedaan-perbedaan dari suatu wilayah dengan wilayah lain
- Gaya musikal dapat berkembang sesuai dengan bakat dan minat dari para pelantunnya yang tersebar disetiap daerah
A. Pernyataan 1 dan 2 benar, sedangkan pernyataan 3 dan 4 salah
B. Pernyataan 1 dan 4 benar, sedangkan pernyataan 2 dan 3 ragu ragu
C. Pernyataan 3 dan 4 kurang meyakinkan, sedangkan pernyataan 1 dan 2 salah
D. Pernyataan 1, 2 dan 3 benar, sedangkan pernyataan 4 salah
Hal ini merupakan pernyataan yang disampaikan
oleh . . . .
A. Ki Nartosabdo
B. Ki Hajardewantara
C. Ki Sindu Suwarsono
D. R.M. Kusumadinata
41. Jelaskan secara singkat arti dan makna yang
terdapat pada masing-masing gambar poster berikut :
A. Ki Nartosabdo
B. Ki Hajardewantara
C. Ki Sindu Suwarsono
D. R.M. Kusumadinata
II. ESSAY
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal PAT/UKK Matematika Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Indonesia Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Inggris Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PJOK Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PAI Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 8 K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal-soal PAT/UKK diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"