Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban
– Sebelumnya admin berbagi Soal PAT/UKK PPKn Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, berkaitan hal itu
admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8
SMP/MTs Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :
Penilaian
Akhir Tahun (PAT/UKK) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu
Guru sedang memerlukan referensi Soal-soal Penilaian Akhir Tahun untuk
dijadikan bahan ujian bagi anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan
membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun untuk Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum
2013.
Dalam
sistem pendidikan di Indonesia, Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan
dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta
didik. Berdasarkan pada PP. Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
- Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
- Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
- Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Surat
Edaran yang di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemdikbud) bahwa soal PAT/UKK Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar
soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher
Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK
dalam rangka membantu semua rekan-rekan guru.
Setiap
Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga
perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses
pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.
Salah
satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK). Penilaian
Akhir Tahun adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya
diambilkan dari materi dalam 2 semester. Penilaian Akhir Tahun menjadi salah
satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian
Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester.
Tujuan
Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian
kompetensi peserta didik selama satu tahun dan hasilnya dijadikan sebagai salah
satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.
Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir
Tahun (PAT/UKK)
Tujuan
pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut
ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK).
Dibawah
ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
:
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Materi
soal Penilaian Akhir Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi PRAKARYA Kelas 8
SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi
jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45
soal.
Berikut
admin tulis Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs K-13 sebagai contoh saja, dan untuk rekan-rekan
yang membutuhkan Soal selengkapnya silahkan download pada akhir postingan ini :
PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran :
Prakarya
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VIII / Genap
Hari dan Tanggal :
Waktu : 120 Menit
Petunjuk
Umum :
1. Perhatikan
dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
2. Periksa
dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
3. Laporkan
kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah
soal kurang;
4. Dahulukan
mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
5. Pilihlah
salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
6. Apabila
Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan
penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda
benar;
7. Periksalah
seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Pilihlah salah satu jawaban dari A, B, C, atau D
yang paling benar!
1. Limbah
yang berasal dari alam (tumbuhan dan hewan) bersifat keras, padat, dan
membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai dalam tanah disebut dengan
limbah....
A. domestik
B. organik
C. anorganik
D.
buatan
2. Dalam
kehidupan sehari-hari sering kali kita menemukan jenis bahan limbah keras
organik yang bisa dijadikan sebuah karya kerajinan, diantaranya adalah.....
A. Cangkang
kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, tempurung kelapa, dan
potongan kayu.
B. Cangkang
kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, tempurung kelapa, dan
potongan kayu.
C. Cangkang
kerang laut, tulang sapi, pecahan kaca, sisik ikan, pecahan keramik, dan
potongan kayu.
D. Cangkang
kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, pecahan batu, dan potongan
kayu.
3. Jenis
dan karakteristik limbah keras dapat dibedakan menjadi dua bagian diantaranya
adalah....
A.
limbah keras organik dan buatan
B.
limbah keras domestik dan buatan
C. limbah keras organik dan anorganik
D. limbah keras padat dan
buatan
4. Sebuah
produk kerajinan akan kelihatan menarik apabila kita memberikan warna dengan
cara disemprot atau di kuas dengan menggunakan cat. Pengolahan tersebut
merupakan proses dari....
A.
pembersihan limbah
B.
pengeringan
C. pewarnaan
D. pengeringan setelah
pewarnaan
5. Leli
mendapatkan tugas dari gurunya untuk membuat sebuah karya kerajinan dari bahan
limbah keras organik. Leli menyadari bahwa dirinya terlahir di kota Indramayu
yang merupakan daerah dekat pesisir pantai, tentunya banyak sekali bahan
kerajinan seperti cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang
ikan. Leli ingin membuat sebuah kerajinan dari cangkang kerang untuk dijadikan
sebuah gantungan kunci berbentuk boneka, peralatan
apa saja yang harus dipersiapkan Leli untuk membuat kerajinan dari cangkang
kerang tersebut....
A.
amplas, gergaji,
lem tembak, dan gerinda
B.
amplas, kikir, lem tembak, dan kertas
C.
amplas, paku, lem tembak, dan gerinda
D.
amplas, kikir, lem tembak, dan gerinda
6. Syafira dan temen-temannya mendapatkan tugas kelompok dari gurunya untuk membuat aksesori
seperti anting-anting, cincin, kalung, bros, dan gelang dari limbah keras.
Untuk membuat kerajinan tersebut Poi dan teman-temanya harus menyiapkan bahan
limbah keras dari....
A. sisik
ikan
B.
cangkang kerang
C.
pelepah pisang
D.
tempurung kelapa
7. Perairan
Indonesia sangat kaya akan hasil lautnya, terutama ikan. Dari produk ikan,
dihasilkan limbah yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan. Limbah yang
diambil dari ikan untuk membuat suatu karya kerajinan biasanya adalah....
A. sisik dan ekor
B. tulang
dan ekor
C. sisik dan daging
D.
tulang dan sisik
8. Sentuhan
akhir dari sebuah proses pembuatan produk kerajinan agar bisa terlihat lebih
bagus dan indah harus ada....
A. pewarnaan
B. kemasan
C.
hiasan
D. teknik pembuatan
9. Bahan-bahan
yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa cukup mudah untuk
didapatkan, adapun bahan-bahan tersebut yaitu....
A.
lem baja, tempurung kelapa, dempul,
melanin/politur, amplas, dan cat
B.
lem alteko, tempurung kelapa, dempul,
melanin/politur, amplas, dan cat
C.
lem kayu, tempurung kelapa, pisau,
melanin/politur, amplas, dan cat
D.
lem kayu, tempurung kelapa, dempul,
melanin/politur, amplas, dan cat
10. Indonesia
tergolong negara maritim karena dikelilingi oleh lautan sehingga pohon kelapa
dapat dengan mudah dijumpai. Adapun propinsi yang banyak menghasilkan kerajinan
dari tempurung kelapa adalah....
A. Aceh
B. Jawa
Timur
C. Sulawesi Utara
D.
Bandung
11. Plastik,
pecahan keramik, pecahan kaca, dan baja merupakan limbah....
A. domestik
B.
anorganik
C. organik
D.
buatan
12. Limbah
pecahan keramik yang tersedia di lingkungan dapat dimanfaatkan dengan teknik
mozaik, yang dimaksud dengan teknik mozaik adalah....
A.
menempel potongan-potongan kecil menjadi suatu
lukisan yang indah
B.
mengukir potongan-potongan kecil menjadi suatu
lukisan yang indah
C.
mengecat potongan-potongan kecil menjadi suatu
lukisan yang indah
D.
membasuh potongan-potongan kecil menjadi suatu
lukisan yang indah
13. Botol
kaca bekas jika dijual ke penadah hanya dapat menghasilkan beberapa ribu rupiah
saja, tetapi jika diolah dengan teknologi tinggi seperti pemanasan, botol kaca
ini akan berubah menjadi batu-batu cantik yang berkilau dan dapat dibuat
menjadi berbagai asesoris atau hiasan lainnya. Pencairan kaca dapat menggunakan
tungku keramik yang berderajat tinggi hingga....
A. 6000C
B.
7000C
C.
8000C
D. 9000C
14. Prinsip
pengolahan limbah terdiri dari....
A. reduce, reuse dan recycle
B. resourse, reuse dan recycle
C. reduce, reuse dan remove
D.
redure, reuse dan recycle
15. Muhammad
Ayip ketika mau minum gelas yang diambilnya jatuh, sehingga pecahan kaca gelas
tersebut berserakan, lalu dia mengumpulkan pecahan gelas tersebut untuk
dijadikan sebuah karya kerajinan. Kerajinan yang akan dibuat Muhammad Ayip
adalah jenis limbah....
A. organik
B.
anorganik
C. domestik
D.
gas
16. Alat
yang digunakan untuk membuat kerajinan limbah pecahan keramik adalah....
A. paku, amplas, waslap, sendok semen, dan karet
sandal bekas.
B. karung, amplas, waslap, sendok semen, dan karet
sandal bekas
C. tungku pembakaran, amplas, waslap, sendok semen,
dan karet sandal bekas
D. palu, amplas, waslap, sendok semen, dan karet
sandal bekas
17. Limbah
pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, dan aneka plastik bekas perabot
merupakan limbah yang banyak dihasilkan di daerah....
A.
pesisir pantai/laut
B.
daerah perkotaan
C. daerah pertanian
D.
daerah pegunungan
18. Mendaur
ulang limbah keras anorganik menjadi karya kerajinan, agar kita dapat membantu
menyelesaikan masalah polutan di lingkungan kita merupakan proses dari....
A.
reduce
B.
reuse
C. recycle
D.
remove
19. Yang
bukan merupakan proses pembuatan kerajinan plastik adalah....
A. amplas
B.
semprotan
warna
C. isi lem tembak
D.
aneka plastik
20. Gambar disamping merupakan hasil kerajinan limbah
keras anorganik dari....
A.
plastik
B.
pecahan keramik
C.
pecahan kaca
D.
aneka plastik
21. Suatu
kegiatan mengubah bahan mentah menjadi bahan makanan siap dikonsumsi atau
menjadi bahan setengah jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan
memperpanjang masa simpan bahan pangan merupakan pengertian....
A. pengolahan bahan pangan
B. pengolahan
buah-buahan
C. pengolahan bahan makanan setengah jadi
D. pengolahan bahan minuman
22. Jenis
tumbuhan golongan tanaman padi-padian/rumput-rumputan
(Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi
biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati merupakan jenis tumbuhan....
A. umbi
B.
bayam
C. kedelai
D.
serealia
23. Ada
enam macam zat gizi yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan tubuh
supaya dapat tumbuh dengan baik dan sehat, yaitu....
A.
karbohidrat, protein, lemak, vitamin, susu, dan
air
B.
karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral,
dan air
C.
susu, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan
air
D.
protein, lemak, vitamin, mineral, garam dan air
24. Ibu
Nenden memasak bahan makanan dengan saus atau bahan cair lainnya yang
dididihkan dahulu baru api dikecilkan di bawah titik didih dan direbus lama, di
mana di permukaannya muncul gelembung-gelembung kecil. Teknik memasak yang
dilakukan Ibu Nenden menggunakan teknik....
A. boiling
B.
moist heat
C. simmering
D.
poaching
25. Onde-onde
merupakan makanan yang terbuat dari bahan setengah jadi tepung ubi ungu dan
tepung ketan putih merupakan camilan khas masyarakat....
A. Indramayu
B. Bugis
C.
Kalimantan
D. Bali
26. Cara
mengolah bahan makanan yang terlebih dahulu ditumis bumbunya, dan direbus
dengan cairan yang berbumbu dan cairan yang tidak terlalu banyak dengan api
sedang, biasanya digunakan pada makanan....
A. daging, ayam, dan ikan
B. ikan,
nasi dan daging
C. sayuran dan ikan
D. daging dan sayur
27. Yang
tidak perlu diperhatikan dalam menyajikan penampilan olahan pangan adalah....
A. kombinasi warna
B. rasa dan suhu
C. bentuk, tekstur, dan kekentalan
D.
hidangan dan bumbu masakan
28. Untuk
mengolah bahan makanan dengan menggunakan bahan dasar cairan untuk
mematangkannya disebut....
A. boiling
B.
poaching
C. moist heat
D. simmering
29. Salah satu produk pangan setengah jadi bentuk pipih
tebal atau tipis dari serealia antara lain kecuali....
A. emping
B.
mentega
C. mie
D. bihun
30. Tiwul
merupakan produk pangan setengah jadi dengan bentuk butiran besar terbuat
dari....
A. umbi
B.
kentang
C. kedelai
D. gandum
31. Biji
berukuran lebih besar dibandingkan serealia yang digunakan untuk bahan pangan
manusia dan hewan ternak adalah....
A. kentang
B.
umbi
C.
kacang-kacangan
D. padi
32. Menurut
hasil penelitian, bekatul mengandung mineral yang jumlahnya melebihi air minum
sekitar....
A.
5%
B.
10%
C. 15%
D. 20%
33. Teknik
pengolahan pengawetan pangan terdiri atas tiga metode, yaitu....
A.
pengawetan biologis, pengawetan fisik, dan
pengawetan alam
B.
pengawetan fisik, pengawetan biologis, dan
pengawetan kimiawi
C.
pengawetan fisik, pengawetan pembekuan, dan
pengawetan kimiawi
D. pengawetan pemanasan, pengawetan pembekuan, dan
pengawetan kimiawi
34. Ibu
Wiwik terbiasa membuat susu kedelai sendiri untuk keluarganya setiap hari. Maka
Ibu Wiwik memiliki banyak ampas kedelai. Ampas kedelai jika dibuang amatlah
sayang karena memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, agar
ampas kedelai bisa bermanfaat maka Ibu Wiwik bisa mengolah ampas kedelai itu
menjadi....
A. tempe gembus
B.
bubur kacang
C. tahu goreng
D. biskuit
35. Produk
yang dihasilkan selain produk utama merupakan pengertian dari....
A. produk hasil
samping
B. produk hasil
pangan
C. produk hasil biji-bijian
D. produk hasil ternak
36. Teknik pengolahan yang sering diterapkan pada pengolahan
hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi
menjadi produk pangan, menggunakan teknik pengolahan pangan dasar dan
teknik....
A. pemanasan pangan
pengawetan
B. pembuatan
pangan pengawetan
C. pengolahan pangan pengawetan
D. pendinginan pangan pengawetan
37. Glandir
merupakah hasil samping dari tanaman....
A. kacang kedelai
B.
serealia
C. kentang
D. ubi jalar
38. Tujuan
dari pengemasan, dapat membantu mencegah atau mengurangi....
A. bau
B.
rasa
C. kerusakan
D. warna makanan
39. Proses
pengawetan makanan yang dilakukan dengan peragian atau fermentasi, dan enzim
merupakan proses pengawetan....
A. pengawetan secara
kimiawi
B. pengawetan
secara biologis
C. pengawetan dengan pengeringan
D. pengawetan dengan suhu tinggi
40. Proses
pengawetan dengan suhu rendah terdiri dari 2 macam pendinginan dan pembekuan
yaitu dengan suhu antara....
A.
-15°C
sampai +10°C
B. -30°C
sampai +10°C
C. -20°C sampai +20°C
D.
-20°C
sampai +10°C
II. Uraian
41. Tuliskan
Penggolongan hasil limbah keras yang dapat dijadikan bahan baku produk
kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya.
a. Daerah pesisir pantai/laut
b. Daerah pegunungan
c. Daerah pertanian
d.
Daerah
perkotaan
42. Saurip
hidup didekat pesisir pantai karang song di Indramayu, suatu hari ia
mendapatkan tugas dari gurunya untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan limbah
keras organik, Saurip menyiapkan peralatan untuk membuat kerajinan tersebut
seperti tang lancip, panci, spatula dan kompor, bahan limbah keras organik apa
yang akan di buat Saurip untuk membuat kerajinan tersebut ?
43. Tuliskan
produk pangan setengah jadi bentuk pipih tebal atau tipis dari umbi?
44. Teknik
dasar pengolahan bahan pangan/makanan dibedakan menjadi dua yaitu....
45. Tuliskan
bahan-bahan untuk membuat Sambal Glandir Asam ?
Bagi
rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban
PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 pada
link berikut ini :
- Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013
- Kunci Jawaban PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs K-13
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal PAT/UKK Matematika Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Indonesia Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Inggris Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PJOK Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PAI Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 8 K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal-soal PAT/UKK diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Demikian
yang dapat admin sampaikan terkait Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK PRAKARYA
Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013, semoga
bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"