Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban


Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin berbagi Soal PAT/UKK PPKn Kelas 7 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, berkaitan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs  Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :


Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan referensi Soal-soal Penilaian Akhir Tahun untuk dijadikan bahan ujian bagi anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun untuk Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013.



Dalam sistem pendidikan di Indonesia, Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.  Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
  1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
  2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
  3. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.



Surat Edaran yang di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PAT/UKK Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK dalam rangka membantu semua rekan-rekan guru.


Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK). Penilaian Akhir Tahun adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya diambilkan dari materi dalam 2 semester. Penilaian Akhir Tahun menjadi salah satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester.

Tujuan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama satu tahun dan hasilnya dijadikan sebagai salah satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.


Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)

Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
  1. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
  2. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
  3. Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  4. Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  5. Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.



Fungsi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK).

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) :
  1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  2. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  3. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  4. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.



Materi soal Penilaian Akhir Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.

Berikut admin tulis Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs K-13  sebagai contoh saja, dan untuk rekan-rekan yang membutuhkan Soal selengkapnya silahkan download pada akhir postingan ini :


PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .


LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran             :    Prakarya
Satuan Pendidikan       :    SMP         
Kelas/Semester            :    VIII / Genap
Hari dan Tanggal          :   
Waktu                           :    120 Menit


Petunjuk Umum :
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
3. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
4. Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
5. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
6. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
7. Periksalah seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.


I. Pilihlah salah satu jawaban dari A, B, C, atau D yang paling benar!

1. Limbah yang berasal dari alam (tumbuhan dan hewan) bersifat keras, padat, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai dalam tanah disebut dengan limbah....
A.  domestik
B.  organik
C. anorganik
D. buatan

2. Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menemukan jenis bahan limbah keras organik yang bisa dijadikan sebuah karya kerajinan, diantaranya adalah.....
A. Cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, tempurung kelapa, dan potongan kayu.
B. Cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, tempurung kelapa, dan potongan kayu.
C. Cangkang kerang laut, tulang sapi, pecahan kaca, sisik ikan, pecahan keramik, dan potongan kayu.
D. Cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, pecahan batu, dan potongan kayu.

3. Jenis dan karakteristik limbah keras dapat dibedakan menjadi dua bagian diantaranya adalah....
A. limbah keras organik dan buatan
B. limbah keras domestik dan buatan
C. limbah keras organik dan anorganik
D. limbah keras padat dan buatan

4. Sebuah produk kerajinan akan kelihatan menarik apabila kita memberikan warna dengan cara disemprot atau di kuas dengan menggunakan cat. Pengolahan tersebut merupakan proses dari....
A. pembersihan limbah  
B. pengeringan
C. pewarnaan
D. pengeringan setelah pewarnaan

5. Leli mendapatkan tugas dari gurunya untuk membuat sebuah karya kerajinan dari bahan limbah keras organik. Leli menyadari bahwa dirinya terlahir di kota Indramayu yang merupakan daerah dekat pesisir pantai, tentunya banyak sekali bahan kerajinan seperti cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan. Leli ingin membuat sebuah kerajinan dari cangkang kerang untuk dijadikan sebuah gantungan kunci berbentuk boneka, peralatan apa saja yang harus dipersiapkan Leli untuk membuat kerajinan dari cangkang kerang tersebut.... 
A.  amplas, gergaji, lem tembak, dan gerinda
B.  amplas, kikir, lem tembak, dan kertas
C.  amplas, paku, lem tembak, dan gerinda
D.  amplas, kikir, lem tembak, dan gerinda


6. Syafira dan temen-temannya mendapatkan tugas kelompok dari gurunya untuk membuat aksesori seperti anting-anting, cincin, kalung, bros, dan gelang dari limbah keras. Untuk membuat kerajinan tersebut Poi dan teman-temanya harus menyiapkan bahan limbah keras dari....
A. sisik ikan                
B. cangkang kerang                          
C. pelepah pisang                             
D. tempurung kelapa

7. Perairan Indonesia sangat kaya akan hasil lautnya, terutama ikan. Dari produk ikan, dihasilkan limbah yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan. Limbah yang diambil dari ikan untuk membuat suatu karya kerajinan biasanya adalah....
A. sisik dan ekor
B. tulang dan ekor
C. sisik dan daging
D. tulang dan sisik

8. Sentuhan akhir dari sebuah proses pembuatan produk kerajinan agar bisa terlihat lebih bagus dan indah harus ada....
A. pewarnaan
B. kemasan
C. hiasan
D. teknik pembuatan

9. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa cukup mudah untuk didapatkan, adapun bahan-bahan tersebut yaitu....
A.  lem baja, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat
B.  lem alteko, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat
C.  lem kayu, tempurung kelapa, pisau, melanin/politur, amplas, dan cat
D.  lem kayu, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat

10. Indonesia tergolong negara maritim karena dikelilingi oleh lautan sehingga pohon kelapa dapat dengan mudah dijumpai. Adapun propinsi yang banyak menghasilkan kerajinan dari tempurung kelapa adalah....
A. Aceh
B. Jawa Timur
C. Sulawesi Utara
D. Bandung


11. Plastik, pecahan keramik, pecahan kaca, dan baja merupakan limbah....
A. domestik
B. anorganik
C. organik
D. buatan

12. Limbah pecahan keramik yang tersedia di lingkungan dapat dimanfaatkan dengan teknik mozaik, yang dimaksud dengan teknik mozaik adalah....
A.  menempel potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah
B.  mengukir potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah
C.  mengecat potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah
D.  membasuh potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah

13. Botol kaca bekas jika dijual ke penadah hanya dapat menghasilkan beberapa ribu rupiah saja, tetapi jika diolah dengan teknologi tinggi seperti pemanasan, botol kaca ini akan berubah menjadi batu-batu cantik yang berkilau dan dapat dibuat menjadi berbagai asesoris atau hiasan lainnya. Pencairan kaca dapat menggunakan tungku keramik yang berderajat tinggi hingga....
A. 6000C
B. 7000C
C. 8000C
D. 9000C

14. Prinsip pengolahan limbah terdiri dari....
A. reduce, reuse dan recycle               
B. resourse, reuse dan recycle
C. reduce, reuse dan remove
D. redure, reuse dan recycle

15. Muhammad Ayip ketika mau minum gelas yang diambilnya jatuh, sehingga pecahan kaca gelas tersebut berserakan, lalu dia mengumpulkan pecahan gelas tersebut untuk dijadikan sebuah karya kerajinan. Kerajinan yang akan dibuat Muhammad Ayip adalah jenis limbah....
A. organik
B. anorganik
C. domestik
D. gas


16. Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan limbah pecahan keramik adalah....
A. paku, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas.
B. karung, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas
C. tungku pembakaran, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas
D. palu, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas

17. Limbah pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, dan aneka plastik bekas perabot merupakan limbah yang banyak dihasilkan di daerah....
A.  pesisir pantai/laut
B.  daerah perkotaan
C. daerah pertanian 
D. daerah pegunungan

18. Mendaur ulang limbah keras anorganik menjadi karya kerajinan, agar kita dapat membantu menyelesaikan masalah polutan di lingkungan kita merupakan proses dari....
A. reduce
B. reuse
C. recycle
D. remove

19. Yang bukan merupakan proses pembuatan kerajinan plastik adalah....
A. amplas
B. semprotan warna
C. isi lem tembak
D. aneka plastik

20. Gambar disamping merupakan hasil kerajinan limbah keras anorganik dari....
A. plastik                                                       
B. pecahan keramik                         
C. pecahan kaca
D. aneka plastik


21. Suatu kegiatan mengubah bahan mentah menjadi bahan makanan siap dikonsumsi atau menjadi bahan setengah jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa simpan bahan pangan merupakan pengertian....
A. pengolahan bahan pangan
B. pengolahan buah-buahan
C. pengolahan bahan makanan setengah jadi
D. pengolahan bahan minuman

22. Jenis tumbuhan golongan tanaman padi-padian/rumput-rumputan (Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati merupakan jenis tumbuhan....
A. umbi
B. bayam
C. kedelai
D. serealia

23. Ada enam macam zat gizi yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan tubuh supaya dapat tumbuh dengan baik dan sehat, yaitu....
A.  karbohidrat, protein, lemak, vitamin, susu, dan air
B.  karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air
C.  susu, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan air 
D.  protein, lemak, vitamin, mineral, garam dan air

24. Ibu Nenden memasak bahan makanan dengan saus atau bahan cair lainnya yang dididihkan dahulu baru api dikecilkan di bawah titik didih dan direbus lama, di mana di permukaannya muncul gelembung-gelembung kecil. Teknik memasak yang dilakukan Ibu Nenden menggunakan teknik....
A. boiling
B. moist heat
C. simmering
D. poaching

25. Onde-onde merupakan makanan yang terbuat dari bahan setengah jadi tepung ubi ungu dan tepung ketan putih merupakan camilan khas masyarakat....
A. Indramayu
B. Bugis
C. Kalimantan
D. Bali


26. Cara mengolah bahan makanan yang terlebih dahulu ditumis bumbunya, dan direbus dengan cairan yang berbumbu dan cairan yang tidak terlalu banyak dengan api sedang, biasanya digunakan pada makanan....
A. daging, ayam, dan ikan
B. ikan, nasi dan daging
C. sayuran dan ikan
D. daging dan sayur

27. Yang tidak perlu diperhatikan dalam menyajikan penampilan olahan pangan adalah....
A. kombinasi warna
B. rasa dan suhu
C. bentuk, tekstur, dan kekentalan
D. hidangan dan bumbu masakan

28. Untuk mengolah bahan makanan dengan menggunakan bahan dasar cairan untuk mematangkannya disebut....
A. boiling
B. poaching
C. moist heat
D. simmering

29. Salah satu produk pangan setengah jadi bentuk pipih tebal atau tipis dari serealia antara lain kecuali....
A. emping
B. mentega
C. mie
D. bihun

30. Tiwul merupakan produk pangan setengah jadi dengan bentuk butiran besar terbuat dari....
A. umbi
B. kentang
C. kedelai
D. gandum


31. Biji berukuran lebih besar dibandingkan serealia yang digunakan untuk bahan pangan manusia dan hewan ternak adalah....
A. kentang
B. umbi
C. kacang-kacangan
D. padi

32. Menurut hasil penelitian, bekatul mengandung mineral yang jumlahnya melebihi air minum sekitar....
A. 5%
B. 10%
C. 15%
D. 20%

33. Teknik pengolahan pengawetan pangan terdiri atas tiga metode, yaitu....
A.  pengawetan biologis, pengawetan fisik, dan pengawetan alam
B.  pengawetan fisik, pengawetan biologis, dan pengawetan kimiawi
C.  pengawetan fisik, pengawetan pembekuan, dan pengawetan kimiawi
D. pengawetan pemanasan, pengawetan pembekuan, dan pengawetan kimiawi

34. Ibu Wiwik terbiasa membuat susu kedelai sendiri untuk keluarganya setiap hari. Maka Ibu Wiwik memiliki banyak ampas kedelai. Ampas kedelai jika dibuang amatlah sayang karena memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, agar ampas kedelai bisa bermanfaat maka Ibu Wiwik bisa mengolah ampas kedelai itu menjadi....
A. tempe gembus
B. bubur kacang
C. tahu goreng
D. biskuit

35. Produk yang dihasilkan selain produk utama merupakan pengertian dari....
A. produk hasil samping
B. produk hasil pangan
C. produk hasil biji-bijian
D. produk hasil ternak


36. Teknik pengolahan yang sering diterapkan pada pengolahan hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan, menggunakan teknik pengolahan pangan dasar dan teknik....
A. pemanasan pangan pengawetan
B. pembuatan pangan pengawetan
C. pengolahan pangan pengawetan
D. pendinginan pangan pengawetan

37. Glandir merupakah hasil samping dari tanaman....
A. kacang kedelai
B. serealia
C. kentang
D. ubi jalar

38. Tujuan dari pengemasan, dapat membantu mencegah atau mengurangi....
A. bau
B. rasa
C. kerusakan
D. warna makanan

39. Proses pengawetan makanan yang dilakukan dengan peragian atau fermentasi, dan enzim merupakan proses pengawetan....
A. pengawetan secara kimiawi
B. pengawetan secara biologis
C. pengawetan dengan pengeringan
D. pengawetan dengan suhu tinggi

40. Proses pengawetan dengan suhu rendah terdiri dari 2 macam pendinginan dan pembekuan yaitu dengan suhu antara....
A. -15°C sampai +10°C
B. -30°C sampai +10°C
C. -20°C sampai +20°C
D. -20°C sampai +10°C




II.   Uraian

41. Tuliskan Penggolongan hasil limbah keras yang dapat dijadikan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya.
a. Daerah pesisir pantai/laut
b. Daerah pegunungan
c. Daerah pertanian
d. Daerah perkotaan

42. Saurip hidup didekat pesisir pantai karang song di Indramayu, suatu hari ia mendapatkan tugas dari gurunya untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan limbah keras organik, Saurip menyiapkan peralatan untuk membuat kerajinan tersebut seperti tang lancip, panci, spatula dan kompor, bahan limbah keras organik apa yang akan di buat Saurip untuk membuat kerajinan tersebut ?

43. Tuliskan produk pangan setengah jadi bentuk pipih tebal atau tipis dari umbi?

44. Teknik dasar pengolahan bahan pangan/makanan dibedakan menjadi dua yaitu....

45. Tuliskan bahan-bahan untuk membuat Sambal Glandir Asam ?



Bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 pada link berikut ini :




Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal-soal PAT/UKK diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.



Demikian yang dapat admin sampaikan terkait Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTs  Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK PRAKARYA Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"