Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban

Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTsK-13 Beserta Kunci Jawaban – Sebelumnya admin berbagi Soal Prediksi US/USBN IPA, B Indonesia, dan Matematika SD/MI Tahun 2020, berkaitan hal itu admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal PAT/UKK PPKN Kelas 8 SMP/MTs  Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :


Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan referensi Soal-soal Penilaian Akhir Tahun untuk dijadikan bahan ujian bagi anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun untuk Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013.


Dalam sistem pendidikan di Indonesia, Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.  Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
  1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
  2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
  3. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.



Surat Edaran yang di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PAT/UKK Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK dalam rangka membantu semua rekan-rekan guru.

Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK). Penilaian Akhir Tahun adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya diambilkan dari materi dalam 2 semester. Penilaian Akhir Tahun menjadi salah satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester.

Tujuan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama satu tahun dan hasilnya dijadikan sebagai salah satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.


Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)

Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut ini :
  1. Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
  2. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
  3. Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  4. Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  5. Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.



Fungsi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK).

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) :
  1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  2. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  3. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  4. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.



Materi soal Penilaian Akhir Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi PPKN Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.


Berikut admin tulis Soal PAT/UKK PPKN Kelas 8 SMP/MTs K-13  sebagai contoh saja, dan untuk rekan-rekan yang membutuhkan Soal selengkapnya silahkan download pada akhir postingan ini :


PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .


LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran                :    P  P  Kn
Satuan Pendidikan          :    SMP         
Kelas/Semester               :    VIII / Genap
Hari dan Tanggal             :   
Waktu                              :    120 Menit


Petunjuk Umum     :
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
3. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
4. Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
5. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
6. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
7. Periksalah seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.


I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.

1. Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah ....
A.  mencari daerah baru untuk dikuasai
B.  rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan
C.  melakukan perdagangan dengan belahan dunia yang lain
D.  menyebarkan agama

2. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera. Pengertian politik devide et impera yaitu ....
A.  politik balas budi
B.  politik tebang pilih
C. politik etis
D. politik adu domba

3. Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan sepanjang pulau Jawa (Anyer-Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat rakyat makin menderita dilakukan pada saat Gubernur Jenderal ....
A.  Daendels
B.  Van Den Bosch
C. Van Deventer
D. Baron Van Houvell

4. Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Sistem tanam paksa ini disebut juga dengan ....
A.  kerja rodi
B.  devide et impera
C. politik etis
D. cultuur stelsel

5. Penderitaan bangsa Indonesia menumbuhkan benih perlawanan di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan. Salah satu pahlawan yang bernama Sultan Hasanuddin berasal dari ....
A.  Maluku
B.  Goa
C. Sulawesi Selatan
D. Lombok

6. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangan lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi-organisasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan ....
A.  20 Mei 1908
B.  20 Mei 1928
C. 2 Mei 1928
D. 2 Mei 1908

7. Tujuan dari Organisasi Budi Utomo adalah ....
A.  mempersatukan bangsa Jawa                                
B.  mempertinggi derajat bangsa Indonesia               
C.  membebaskan Indonesia dari kemiskinan
D.  persamaan hak dan warga negara

8. Tokoh-tokoh Kebangkitan Nasional muncul karena program Politik Etis atau Politik Balas Budi yaitu....
A.  transmigrasi
B.  irigasi
C. vaksinasi
D. edukasi

9. Yang merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional berbentuk modern, yaitu organisasi dengan pengurus yang tetap, ada anggota, tujuan, dan program kerja adalah Boedi Oetomo yang didirikan oleh ....
A.  Dr. Soetomo
B.  Himpunan Mahasiswa STOVIA
C. Van Deventer
D. Tirto Adi Soerjo

10. Wujud dari nilai persamaan derajat yaitu ....
A.  kedaulatan berada di tangan rakyat
B.  setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di depan hukum
C.  tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain
D.  sarana dan prasarana yang mampu mendorong masyarakat untuk kreatif dan produktif
11. Yang bukan merupakan faktor pembentuk keunggulan bangsa Indonesia adalah ....
A.  sumber daya manusia
B.  sumber daya alam
C. pendapatan nasional
D. kebudayaan

12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu....
A.  menorehkan prestasi di berbagai bidang               
B.  bekerja keras                                                          
C.  bekerja cerdas        
D.  tiada mengenal putus asa

13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta ....
A.  dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju
B.  dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain
C.  dapat menjadi negara yang kompetitif
D.  dapat melawan ketidakadilan dunia

14. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagi sebuah negara.
Bagaimana usaha pemuda untuk mempertegas jati diri bangsa....
A.  menghormati perbedaan dalam masyarakat
B.  menghilangkan sikap dan anggapan semua orang akan berbuat jahat
C.  memahami simbol-simbol negara
D.  belajar lebih keras dan cerdas untuk mencapai cita-cita

15. Semangat Sumpah Pemuda perlu kita jaga. Tujuannya adalah ....
A.  agar persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjaga
B.  agar kita bisa menjajah bangsa lain
C.  agar bangsa Indonesia bisa menakuti dunia
D.  agar negara Indonesia menjadi negara adikuasa

16. Dengan semangat sumpah pemuda, kita harus mencintai tanah air dengan....
A.  mengembangkan kebudayaan daerah
B.  memegang teguh Bhineka Tunggal Ika 
C.  memelihara lingkungan bebas narkoba
D.  hidup bersama dengan berbagai suku bangsa

17. Makna dari kalimat kedua dalam sumpah pemuda adalah....
A.  memegang teguh prinsip bersatu "tanah air Indonesiaku"
B.  pemuda pemudi Indonesia ikrar bersama sama
C.  bersatunya suku-suku bangsa Indonesia
D.  bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu

18. Perhatikan Pernyataan Berikut ini
(1) Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah dan kejuruan.
(2) Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya.
(3) Mendirikan sekolah umum
(4) Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.

Tiga tujuan Trikora Dharmo ditunjukkan dengan nomor ....
A.  1, 2 dan 4
B.  1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 1, 2 dan 3

19. Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari, sehingga dapat diraih cita citanya yaitu... .
A.  ikrar sumpah pemuda                                                        
B.  proklamasi kemerdekaan Indonesia
C.  berjuang bersama, bersatu
D.  bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

20. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah....
A.  membangkitkan kesadaran nasional
B.  memperkuat semangat dan tekat para pemuda untuk bersatu
C.  Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
D.  mempercepat proses kemerdekaan Indonesia

21. Nusantara merupakan tempat berlindung dan tanah air yang wajib kita bela dan pertahankan. Sebagai seorang pemuda dan pemudi jangan sampai kita biarkan nusantara ini terpecah boleh akibat serangan asing maupun karena ulah diri kita sendiri. Aspek tersebut merupakan aspek dalam sumpah pemuda....
A.  satu tanah air
B.  satu nusa
C. satu bahasa
D. satu bangsa

22. Makna kalimat kedua dalam sumpah pemuda....
A.  mengakui pemuda dan pemudi Indonesia               
B.  mengakui tanah air Indonesia                               
C.  mengakui bahasa Indonesia
D.  mengakui bangsa Indonesia

23. Ikrar sumpah pemuda adalah hasil keputusan dari kerapatan tanggal 28oktober 1928, dalam....
A.  kongres sumpah pemuda
B.  kongres pemuda I
C. kongres pemuda II
D. rapat pemuda Indonesia

24. Sumpah pemuda menegaskan bahwa bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia, dalam masa kemerdekaan bahasa Indonesia berfungsi sebagai.... antar suku.
A.  bahasa negara
B.  bahasa pengantar
C. alat edukasi
D. alat komunikasi

25. Perhatikan kalimat di bawah ini !
(1) Mau menjenguk orang sakit
(2) Saling membantu dalam kebaikan
(3) Tidak menjelek-jelekkan orang lain

Kalimat di atas merupakan contoh pengamalan sumpah pemuda yang mengandung nilai....
A.  kerukunan
B.  kerjasama
C. cinta damai
D. tanggung jawab

26. Petikan dari Ir Soekarno "berikan aku 10 orang pemuda akan kuangkat gunung, dan 100 orang pemuda akan aku ubah dunia"
Kalimat diatas mengandung makna ....
A.  perubahan daerah, dan dunia dipengaruhi potensi penduduknya
B.  perubahan diberbagai daerah tergantung pada potensi pemuda
C.  keberhasilan pembangunan bukan karena pemuda
D.  pemuda adalah tulang punggung bangsa

27. Menurut Moh. Yamin ada 5 faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu ....
A.  sejarah, agama, kepanduan, bahasa dan kemauan
B.  sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, kemauan
C.  kemauan, agama, pendidikan, adat dan bahasa
D.  hukum adat, agama, kemauan, kedisiplinan, sejarah

28. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena ....
A.  bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika
B.  pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun.
C.  dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat
D.dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman

29. Burung Garuda merupakan lambang negara Republik Indonesia. Di dalam perisainya terdapat simbol-simbol yang melambangkan sila-sila Pancasila. Simbol rantai pada lambang Garuda Pancasila bermakna yaitu  ....
A.  hubungan manusia satu sama lain                         
B.  kesatuan dan persatuan Indonesia
C.  cahaya kerohanian bagi setiap manusia
D.  orang-orang berdiskusi dan berkumpul

30. Perhatikan Pernyataan Berikut ini :
1)   Bahasa resmi kenegaraan,
2)   Pengantar pendidikan,  
3)   Komunikasi internasional,
4)   Pengembangan kebudayaan nasional,
5)   Transaksi dan dokumentasi niaga,
6)   Sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
7)   Bahasa media massa

Fungsi bahasa Indonesia ditunjukkan pada nomor ....
A.  1, 2, 3 4, 5 dan 6
B.  1, 2, 3, 4, 6 dan 7
C. 2, 3, 4, 5, 6 dan 7
D. 1, 2, 4, 5, 6 dan 7

31. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah...
A.  membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri
B.  terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air
C.  melakukan demonstrasi untuk petinggi agar memperjuangkan
D.  menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri

32. Contoh perbuatan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan, yaitu ....
A.  ikut bekerja bakti di sekolah
B.  bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak
C.  membantu korban bencana alam
D.  mobilisasi umum bila negara dalam bahaya

33. Bagi seorang pelajar sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara antara lain ....
A.  giat belajar demi kepentingan keluarga, bangsa, dan negara
B.  bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang berkecukupan
C.  menghafalkan sejarah perjuangan para pahlawan masa lalu
D.  mendalami berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

34. Manakah di bawah ini yang merupakan sikap menjunjung tinggi nilai ketuhanan (religius)
A.  memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain
B.  tidak ada toleransi kepada penganut agama lain
C.  menghalang-halangi orang lain untuk melaksanakan kewajibannya
D.  membina kerukunan antar umat beragama dan mengembangkan sikap toleransi

35. Rasa kecintaan dan kesetiaan seorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada tata cara kebiasaan, kebanggaan terhadap sejarah dan kebudayaannya, dan sikap darma demi kesejahteraan bersama, merupakan pengertian dari ....
A.  patriotisme
B.  demokrat
C. nasionalis
D. pahlawan

36. Equality before the law mengandung makna ....
A.  hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang lebih tinggi
B.  setiap warga Negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum
C.  hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat
D.  setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku

37. Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain merupakan nilai-nilai pendidikan karakter....
A.  jujur
B.  toleransi
C. disiplin
D. religius

38. Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya merupakan nilai-nilai pendidikan karakter... .
A.  religius
B.  jujur
C. toleransi
D. disiplin

39. Terjadinya musibah bencana alam di beberapa daerah beberapa waktu lalu telah membuka mata kita betapa penting uluran tangan kita bagi para korban. Arti penting munculnya sikap untuk berbagi dalam peristiwa tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
A.  melatih rasa simpati dan empati atas penderitaan orang lain 
B.  menguji rasa kesetiakawanan sosial yang dimiliki seseorang
C.  membiasakan diri dengan kesulitan yang dimiliki orang lain
D.  menciptakan optimisme hidup setelah mengalami bencana alam

40. Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini !
1)   Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia
2)   Kesiapan sosial budaya
3)   Menjaga kelestarian lingkungan
4)   Menciptakan ketahanan nasional

Sikap dan perilaku menjaga kesatuan NKRI ditunjukkan pada nomor... .
A.  1 dan 2
B.  2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4



II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

41. Jelaskan perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908 dengan perjuangan sesudah tahun 1908 !

42. Jelaskan upaya yang dilakukan organisasi Boedi Oetomo dalam mencapai tujuan !

43. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang   sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa upaya yang dapat dilakukan pemuda sekarang dalam menciptakan persatuan bangsa dengan berbagai kemudahan seperti saat ini ?
(Tuliskan 4 contoh upaya)

44. Bacalah cerita di bawah ini:
Seorang kakek keturunan Indonesia yang menjadi warga negara Russia seringkali menangis ketika mendengarkan lagu tanah airku. Betapa dia rindu untuk pulang ke Indonesia. Menjadi warga negara Russia dan hidup berkecukupan dengan bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi tidak mengubah asanya untuk pulang ke Indonesia. Syair “Tanah Airku” telah membulatkan hatinya untuk terus mengenang tanah kelahirannya dan bertekad untuk bisa pulang kembali ke tanah kelahirannya. Indonesia.
Jelaskan bagaimana membangun kecintaan generasi muda pada tanah air Indonesia !

45. Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, apa upaya yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan ? 
(Tuliskan 4 contoh upaya)



Bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci jawaban PAT/UKK PPKN Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 pada link berikut ini :




Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.



Demikian yang dapat admin sampaikan terkait Informasi Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"