Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban
Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTsK-13 Beserta Kunci Jawaban
– Sebelumnya admin berbagi Soal Prediksi US/USBN IPA, B Indonesia, dan Matematika SD/MI Tahun 2020, berkaitan hal itu
admin menindaklanjutinya dengan berbagi kembali Soal PAT/UKK PPKN Kelas 8
SMP/MTs Kurikulum 2013, berikut informasi selengkapnya :
Penilaian
Akhir Tahun (PAT/UKK) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu
Guru sedang memerlukan referensi Soal-soal Penilaian Akhir Tahun untuk
dijadikan bahan ujian bagi anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan
membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun untuk Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum
2013.
Dalam
sistem pendidikan di Indonesia, Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan
dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta
didik. Berdasarkan pada PP. Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
- Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
- Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
- Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Surat
Edaran yang di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemdikbud) bahwa soal PAT/UKK Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar
soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order
Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PAT/UKK dalam
rangka membantu semua rekan-rekan guru.
Setiap
Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga
perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses
pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.
Salah
satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK). Penilaian
Akhir Tahun adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya
diambilkan dari materi dalam 2 semester. Penilaian Akhir Tahun menjadi salah
satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian
Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester.
Tujuan
Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian
kompetensi peserta didik selama satu tahun dan hasilnya dijadikan sebagai salah
satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.
Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir
Tahun (PAT/UKK)
Tujuan
pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) secara khusus ialah sebagai berikut
ini :
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama satu tahun.
- Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama satu tahun.
- Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK).
Dibawah
ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK)
:
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Materi
soal Penilaian Akhir Tahun ini diambilkan dari kisi-kisi PPKN Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum
2013. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan
rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 45 soal.
Berikut
admin tulis Soal PAT/UKK PPKN Kelas 8 SMP/MTs K-13 sebagai contoh saja, dan untuk rekan-rekan
yang membutuhkan Soal selengkapnya silahkan download pada akhir postingan ini :
PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 20 . . / 20 . .
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran :
P
P Kn
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas/Semester :
VIII / Genap
Hari dan Tanggal :
Waktu :
120 Menit
Petunjuk
Umum :
1. Perhatikan dan ikuti
petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
2. Periksa dan bacalah
soal-soal sebelum Anda menjawab;
3. Laporkan kepada pengawas
kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;
4. Dahulukan mengerjakan
soal-soal yang Anda anggap mudah;
5. Pilihlah salah satu jawaban
yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
6. Apabila Anda ingin
memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai
bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
7. Periksalah seluruh jawaban
Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Pilihlah
jawaban yang paling tepat.
1. Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk
mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah ....
A.
mencari daerah baru untuk dikuasai
B.
rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan
C.
melakukan perdagangan dengan belahan
dunia yang lain
D.
menyebarkan agama
2. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan
politik devide et impera. Pengertian politik devide et impera yaitu ....
A.
politik balas budi
B.
politik tebang pilih
C. politik etis
D.
politik adu domba
3. Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan sepanjang pulau Jawa
(Anyer-Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat rakyat makin menderita
dilakukan pada saat Gubernur Jenderal
....
A.
Daendels
B.
Van Den Bosch
C. Van Deventer
D.
Baron Van Houvell
4. Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah
dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya
diserahkan kepada pemerintah. Sistem tanam paksa ini disebut juga dengan ....
A.
kerja rodi
B.
devide et impera
C. politik etis
D.
cultuur stelsel
5. Penderitaan bangsa Indonesia menumbuhkan benih perlawanan di
berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum
bangsawan. Salah satu pahlawan yang bernama Sultan Hasanuddin berasal dari ....
A.
Maluku
B.
Goa
C. Sulawesi Selatan
D.
Lombok
6. Budi Utomo merupakan
organisasi pertama di Indonesia yang perjuangan lebih bersifat nasionalis
dibandingkan organisasi-organisasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat
kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan ....
A.
20 Mei 1908
B.
20 Mei 1928
C. 2 Mei 1928
D. 2
Mei 1908
7. Tujuan dari Organisasi Budi
Utomo adalah ....
A.
mempersatukan bangsa Jawa
B.
mempertinggi derajat bangsa
Indonesia
C.
membebaskan Indonesia dari
kemiskinan
D.
persamaan hak dan warga negara
8. Tokoh-tokoh Kebangkitan
Nasional muncul karena program Politik Etis atau Politik Balas Budi yaitu....
A. transmigrasi
B. irigasi
C. vaksinasi
D. edukasi
9. Yang merupakan organisasi
pertama di Indonesia yang bersifat nasional berbentuk modern, yaitu organisasi
dengan pengurus yang tetap, ada anggota, tujuan, dan program kerja adalah Boedi
Oetomo yang didirikan oleh ....
A. Dr. Soetomo
B. Himpunan Mahasiswa STOVIA
C. Van Deventer
D.
Tirto Adi Soerjo
10. Wujud dari nilai persamaan
derajat yaitu ....
A.
kedaulatan berada di tangan
rakyat
B.
setiap warga negara memiliki
kedudukan yang sama di depan hukum
C.
tidak memaksakan suatu agama
atau kepercayaan kepada orang lain
D.
sarana dan prasarana yang
mampu mendorong masyarakat untuk kreatif dan produktif
11. Yang bukan merupakan faktor pembentuk
keunggulan bangsa Indonesia adalah
....
A.
sumber daya manusia
B.
sumber daya alam
C. pendapatan nasional
D.
kebudayaan
12. Apa yang telah diperjuangkan
dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin
berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu....
A.
menorehkan prestasi di
berbagai bidang
B.
bekerja keras
C.
bekerja cerdas
D.
tiada mengenal putus asa
13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908
merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia
bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta ....
A.
dapat mengolah kekayaan alam
dengan teknologi maju
B.
dapat berdiri sejajar dengan
bangsa lain
C.
dapat menjadi negara yang kompetitif
D.
dapat melawan ketidakadilan dunia
14. Sumpah Pemuda pada tanggal 28
Oktober 1928 bukan hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas
jati diri bangsa Indonesia sebagi sebuah negara.
Bagaimana usaha pemuda untuk
mempertegas jati diri bangsa....
A.
menghormati perbedaan dalam
masyarakat
B.
menghilangkan sikap dan
anggapan semua orang akan berbuat jahat
C.
memahami simbol-simbol negara
D.
belajar lebih keras dan cerdas
untuk mencapai cita-cita
15. Semangat
Sumpah Pemuda perlu kita jaga. Tujuannya adalah ....
A. agar
persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjaga
B. agar
kita bisa menjajah bangsa lain
C. agar
bangsa Indonesia bisa menakuti dunia
D. agar
negara Indonesia menjadi negara adikuasa
16. Dengan
semangat sumpah pemuda, kita harus mencintai tanah air dengan....
A. mengembangkan
kebudayaan daerah
B. memegang
teguh Bhineka Tunggal Ika
C. memelihara
lingkungan bebas narkoba
D. hidup
bersama dengan berbagai suku bangsa
17. Makna
dari kalimat kedua dalam sumpah pemuda adalah....
A. memegang
teguh prinsip bersatu "tanah air Indonesiaku"
B. pemuda
pemudi Indonesia ikrar bersama sama
C. bersatunya
suku-suku bangsa Indonesia
D. bahasa
Indonesia sebagai bahasa pemersatu
18. Perhatikan
Pernyataan Berikut ini
(1) Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada
sekolah menengah dan kejuruan.
(2) Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya.
(3) Mendirikan sekolah umum
(4) Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan
budaya.
Tiga tujuan Trikora Dharmo ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1,
2 dan 4
B. 1,
3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 1, 2 dan 3
19. Sumpah
pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari,
sehingga dapat diraih cita citanya yaitu... .
A. ikrar
sumpah pemuda
B. proklamasi
kemerdekaan Indonesia
C. berjuang
bersama, bersatu
D. bersatu
kita teguh bercerai kita runtuh
20. Pengaruh
sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah....
A. membangkitkan
kesadaran nasional
B. memperkuat
semangat dan tekat para pemuda untuk bersatu
C. Belanda
bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
D. mempercepat
proses kemerdekaan Indonesia
21. Nusantara
merupakan tempat berlindung dan tanah air yang wajib kita bela dan pertahankan.
Sebagai seorang pemuda dan pemudi jangan sampai kita biarkan nusantara ini
terpecah boleh akibat serangan asing maupun karena ulah diri kita sendiri.
Aspek tersebut merupakan aspek dalam sumpah pemuda....
A. satu
tanah air
B. satu
nusa
C. satu bahasa
D. satu bangsa
22. Makna
kalimat kedua dalam sumpah pemuda....
A. mengakui
pemuda dan pemudi Indonesia
B. mengakui
tanah air Indonesia
C. mengakui
bahasa Indonesia
D. mengakui
bangsa Indonesia
23. Ikrar
sumpah pemuda adalah hasil keputusan dari kerapatan tanggal 28oktober 1928,
dalam....
A. kongres
sumpah pemuda
B. kongres
pemuda I
C. kongres pemuda II
D.
rapat pemuda Indonesia
24. Sumpah pemuda menegaskan bahwa
bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia, dalam masa kemerdekaan bahasa Indonesia
berfungsi sebagai.... antar suku.
A.
bahasa negara
B.
bahasa pengantar
C. alat edukasi
D.
alat komunikasi
25. Perhatikan kalimat di bawah
ini !
(1) Mau menjenguk orang sakit
(2) Saling membantu dalam kebaikan
(3) Tidak menjelek-jelekkan orang
lain
Kalimat di atas merupakan
contoh pengamalan sumpah pemuda yang mengandung nilai....
A.
kerukunan
B.
kerjasama
C. cinta damai
D.
tanggung jawab
26. Petikan dari Ir Soekarno
"berikan aku 10 orang pemuda akan kuangkat gunung, dan 100 orang pemuda
akan aku ubah dunia"
Kalimat diatas mengandung
makna ....
A.
perubahan daerah, dan dunia
dipengaruhi potensi penduduknya
B.
perubahan diberbagai daerah
tergantung pada potensi pemuda
C.
keberhasilan pembangunan bukan
karena pemuda
D.
pemuda adalah tulang punggung
bangsa
27. Menurut Moh. Yamin ada 5 faktor yang bisa
memperkuat persatuan Indonesia yaitu ....
A.
sejarah, agama, kepanduan,
bahasa dan kemauan
B.
sejarah, bahasa, hukum adat,
pendidikan, kemauan
C.
kemauan, agama, pendidikan,
adat dan bahasa
D.
hukum adat, agama, kemauan,
kedisiplinan, sejarah
28. Persatuan dan kesatuan bangsa
sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena ....
A.
bangsa Indonesia memiliki
semboyan Bhinneka Tunggal Ika
B.
pengalaman sejarah Bangsa
Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun.
C.
dengan persatuan dan kesatuan,
bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat
D.dengan persatuan dan kesatuan, bangsa
Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman
29. Burung Garuda merupakan
lambang negara Republik Indonesia. Di dalam perisainya terdapat simbol-simbol
yang melambangkan sila-sila Pancasila. Simbol rantai pada lambang Garuda
Pancasila bermakna yaitu ....
A.
hubungan manusia satu sama
lain
B.
kesatuan dan persatuan
Indonesia
C.
cahaya kerohanian bagi setiap
manusia
D.
orang-orang berdiskusi dan
berkumpul
30. Perhatikan Pernyataan Berikut
ini :
1)
Bahasa resmi kenegaraan,
2)
Pengantar pendidikan,
3)
Komunikasi internasional,
4)
Pengembangan kebudayaan
nasional,
5)
Transaksi dan dokumentasi
niaga,
6)
Sarana pengembangan dan
pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
7)
Bahasa media massa
Fungsi bahasa Indonesia
ditunjukkan pada nomor ....
A.
1, 2, 3 4, 5 dan 6
B.
1, 2, 3, 4, 6 dan 7
C. 2, 3, 4, 5, 6 dan 7
D.
1, 2, 4, 5, 6 dan 7
31. Salah satu contoh semangat dan
komitmen kebangsaan kita adalah...
A.
membiarkan para petinggi
negara untuk berjuang sendiri
B.
terus berjuang dan pantang
menyerah untuk membela tanah air
C.
melakukan demonstrasi untuk
petinggi agar memperjuangkan
D.
menyerahkan segala urusan
bangsa pada Polri
32. Contoh perbuatan yang
menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau
golongan, yaitu ....
A.
ikut bekerja bakti di sekolah
B.
bergotong royong memperbaiki
jalan yang rusak
C.
membantu korban bencana alam
D.
mobilisasi umum bila negara
dalam bahaya
33. Bagi seorang pelajar sikap
cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara antara lain ....
A.
giat belajar demi kepentingan
keluarga, bangsa, dan negara
B.
bekerja keras untuk mencapai
kehidupan yang berkecukupan
C.
menghafalkan sejarah
perjuangan para pahlawan masa lalu
D.
mendalami berbagai bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi
34. Manakah di bawah ini yang
merupakan sikap menjunjung tinggi nilai ketuhanan (religius)
A.
memaksakan agama atau
kepercayaan kepada orang lain
B.
tidak ada toleransi kepada
penganut agama lain
C.
menghalang-halangi orang lain
untuk melaksanakan kewajibannya
D.
membina kerukunan antar umat
beragama dan mengembangkan sikap toleransi
35. Rasa kecintaan dan kesetiaan seorang pada tanah air
dan bangsanya, kekaguman pada tata cara kebiasaan, kebanggaan terhadap sejarah
dan kebudayaannya, dan sikap darma demi kesejahteraan bersama, merupakan
pengertian dari ....
A.
patriotisme
B.
demokrat
C. nasionalis
D.
pahlawan
36. Equality before the law mengandung makna ....
A.
hukum yang lebih rendah harus
mengacu pada hukum yang lebih tinggi
B.
setiap warga Negara memiliki
persamaan kedudukan di depan hukum
C.
hukum menjunjung tinggi adanya
perbedaan pendapat
D.
setiap warga Negara harus
tunduk dan taat pada hukum yang berlaku
37. Sikap dan perilaku yang patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan
ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain merupakan nilai-nilai pendidikan karakter....
A.
jujur
B.
toleransi
C. disiplin
D.
religius
38. Sikap dan tindakan yang
menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang
lain yang berbeda dari dirinya merupakan nilai-nilai pendidikan karakter... .
A.
religius
B.
jujur
C. toleransi
D.
disiplin
39. Terjadinya musibah bencana
alam di beberapa daerah beberapa waktu lalu telah membuka mata kita betapa
penting uluran tangan kita bagi para korban. Arti penting munculnya sikap untuk
berbagi dalam peristiwa tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
A.
melatih rasa simpati dan
empati atas penderitaan orang lain
B.
menguji rasa kesetiakawanan
sosial yang dimiliki seseorang
C.
membiasakan diri dengan
kesulitan yang dimiliki orang lain
D.
menciptakan optimisme hidup
setelah mengalami bencana alam
40. Perhatikan pernyataan berikut
di bawah ini !
1)
Menjaga wilayah dan kekayaan
tanah air Indonesia
2)
Kesiapan sosial budaya
3)
Menjaga kelestarian lingkungan
4)
Menciptakan ketahanan nasional
Sikap dan perilaku menjaga
kesatuan NKRI ditunjukkan pada nomor... .
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
41. Jelaskan perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908 dengan perjuangan
sesudah tahun 1908 !
42. Jelaskan upaya yang dilakukan
organisasi Boedi Oetomo dalam mencapai tujuan !
43. Pada masa perjuangan sebelum
kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup
menciptakan persatuan bangsa, apa upaya yang dapat dilakukan pemuda sekarang
dalam menciptakan persatuan bangsa dengan berbagai kemudahan seperti saat ini ?
(Tuliskan 4 contoh upaya)
44. Bacalah cerita di bawah ini:
Seorang kakek keturunan Indonesia yang menjadi warga negara Russia
seringkali menangis ketika mendengarkan lagu tanah airku. Betapa dia rindu
untuk pulang ke Indonesia. Menjadi warga negara Russia dan hidup berkecukupan
dengan bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi tidak mengubah
asanya untuk pulang ke Indonesia. Syair “Tanah Airku” telah membulatkan hatinya
untuk terus mengenang tanah kelahirannya dan bertekad untuk bisa pulang kembali
ke tanah kelahirannya. Indonesia.
Jelaskan bagaimana membangun kecintaan generasi muda pada tanah
air Indonesia !
45. Bangsa Indonesia yang memiliki
sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi
kemerdekaan dengan pembangunan, apa upaya yang akan kalian lakukan sebagai
seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan ?
(Tuliskan 4 contoh upaya)
Bagi
rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal dan kunci
jawaban PAT/UKK PPKN Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 pada link berikut ini :
ARTIKEL TERKAIT :
- Soal PAT/UKK Matematika Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Indonesia Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK B Inggris Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK IPA Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PJOK Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK PAI Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Seni Budaya Kelas 8 K-13 Beserta Jawaban
- Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Jawaban
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Demikian
yang dapat admin sampaikan terkait Informasi Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 SMP/MTs K-13 Beserta Kunci Jawaban, semoga
bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Soal PAT/UKK PPKn Kelas 8 Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"