Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013

Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013

Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 akan admin bagikan pada akhir postingan, dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020.


Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PTS Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PTS dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.

Mutu pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya merupakan sistem penilaian (assesment).


Penilaian merupakan proses mengumpulkan informasi melalui pengukuran (menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasi hasil pengukuran. Sedangkan evaluasi merupakan proses mengambil keputusan berdasarkan hasil penilaian.


Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas tiga bentuk, yakni :
  • Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
  • Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan
  • Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah



Di dalam Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 dijelaskan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik merupakan proses pengumpulan informasi atau bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan setelah proses pembelajaran.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dapat dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, ulangan, penugasan, tes praktik, projek, dan portofolio disesuaikan denan karakteristik kompetensi.


Secara umum, penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian.

Penilaian formatif bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan dan menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki, mengubah atau memodifikasi pembelajaran agar lebih efektif dan dapat meningkatkan kompetensi siswa.


Sedangkan hasil penilaian sumatif digunakan untuk membuat keputusan apakah seorang peserta didik dapat melanjutkan atau tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya, naik kelas atau tidak, dan lulus atau tidak lulus.

Dengan demikian, penilaian hasil belajar oleh pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan remidial.


A. Prinsip-Prinsip Penilaian dalam Kurikulum 2013


Penilaian pendidikan dalam Kurikulum 2013 (K13) sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup beberapa bentuk penilaian, yakni penilaian otentik, penilaian diri, penilaian projek, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah.


Penilaian hasil belajar tersebut harus dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut :

  1. Sahih; berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
  2. Objektif; berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilaian.
  3. Adil; berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik tertentu.
  4. Terpadu; berarti penilaian oleh pendidik merupakan satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
  5. Terbuka; berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
  6. Menyeluruh (holistik) dan berkesinambungan; berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
  7. Sistematis; berarti penialain dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku.
  8. Beracuan kriteria; berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
  9. Akuntabel; berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.


B. Penilaian Tengah Semester (PTS)

Setiap satuan pendidikan, selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
  
Salah satu bentuk penilaian tersebut merupakan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau sering disebut juga Ulangan Tengah Semester (UTS).

Penilaian Tengah Semester merupakan salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya diambilkan dari setengah materi dalam satu semester 2.

PTS menjadi salah satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.


C. Tujuan Penilaian Tengah Semester

Tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.


Sedangkan secara khusus, tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester ialah sebagai berikut :
  • Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
  • Untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama setengah semester.
  • Untuk mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  • Untuk memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  • Untuk mendeteksi kebutuhan remidial dan pengayaan peserta didik.


D. Fungsi Penilaian Tengah Semester

Berikut ini beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS)
  • Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  • Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  • Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  • Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
  • Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013.



Dibawah ini admin bagikan Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013. Latihan soal ini untuk membantu belajar peserta didik kelas 8 SMP/MTs dalam mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) 2, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Materi latihan soal Penilaian Tengah Semester ini diambilkan dari setengah materi Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs semester 2.


  • Download Soal PTS/UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)



Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Soal ini hanya referensi bagi pihak-pihak yang membutuhkan, jika banyak kekurangan mohon maklum adanya.


Demikian yang dapat admin sampaikan mengenai Soal PTS/UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013, Semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013"