Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013
Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 – Soal
PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 akan admin
bagikan pada akhir postingan, dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester
(PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang
memerlukan Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya,
terutama pada saat akan menyusun dan membuat Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2
Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020.
Surat Edaran yang baru-baru ini di
publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal
PTS Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus
sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS
(Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal
PTS dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, oke langsung saja untuk
lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.
Mutu pembelajaran dipengaruhi oleh
banyak faktor, salah satunya merupakan sistem penilaian (assesment).
Penilaian merupakan proses
mengumpulkan informasi melalui pengukuran (menafsirkan, mendeskripsikan, dan
menginterpretasi hasil pengukuran. Sedangkan evaluasi merupakan proses
mengambil keputusan berdasarkan hasil penilaian.
Berdasarkan pada Peraturan
Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan
bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri
atas tiga bentuk, yakni :
- Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
- Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan
- Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah
Di dalam Permendikbud Nomor 53
tahun 2015 dijelaskan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik merupakan
proses pengumpulan informasi atau bukti tentang capaian pembelajaran peserta
didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan
dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis,
selama dan setelah proses pembelajaran.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik
dapat dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman,
ulangan, penugasan, tes praktik, projek, dan portofolio disesuaikan denan
karakteristik kompetensi.
Secara umum, penilaian hasil
belajar oleh pendidik dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif
dalam penilaian.
Penilaian formatif bertujuan untuk
memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah
dilakukan dan menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki, mengubah atau
memodifikasi pembelajaran agar lebih efektif dan dapat meningkatkan kompetensi
siswa.
Sedangkan hasil penilaian sumatif
digunakan untuk membuat keputusan apakah seorang peserta didik dapat
melanjutkan atau tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya, naik kelas
atau tidak, dan lulus atau tidak lulus.
Dengan demikian, penilaian hasil
belajar oleh pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar memantau hasil
belajar, dan mendeteksi kebutuhan remidial.
A. Prinsip-Prinsip Penilaian dalam Kurikulum 2013
Penilaian pendidikan dalam
Kurikulum 2013 (K13) sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk
mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup beberapa bentuk
penilaian, yakni penilaian otentik, penilaian diri, penilaian projek, ulangan,
ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat
kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah.
Penilaian hasil belajar tersebut
harus dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian sebagai
berikut :
- Sahih; berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
- Objektif; berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilaian.
- Adil; berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik tertentu.
- Terpadu; berarti penilaian oleh pendidik merupakan satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
- Terbuka; berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
- Menyeluruh (holistik) dan berkesinambungan; berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
- Sistematis; berarti penialain dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku.
- Beracuan kriteria; berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
- Akuntabel; berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
B. Penilaian Tengah Semester (PTS)
Setiap satuan pendidikan, selain
wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan
penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran
yang efektif dan efisien.
Salah satu bentuk penilaian
tersebut merupakan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau sering disebut juga
Ulangan Tengah Semester (UTS).
Penilaian Tengah Semester merupakan
salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya diambilkan dari setengah
materi dalam satu semester 2.
PTS menjadi salah satu penilaian
hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian Ulangan
Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.
C. Tujuan
Penilaian Tengah Semester
Tujuan Penilaian Tengah Semester
(PTS) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik
selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan belajar.
Sedangkan secara khusus, tujuan
pelaksanaan Penilaian Tengah Semester ialah sebagai berikut :
- Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
- Untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama setengah semester.
- Untuk mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
- Untuk memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
- Untuk mendeteksi kebutuhan remidial dan pengayaan peserta didik.
D. Fungsi
Penilaian Tengah Semester
Berikut ini beberapa fungsi dari
pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS)
- Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
- Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013.
Dibawah ini admin bagikan Download
Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013.
Latihan soal ini untuk membantu belajar peserta didik kelas 8 SMP/MTs dalam
mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) 2, khususnya pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia. Materi latihan soal Penilaian Tengah Semester
ini diambilkan dari setengah materi Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs semester
2.
- Download Soal PTS/UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 (DISINI)
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Soal ini hanya referensi bagi pihak-pihak yang membutuhkan, jika banyak kekurangan mohon maklum adanya.
Demikian yang dapat admin sampaikan
mengenai Soal PTS/UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum
2013, Semoga bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Download Soal PTS/UTS Kelas 8 Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013"