Download Contoh Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) SD Terbaru
Download Contoh Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) SD Terbaru – Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang KALENDER PENDIDIKAN PROVINSI BANTEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021, pada kesempatan yang baik ini admin kembali berbagi informasi terbaru, yakni Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), berikut penjelasan selengkapnya :
Rencana Kerja
Jangka Menengah (RKJM) merupakan rencana kerja yang disusun berdasarkan
kekuatan dan kelemahan yang berdasarkan fakta masa lalu, fakta kini, harapan
yang diinginkan serta tantangan nyata yang dihadapi.
Melalui RKJM sekolah telah melihat
alur perjalanan kedepan dalam mewujudkan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Dimana
harapan segenap sekolah dalam beberapa tahun ke depan akan memenuhi keinginan
pemerintah dan masyarakat sebagai satu-satunya sekolah yang berhasil mememenuhi
kreteria sebagai Sekolah Berstandar Nasional.
- A. LATAR BELAKANG
Rencana
Kerja Jangka Menengah Sekolah merupakan sebuah proses perencanaan atas semua
hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan dalam jangka waktu
4 tahun.
Dengan
tujuan ini sekolah dapat disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi
daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah dan kebutuhan peserta didik.
RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) disusun sebagai pedoman kerja pengembangan
sekolah, dan sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber
daya yang diperlukan.
Saat ini
kompetisi pendidikan berlangsung sangat ketat dan tajam hampir tiada batas, sekolah
yang tidak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tertinggal terseleksi
oleh keadaan. Oleh karena itu sekolah perlu mengembangkan dan meningkatkan
secara terus menerus dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki, baik
sumber daya menusia maupun sumber daya yang lainnya. dukungan dan kepercayaan
pemangku kepentingan (stakeholder) yang mendukung, sarana dan prasarana,
dan berada di lingkungan persekolah
dengan masyarakat yang religius.
Menghadapi
kondisi tersebut Sekolah perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun
Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) bertujuan untuk tercapainya pelayanan
pendidikan yang minimal terhadap siswa dan tercapainya pendidikan nasional
secara umum.
- B. LANDASAN HUKUM
- Undang-undang No. 20 tahun 2003; tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Permendiknas No. 22, 23, dan 24 Tahun 2006 tentang SI dan SKL
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 13 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Kepala Sekolah
- Permendiknas No. 28 Tahun 2010 tentang Tugas Guru sebagai Kepala Sekolah
- Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana
- Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
- Permendiknas No. 69 Tahun 2009 tentang Standar Pembiayaan
- Permendiknas No. 20 Tahun 20007 tentang Standar Penilaian
- C. MAKSUD DAN TUJUAN
- Menjamin untuk perubahan atau tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
- Mendukung koordinasi anatar personil sekolah.
- Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar personil sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan.
- Menjamin keterkaitan antara perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
- Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat.
- Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
- D. METODE PENYUSUNAN
Penyusunan
RKJM ini disusun berdasarkan data yang dikumpulkan yang kemudian dianalisis
menggunakan metode analisis Swot. Analisis Swot digunakan untuk mengetahui kelemahan
dan kekuatan yang ada pada sekolah baik pada masa kini dan harapan sekolah ke
depan berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi. Sehingga dapat
direkomnedasikan jalan keluar agar tujuan yang telah ditetapkan dicapai. Data
yang dianalisis berasal dari data yang dikumpulkan melalui metode observasi
dan metode tanya jawab.
Metode
observasi digunakan berdasarkan fakta riil saat ini baik melalui pengamatan
langsung dan berdasarkan data yang tersimpan pada bank data Nama Sekolah ......
Data tersebut dapat berupa dokumen pengarsipan dan dokumen elektronik.
Sedangkan yang lain yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tanya
jawab secara langsung terkait dengan fungsi kepala sekolah dalam mensupervisi
guru. Metode tanya jawab juga digunakan saat rapat dengan komite sekolah dan
rapat interen guru untuk mengetahui beberapa kelemahan dan kekuatan yang layak
untuk mendapat jalan keluar sehingga tantangan nyata yang dihadapi dapat
diatasi menuju tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
- E. KERANGKA PEMIKIRAN
Kerangka
pemikiran dari Rencana Kerja Menengah Sekolah adalah mengacu pada tujuan dari
pendidikan nasional sesuai dengan bunyi pasal 3 Undang-undang Sisdiknas Nomor
20 tahun 2003 yaitu “Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Kemudian
diatur lebih lanjut ke dalam Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan yang memuat 8 Standar Nasional Pendidikan
yaitu :
- a. standar isi;
- b. standar proses;
- c. standar kompetensi lulusan;
- d. standar pendidik dan tenaga kependidikan;
- e. standar sarana dan prasarana;
- f. standar pengelolaan;
- g. standar pembiayaan;dan
- h. standar penilaian pendidikan.
Berdasarkan
tujuan pendidikan nasional yang dijabarkan ke dalam 8 standar pendidikan yang
dikaitkan kodisi riil sekolah yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan maka
dilkukanlah usaha minimal untuk mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan) atau
bahkan dapat lebih yang selanjutnya dapat mengacu kepada sistem manajemen
sekolah mencakup kurikulum yang mengadopsi manajemen sekolah dan kurikulum
sekolah di negara maju. Hal tersebut
terkait dengan posisi Nama Sekolah yang dipersiapkan untuk menjadi
Sekolah Bersatandar Internasional.
Sudah
barang tentu banyak hal yang belum terpenuhi yang merupakan suatu kodisi nyata
saat ini yang harus segera dipenuhi untuk mencapai standar minimal yaitu
Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dimana langkah selanjutnya menuju Standar
Internasional. Maka dari itu sekolah wajib melakukan perencanaan secara rinci
dan terstruktur berdasarkan analisis dari fakta kelemahan dan kekuatan yang ada
sehingga dapat digambarkan kondisi tantangan nyata yang selanjutnya dijawab
dengan melakukan penyusunan dan pelaksanaan program-program strategis mulai
dari saat ini dan seterusnya untuk mempercepat tercapainya tujuan yang telah
ditentukan.
- F. SISTEMATIKA PENULISAN
Rencana
Kerja Menengah Sekolah ini disusun dengan sistematis dengan menggunakan kaedah
penulisan standard ilmiah. Hal ini dilakukan karna hal tersebut sesuai dengan
karakteristik ilmiah yang tidak dapat dipisahkan dari rangkaian rencana kerja
ini. Oleh karna pada dasarnya setiap rencana selalu berpijak dari suatu tekad
untuk memperbaiki suatu keadaan saat ini yang dianggap belum baik. Keadaan baik
adalah suatu keadaan yang diharapkan. Sehingga perencanaan yang matang perlu
dilaksanakan berdasarkan prinsip pemecahan masalah.
Metode
pemecahan masalah yang diawali dengan ditemukannya masalah sebagai akibat
terjadinya kesenjangan antara kondisi nyata dengan kondisi yang diharapkan.
Selanjutnya dilakukan analisis masalah yaitu dengan menemukan beberapa alternatif
pemecahan yang mungkin dilaksanakan selanjutnya memilih satu dari beberapa
alternatif tersebut untuk dijadikan solusi dari masalah tersbut untuk
dipecahkan. Tindakan selanjutnya adalah implementasi dari alternatif pemecahan
masalah tersebut. Langkah berikutnya adalah memastikan penerapannya berjalan
baik untuk kemudian dievaluasi dalam rangka menentukan langkah berikutnya
berdasarkan hasil yang dicapai pada tahapan atau siklus pertama tersebut.
Tahapan
yang didasarkan metode ilmiah hendaknya ditulis dengan kaedah ilmiah pula
dengan struktur penulisan yang standar pada penulisan ilmiah sehingga pada
Rencana Kerja Menengah ini mengikuti kaedah penulisan ilmiah baik dalam format
paragarap, huruf, kertas, margin dan srtuktur penomoran. Sistematika penulisan
yang digunakan adalah :
- Meniru sistem penomeran Amerika.
- Menggunakan huruf Tahoma 12, kertas F4 2,2,2, 3.
- Spasi yang digunakan adalah 1,5 spasi.
Untuk
lebih jelasnya silahkan download Contoh Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) SD
Terbaru pada tautan link yang sudah admin sematkan berikut ini :
- Download Contoh Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) SD Terbaru (DISINI)
Demikian
penjelasan secara singkat mengenai download Contoh Rencana Kerja Jangka
Menengah (RKJM) SD Terbaru, Semoga bermanfaat . . . . .*)
Posting Komentar untuk "Download Contoh Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) SD Terbaru"