Download Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013
Download Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013
– Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 akan admin bagikan
pada akhir postingan, dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS)
yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan
Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada
saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester untuk Kelas
9 SMP/MTs Kurikulum 2013 semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.
Surat Edaran yang baru-baru ini di
publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal
PTS Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus
sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS
(Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal
PTS dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, oke langsung saja untuk
lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.
Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan
dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil
pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan
efisien serta kondusif.
Salah satu bentuk penilaian
tersebut ialah Ulangan Tengah Semester (UTS) atau sering disebut juga Penilaian
Tengah Semester (PTS). Penilaian Tengah Semester adalah salah satu bentuk
evaluasi belajar yang materi soalnya diambilkan dari setengah materi dalam satu
semester dalam hal ini semester 2 (dua).
Penilaian Tengah Semester menjadi
salah satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti
Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.
Tujuan
Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS)
Tujuan Penilaian Tengah Semester
(PTS) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik
selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai salah satu bahan
penyusunan laporan kemajuan belajar.
Tujuan
pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) secara khusus ialah sebagai
berikut ini :
Memperbaiki proses pembelajaran
yang sudah berlangsung selama setengah semester.
Mengetahui kemajuan dan hasil
belajar peserta didik selama setengah semester.
Mendiagnosa kesulitan belajar
peserta didik.
Memotivasi peserta didik dalam melakukan
perbaikan hasil belajar.
Mendeteksi kebutuhan remedial dan
pengayaan peserta didik.
Fungsi
Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS)
Dibawah ini merupakan beberapa
fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS).
Sebagai salah satu bahan pertimbangan
dalam menentukan kenaikan kelas.
Sebagai umpan balik dalam perbaikan
proses pembelajaran.
Sebagai upaya untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik.
Sebagai evaluasi diri terhadap
kinerja peserta didik.
Soal
PTS UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013
Berikut ini admin bagikan soal PTS/UTS
IPA Kelas 9 SMP/MTs semester 2 Kurikulum 2013. Latihan soal PTS/UTS IPA ini
untuk membantu belajar peserta didik Kelas 9 SMP/MTs dalam mempersiapkan diri
menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) 2 (dua).
Materi soal Penilaian Tengah
Semester IPA ini diambilkan dari setengah materi IPA Kelas 9 SMP/MTs semester
2. Soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian
pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 30 soal.
Berikut admin tulis soal no 1 – 15
sebagai contoh saja, dan untuk selengkapnya silahkan download file nya pada
akhir postingan ini :
A.
Berilah tanda (x) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang paling tepat!
1.
Produk
berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah ....
- A. yogurt
- B. tahu
- C. sabun
- D. minyak goreng
2. Berikut
ini yang bukan termasuk bioteknologi adalah ....
- A. pemanfaatan jamur untuk membuat tape
- B. pemanfaatan jamur untuk membuat kecap
- C. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
- D. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka
3. Adonan
roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat
dengan tujuan agar....
- A. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
- B. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
- C. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
- D. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
4.
Pemyataan berikut yang sesuai dengan dampak positif pemanfaatan bioteknologi
dalam bidang pangan adalah ....
- A. bioremediasi merupakan pemanfaatan mikrobia dalam penanggulangan tumpahan minyak di perairan
- B. limbah kedelai tempe sangat baik dibuang di sungai untuk makanan biota air
- C. rekayasa genetik pada tanaman tebu dengan memanfaatkan bakteri Escherecia coli menghasilkan tanaman tebu tahan lahan kering
- D. ditemukannya bakteri Thiobacillus ferrooxidans membantu pemisahan logam besi dari timbal sulfat
5.
Pembuatan tempe merupakan contoh bioteknologi konvensional. Tempe dibuat
melalui fermentasi kedelai dengan mengunakan bantuan jamur Rhizopus sp. Manfaat
yang didapat dari penerapan bioteknologi tersebut adalah ….
- A. meningkatkan sistem kekebalan tubuh
- B. meningkatkan nilai gizi dari makanan tersebut
- C. memanfaatkan jumlah kedelai yang berlebihan
- D. mengubah bentuk bahan makanan tersebut
6.
Pemanfaatan mikroorganisme Acetobacter xylinum dalam proses pembuatan sari
kelapa berfungsi untuk ....
- A. mengubah zat gula menjadi selulosa
- B. mengubah karbohidrat menjadi glukosa
- C. mengubah gula menjadi glukosa
- D. mengubah gula menjadi asam asetat
7.
Mikroorganisme berikut yang menghasilkan antibiotik adalah ...
- A. Lactobacillus bulgaricus
- B. Salmonella typhosa
- C. Ascaris lumbricoides
- D. Penicillin notatum
8. Berikut
ini ciri-ciri bioteknogi modern, kecuali ...
- A. penggunaan teknologi plasmid
- B. memanfaatkan enzim
- C. memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah
- D. belum mengenal pemanfaatan enzim
9. Reaksi
kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape
adalah ....
- A. glukosa + O2 --> CO2 + H2O + energi
- B. glukosa + O2 --> CO2 + alkohol + energi
- C. glukosa --> CO2 + alkohol + energi
- D. glukosa --> CO2 + H2O + energi
10. Semakin
meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya
bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan kualitas yang
tinggi.
Upaya yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan
permasalahan tersebut adalah ....
- A. pengembangan teknik fermentasi makanan
- B. pengembangan protein sel tunggal
- C. pengembangan hewan transgenik
- D. pengembangan kloning
11.
Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan
sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi manusia.
Berikut ini yang bukan dampak buruk dari
bioteknologi adalah ....
- A. hasil limbah yang tinggi hasil dari sisa produk bioteknologi
- B. mengurangi plasma nutfah di Indonesia
- C. alkohol yang dihasilkan selama proses fermentasi merusak kesehatan jika dikonsumsi
- D. menciptakan hasil pangan dengan nilai gizi yang tinggi
12.
Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri
adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ....
- A. rekayasa genetika
- B. kloning
- C. transplantasi
- D. mutasi
13. Minuman
yoghurt yang terbuat dari air susu dapat mengobati lambung dan usus yang
terluka, proses pembuatan yoghurt tersebut karena hasil kerja dari ....
- A. Rizhopus oryzae
- B. Streptococcus thermophilus
- C. Neurospora sitophila
- D. Aspergillus wentii
14.
Perhatikan data spesies berikut!
K. Chlorella
sp.
L. Candida
utilia
M. Spirulina sp.
N. Sargassum sp
O. Rhizobium sp
Contoh sumber pangan produk bioteknologi
konvensional kelompok protein sel tunggal ditunjukkan oleh ....
- A. K, L, M
- B. K, M, O
- C. L, N, O
- D. M, N, O
15. Arah garis gaya magnet bumi adalah ....
- A. dari kutub utara bumi berakhir di kutub selatan bumi
- B. dari kutub selatan bumi berakhir di kutub utara bumi
- C. dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara bumi
- D. dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara magnet bumi
Download Soal PTS/UTS IPA Kelas 9
SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 (DISINI)
Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.
Demikian yang dapat admin sampaikan
mengenai Soal PTS UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013, Semoga
bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Download Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013"