Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 4


Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 4 - Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 3, pada kesempatan yang berbahagia ini admin kembali akan memberikan informasi terkait Massive Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yakni : Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 4, berikut informasi selengkapnya :
 
Massive Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2022.
 
Kegiatan ini sepadan dengan pelatihan dasar atau prajabatan bagi CPNS. Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018, tentang manajemen PPPK. Kompetensi PPPK yang tinggi diperlukan sejalan dengan tuntutan perkembangan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan umum, Tujuannya agar para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat bekerja maksimal di unit kerja masing-masing.
 
Pelatihan dasar calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme.
 
Berikut admin bagikan soal serta jawaban Evaluasi Akademik bagi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) :
 
Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 4
 
1. ASN sebagai profesi berlandaskan prinsip sebagai berikut, kecuali . . . . .
a.Nilai dasar
b.Komitmen,integritas,moral dan tanggungjawab pada pelayanan public
c.System komando
d.Profesionalitas jabatan
 
2. Amanah seorang PNS adalah menjamin terwujudnya nilai-nilai public,nilai public tersebut adalah sbb, kecuali . . . . .
a.Memiliki pemahaman dan kesadaran untuk menghindari dan mencegah keterlibatan PNS dalam politik praktis
b.Mengikuti seluruh arahan pimpin dalam menjalankan tugas tanpa memperhatikan ketentuan dan nilai2 yang berlaku dalam organisasi
c.Mampu mengambil pilihan yang tepat dan benar ketika terjadi konflik kepentinagan antara kepentingan public dan kepentingan sektor, kelompok dan pribadi
d.Memperlakukan warga Negara secara sama dan adil dalam penyelengaraan pemerintah dan pelayanan publik
 
3. Akuntabilitas memiliki 3 fungsi utama sebagai berikut, kecuali . . . . .
a.Untuk menyediakan control demokratis
b.Untuk mencegah korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan
c.Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas
d.Untuk memenuhi kewajiban instansi
 
4. Tingkatan akuntabilitas yang mengacu pada hasil pelaporan kinerja individu terhadap organisasi/institusi maupun kinerja organisasi kepada stekholder lainnya merupakan tingkatan pada . . . . .
a.Akuntabilitas personal
b.Akuntabilitas kelompok
c.Akuntabilitas stockholder
d.Akuntabilitas organisasi
 
5. Akuntabilitas sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat luas merupakan jenis akuntabilitas apa . . . . .
a.Akuntabilitas diagonal
b.Akuntabilitas horizontal
c.Akuntabilitas vertical
d.Akuntabilitas majemuk
 

6. Pemerintah sudah memulai program pengadaan barang dan jasa dengan mekanisme secara elektronik (e-procuerement) dengan tujuan memudahkan prosedur dan meminimalisir kasus KKN hal ini merupakan contoh dimensi akuntabilitas . . . . .
a.Akuntabilitas kejujuran dan hokum
b.Akuntabilitas proses
c.Akuntabilitas kepercayaan
d.Akuntabilitas program
 
7. Pelopor pergerakan kaum wanita pertama di Indonesia adalah . . . . .
a.Dewi sartika
b.Kristina marthatiyahahu
c.Cut nyak dien
d.R.A Kartini
 
8. Salah satu faktor yang dapat menyatukan dan mengikat organisai2 pergerakan nasional adalah . . . . .
a.Waktu berdirinya yang hampir bersamaan
b.Adanya kesadaran tentang arti pentingnya berpolitik
c.Adanya tujuan yang sama yaitu ingin mencapai kemerdekaan
d.Adanya diskriminasi yang dilakukan oleh belanda
 
9.Sejarah awal kebangkitan nasionalisme diindonesia ditandai dengan berdirinya . . . . .
a.Sarikat islam
b.Budi utomo
c.Taman siswa
d.Indische parte
 
10. Pertamakali diperdengarkan/dinyanyikan lagu Indonesia raya didepan umum waktu peristiwa . . . . .
a.Proklamasi kemerdekaan
b.Peristiwa rengasdengklok
c.Sumpah pemuda
d.Peresmian BPUPKI
 

11.Paham liberalism dikawasan eropa menimbulkan paham kapitalisme, imperialism dan  kolonialisme, akan tetapi dipihak lain menimbulkan . . . . .
a.Sosialisme
b.Idealisme
c.Nasionalisme
d.Komunisme
 
12. Nasionalisme merupakan hasil perpaduan beberapa factor antara lain adalah factor politik,ekonomi,social, dan factor intelektual dalam suatu taraf sejarah.hal tersebut merupakan pendapat dari . . . . .
a.Sun yat sen
b.Lous Snyder
c.Hans Khohn
d.Otto bauer
 
13. Yang tidak termasuk nilai2 dasar anti korupsi adalah . . . . .
a.Jujur
b.Peduli
c.Simpati (Sumber : Antikorupsi halaman 50)
d.Mandiri
 
14. Ada banyak factor penyebab terjadinya korupsi, antara lain adalah hal berikut, kecuali . . . . .
a.Administrasi/system
b.Perilaku SDM
c.Pribadi PNS yang berintegritas (Sumber : Antikorupsi halaman 45)
d.Kultur masyarakat
 
15.Dalam UU No 31 tahun1999,jo UU No 21 tahun 2001 dijelaskan bentuk2/jenis korupsi.seseorang yang menerima hadiah karena jabatannya dikategorikan sebagai . . . . .
a.Kerugian keuangan Negara
b.Penyuapan
c.Gratifikasi (Sumber : Antikorupsi halaman 26)
d.Perbuatan curang
 

16.Dengan menyadari sepenuh hati dampak korupsi, seseorang diharapkan . . . . .
a.Memahami arti pentingnya korupsi bagi kelanjutan semua bangsa
b.Menghindarkan diri dari perilaku dan tindak pidana korupsi karena akan berakibat kehancuran (Sumber : Antikorupsi halaman 32)
c.Mengurangi tingkat korupsi pada suatu organisasi
d.Membantu system korupsi
 
17. Harga –harga infrastruktur akan jauh lebih tinggi.inilah salah satu dampak dari korupsi.hal ini dikemukakan oleh . . . . .
a.Depken and Lafountain
b.Golden and picci (Sumber : Antikorupsi halaman 8)
c.Gupta,Davvoddi, and Alonso – terme
d.Pulo Mauro
 
18. Terkait dengan identifikasi dan penyelarasan nilai – niai anti korupsi, manakah yang  tidak tepat . . . . .
a.menentukan skala prioritas atau mendapatkan nilai - nilai anti korupsi yang paling inti akan memudahkan untuk implementasinya
b.jika nikai – nikai inti telah dilaksanakan maka nilai – nilai anti korupsi lainnya akan sekaligus telah dilaksanakan pula
c.9 nilai dasar anti korupsi tidak dapat digabung – gabungkan karena akan menghilangkan kesempurnaan pelaksanaannya
d.memutuskan 3 nilai dasar anti korupsi yang paling siknifikan akan membuat proses  internalisasinya lebuh terfokus
 
19. Public servants must be both moral philosophers and moral activists, which would require: first, an understanding of, and belief in, regime values, and second, a sens of extensive benevolence for the people of the nation. Merupakan pernyataan terkait ASN sebagai pelayan public dari . . . . .
a.Fredickson and hart
b.Ricocur
c.Immanuel Khant
d.Collins cobuild
 
20. Paham idealisme etik mengatakan bahwa . . . . .
a.pada dasarnya setiap manusia adalah baik namun suka hal hal yg tidak
b.pada dasarnya setiap manusia adalah tidak baik namun suka hal hal yang baik
c.pada dasarnya setiap manusia adalah tidak baik suka hal – hal yang tidak baik
d.pada dasarnya setiap manusia adalah baik dan suka hal – hal yang baik
 

21. Berikut merupakan contoh pelanggaran integritas dan etika public dalam lingkungan kerja . . . . .
a.menggunakan kendaraan dinas untuk mudik saat hari raya
b.menitip tanda tangan kehadiran kepada rekan sekerja
c.menerima hadiah atau cindera mata saat melaksanakan tugas
d.semua jawaban benar (Sumber: Materi etika publik hal 59)√
 
22. Sisi dimensi reflektif dari etika public berfungsi sebagai . . . . .
a.bantuan dalam menimbang pilihan sarana kebijakan public dan alat evaluasi
b.jembatan atas norma moral dan tindakan factual
c.layanan public yang berkualitas dan relefan
d.membentuk integritas pelayanan publik
 
23. Salah satu asas kode etik administrasi public adalah hati nurani memegang peranan penting dalam memilih arah tindakan hal ini memiliki makna sebagai berikut kecuali . . . . .
a.memerlukan keadaran akan makna ganda moral dlm kehidupan
b.pengkajian tentang prioritas nilai
c.tujuan yang baik tidak pernah membenarkan cara tak bermoral atau ( good ends never justify inmoral means)
d.Fokus pada capaian hasil bukan pada proses
 
24. Selama ini instansi pemerintah mengusulkan formasi perekrutan PNS bukan semata – mata berdasarkan kebutuhan.misalnya Hakim dipengadilan yang direkrut karena kedekatan hal ini berdampak kepada . . . . .
a.kita kekurangan hakim yang tidak baik dan kelebihan hakim yang baik
b.kita kekurangan hakim yang baik dan kelebihan hakim yang tidak baik (Sumber: Materi etika publik hal 59-60)
c.kita kelebihan hakim yang baik dan kekurangan hakim yang tidak baik
d.kita kelebihan hakim yang tidak baik dan kekurangan hakim yang tidak baik
 
25. Hal yang mencerminkan nilai keungulan produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhannya merupakan konsep dari . . . . .
a.Mutu (Sumber: Materi Komitmen Mutu hal 23)
b.kreativitas
c.efisien
d.inovatif
 

26.Kegiatan perbaikan berkelanjutan yang melibatkan setiap orang dalam organisasi melalui usaha yg terintegrasi disebut
a. total product management
b. total improvement manajemen
c. total quality management (Sumber : Materi Komitmen Mutu halaman 29)
d. total resources manajemen
 
27. Mengembangkan rencana aksi dalam metode PDCA merupakan langkah . . . . .
a.plan ( perencanaan ) (Sumber : Materi Komitmen Mutu halaman 36-37)
b.Do ( melaksanakan )
c.Check ( pemeriksaan )
d.Act ( melakukan tindakan )
 
28. Dalam metode PDCA, ada tiga tindakan/keputusan yang dapat dilakukan untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan, yaitu kecuali . . . . .
a.Adopsi
b.Adaptasi
c.Integrasi (Sumber : Materi Komitmen Mutu halaman 38)
d.Membatalkan
 
29. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan karakteristik nilai dasar orientasi mutu . . . . .
a.Mengedepankan komitmen terhadap kepuasan custumer / klien
b.Beradaptasi dengan perubahan yg terjadi baik berkaitan dengan pergeseran tuntutan kebutuhan custumer/klien maupun perkembangan teknologi
c.Menggunakan pendekatan ilmiah dan inovatif dalam pemecahan masalah dalam pengambilan keputusan
d.Melakukan peningkatan jumlah produksi layanan secara terus
 
30. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk terus memperbaiki mutu layanan dari aparatur penyelengggara pemerintahan (pegawai ASN) Kepada public,antara lain,kecuali . . . . .
a.memiliki kopetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya
b.merencanakan target mutu layanan yang akan ditampilkan
c.memahami karakter pelanggan yang akan dilayani
d.menguyamakan produktifitas kinerja.
 

31. Berdasarkan jenisnya, pegawai ASN dikelompokkan ke dalam . . .
a.pns dan p3k (Sumber : Materi Manajemen ASN halaman 15)
b.p3k dan pejabat fungsional
c.pejabat structural dan pegawai honorer
d.pejabat structural dan pejabat fungsional
 
32. Berikut ini tugas pegawai ASN, kecuali . . . . .
a.melaksanakan kebijakan yang dibuat oleh pejabat Pembina kepegawaian
b.memberikan pelayanan public
c.mengelola partai politik
d.mempererat persatuan dan kesatuan bangsa
 
33. Berikut ini merupakan gambaran kedudukan pegawai ASN . .
a.berkedudukan sebagai unsur aparatur negara
b.melaksanakan kebijakan yang ditetapkan oleh golongan tertentu
c.terikat dengan pengaruh dan intervensi golongan dan partai politik
d.mematuhi perintah pimpinan walaupun tidak sesuai dengan aturan yang berlaku
 
34. Yang tidak termasuk dalam kode etik dan kode perilaku ASN antara lain . . .
a.melaksanakan tugasnya dengan jujur, tanggung jawab dan berintegritas tinggi
b.melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin
c.melayani dengan sikap hormat, sopan dan tanpa tekanan
d.mendorong kesetaraan dalam pekerjaan
 
35. berikut ini yang bukan merupakan strategi managemen ASN dalam menerjemahkan konsep system merit adalah . . .
a.Open recriuitment
b.Tallend management
c.Fire asseggesment
d.Spoil system
 

36. Saat ini masih terdapat instansi pemerintah yang melakukan promosi bagi pegawainya dengan praktek spoil system. Berikut ini yang merupakan bentuk dari spoil system, kecuali . . .
a.memilih berdasarkan afiliasi politik
b.menggunakan tools assegement tertentu
c.memberikan promosi tanpa indicator yang jelas
d.kurang jelasnya akses informasi mengenai promosi
 
37.Ide WOG dalam mengintegrasikan sektor-sektor ke dalam satu cara pandang dan system diperkenalkan pertama kali oleh tokoh politik . . .
a.Barack Obama
b.Tony Blair
c.Angelia Marcel
d.Kevin Ruth
 
38.Pendekatan Wog di beberapa negara dipandang sebagai bagian dari respon terhadap ilusi paradigma . . . . .
a.All public administration
b.Good public management
c.New Public management
d.new public service
 
39. Berikut ini bukan menjadi alasan eksternal untuk menghadirkan Wog menjadi penting dan tumbuh sebagai pendekatan yang mendapatkan perhatian dari pemerintah . . . . .
a.dorongan public dalam mewujudkan integrasi kebijakan
b.perkembangan teknologi informasi
c.situasi dan dinamika
d.peningkatan kehidupan demokratisasi
 
40. Dalam konteks Indonesia, berikut ini menjadikan WOG menemukan kepentingannya untuk hadir mengawal tumbuhnya nilai –nilai perekat kebangsaan yang akan menjamin bersatunya elemen-elemen kebangsaan ini dalam suatu frame NKRI, kecuali . . .
a.keberagaman latar belakang nilai budaya adat istiadat
b.adanya potensi disintegrasi bangsa
c.keberagaman pendidikan dan kapasitas
d.keberlimpahan sumber daya alam (Sumber : Materi WoG halaman 8)
 

41. Pendekatan WOG dapat dilihat dan dibedakan berdasarkan perbedaan kategori hubungan antara kelembagaan yang terlibat secara kontinum mulai dari yang partial (soft) sampai dengan penuh (full) adalah sebagai berikut . . .
a.koordinasi integrasi kedekatan dan pelibatan
b.koordinasi kedekatan dan pelibatan integrasi
c.integrasi, kedekatan dan pelibatan koordinasi
d.kedekatan dan pelibatan koordinasi integrasi
 
42. kategori tingkat adaptasi negara-negara dalam mendukung WOG melalui penerapan teknologi nformasi dapat dilihat dari ketersediaan hal berikut ini, kecuali . . .
a.chief information office (CIO)
b.Interoperabilitas sector public
c.integrasi pelayanan online
d.portal masing-masing kementerian dan lembaga (Sumber : Materi WoG hal 46)
 
43.berikut adalah faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan public kecuali . . .
a.kecukupan anggaran
b.kualitas organisasi penyelenggara
c.masyarakat (Sumber : Materi Pelayanan Publik halaman 13)
d.birokrat
 
44. berikut adalah makna dari service menurut Christopher H. Lovlock. Kecuali . . .
a.tidak berwujud
b.berlangsung sesaat
c.ada bentuk yang dapat dimiliki (Sumber : Materi Pelayanan Publik hal 7)
d.dapat dirasakan
 
45. manakah yang termasuk barang privat . . . . .
a.jalan tol
b.fasilitas bandara
c. mobil (Sumber : Materi Pelayanan Publik hal 13)
d. udara bersih
 

46.Disebut dengan apakah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dengan cara membatasi ruang gerak individu agar tidak merugikan individu yang lain . . . . .
a.Protective regulatory policy (Sumber : Materi Pelayanan Publik ha 20)
b.competitive regulatory policy
c.Non-ecludable policy
d.Non-rivalry policy
 
47.     Manakah yang merupakan ciri ciri dari pelayanan privat . . . . .
a.sifatnya barang public atau semi public dan memiliki eksternalitas
b.merupakan tanggungjawab Negara
c.lembaga penyelenggaranya adalah instansi pemerintah dan non pemerintah
d.sumber pembiayaanya adalah kekayaan Negara yang di pisahkan, hasil penjualan dan user free
 
48.Berikut ini adalah bentuk nyata dari sikap respectfull seorang ASN kecuali . . . . .
a.mematuhi perintah atasan dan tidak suka membantah
b.menghargai pendapat dan usul pengguna jasa
c.seorang atasan hendaknya juga mau mendengar pendapat bawahan
d.mendengar dengan sungguh sungguh apa yang digunakan pengguna jasa
 
49. PNS dapat berpindah antar dan antara kelompok jabatan berdasarkan pada . . . . .
a.Kualifikasi, kompetensi dan penilaian kinerja
b.Kompetensi, kualifikasi dan permintaan pemimpin
c.Penilaian kinerja, keinginan pimpinan dan kualifikasi
d.Penilaian kinerja, kompetensi dan keinginan pemimpin
 
50.Paham idealisme etik mengatakan bahwa . . . . .
a.pada dasarnya setiap manusia adalah baik namun suka hal hal yang tidak baik
b.pada dasarnya setiap manusia adalah tidak baik namun suka hal hal yang baik
c.pada dasarnya setiap manusia adalah tidak baik dan suka hal hal yang tidak baik
d.pada dasarnya setiap manusia adalah baik dan suka hal hal yang baik
 
 
Bagi rekan-rekan yang membutuhkan Jawabannya, silahkan unduh file-nya melalui link dibawah ini :
 
 
Demikian yang dapat admin sampaikan terkait informasi Massive Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yaitu : Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 4, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 4"