Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 3
Kegiatan ini sepadan dengan pelatihan dasar atau prajabatan bagi CPNS. Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018, tentang manajemen PPPK. Kompetensi PPPK yang tinggi diperlukan sejalan dengan tuntutan perkembangan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan umum, Tujuannya agar para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat bekerja maksimal di unit kerja masing-masing.
Pelatihan dasar calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme.
Berikut admin bagikan soal serta jawaban Evaluasi Akademik bagi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) :
a)Mengedepankan kepentingan publik
b)Integritas
c)Prinsip imparsial
d)Intoleransi keberagaman (modul akuntabilitas pns hal 14)
a)Pejabat Pembuat Komitmen
b)Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
c)Seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Instansi
d)Semua unsur aparatur dalam birokrasi (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
a)PNS menjamin penyimpanan informasi yang bersifat rahasia
b)PNS menyebarkan informasi pemerintahan yang belum dipastikan kebenarannya melalui media sosial (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
c)PNS memberikan informasi secara benar dan tidak menyesatkan kepada pihak lain yang memerlukan informasi terkait kepentingan kedinasan
d)PNS bertindak dan mengambil keputusan secara transparan
a)Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2010 = Pendirian Perusahaan Penerbit Surat Berharga Syariah Negara Indonesia II
b)Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2010
c)Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 (modul etika publik hal.50)
d)Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2010
a)Kepentingan (modul akuntabilitas hal.24)
b)Kepemimpinan
c)Keseimbangan
d)Transparansi
a)Responsibilitas perseorangan dan stakeholder
b)Â Responsibilitas institusi dan stakeholder
c)Responsibilitas perseorangan dan institusi (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
d)Responsibilitas stakeholder dan publik
a)Laporan Perencanaan Instansi Pemerintah
b)Laporan Desain Tata Kelola dan Kelembagaan Instansi Pemerintah
c)Laporan Roadmap Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah
d)Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
a)Waktu berdirinya yang hampir bersamaan
b)Adanya kesadaran tentang arti pentingya berpolitik
c)Adanya tujuan yang sama, yaitu ingin mencapai kemerdekaan (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
d)Adanya diskriminasi yang dilakukan oleh Belanda
a)Dewi Sartika
b)Christina Marthatiahahu
c)Cut Nyak Dien
d)R.A. Kartini (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
a)Nasionalisme (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
b)Marxisme
c)Sosialisme
d)Otoriterisme
a)persamaan derajat
b)tekonologi komunikasi
c)rasa toleransi (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
d)kepentingan setiap orang
a)Menyusun dan membuatkan serangkaian jadwal pemerintah untuk mengatasi problem tertentu (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
b)Melegitimasi kebijakan definitif
c)Membuat daftar nominatif urutan masalah-masalah publik menurut skala prioritas secara politis
d)Melaksanakan kebijakan untuk memecahkan problem public
a)Penentu kebijakan luar negeri.
b)Mengaktifkan kegiatan masyarakat dalam pembangunan
c)Membuka korelasi perdagangan negara dengan negara lain.
d)Penghubung antara rakyat dengan perumus kebijakan (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
a)Panitia yang terdiri atas 4 golongan kebangsaan dan 5 golongan Islam
b)Panitia yang terdiri atas 5 golongan kebangsaan dan 4 golongan Islam (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
c)Panitia yang terdiri atas 3 golongan kebangsaan dan 6 golongan Islam
d)Panitia yang terdiri atas 6 golongan kebangsaan dan 3 golongan Islam
a)menjadi wakil PBB dalam mediasi krisis Kamboja dengan membentuk UNTAET
b)menjadi mediator dalam konflik Kamboja dengan melaksanakan Jakarta Informal Meeting (JIM) (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
c)mengirimkan bantuan logistik dan obat-obatan untuk korban kekacauan di Kamboja
d)mengirimkan pasukan Garuda untuk memukul mundur pasukan Vietnam yang menginvasi Kamboja
a)Menggunakan kendaraan dinas untuk mudik saat hari raya
b)Menitip tanda tangan kehadirankepada rekan sekerja
c)Menerima hadiah atau cindera mata saat melaksanakan tugas
d)semua jawaban benar (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
a)Membocorkan soal ujian masuk CPNS
b)Memberikan informasi pembebasan lahan khusus kepada kelompok/keluarga
c)Melaporkan informasi rahasia dalam laporan keuangan
d)Mengadukan pelaku pelanggaran etika kepada komite etika (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
a)Kebocoran soal ujian nasional
b)Menjadi pengguna narkoba dan berjudi
c)Nepotisme dalam penerimaan CPNS
d)Penegakan hukum sesuai ketentuan yang berlaku (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
a)aturan-aturan yang mengatur tingkah laku dalam suatu kelompok khusus, sudut pandangnya hanya ditujukan pada hal-hal prinsip dalam bentuk ketentuan- ketentuan tak tertulis
b)aturan-aturan yang mengatur tingkah laku dalam suatu kelompok umum, sudut pandangnya hanya ditujukan pada hal-hal prinsip dalam bentuk ketentuan- ketentuan tertulis
c)aturan-aturan yang mengatur tingkah laku dalam suatu kelompok umum, sudut pandangnya hanya ditujukan pada hal-hal prinsip dalam bentuk ketentuan- ketentuan tak tertulis
d)aturan-aturan yang mengatur tingkah laku dalam suatu kelompok khusus, sudut pandangnya hanya ditujukan pada hal-hal prinsip dalam bentuk ketentuan- ketentuan tertulis (modul etika publik hal.10 )
a)kewenangan atau keabsahan dalam memegang kekuasaan (modul etika publik hal.32)
b)kekuatan pemilik kekuasaan
c)keberanian yang memegang kekuasaan
d)keandalan dalam melaksanakan kekuasaan
a)norma etika maupun norma hukum (modul etika publik hal.32)
b)norma susila dan norma kesantunan
c)norma adat dan kebiasaan
d)norma moral dan norma spiritual
a)Revolusi birokrasi layanan
b)Evolusi birokrasi layanan
c)Revolusi inovasi layanan (modul komitmen mutu hal 168)
d)Evolusi inovasi layanan
a)Dengan cara penemuan
b)Dengan cara sintesis
c)Dengan cara duplikasi
d)Dengan cara sinergis (modul komitmen mutu hal 143)
a)Kepuasan pelanggan (modul komitmen mutu hal 140)
b)Efisiensi dan efektivitas
c)Kesempurnaan pelayanan
d)Keunggulan Mutu
a)Kebutuhan organisasi untuk meningkatkan produktivitas
b)Kebutuhan organisasi untuk menghemat sumberdaya
c)Kebutuhan organisasi menciptakan terobosan
d)Kebutuhan organisasi untuk beradaptasi dengan tuntutan perubahan lingkungan (modul komitmen mutu hal 14)
a)Mengutamakan kepentingan sebagai pelanggan
b)Menjalankan tugas, peran, dan fungsi sesuai dengan ketentuan
c)Menumbuhkan kepercayaan terhadap institusi pemerintah
d)Meningkatkan citra dan kesejahteraan pelanggan = meningkatkan kesetiaan dan kepuasan sebagai pelanggan (modul komitmen mutu hal 170)
a)Pelecehan atau bahkan penolakan
b)Ketiadaan infrastruktur
c)Tidak ada dukungan dari pimpinan
d)Kurangnya sumberdaya manusia yang handal (modul komitmen mutu hal 153)
a)Memastikan adanya kesadaran anti korupsi terlebih dahulu hingga muncul niat memberantas atau anti korupsi, baru kemudian mempelajari secara detail tentang delik dan modus korupsi (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
b)Mempelajari delik dan modus korupsi secara detail pasti akan menjauhkan diri kita dari perilaku dan tindak pidana korupsi;
c)Mendapatkan contoh-contoh nyata delik dan modus tindak pidana korupsi akan lebih memudahkan menjauhkan diri dari korupsi
d)Mempelajari dampak tindak pidana korupsi akan meningkatkan pengetahuan tentang menjauhkan diri dari tindak pidana korupsi
a)Kerugian keuangan negara
b)Suap menyuap
c)Penggelapan Jabatan (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
d)Gratifikasi
a)Berjuang untuk memastikan terciptanya integritas dalam kehidupan sehari-hari,
b)Mengupayakan agar pemimpin berlaku adil terhadap karyawan (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
c)Mengupayakan agar integritas menjadi budaya,
d)Mengupayakan agar integritas hadir dalam kehidupan keluarga, dan berusaha menjadikan organisasinya memiliki corporate culture.
a)Komitmen Mutu
b)Integritas (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
c)Spritual Accountability
d)Akuntabilitas
a)Re-Framing Culture
b)Seeding of Integrity
c)Multi Protection of Integrity (youtube)
d)Simbolisasi
a)Simbolisasi
b)Change Belief (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
c)Dis-asosiasi
d)MASAURA
a)Jabatan Pimpinan Tinggi
b)Jabatan Fungsional
c)Jabatan Administrasi
d)Jabatan Struktural (modul manajemen asn hal 24) hal 25
a)Kualifikasi, kompetensi dan penilaian kinerja (modul manajemen ASN hal 10) 26
b)Kompetensi, kualifikasi dan permintaan pimpinan
c)Penilaian kinerja, keinginan pimpinan dan Kualifikasi
d)Penilaian kinerja, kompetensi dan keinginan pimpinan
a)Integritas dan moralitas (modul manajemen ASN hal 27)
b)Integritas dan komunikasi
c)Komunikasi dan moralitas
d)Komunikasi dan kerjasama
a)Sebagian kewenangan pengelolaan Pegawai ASN dapat didelegasikan pelaksanaannya kepada kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, dan pemerintah daerah (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
b)Setiap penyelenggaraan kebijakan dan Manajemen ASN, mengutamakan landasan peraturan perundangundangan, kepatutan, dan keadilan
c)Setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan Pegawai ASN harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan
d)Dalam penyelenggaraan Manajemen ASN bersifat terbuka untuk publik
a)pelatihan fungsional
b)penataran
c)magang (modul manajemen ASN hal 29)
d)sosialisasi
Yang perlu diperhatikan oleh Instansi dalam pengembangan kompetensi pegawainya antara lain, kecuali . . . . .
a)Pengembangan kompetensi digunakan sebagai salah satu dasar dalam pengangkatan jabatan dan pengembangan karier
b)Pengembangan kompetensi dilakukan atas permintaan individual pegawai sebelum dianalisis terlebih dahulu (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
c)Pengembangan kompetensi harus dievaluasi oleh Pejabat yang Berwenang
d)Pengembangan kompetensi tertuang dalam rencana kerja anggaran tahunan setiap instansi
a)Tidak adanya suap
b)Tersedianya Standard Operating Procedures (SOP)
c)Kemudahan masyarakat melakukan pengaduan
d)Tersedianya pagu anggaran (WOG hal 2)
a)Pelayanan yang Bersifat Adminisitratif
b)Pelayanan Jasa
c)Pelayanan Barang
d)Pelayanan Regulatif (modul WOG Hal 8)
a)E-KTP
b)PTSP (modul WOG Hal 34)
c)Posyandu
d)SIM Keliling
a)Kapasitas SDM dan institusi (modul WOG Hal. 34)
b)Nilai dan budaya organisasi
c)Kepemimpinan
d)Pendanaan
a)Pasal 18A (modul WOG Hal. 51)
b)Pasal 20A
c)Pasal 22A
d)Pasal 25 A
a)Asas Dekonsentrasi
b)Asas Tugas Pembantuan
c)Asas Desentralisasi (modul WOG Hal. 51)
d)Asas keterbukaan
a)protective regulatory policy (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
b)competitive regulatory policy
c)non-excludable policy
d)non-rivalry policy
a)Perencanaan
b)Pelaksanaan
c)Evaluasi
d)Penganggaran (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
a)Membuat janji bertemu
b)Konfirmasi ulang sebelum bertemu
c)cek tempat pertamuan
d)berpenampilan berlebihan (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
a)organisasi penyelenggara pelayanan publik
b)penerima layanan
c)bentuk layanan (modul pelayanan publik hal 19)
d)kepuasaan pelanggan
a)Masalah yang mempunyai akibat lebih luas termasuk akibat yang mengenai orang yang secara tidak langsung terlibat
b)Masalah yang mempunyai akibat yang terbatas , atau hanya menyangkut pada satu atau sejumlah kecil orang yang terlibat secara langsung (https://youtu.be/mUIYnzwP7kw)
c)Isu dirasakan oleh semua warga masyarakat politik yang patut mendapat perhatian publik dan isu berada dalam judikasi kewenangan pemerintah
d)Masalah yang paling mendapat perhatian pemerintah
Demikian yang dapat admin sampaikan terkait informasi Massive Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yakni : Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 3, semoga bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 3"