Soal & Jawaban PTS/UTS PPKN Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013
Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat !!
- a. Meningkatkan apresiasi terhadap kesenian
- b. Mengenal libih dekat tentang peristiwa serta pelaku sejarah bangsanya
- c. Memupuk kesadaran bersejarah dalam aspirasi terhadap warisan budaya
- d. Penyebarluasan informasi kebudayaan lewat peragaan benda-benda budaya
- e. Melestarikan puncak-puncak kebudayaan bangsa yang berkembang didaerah-daerah
- a. Partai politik
- b. Lembaga swadaya masyarakat
- c. Organisasi kemasyarakatan
- d. Dewan perwakilan rakyat
- e. Majlis permusyawaratan rakyat
- a. Adanya rasa cinta tanah air
- b. Kesadaran dan kemauan bersatu
- c. Menghargai perbedaan
- d. Memahami keragaman budaya
- e. Sikap toleransi dan empati
- a. Menjaga dari serangan musuh
- b. Mempertahankan kedaulatan negara
- c. Menjalin hubungan baik dengan negara
- d. Memberi peluang paham liberalism
- e. Mencegah masuknya budaya asing
- a. Politik
- b. Sosiologi
- c. Ekonomis
- d. Budayais
- e. Antropologis
- a. Kemiskinan d. Konflik antar kelompok
- b. Terorisme dan serbuan budaya asing
- c. Korupsi dan menjarah kekayaan alam
- d. Memudarnya sikap cinta bangsa
- e. Semua benar
- a. Sikap toleran antar umat beragama
- b. Sikap menghargai dan merasa ikut memiliki kebudayaan daerah lain, bahkan mau mempelajari budaya daerah lain
- c. Diadakan pekan olah raga nasional yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali
- d. Pembangunan taman mini nasional indonesia indah ( TMII ) dijakarta oleh pemerintah
- e. Sikap saling menonjolkan budaya daerah dengan merendahkan budaya daerah lain
- a. Budayais
- b. Politik
- c. Sosiologis
- d. Ekonomis
- e. Antropologis
- a. Pembrontakan bersenjata
- b. Pengambilan sesuai propesi
- c. Pelatihan dasar kemiliteran
- d. Pengabdian sebagai prajurit
- e. Pendidikan kewarganegaraan
- a. Aksi blokade
- b. Aksi spionase
- c. Aksi agresi
- d. Aksi sabotase
- e. Aksi terorisme
- a. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia
- b. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah
- c. Adanya jiwa dan semangat gotong royong, solidaritas, dan toleransi keagamaan yang kuat
- d. Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia
- e. Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika
- a. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia
- b. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah
- c. Adanya semangat persatuan dan kesatuan bangsa, bahasa, dan tanah air Indonesia
- d. Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia
- e. Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal ika
- a. Komitmen persatuan bangsa dalam keberagaman
- b. Komitmen untuk membangun daerahnya masing-masing
- c. Komitmen untuk mensejahterakan rakyat di daerah tertinggal
- d. Komitmen untuk memajukan daerahnya dalam bingkai persatuan
- e. Komitmen persatuan antara sesama umat seagama dan semangat ukhuwah
- a. Pembangunan berjalan lancar
- b. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab
- c. Kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang
- d. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
- e. Terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku, dan bahasa
- a. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang toleran
- b. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam
- c. Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal ika
- d. Pengalaman sejarah bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun
- e. Dengan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang majemuk akan menjadi kokoh dan kuat
- a. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928
- b. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
- c. Penetapan Pancasila pada tanggal 17 Agustus 1945
- d. Penetapan UUD NRI Tahun 1945 pada tanggal 17 Agustus 1945
- e. Dimasukkannya Burung Garuda sebagai Lambang Negara Republik Indonesia
- a. John Locke
- b. Myron Weiner
- c. Howard Wriggins
- d. Nazaruddin Sjamsuddin
- e. J. Soedjati Djiwandono
- a. Nilai-nilai sosial dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial
- b. Norma-norma dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.
- c. Adanya konsensus nasional dalam rangka kepemimpinan nasional yang otoritarian
- d. Anggota-anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan satu dengan lainnya
- e. Terciptanya kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma-norma dan nilai- nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman
- a. Pelanggaran haknya orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan haknya
- b. Pelanggaran hak orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan akan menjalankan haknya
- c. Pelanggaran hak orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan kewajibannya.
- d. Pelanggaran kewajiban orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang kewajibannya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan haknya
- e. Pelanggaran kewajiban orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang kewajibannya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan kewajibannya
- a. menjaga keselarasan antarbudaya
- b. menjaga keselarasan antar kelompok masyarakat tertentu
- c. menjaga keserasian antara masyarakat dan pemerintah yang berkuasa
- d. menjaga keserasian antar internal budaya dalam kelompok masyarakat tertentu
- e. menjaga keserasian dan keselarasan antar penganut agama dalam kelompok masyarakat
Artikel Terkait :
- Soal & Jawaban PTS/UTS PPKn Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS SENI BUDAYA Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS PRAKARYA Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS PAI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS GEOGRAFI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS B INGGRIS Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS PENJAS Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS SEJARAH Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS BIOLOGI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS EKONOMI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS B INDONESIA Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS SOSIOLOGI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS INFORMATIKA Kelas 10 Semester 2 K-13
Keterangan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing.
Posting Komentar untuk "Soal & Jawaban PTS/UTS PPKN Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013"