Soal & Jawaban PTS/UTS B Indonesia Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013
Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat !!
- A. Unsur-unsur debat
- B. Ciri-ciri debat
- C. Struktur debat
- D. Pengertian debat
- E. Inti debat
- Menyatakan argumen-argumen yang logis
- Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun
- Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argument
- Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan
- Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain
- A. 3-2-1-4-5
- B. 1-2-3-4-5
- C. 3-2-4-1-5
- D. 4-2-1-3-5
- E. 3-1-4-2-5
- A. Menyatakan pendapat atau sanggahan dengan bahasa yang santun
- B. Mengedepankan logika, tidak menggunakan emosi
- C. Menghargai pendapat pihak lain
- D. Mendengarkan dengan seksama saat pihak lain berbicara
- E. Benar semua
- A. Moderator
- B. Narasumber
- C. Peserta debat
- D. Penonton
- E. Tim Afirmatif
- Analogi
- Pernyataan
- Generalisasi
- Sebab-Akibat
- A. 1 dan 3
- B. 1,2, dan 3
- C. 1,3, dan 4
- D. 2,3, dan 4
- E. 1,2,3 dan 4
- A. Pandai membuat suasana menjadi memanas
- B. Cerdas dan pintar
- C. Boleh mengambil dari salah satu pendukung peserta debat
- D. Netral dan tidak memihak antara kedua belah pihak debat
- E. Dapat membantah kedua belah pihak
- A. Paragraf yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa secara kronologis
- B. Paragraf yang digunakan untuk melukiskan atau menggambarkan keadaan suatu hal secara terperinci
- C. Paragraf yang digunakan untuk menyampiakan alasan dalam rangka memperkuat atau menolak suatu gagasan
- D. Paragraf yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu agar apa yang dijelaskan itu diikuti oleh orang lain
- E. Paragraf yang digunakan untuk memaparkan atau menguraikan sesuatu gagasan
- A. Memipin jalannya diskusi
- B. Menilai peserta
- C. Berargumen
- D. Menjadi pengamat
- E. Mengoreksi kesalahan peserta
- A. Adanya perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak.
- B. Ada kesepakatan sebagai hasil negosiasi.
- C. Ada pengajuan dan penawaran.
- D. Adanya parsitipan
- E. Terjadinya ketidaksepakatan
- A. Manfaat negosiasi
- B. Tujuan negosiasi
- C. Manfaat jual-beli
- D. Tujuan interaksi
- E. Inti negosiasi
- A. Tim yang berargumentasi dalam rangka mendukung mosi
- B. Tim yang tidak mendukung atau menolak mosi
- C. Tim yang memberi penilaian
- D. Orang yang menulis hasil debat
- E. Tim yang menyampaikan argumen dalam rangka menolak mosi
Kutipan teks di atas termasuk dalam struktur teks debat, yaitu....
- A. Penutup
- B. Penyampaian argument
- C. Pengenalan
- D. Debat
- E. Pengantar
- Permintaan
- Persetujuan
- Penawaran
- Orientasi
- Pembelian
- Pemenuhan
- Penutup
- A. 4-1-2-3-5-6-7
- B. 4-2-1-3-5-6-7
- C. 4-1-6-3-2-5-7
- D. 4-1-6-2-3-7-5
- E. 4-6-3-2-1-7-5
Bacalah teks negosiasi berikut untuk menjawab nomor 14 hingga nomor 16
- Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”
- Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”
- Pembeli : “Boleh kurang kan, bang?”
- Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan. Masak pohon.”
- Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”
- Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”
- Pembeli : “Baiklah, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk. ”
- Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”
- Pembeli : “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”
- A. 1,3,4,5
- B. 4,5,6,1
- C. 3,4,5,6
- D. 6,7,8,9
- E. 2,1,3,4
- A. 7
- B. 4
- C. 3
- D. 5
- E. 1
- A. Sedang musim mangga, jadi harga seharusnya lebih rendah.
- B. Boleh kurang kan, bang.
- C. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.
- D. Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.
- E. Baiklah, Bang.
- A. Manfaat
- B. Tujuan
- C. Definisi
- D. Unsur
- E. Inti
Bacalah teks negosiasi berikut untuk menjawab nomor 18 hingga nomor 20
(Irwan selaku ketua OSIS menghadap kepala sekolah untuk menyerahkan proposal kegiatan latihan dasar kepemimpinan)- Irwan : Selamat siang, Pak.
- Kepsek : Siang, masuk Wan! Ada apa, Wan?
- Irwan : Ini Pak, ada proposal acara LDK untuk bulan depan.
- Kepsek : Coba Bapak lihat! (sambil membolak-balik halaman proposal) ini acara puncaknya di luar sekolah, Wan?
- Irwan : Iya, Pak. Rencana mau kami adakan di Kandang Badak, Gunung Pangrango, Cibodas.
- Kepsek : Kalau untuk ini, mohon maaf, Bapak tidak bisa izinkan. Risikonya terlalu besar untuk dilaksanakan di luar sekolah, apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja. Biaya sedikit dan tanggung jawabnya tidak terlalu berat.
- Irwan : Kami sudah memikirkan soal risiko itu, Pak. Pak Cuntawan sebagai pembina sudah sepakat. Kandang Badak tidak terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50 % ditanggung alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar.
- Kepsek : Begitu ya? Baiklah, nanti akan Bapak pertimbangkan.
- Irwan : Terima kasih, Pak.
- A. (3)
- B. (1)
- C. (5)
- D. (7)
- E. (9)
- A. 1,2,3,4
- B. 5,6,7,8
- C. 7,8,9,10
- D. 3,4,5,6
- E. 2,3,1,7
- A. (9)
- B. (7)
- C. (8)
- D. (1)
- E. (2)
Artikel Terkait :
- Soal & Jawaban PTS/UTS PPKn Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS SENI BUDAYA Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS PRAKARYA Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS PAI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS GEOGRAFI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS B INGGRIS Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS PENJAS Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS SEJARAH Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS BIOLOGI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS EKONOMI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS B INDONESIA Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS SOSIOLOGI Kelas 10 Semester 2 K-13
- Soal & Jawaban PTS/UTS INFORMATIKA Kelas 10 Semester 2 K-13
Keterangan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing.
Posting Komentar untuk "Soal & Jawaban PTS/UTS B Indonesia Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013"