Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal & Jawaban PTS/UTS B Indonesia Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal & Jawaban PTS/UTS B Indonesia Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal & Jawaban PTS/UTS BAHASA INDONESIA Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 – Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang 
Soal & Jawaban PTS/UTS BIOLOGI Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013, pada kesempatan yang baik ini admin kembali mengupdate informasi yang berkaitan dengan Soal Penilaian Tengah Semester atau Ulangan Tengah Semester (PTS/UTS) SMA/SMK/MA semester genap berdasarkan Mata Pelajaran BAHASA INDONESIA, berikut informasi selengkapnya :
 
 
Dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester Genap, Soal PTS/UTS untuk Kelas 10 Semester 2 beserta kunci jawabannya akan admin bagikan pada akhir postingan.
 
Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PTS Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PTS dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru.
 
 
Oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh soal Penilaian Tengah Semester Genap yang admin tuliskan berikut ini dari nomor 1 - 20 sebagai contoh saja dan file selengkapnya dapat di unduh pada akhir postingan:
 
 

Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat !!

 
1. Pada teks debat terdapat materi, personalia dan fasilitas debat merupakan …
  • A. Unsur-unsur debat
  • B. Ciri-ciri debat
  • C. Struktur debat
  • D. Pengertian debat
  • E. Inti debat
 
2. Perhatikan Tahapan tata cara debat berikut ini !!
  1. Menyatakan argumen-argumen yang logis
  2. Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun
  3. Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argument
  4. Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan
  5. Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain
Tahapan tata cara debat yang baik yaitu :
  • A. 3-2-1-4-5
  • B. 1-2-3-4-5
  • C. 3-2-4-1-5
  • D. 4-2-1-3-5
  • E. 3-1-4-2-5
 
3. Berikut ini yang termasuk etika yang harus diperhatikan dalam debat yaitu….
  • A. Menyatakan pendapat atau sanggahan dengan bahasa yang santun
  • B. Mengedepankan logika, tidak menggunakan emosi
  • C. Menghargai pendapat pihak lain
  • D. Mendengarkan dengan seksama saat pihak lain berbicara
  • E. Benar semua
 
4. Sesorang yang dianggap memiliki pengetahuan lebih terhadap suatu masalah yang diperdebatkan disebut….
  • A. Moderator
  • B. Narasumber
  • C. Peserta debat
  • D. Penonton
  • E. Tim Afirmatif
 
5. Perhatikan kata-kata berikut ini !!
  1. Analogi
  2. Pernyataan
  3. Generalisasi
  4. Sebab-Akibat
Yang termasuk pola penalaran induktif yaitu….
  • A. 1 dan 3
  • B. 1,2, dan 3
  • C. 1,3, dan 4
  • D. 2,3, dan 4
  • E. 1,2,3 dan 4
 
6. Syarat untuk memilih seseorang calon moderator adalah salah satunya calon moderator tersebut harus yang….
  • A. Pandai membuat suasana menjadi memanas
  • B. Cerdas dan pintar
  • C. Boleh mengambil dari salah satu pendukung peserta debat
  • D. Netral dan tidak memihak antara kedua belah pihak debat
  • E. Dapat membantah kedua belah pihak
 
7. Apa yang dimaksud dengan paragraf argumentasi dalam teks debat…
  • A. Paragraf yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa secara kronologis
  • B. Paragraf yang digunakan untuk melukiskan atau menggambarkan keadaan suatu hal secara terperinci
  • C. Paragraf yang digunakan untuk menyampiakan alasan dalam rangka memperkuat atau menolak suatu gagasan
  • D. Paragraf yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu agar apa yang dijelaskan itu diikuti oleh orang lain
  • E. Paragraf yang digunakan untuk memaparkan atau menguraikan sesuatu gagasan

8. Di dalam kegiatan debat apa tugas dari moderator…
  • A. Memipin jalannya diskusi
  • B. Menilai peserta
  • C. Berargumen
  • D. Menjadi pengamat
  • E. Mengoreksi kesalahan peserta
 
9. Untuk mengetahui apakah sebuah teks termasuk ke dalam teks negosiasi atau bukan, ada beberapa unsur yang terdapat di dalam teks negosiasi. Manakah yang bukan bagian dari unsur teks negosiasi....
  • A. Adanya perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak.
  • B. Ada kesepakatan sebagai hasil negosiasi.
  • C. Ada pengajuan dan penawaran.
  • D. Adanya parsitipan
  • E. Terjadinya ketidaksepakatan
 
10. Mencapai suatu kesepakatan dari kedua belah pihak yang saling menguntungkan, merupakan….
  • A. Manfaat negosiasi
  • B. Tujuan negosiasi
  • C. Manfaat jual-beli
  • D. Tujuan interaksi
  • E. Inti negosiasi



11. Dalam unsur debat, terdapat tim netral. Apa pengertian dari tim netral…
  • A. Tim yang berargumentasi dalam rangka mendukung mosi
  • B. Tim yang tidak mendukung atau menolak mosi
  • C. Tim yang memberi penilaian
  • D. Orang yang menulis hasil debat
  • E. Tim yang menyampaikan argumen dalam rangka menolak mosi
 
12. Tim Oposisi : Saya tidak setuju, kosakata bahasa asing hanya digunakan dan dimengerti bagi kalangan tertentu saja. Namun, bahasa Indonesia  dimengerti dan digunakan di hampir semua kalangan.
Kutipan teks di atas termasuk dalam struktur teks debat, yaitu....
  • A. Penutup
  • B. Penyampaian argument
  • C. Pengenalan
  • D. Debat
  • E. Pengantar
 
13. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.
  1. Permintaan
  2. Persetujuan
  3. Penawaran
  4. Orientasi
  5. Pembelian
  6. Pemenuhan
  7. Penutup
Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah.…
  • A. 4-1-2-3-5-6-7
  • B. 4-2-1-3-5-6-7
  • C. 4-1-6-3-2-5-7
  • D. 4-1-6-2-3-7-5
  • E. 4-6-3-2-1-7-5


Bacalah teks negosiasi berikut untuk menjawab nomor 14 hingga nomor 16

  1. Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”
  2. Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”
  3. Pembeli : “Boleh kurang kan, bang?”
  4. Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan. Masak pohon.”
  5. Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”
  6. Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”
  7. Pembeli : “Baiklah, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk. ”
  8. Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”
  9. Pembeli : “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”
 
14. Proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli terjadi pada nomor….
  • A. 1,3,4,5
  • B. 4,5,6,1
  • C. 3,4,5,6
  • D. 6,7,8,9
  • E. 2,1,3,4
 
15. Ada berapa struktur yang terdapat dalam teks negosiasi
  • A. 7
  • B. 4
  • C. 3
  • D. 5
  • E. 1
 
16. Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?
  • A. Sedang musim mangga, jadi harga seharusnya lebih rendah.
  • B. Boleh kurang kan, bang.
  • C. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak  busuk.
  • D. Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.
  • E. Baiklah, Bang.
 
17. Terciptanya suatu kesepakatan antara kedua belah pihak yang saling menguntungkan, merupakan…. negosiasi.
  • A. Manfaat
  • B. Tujuan
  • C. Definisi
  • D. Unsur
  • E. Inti


Bacalah teks negosiasi berikut untuk menjawab nomor 18 hingga nomor 20

(Irwan selaku ketua OSIS menghadap kepala sekolah untuk menyerahkan proposal kegiatan latihan dasar kepemimpinan)
  1. Irwan : Selamat siang, Pak.
  2. Kepsek : Siang, masuk Wan! Ada apa, Wan?
  3. Irwan : Ini Pak, ada proposal acara LDK untuk bulan depan.
  4. Kepsek : Coba Bapak lihat! (sambil membolak-balik halaman proposal) ini acara puncaknya di luar sekolah, Wan?
  5. Irwan : Iya, Pak. Rencana mau kami adakan di Kandang Badak, Gunung Pangrango, Cibodas.
  6. Kepsek : Kalau untuk ini, mohon maaf, Bapak tidak bisa izinkan. Risikonya terlalu besar untuk dilaksanakan di luar sekolah, apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja. Biaya sedikit dan tanggung jawabnya tidak terlalu berat.
  7. Irwan : Kami sudah memikirkan soal risiko itu, Pak. Pak Cuntawan sebagai pembina sudah sepakat. Kandang Badak tidak terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50 % ditanggung alumni, tetapi dengan  syarat acara outbond diadakan di luar.
  8. Kepsek : Begitu ya? Baiklah, nanti akan Bapak pertimbangkan.
  9. Irwan : Terima kasih, Pak.
 
18. Terletak pada nomor berapakah kalimat persuasif pada teks negosiasi di atas…
  • A. (3)
  • B. (1)
  • C. (5)
  • D. (7)
  • E. (9)
 
19. Proses tawar-menawar antara Irwan dan kepala sekolah terjadi pada nomor….
  • A. 1,2,3,4
  • B. 5,6,7,8
  • C. 7,8,9,10
  • D. 3,4,5,6
  • E. 2,3,1,7
 
20. Salah satu dari tujuan dari teks negosiasi adalah “mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi secara bersama”. Pada teks di atas, penyelesaian secara bersama terdapat pada nomor…
  • A. (9)
  • B. (7)
  • C. (8)
  • D. (1)
  • E. (2)
 
 
Bagi Bapak dan Ibu Guru yang membutuhkan Soal Penilaian Tengah Semester Genap Kelas 10 Beserta Kunci Jawaban, silahkan unduh File-nya melalui link dibawah ini :


Keterangan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait informasi Soal & Jawaban PTS/UTS B Indonesia Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal & Jawaban PTS/UTS B Indonesia Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013"