Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal & Jawaban PTS/UTS B INDONESIA Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal & Jawaban PTS/UTS B INDONESIA Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal & Jawaban PTS/UTS B INDONESIA Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013
 – Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang Soal PTS/UTS PRAKARYA Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs Beserta Jawaban, pada kesempatan yang baik ini admin kembali mengupdate informasi yang berkaitan dengan Soal Penilaian Tengah Semester atau Ulangan Tengah Semester (PTS/UTS) SMP/MTs semester genap berdasarkan Mata Pelajaran B INDONESIA, berikut informasi selengkapnya :


Dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester Genap, Soal PTS/UTS untuk Kelas 8 Semester 2 beserta kunci jawabannya akan admin bagikan pada akhir postingan.


Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PTS Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PTS dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru.

Oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh soal Penilaian Tengah Semester Genap yang admin tuliskan berikut ini dari nomor 1 - 20 sebagai contoh saja dan file selengkapnya dapat di unduh pada akhir postingan:
 
 

Silanglah (X) huruf A, B, C atau D pada jawaban yang paling tepat !!


Sebelum mengisi silahkan baca teks berikut ini dengan seksama !!

Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

1. Simpulan yang tepat dari teks di atas adalah . . .
  • A. Pecandu rokok sulit berhenti dari kebiasaan merokoknya
  • B. Harga rokok di Malaysia sangat mahal
  • C. Pengeluaran untuk membeli rokok lebih besar daripada untuk membeli kebutuhan pokok
  • D. Kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak kecanduan

2. Dalam teks persuasi, yang dimaksud dengan pengenalan isu adalah . . .
  • A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
  • B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada  bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen- argumennya itu.
  • C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu
  • D. Penegasan kembali

3. Dalam teks persuasi, yang dimaksud dengan rangkaian argumen adalah . . .
  • A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
  • B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen itu.
  • C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu
  • D. Penegasan kembali

4. Dalam teks persuasi, kita mengenal adanya pendapat dan fakta. Berikut yang merupakan contoh pendapat adalah . . .
  • A. Merokok pada hakikatnya bukanlah suatu kebiasaan yang baik.
  • B. Di Indonesia, kebijakan tentang rokok jauh lebih longgar daripada negara- negara di Eropa Barat
  • C. Di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, para perokok disediakan tempat tertentu untuk merokok.
  • D. Di SPBU sudah umum dikenali papan larangan untuk merokok

5. Yang dimaksud dengan orientasi pada ulasan novel tersebut di atas adalah . . .
  • A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
  • B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
  • C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
  • D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya

6. yang dimaksud dengan identitas pada ulasan novel tersebut di atas adalah . . .
  • A. penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup serius dari banyak kalangan
  • B. judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku
  • C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
  • D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya

7. yang dimaksud dengan sinopsis pada ulasan novel tersebut adalah . . .
  • A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
  • B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
  • C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
  • D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya

8. Yang dimaksud dengan analisis pada ulasan novel tersebut adalah . . .
  • A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
  • B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
  • C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
  • D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya

9. Yang dimaksud dengan evaluasi pada ulasan novel tersebut adalah . . .
  • A. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
  • B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
  • C. paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
  • D. paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya

10. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik kebahasaan dari sebuah ulasan adalah
  • A. Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu.
  • B. Banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.
  • C. Banyak menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, sebab.
  • D. Banyak menggunakan kata-kata sanjungan dan pujian terhadap karya yang diulas



11. Berikut yang bukan merupakan langkah-langkah menyusun sebuah ulasan berupa teks buku . . .
  • A. Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan. Kalau perlu termasuk harga buku.
  • B. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku.
  • C. Menelaah penghargaan yang diraih oleh pengarang buku
  • D. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.

12. Berikut yang bukan merupakan komponen teks persuasif . . .
  • A. Argumentasi
  • B. Fakta
  • C. Kritik
  • D. Ajakan

13. Dengan demikian, tropisme sesungguhnya merupakan gerak dari bagian tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan. Hal itu ternyata berbeda dengan gerak pasti, arah gerak tropisme bergantung pada arah datangnya rangsangan.
Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa . . .
  • A. Identifikasi fenomena
  • B. Rangkaian kejadian
  • C. Ulasan
  • D. Argumentasi

14. Awal pemerintahan Kabupaten Bandung, dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung.

Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa . . .
  • A. Identifikasi fenomena
  • B. Rangkaian kejadian
  • C. Ulasan
  • D. Argumentasi

15. Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitu konsumen.
Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa . . .
  • A. Identifikasi fenomena
  • B. Rangkaian kejadian
  • C. Ulasan
  • D. Argumentasi

16. Kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, telah mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor. Kerusakan tersebut disebabkan oleh maraknya penebang liar yang mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air. Kerusakan hutan tersebut juga disebabkan oleh pemilik hak pengusahaan hutan (HPH) dalam melakukan reboisasi.

Pada penggalan teks di atas, konjungsi yang digunakan adalah . . .
  • A. Konjungsi kausalitas
  • B. Konjungsi kronologis
  • C. Konjungsi argumentatif
  • D. Konjungsi biasa

17. Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. Ketika itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. Tepatnya, di tepi Sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungai Citarum. Nama Krapyak kemudian berganti menjadi Citeureup. Nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot

Pada penggalan teks di atas, konjungsi yang digunakan adalah . . .
  • A. Konjungsi kausalitas
  • B. Konjungsi kronologis
  • C. Konjungsi argumentatif
  • D. Konjungsi biasa

18. Berikut yang tidak dapat dijadikan ulasan adalah . . .
  • A. Perjalanan hidup seseorang
  • B. Lukisan
  • C. Novel
  • D. Buku

19. Ulasan mengenai film disebut dengan . . .
  • A. Resensi
  • B. Biografi
  • C. Presensi
  • D. Kritik sastra

20. Berikut ini merupakan manfaat dari membaca sebuah ulasan . . .
  • A. Menambah pengetahuan
  • B. Menambah pemahaman
  • C. Menambah sikap defensif
  • D. Menumbuhkan dan memperkuat daya kritis


Bagi Bapak dan Ibu Guru yang membutuhkan Soal Penilaian Tengah Semester Genap Kelas 8 Beserta Kunci Jawaban, silahkan unduh File-nya melalui link dibawah ini :



Keterangan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait informasi Soal & Jawaban PTS/UTS B INDONESIA Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal & Jawaban PTS/UTS B INDONESIA Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013"