Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan dan Perbandingan Buku Cetak dengan Buku Digital

Perbedaan dan Perbandingan Buku Cetak dengan Buku Digital


Perbedaan dan Perbandingan Buku Cetak dengan Buku Digital - Seperti yang kita tahu membaca sebuah buku merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang paling menyenangkan bagi sebagian banyak orang yang gemar membaca.

Selain menyenangkan, salah satu kegiatan yang bisa disebut hobi ini, juga memiliki banyak manfaat bagi pembacanya.


Seperti saat kita membaca buku dengan keadaan terarah dan fokus, diruang pemikiran kita akan semakin terbuka, serta pengetahuan dan wawasan kita akan semakin berkembang dan bertambah.

Di jaman sekarang yang serba modern dan canggih atau bisa disebut era digital ini , telah terjadi suatu pergeseran budaya atau tradisi/adat/kebiasaan. Salah satu contoh kegiatannya adalah kegiatan membaca buku.


Dulu kita biasa membaca buku untuk belajar lewat buku cetak atau buku fisik, yang bisa kita pinjam di perpustakaan di sekolah. Bisa juga dengan cara membeli di toko buku.

Pada saat ini karena adanya smartphone atau Handphone yang sudah banyak digunakan hampir oleh semua orang, kegiatan membaca bukupun menjadi lebih mudah meskipun hanya lewat genggaman tangan saja.


Hanya dengan smartphone atau handphone kita bisa membaca beberapa bahkan ratusan buku digital atau bisa juga disebut dengan istilah e-book.  Dari hal ini pastinya ada banyak perbedaan dan perbandingan yang bisa kita perhatikan dari buku cetak dan buku digital.


Pada postingan kali ini admin akan membahas perbedaan dan perbandingan buku digital dengan buku cetak. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini :

Perbedaan Buku Digital Dengan Buku Cetak


1. Pengertian Buku Digital dan Buku Cetak

Buku Digital atau Ebook ialah buku elektronik yang ditampilkan secara elektronik berbentuk file yang tersedia dalam berbagai macam format file ebook. Misalnya : pdf, word, mobi, epub dan lain-lain.

Sedangkan Buku Cetak atau Fisik merupakan buku konvensional yang ditampilkan secara fisik yang berbentuk nyata atau cetakan dari kertas.


2. Cara Mendapatkan Buku

Buku Digital atau Ebook bisa kita dapatkan dengan cara mendownload atau mengunduh file yang disediakan oleh situs web atau blog. Jika  kalian ingin membeli bukunya secara legal atau resmi , kalian bisa mengunjungi Amazon Book Store dan Google Play Book.

Buku fisik atau buku cetak bisa kalian dapatkan dengan cara meminjam di perpustakaan umum ,atau yang biasa terdapat di sekolah dan di kampus. Atau juga kalian bisa membelinya di toko-toko buku yang dekat dengan daerah rumah kalian. Contohnya saja di Gramedia yang biasa lokasinya nyatu dengan mall-mall.


3. Kepraktisan dalam Membaca Buku

Untuk dapat membaca buku cetak atau fisik kita harus membeli atau meminjam buku tersebut satu persatu. Jadi jika kita berminat pada 5 buku , maka kita harus membawa dan menyimpan ke 5 buku tersebut.

Resikonya jika kita memiliki buku cetak atau fisik, kita harus menjaga dan merawat buku tersebut . Sebab jika buku tersebut hilang atau rusak. Kita pasti bakalan repot membeli buku kembali, yang memerlukan biaya tidak sedikit.

Sedangkan untuk membaca buku digital kita hanya perlu bermodalkan  1 perangkat smartphone ataupun tablet, dengan begitu kita bisa membeli lalu mendownload di toko buku digital yang ada di internet.

Jika perangkat atau file ebook kita hilang , kita bisa mengaksesnya kembali lewat toko buku digital. Jadi pastinya sangat praktis dan mobile , buku digital atau ebook. Kita bisa membaca buku dimana saja kapan saja dengan satu sentuhan.

“Saat kita membaca buku cetak kita tidak memerlukan listrik. Berbeda dengan buku digital yang dimana lewat perangkat smartphone atau tablet ,kita membutuhkan daya listrik baterai untuk menghidupkannya.


4. Dari Segi Harga Buku

Pastinya terdapat perbedaan harga baik itu buku digital dengan buku cetak. Jika buku digital penulis atau penerbit hanya bermodalkan 1 file asli buku, lalu tinggal mengupload dan mempublikasinya di toko buku digital.

Sedangkan untuk buku cetak harus melalu proses yang bertahap dari biaya untuk pencetakan lalu pengeditan dan segala macemnya. Dimana selanjutnya didistribusikan ke toko-toko buku, untuk dijual dan dibeli oleh konsumen.


5. Manfaat Baca Buku Digital dengan Buku Cetak

Baik buku digital maupun buku cetak, keduanya sama-sama memberikan manfaat untuk konsumen ketika membacanya. Selain sebagai sarana pembelajaran  bagi siswa atau mahasiswa.


Dengan membaca buku khususnya untuk jenis buku non fiksi, bagi masyarakat umum kita sama saja membeli pengalaman hidup seseorang, tanpa kita harus mengalaminya. Jadi buku bisa kita jadikan alat untuk panduan atau pedoman dalam hidup kita. Agar kehidupan kita menjadi lebih baik.


Demikian admin sampaikan penjelasan tentang Perbedaan dan Perbandingan Buku Cetak dengan Buku Digital, Semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Perbedaan dan Perbandingan Buku Cetak dengan Buku Digital"