Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 6

 

Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 6 - Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 5, pada kesempatan yang berbahagia ini admin kembali akan memberikan informasi terkait Massive Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yakni : Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 6, berikut informasi selengkapnya :
  
Massive Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2022.
 
Kegiatan ini sepadan dengan pelatihan dasar atau prajabatan bagi CPNS. Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018, tentang manajemen PPPK. Kompetensi PPPK yang tinggi diperlukan sejalan dengan tuntutan perkembangan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan umum, Tujuannya agar para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat bekerja maksimal di unit kerja masing-masing.
 
Pelatihan dasar calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme.
 
Berikut admin bagikan soal serta jawaban Evaluasi Akademik bagi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) :
 
Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 6
 
1.Hal yang diharapkan dari akuntabilitas adalah perilaku aparat sebagai berikut, kecuali . . . .
A.Bertanggung jawab
B.Opurtunis
C.Adil
D.Inovatif
 
2.Tujuan utama dari akuntabilitas adalah . . . .
A.Untuk meningkatkan citra positif pimpnan
B.Untuk memperbaiki kinerja dalam memberikan pelayanan
C.Untuk memenuhi yang dimandatkan peraturan perundang-undang
D.Untuk meminimalisir tuntutan dari masyarakat
 
3.PNS perlu meningkatkan citranya menjadi pelayan masyarakat dengan menganalkan nilai-nilai akuntabilitas untuk membentuk sikap dan perilaku PNS sebagai berikut, kecuali . . . .
A.Mengededepankan kepentingan publik
B.Integritas
C.Prinsip imparsial
D.Intoleransi keberagaman
 
4.Alat akuntabilitas birokrasi di indonesia antara lain sebagai berikut, kecuali . . . .
A.Perencanaan strategis
B.Alokasi anggaran
C.Kontrak kinerja
D.Laporan kinerja
 
5.Responsibilitas terbagi dua aspek, yaitu . . . .
A.Responsibilitas perseorangan dan stake holder
B.Responsibilitas dan stakeholder
C.Responsibilitas perseorangan dan institusi
D.Responsibilitas stake holder dan publik
 
 
6.contoh laporan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dalam lingkup birokrasi yaitu . . . .
A.Laporan perencanaan instansi pemerintah
B.Laporan desain tata kelola dan kelembagaan instansi pemerintah
C.Laporan roadmap reformasi birokrasi instansi pemerintah
D.Laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah
 
7.Pergerakan nasional yang memperjuangkan cita-cita Indonesia merdeka melaksanakan dengan taktik kooperasi, artinya . . . .
A.Menolak kerjasama dengan pemerintah Belanda
B.Melakukan kerjasama dengan pemerintah Belanda
C.melakukan aksi gerakan politik di bawah tanah
D.mendirikan koperasi untuk memperkuat koperasi Indonesia
 
8.nasionalisme dapat dipandang sebagai suatu paham kebangsaan yang diwujudkan dalam . . . .
A.Kesetiaan kepada suku sendiri
B.kesetiaan kepada orang lain
C.kesetiaan rakyat kepada negara
D.Kesetiaan kepada diri sendiri
 
9.Salah satu faktor dalam negeri yang mempercepat munculnya nasionalisme Indonesia adalah . . . .
A.Pengaruh pendidikan Barat
B.gerakan nasionalisme India
C.kemenangan Jepang atas Rusia
D.penderitaan akibat penjajah
 
10.penderitaan yang dialami rakyat akibat penjajahan Belanda menyebabkan . . . .
A.Melahirkan politik balas budi penjajah
B.Menyulitkan persatuan bangsa
C.memengaruhi timbulnya pergerakan nasional
D.Menggugah semangat penjajah
 
 
11.Suatu perkumpulan pasti memiliki tujuan, demikian juga dengan Partai Nasional Indonesia (PNI). yang bukan merupakan tujuan dari PNI adalah . . . .
A.bidang politik untuk mencapai Indonesia merdeka
B.Bidang ekonomi dan sosial memajukan pendidikan
C.menetapkan garis perjuangan bersifat kooperatif
D.Menetapkan garis politik berdasarkan kekuatan sendiri
 
12.walaupun sejak awal berdirinya Budi Utomo tidak terlibat dalam bidang politik , tetapi pada masa tahun 1915 organisasi ini mulai terjun dalam Kancah politik melalui tindakan . . . .
A.memajukan pendidikan bagi kaum Bumiputera
B.pembentukan organisasi wanita Putri Mardika
C.Mengusulkan pembentukan volksraad ( dewan rakyat) bagi pribumi
D.memelopori terbentuknya organisasi modern pertama di Indonesia
 
13.Yang tidak bisa dikategorikan nilai-nilai Anti Korupsi adalah . . . .
A.Jujur, Mandiri dan peduli
B.jujur, empati dan adil
C.Jujur, tanggung jawab, sederhana
D.jujur, berani, kerja keras
 
14.Dalam UU No 31 tahun 1999, UU No21 itu tahun 2001, dijelaskan bentuk-bentuk jenis korupsi. Menyelewengkan penggunaan keuangan negara karena jabatan yang disandangnya, Dikategorikan . . . .
A.Gratifikasi
B.Pemerasan
C.Suap menyuap
D.penggelapan dalam jabatan
 
15.dalam UU 31 tahun 1999, jo UU No 21 Tahun 2001, Jelaskan bentuk-bentuk/Jenis korupsi. memaksa seseorang memberikan sesuatu, membayar, atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri, sebagai . . . .
A.pemerasan
B.Gratifikasi
C.Benturan kepentingan dalam pengadaan
D.Perbuatan curang
 
 
16.Pemberian hadiah kepada penyelenggara negara, dengan maksud tertentu, dikatakan . . . .
A.Penyuapan
B.Penggelapan
C.Pemerasan
D.Gratifikasi
 
17.Ada beberapa teknik internalisasi nilai bagi seseorang. salah satu teknik tersebut adalah dengan menerapkan sugesti baik dari diri sendiri ( auto sugesti) atau sugesti dari orang lain. Teknik ini disebut . . . .
B.Change belief
C.Dis asosiasi
D.Masaura
 
18.Dampak korupsi dalam kehidupan merusak untuk jangka waktu yang lama, yaitu merusak reputasi . . . .
A.Keluarga besar, yang akan hancur, terbawa sampai ke anak cucu, merusak nama besar keluarga.
B.Diri pribadi, keluarga besar, masyarakat dan proses kehidupan yang lebih luas.
C.Menghancurkan masa depan anak-anak
D.Membuat rakyat semakin miskin, karena harga-harga semakin mahal
 
19.Berdasarkan undang-undang ASN, kode etik dan kode perilaku ASN yakni sebagai berikut, kecuali . . . .
A.Melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan atau pejabat yang berwenang meskipun bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
B.Melaksanakan tugasnya dengan jujur, bertanggungjawab, dan berintegritas tinggi
C.Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan
D.Melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin
 
20.Contoh prinsip yang memenuhi integritas publik adalah . . . .
A.The right man on the right job
B.The right man on the wrong place
C.The wrong man on the wrong place
D.The wrong man on the right place
 
 
21.Tuntutan gencar yang dilakukan masyarakat kepada pejabat publik untuk segera merealisasikan penyelenggaraan tata kelola pemerintah yang baik (good governance). Kata good governance mengandung makna sebagai berikut, kecuali . . . .
A.Materialitas
B.nilai-nilai yang menjunjung tinggi keinginan/ kehendak masyarakat dalam mencapai tujuan nasional, kemandirian, pembangunan berkelanjutan, dan keadilan sosial
C.Aspek-aspek fungsional dari pemerintah yang efektif dan efisien dalam pelaksanaan tugas untuk mencapai tujuan tersebut
D.The exercise of political, Economic, and administrative authority to manage a country affairs at levels of Society
 
22.Dimensi etika publik yang paling tepat meliputi . . . .
A.Dimensi kuantitas pelayanan, dimensi ekuitas, dan dimensi tindakan nyata.
B.dimensi kepatuhan, dimensi pengendalian, dan dimensi kinerja
C.Dimensi efektivitas, dimensi efisiensi, dan dimensi ekonomis
D.Dimensi kualitas pelayanan, dimensi modalitas, dan dimensi tindakan integritas
 
23.Azas etika politik masyarakat agar setiap bentuk kekuasaan pejabat dibatasi dengan . . . .
A.Norma etika maupun norma hukum
B.Norma Susila dan norma kesantunan
C.Norma adat dan kebiasaan
D.Norma moral dan norma spiritual
 
24.Dari segi moralitas, kekuasaan harus memiliki legitimasi Yang kuat. pernyataan ini mengandung makna . . . .
A.Kewenangan atau keabsahan dalam memegang kekuasaan
B.Kekuatan pemilik kekuasaan
C.Keberanian yang memegang kekuasaan
D.Keandalan dalam melaksanakan kekuasaan
 
25.Jika dalam pelaksanaan tugas tidak memperhatikan efektivitas dan efisiensi maka akan berdampak pada hal-hal berikut ini, kecuali . . . .
A.Ketidaktercapaian target kerja
B.Pemborosan sumber daya
C.Menurunkan kredibilitas organisasi
D.Menimbulkan kerugian pada organisasi
 
 
26.Proses inovasi yang terjadi secara perlahan disebut . . . .
A.Revolusioner
B.Demisioner
C.Evolusioner
D.Temporer
 
27.yang dapat menentukan tingkat produktivitas suatu organisasi, diantaranya . . . .
A.Kepekaan dan kecakapan
B.Semangat dan perjuangan
C.Motivasi dan kemampuan
D.Kerja keras dan kerja cerdas
 
28.Dibawah ini merupakan fungsi dari mutu, kecuali . . . .
A.Salah satu standar yang menjadi dasar mengukur capaian hasil kerja
B.Sebagai alat untuk beradaptasi dengan perubahan
C.Alat pembeda atau pembanding dengan produk/jasa sejenis lainnya
D.Nilai keunggulan produk/jasa yang diberikan kepada pelanggan
 
29.Yang bukan merupakan strategi yang mesti dijalankan organisasi agar pelaksanaan manajemen mutu terpadu dapat berjalan baik, adalah . . . .
A.Menyusun program kerja jangka panjang yang berbasis mutu
B.membangun mindset pegawai terhadap budaya mutu
C.Mengembangkan budaya kerja yang berorientasi mutu, bukan sekedar melaksanakan tugas rutin dan sebagai formalitas menggugurkan kewajiban
D.meningkatkan produktivitas organisasi
 
30.Alat pemastian mutu pelanggan terdiri dari . . . .
A.Standar pelayanan pelanggan, ganti rugi pelanggan, jaminan mutu, audit mutu, penanganan keluhan pelanggan dan Ombudsman
B.Standar pelayanan pelanggan, kepuasan pelanggan, jaminan mutu, audit mutu, penanganan keluhan pelanggan dan Ombudsman
C.Standar pelayanan pelanggan, kepuasan pelanggan, orientasi mutu, audit mutu, penanganan keluhan pelanggan dan Ombudsman
D.Standar pelayanan pelanggan, ganti rugi pelanggan, orientasi mutu, audit mutu, penanganan keluhan pelanggan dan Ombudsman
 
 
31.Pegawai yang diangkat sebagai pegawai tetap oleh pejabat Pembina kepegawaian dan memiliki nomor induk pegawai secara nasional disebut dengan . . . .
A.PPPK
B.PNS
C.ASN
D.Honorer
 
32.Dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyelenggarakan pelayanan prima kepada masyarakat pegawai ASN menghadapi berbagai tantangan seperti berikut, kecuali . . . .
A.Tuntutan untuk meningkatkan profesionalitas
B.Bersih bebas dari KKN
C.Persaingan yang tinggi di tingkat Internasional
D.Mudahnya aksebilitas pegawai
 
33.Kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai peraturan perundang- undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang jasa, dan/atau pelayanan administratif untuk mencapai kepuasan pelanggan disebut juga dengan . . . .
A.Kebijakan publik
B.Pelayanan publik
C.Standar pelayanan
D.Standar operasional prosedur
 
34.Penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada asas proporsionalitas, yaitu . . . .
A.Mengutamakan keahlian yang berlandaskan kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan
B.Pengelolaan pegawai ASN didasarkan pada suatu sistem pengelolaan yang terpadu secara nasional
C.pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun
D.Mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban pegawai ASN
 
35.Salah satu lembaga yang berwenang untuk menjamin keberlangsungan sistem merit adalah KASN. Secara lebih jelas, kewenangan KASN adalah . . . .
A.Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan manajemen ASN untuk menjamin perwujudan atau pelaksanaan sistem merit pada instansi pemerintah
B.Memberikan pertimbangan kepada Presiden dan penindakan pejabat yang berwenang dan pejabat Pembina kepegawaian atas penyimpangan sistem merit dalam pengelolaan ASN
C.Menyusun program kepegawaian secara nasional dan sudah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah
D.Membina dan menyelenggarakan pelatihan pegawai ASN berbasis kompetensi
 
 
36.Setiap instansi pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS berdasarkan . . . .
A.Analisis jabatan dan analisis kebijakan
B.Analisis kebijakan dan analisis beban kerja
C.Analisis jabatan dan analisis beban kerja
D.Analisis kepegawaian dan analisis kebijakan
 
37.Pendekatan WOG ini sudah dikenal dengan lama berkembang terutama di negara-negara . . . .
A.Continental
B.Persemakmuran
C.Anglo saxon
D.Federasi
 
38.Kualitas pelayanan publik dapat dilihat dari skor integritas dengan karakteristik berikut ini, kecuali . . . .
A.Tidak adanya suap
B.Tersedianya standar operating prosedur (SOP)
C.Kemudahan masyarakat melakukan pengaduan
D.Tersedianya Pagu anggaran
 
39.Pelayanan melalui kebijakan publik yang mengatur sendi-sendi kehidupan masyarakat disebut dengan . . . .
A.Pelayanan yang bersifat administratif
B.Pelayanan jasa
C.Pelayanan barang
D.Pelayanan regulative
 
40.Di Australia, WOG dimotori oleh Australia publik service (APS) dalam laporannya berjudul . . . .
A.Connecting government
B.Join up government
C.Integrated government
D.Good governance
 
 
41.Kategori tingkat adaptasi negara-negara dalam mendukung WOG melalui penerapan teknologi informasi dapat dilihat dari ketersediaan hal-hal berikut ini, kecuali . . . .
A.Chief information officer (CIO)
B.Interoperabilitas sektor publik
C.Integrasi pelayanan online
D.Portal masing-masing kementerian dan lembaga
 
42.Pemerintah ditingkat pusat maupun sektor banyak menerbitkan aturan berupa regulasi dan kebijakan,  bentuk regulasi paling banyak diterbitkan adalah . . . .
A.Peraturan pemerintah
B.Peraturan Presiden
C.Peraturan Menteri
D.Peraturan pemerintah pengganti UU
 
43.Apakah yang dimaksud dengan prinsip tender loving care . . . .
A.Memperlakukan orang lain/pelanggan sebagaimana ingin diperlakukan
B.Memberikan pelayanan dengan cepat
C.memberikan pelayanan dengan ramah
D.Memberikan pelayanan dengan tepat waktu
 
44.Terdapat banyak sekali manfaat etiket bagi pegawai ASN, berikut adalah beberapa manfaat etiket, kecuali . . . .
A.Memudahkan berhubungan baik dengan setiap orang
B.Pandai membaca situasi
C.Mampu mencari bahan pembicaraan tanpa melukai perasaan pihak lain
D.Membuat terlalu percaya diri
 
45.Apakah istilah lain dari parkinsonian birokrasi . . . .
A.Patologi birokrasi
B.Masalah birokrasi
C.Penggelembungan birokrasi
D.Red tape
 
 
46.Disebut dengan Apakah problem yang menjerat birokrasi . . . .
A.Patologi birokrasi
B.Masalah birokrasi
C.Penggelembungan birokrasi
D.Red tape
 
47.Pendekatan analisis yang di gunakan dalam model pilihan publik salah satunya dengan menggunakan teori motivasi dengan pendekatan hierarki kebutuhan dari Maslow. Sebutkan salah satu hirarki kebutuhan manusia menurut Maslow . . . .
A.Fisiologi
B.Epistemologi
C.Kekayaan diri
D.Motivasi
 
48.Ketika birokrasi Sebagai penyelenggara pelayanan publik Memiliki keterbatasan dalam proses penyelenggaraan,  Siapakah aktor lain yang dapat berperan untuk menggantikan . . . .
A.korporasi
B.LSMA
C.Masyarakat umum
D.Universitas
 
49.Berikut adalah ciri-ciri penting yang membedakan antara sektor publik dan sektor swasta, kecuali . . . .
A.Sektor publik lebih ketat dalam menjaga standar komitmen dan legalitas
B.Sektor publik memanfaatkan lebih banyak orang yang memiliki motivasi yang sangat beragam
C.sektor publik harus beroperasi demi kepentingan publik
D.sektor publik kurang mempunyai peluang yang lebih besar untuk merespon isu keadilan dan kejujuran
 
50.Sesuatu yang berkaitan dengan hasil kerja yang akan diterima oleh pelanggan disebut . . . .
A.Input
B.Output
C.Proses
D.Outcome
 
 
Bagi rekan-rekan yang membutuhkan Jawabannya, silahkan unduh file-nya melalui link dibawah ini :
 
 
Demikian yang dapat admin sampaikan terkait informasi Massive Open Online Course (MOOC) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yaitu : Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 6, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban Evaluasi Akademik MOOC PPPK Tahun 2022 Paket 6"