Soal Penilaian Akhir Semester atau Ulangan
Akhir Semester yang biasa disingkat PAS/UAS Kelas 8 Kurikulum 2013 adalah
soal-soal untuk menguji kemampuan siswa atau peserta didik dalam memahami
materi pelajaran yang di sudah diajarkan di kelas selama siswa tersebut aktif
dalam kegiatan belajar mengajar di semester 1 (ganjil).
Kemudian hasil dari kegiatan Penilaian Akhir
Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 (ganjil) yang nantinya akan
dimasukkan kedalam Buku Penilaian Siswa atau disebut raport.
Contoh Soal dan Kunci Jawaban PAS/UAS B
INDONESIA Kelas 8 Semester 1 SMP/MTs Kurikulum 2013 akan admin bagikan pada
akhir postingan, dengan semakin dekatnya Penilaian Akhir Semester (PAS/UAS)
yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan
bahan Soal-soal PAS/UAS untuk dijadikan referensi atau bahanmateri ujian pada
anak didiknya, terutama pada saat-saat seperti ini tentunya dalam menghadapi
Penilaian Akhir Semester yang kemudian akan menyusun dan membuat soal tes ujian
Penilaian Akhir Semester untuk Kelas 8 semester ganjil Tahun Pelajaran
2020/2021.
Surat Edaran Pemerintah yang baru-baru ini di
publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa
soal-soal baik PAS/UAS atau soal-soal ulangan yang lain pada Kurikulum 2013
harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi
dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh sebab itu admin
sengaja berbagi Soal PAS/UAS dalam rangka mempermudah Bapak/Ibu Guru dalam
memberikan Materi Soal Penilaian Akhir Semester, untuk mempersingkat waktu
silahkan simak penjelasan berikut ini.
Contoh Soal PAS/UAS B INDONESIA Kelas 8
Semester 1 SMP/MTs Kurikulum 2013 ini dibuat dari prediksi soal-soal latihan PAS/UAS
Kurikulum 2013 dan juga berdasarkan kisi-kisi soal Kurikulum 2013. Selain
soal-soal PAS/UAS admin juga melengkapinya dengan kunci jawaban agar bisa
mengantisipasi jika terjadi kesalahan. Namun soal-soal PAS/UAS ini juga memang
jauh dari sempurna apabila Bapak/Ibu Guru menjadikan acuan utama, karena admin
yakin indikator pencapaian kompetensi di setiap sekolah tentunya berbeda-beda
dan mesti di sesuaikan dengan sekolahnya masing-masing.
Admin juga akan menyajikan dari Contoh Soal-soal
PAS/UAS Kelas 8 Semester 1 SMP/MTs Kurikulum 2013, sehingga rekan-rekan semua
tentu bisa dengan mudah melakukan perubahan edit data dan dapat menyesuaikan
kalimat-kalimat soal yang diinginkan, dan hal ini disesuaikan dengan panduan
penulisan soal-soal PAS/UAS SMP/MTs dengan HOTS.
Berikut admin tulis contoh Soal PAS/UAS B
INDONESIA Kelas 8 Semester 1 SMP/MTs Kurikulum 2013 Nomor 1 – 15 sebagai contoh
saja, Soal PAS/UAS ini terdapat 40 soal Pilihan Ganda dan 5 soal uraian :
Berilah
Tanda Silang Pada Huruf A, B, C, atau D yang dianggap benar !!
1. Kamu akan mewawancarai seorang petani kopi
yang berhasil. Kamu ingin mengetahui informasi tentang cara petani tersebut
bisa menjadi petani yang berhasil.
Pertanyaan yang sesuai untuk mencari informasi
tersebut adalah . . . . .
- A. Sejak kapan bapak mencintai kopi?
- B. Bagaimana cara bapak berhasil menjadi petani
kopi?
- C. Apakah bapak tidak salah memilih menjadi
petani?
- D. Apa keuntungan bapak menjadi petani?
2. Aspek
yang tidak termasuk dalam pokok-pokok laporan perjalanan adalah . . . . .
- A. Waktu perjalanan
- B. Keadaan tempat
- C. Biro perjalanan
- D. Tujuan perjalanan
3. Hal yang tidak perlu ditanggapi dalam suatu
laporan adalah . . . . .
- A. Waktu pelaksanaan
- B. Tujuan Kegiatan
- C. Isi kegiatan
- D. Besarnya anggaran
4. Kalimat tanggapan terhadap laporan
perjalanan teman yang wajar dan baik adalah . . . . .
- A. Laporan perjalanan itu sangat buruk dan
tidak pantas disampaikan di forum yang terhormat ini.
- B. Baru kali ini melihat laporan perjalanan
yang sangat hebat dan menggetarkan.
- C. Alangkah nekadnya ia menyampaikan laporan
perjalanan yang tampak seperti cerpen ini.
- D. Laporan perjalanan ini sebenarnya cukup
lengkap dan bagus, namun penulis kurang mendalam dan kurang dalam mengulas
kehidupan masyarakat setempat.
5. Pertanyaan yang dapat digunakan sebagai
acuan dalam menyusun laporan perjalanan adalah seperti di ba wah ini, kecuali .
. . . .
- A. Kemana kalian pergi ?
- B. Kapan perjalanan dilakukan ?
- C. Berapa biaya perjalanan ?
- D. Bagaimana kesan selama perjalanan ?
6. Untuk mendapatkan kecepatan dalam membaca,
kebiasaan yang harus dihindari adalah . . . . .
- A. Membaca dengan konsentrasi tinggi
- B. Membaca dengan mulut bersuara
- C. Menggunakan teknik gerak mata
- D. Tidak mengulang kata-kata yang dibaca
7. Membaca dengan kecepatan rata-rata 250-350
kata per menit cocok digunakan untuk . . . . .
- A. Membaca fiksi guna menganalisis watak tokoh
dan jalan cerita
- B. Mempelajari bahan-bahan yang sulit untuk
menguasai isi
- C. Menguasai bahan-bahan ilmiah yang sulit dan
bersifat teknis
- D. Memecahkan persoalan yang ditunjuk dalam
bacaan yang bersifat perintah
8. Limbah atau hasil buangan kapal sering
menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah
penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut. Mereka tidak menghiraukan
pengaruh sampah-sampah dan gas gas buang tersebut terhadap kehidupan di laut. Padahal mereka tahu bahwa laut merupakan
sumber penghidupan nelayan, ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya. Lebih parah lagi ada beberapa yang mati karena pencemaran
laut tersebut.
Bacaan tersebut membahas masalah . . . . .
- A. Sampah berserakan di laut
- B. Pencemaran air laut
- C. Limbah dan sampah laut
- D. Hasil buangan kapal
9. Organ yang bekerja ketika membaca dengan
metode gerak mata adalah . . . . .
- A. Mata dan mulut
- B. Mata dan pikiran
- C. Mata dan kaki
- D. Mata dan tangan
10. Sesampainya di Jawa T imur, kami berhenti
di sebuah penginapan untuk mandi pagi dan meletakan bekal. Tepat pukul
18.00 kami harus bersiap karena semua jadwal sudah diatur oleh biro
perjalanan. Objek wisata yang
pertama kami kunjungi, yaitu perkebunan teh Gunung Gambir.
Laporan perjalanan tersebut menggunakan pola
urutan . . . . .
- A. Waktu
- B. Tujuan
- C. Tempat
- D. Topik
11. Pustakawan harus mempunyai kemampuan manajemen
yang baik, menguasai teknik berorganisasi, dan pengetahuan yang
luas tentang buku-buku dan bahan-bahan pustaka
lainnya. Akan tetapi, hal itu belum tentu mampu mendatangkan pembaca jika
pustakawan tidak memberi saran-saran dan masukan kepada pembaca
dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya,
pustakawan harus dapat pula meyakinkan pembaca bahwa buku adalah sahabat kita.
Isi pokok dari kutipan laporan tersebut adalah
. . . . .
- A. Kemampuan yang harus dimiliki oleh
pustakawan
- B. Buku adalah sahabat kita sehari-hari
- C. Pustakawan dapat memberi saran dan masukan
bagi pembaca
- D. Tugas pustakawan sangat menentukan kema-juan
perpustakaan
12. Hampir semua jenis penyu dilindungi oleh
undang-undang nasional maupun internasional karena dikhawatirkan akan punah.
Disamping penyu Belimbing, dua spesies lain yakni yakni penyu Kem p’s Ridley
dan penyu sisik juga diklasifikasikan sebagai sangat terancam punah oleh The
World Conversation Union. Penyu hijau, penyu lekang atau penyu abu-abu dan penyu tempayan digolongkan terancam punah. Hanya penyu pipih
yang diperkirakan tidak terancam punah.
Isi pokok yang terdapat pada kutipan di atas
adalah . . . . .
- A. Jenis penyu yang dilindungi undang-undang
- B. Cara penangkaran penyu yang hampir punah
- C. Tempat rekreasi yang menyajikan beberapa
jenis penyu
- D. Isi undnag-undang yang melindungi satwa yang
hampir punah
13. Siswa peserta tour sudah berkumpul di
halaman sekolah. Sebelum berangkat, panitia tour mempersiapkan segala
sesuatunya. Tujuan pertama Candi
Prambanan, kemudian pantaiParangtritis dan Malioboro.
Laporan di atas disampaikan berdasarkan urutan
. . . . .
- A. Waktu
- B. Tempat
- C. Ruang
- D. Topik
14. Perhatikan isi laporan berikut!
- (1) Di Provinsi Bangka Belitung tersohor tiga
durian legenda, yaitu durian chumasi, sutra manis, dan pledes
- (2) Ketiganya terutama durian chumasi,
melegenda, karena menjadi kesukaan bangsawan Cina
- (3) Harga durian chumasi melangit hingga Rp
200.000,00 per buah
- (4) Durian sutra manis istimewa karena kering,
manis dan berwarna jingga
T anggapan yang sesuai dengan isi laporan
tersebut adalah . . . . .
- A. Laporan tersebut tidak menjelaskan bahwa
durian pledes merupakan durian yang melegenda
- B. Buah durian yang terkenal dari provinsi
Bangka Belitung adalah durian chumasi, sutra manis dan pledes
- C. Karana kelezatannya, durian chumasi dijual
hingga 300.000,00 per buah
- D. Durian sutra manis juga digemari para
pelancong yang datang ke provinsi Bangka Belitung
15. Kalimat tanggapan perjalanan teman yang
wajar dan baik adalah . . . . .
- A. Laporan perjalanan itu sangat buruk dan
tidak pantas disampaikan di forum yang terhormat ini.
- B. Baru kali ini melihat laporan perjalanan
yang sangat hebat dan menggetarkan.
- C. Alangkah nekadnya ia menyampaikan laporan
perjalanan yang tampak seperti cerpen
murahan ini.
- D. Laporan perjalanan ini sebenarnya cukup
lengkap dan bagus, namun penulis kurang mendalam dan kurang dalam mengulas
kehidupan masyarakat setempat.
Bagi Bapak/Ibu Guru yang membutuhkannya,
silahkan Unduh Contoh Soal-soal PAS/UAS B INDONESIA Kelas 8 Semester 1 SMP/MTs
Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 beserta kunci jawabannya melalui link
dibawah ini :
Artikel
Terkait :
Keterangan
:
Jika terdapat ketidaksesuaian pada Contoh Soal PAS/UAS B INDONESIA Kelas 8
Semester 1 SMP/MTs Kurikulum 2013 diatas, silahkan sesuaikan dengan Standar dan
Prosedur serta kebijakan di masing-masing Sekolahnya.
Demikianlah yang dapat admin sampaikan terkait
informasi Contoh Soal dan Jawaban PAS/UAS B INDONESIA Kelas 8 Semester 1 SMP/MTs
Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Download Soal dan Jawaban PAS/UAS B INDONESIA Kelas 8 Semester 1 SMP/MTs Kurikulum 2013 TP 2020/2021"