Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JUKNIS BOP BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2021

JUKNIS BOP BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2021

JUKNIS BOP BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2021 – Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang 
Kumpulan Soal dan Jawaban PAS/UAS Kelas 12 SMA/SMK/MA Semester 1 Kurikulum 2013, pada kesempatan yang berbahagia ini admin kembali akan mengupdate informasi terbaru, yakni tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan Pada Raudlatul Athfal Dan Bantuan Operasional Sekolah Pada Madrasah Tahun Anggaran 2021, berikut penjelasn selengkapnya :


PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN PADA RAUDLATUL ATHFAL DAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2021



Latar Belakang

 
Bantuan Operasional Pendidikan Raudlatul Athfal (selanjutnya disebut BOP) dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah lbtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan (selanjutnya disebut BOS) mempunyai kontribusi penting terhadap peningkatan akses pendidikan di Indonesia. Hal ini ditandai dengan menurunnya  jumlah anak putus sekolah dan meningkatnya jumlah anak kembali ke bangku sekolah/madrasah. Dalam konteks madrasah, program  BOP dan BOS juga dinilai berhasil meningkatkan capaian Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Mumi  (APM)  dalam tiga tahun  terakhir. APK Madrasah  pada tahun 2018 secara umum melampaui angka yang ditetapkan dalam Rencana Strategis Pendidikan Islam Tahun 20015-2019. Capaian dan kontribusi terhadap APK Nasional (angka dalam kurung) Madrasah pada tahun 2018  berturut-turut adalah:  MI 13,10%  (12,07%),  MTs 23,89% (26,47%),  MA 10,40% (12,55%).


Namun demikian, alokasi anggaran BOP dan BOS yang meningkat dari tahun ke tahun sejak tahun 2005 secara umum belum mampu meningkatkan mutu pendidikan nasional secara    signifikan, termasuk di madrasah. Hal ini setidaknya dapat diukur melalui hasil penilaian internasional, seperti PISA di mana pada tahun 2018 Indonesia masih menduduki urutan 74  dari 79 negara. Kesenjangan hasil belajar siswa juga masih terjadi di madrasah swasta dan negeri. Data hasil UN misalnya menunjukkan rata-rata UN MA negeri adalah 46 sedangkan untuk MA swasta adalah 34, dan rata-rata UN MTs negeri adalah 50 sedangkan untuk MTs swasta adalah 47.


Oleh karena itu, Kementerian Agama melakukan perubahan tujuan, pendek dan orientasi  program BOP dan BOS yang tidak hanya berorientasi pada perluasan akses, melainkan juga peningkatan mutu pembelajaran di madra Dalam konteks ini, BOP dan BOS diharapkan dapat menjadi salah satu input penting untuk pemenuhan SNP dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran siswa. Di samping itu, RA dan Madrasah diberikan fleksibilitas dan kewenangan yang lebih besar untuk menggunakan dana BOP dan BOS sesuai dengan kebutuhannya berdasarkan rambu-rambu yang digariskan dalam Petunjuk Teknis ini.


Tujuan


BOP dan BOS bertujuan untuk:

  1. membantu biaya operasional pendidikan pada RA dan Madrasah dalam rangka peningkatan aksesibilitas siswa;
  2. membantu biaya operasional pendidikan pada RA dan Madrasah dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan pemenuhan SNP yang menjadi tanggung jawab satuan pendidikan;
  3. mendukung biaya operasional pendidikan pada RA dan Madrasah dalam rangka peningkatan efektivitas pembelajaran jarak jauh dan/ pembelajaran digital di masa Adaptasi  Kenormalan Baru COVID-19;
  4. mendukung biaya operasional pendidikan pada RA dan Madrasah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan RA dan Madrasah.
 
 
Adapun penjelasan lengkap mengenai JUKNIS BOP BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2021 :



Bagi rekan-rekan yang membutuhkan, silahkan unduh File-nya melalui link berikut ini:



Demikian admin sampaikan informasi terkait Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan Pada Raudlatul Athfal Dan Bantuan Operasional Sekolah Pada Madrasah Tahun Anggaran 2021, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "JUKNIS BOP BOS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2021"