Latihan Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI
Latihan Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI – Pada beberapa postingan sebelumnya admin sudah
membahas Latihan Soal dan Kunci Jawaban Try Out MATEMATIKA Kelas 6 SD/MI dan contoh soal latihan TRY OUT IPA Kelas 6, menindaklanjuti hal tersebut admin sengaja akan kembali berbagi
contoh-contoh soal kali ini admin berbagi Latihan-Latihan Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI.
Bagi
rekan-rekan yang ingin mempelajari Soal Try Out USBN
Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI ini, bisa menguduh materi ini di bawah atau di akhir postingan ini
dalam bentuk file PDF
Berikut ini ialah
rincian Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI.
Berikut admin tuliskan Soal Try Out USBN
Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI
PETUNJUK
UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan
teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu
anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu
sebelum diserahkan pada pengawas.
Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 1−3!
Bunglon,
Binatang yang Bisa Berubah Warna. Bunglon adalah salah satu binatang yang unik.
Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna
kulitnya.
Kemampuan
ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan
kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh
atau pemangsa. Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis.
Dalam
lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika
pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna.
Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
Terkadang,
bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini
karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat
marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya
menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah
warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.
Indikator:
Peserta didik dapat menggali informasi tersurat teks.
1. Bagaimana cara bunglon mengubah
warna kulitnya?
A. Dengan menyesuaikan warna di
tempatnya berada.
B. Dengan melebar atau mengecilkan
pigmen di kulitnya.
C. Dengan cara yang disebut
mimikri.
D. Dengan memantulkan sinar
matahari.
Indikator:
Peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi teks.
2. Apa warna yang kira-kira akan
dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
A. Oranye
B. Merah
C. Kuning
D. Hitam
Indikator:
Peserta didik dapat melengkapi tabel dengan pokokpokok pikiran berdasarkan isi
teks.
3. Berikut ini adalah tabel
perubahan warna bunglon.
No. Alasan
Perubahan Warna
1. Melindungi diri Sesuai
lingkungan
2. Perasaan negatif (a) ....
3. Perasaan positif (b) ....
Isian yang tepat untuk melengkapi
tabel tersebut adalah ....
A. (a) warna gelap; (b) warna terang
B. (a) warna terang; (b) warna
gelap
C. (a) warna hitam; (b) warna kuning
D. (a) warna hijau; (b) warna cokelat
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan sinonim.
4. Pada hari Minggu diadakan kerja
bakti.
Siswa kelas VI dibagi menjadi dua
kelompok.
Kelompok pertama membersihkan
kelas,
sedangkan kelompok kedua
membersihkan halaman.
Persamaan kata bergaris bawah dalam
kalimat tersebut adalah ....
A. kumpulan
B. regu
C. gugus
D. tim
Indikator:
Peserta didik dapat membandingkan isi teks.
5. Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Endah selalu saja memaki Hera.
Padahal Hera tidak pernah berbuat
buruk pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah
jika Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh
ketika pulang sekolah. Hera yang melihat kejadian itu langsung menolongnya.
Teks 2
Sofy adalah anak yang sangat baik
di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia
tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan
anak yang paling pandai di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan,
guru-guru juga menyukainya.
Persamaan isi kedua teks tersebut
adalah ....
A. menolong orang walaupun ia suka
mengejek
B. disukai banyak orang karena suka
menolong
C. berteman dengan siapa saja tanpa
membeda-bedakan
D. menolong siapa saja yang sedang
membutuhkan
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.
6. Bacalah paragraf berikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus
mengedukasi siswanya agar tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di
sekolah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi
paragraf tersebut yang tepat adalah ....
A. Kepala Dinas Pendidikan DKI
Jakarta seharusnya melakukan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
B. Siswa yang jajan sembarangan
seharusnya mendapatkan hukuman dari sekolah.
C. Program kebijakan Kepala Dinas
Pendidikan DKI Jakarta dapat menjadikan siswa lebih sehat.
D. Pembuatan kantin sehat di
sekolah sebenarnya sangat merepotkan.
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan makna kata.
7. Cermati paragraf berikut!
Besok pagi ada pelajaran
menggambar. Bu Intan memberikan instruksi untuk membawa buku gambar berukuran
A3, pensil HB, dan pewarna.
Makna kata bergaris bawah dalam
paragraf tersebut adalah ....
A. perintah
B. pelajaran
C. petunjuk
D. peraturan
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.
8. Perhatikan teks berikut!
Mengolah kerang memerlukan beberapa
langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang melekat
pada bagian dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan.
Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. Pola ini ber
fungsi sebagai cetakan untuk menggambar sketsa pada cangkang kerang.
Pernyataan yang sesuai dengan teks
di atas adalah ....
A. Mengolah kerang hanya
membutuhkan dua langkah saja.
B. Daging dalam cangkang tidak
perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
C. Pembeli bisa ikut menentukan
pola model hiasan yang diinginkan.
D. Untuk menggambar sketsa pada
cangkang diperlukan pola sebagai cetakan.
Indikator:
Peserta didik dapat menggali informasi tersirat teks.
9. Cermati pidato berikut!
Ingatlah ketika kita masih kelas 1
dahulu. Waktu itu kita tidak bisa membaca, tetapi sekarang telah bisa membaca.
Dahulu kita tidak bisa menulis, tetapi sekarang telah bisa menulis. Dahulu kita
tidak bisa menghitung, tetapi sekarang telah bisa menghitung. Tentu saja hal
ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh karena itu, kita
sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.
Isi teks pidato di atas adalah ....
A. mengingatkan kenangan masa lalu
B. mengingatkan kegigihan guru
dalam mengajar
C. imbauan untuk berbakti kepada
guru
D. imbauan untuk menaati segala
perintah guru
Indikator:
Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks.
10. Perhatikan teks berikut!
Esok paginya, kami berangkat dengan
menggunakan sepeda. Setelah perjalanan selama 2 jam, kami sangat senang karena
bisa tiba di Pantai Parangtritis dengan selamat. Kami bersenang-senang sambil
menikmati indahnya Pantai Parangtritis hingga tak terasa bahwa matahari sudah
berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda lalu pulang dengan hati
gembira.
Paragraf tersebut termasuk jenis
....
A. deskripsi
B. narasi
C. persuasi
D. eksposisi
Indikator:
Peserta didik dapat melengkapi jenis teks iklan.
11. Perhatikan iklan berikut!
Iklan Kipas Angin
Kata yang tepat untuk melengkapi
iklan tersebut adalah ....
A. toko elektronik terdekat
B. toko baju terjauh
C. toko buku terdekat
D. toko alat listrik terjauh
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan unsur teks berupa kalimat utama.
12. Perhatikan bacaan berikut!
Antena panjang yang kadang melebihi
tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini. Antena tersebut berfungsi sebagai
radar pendeteksi objek sekitar. Antena terhubung ke mata majemuk. Hal tersebut
membuat kumbang ini dapat melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
Kalimat utama paragraf di atas
adalah ....
A. Antena panjang yang kadang
melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
B. Antena tersebut berfungsi
sebagai radar pendeteksi objek sekitar.
C. Antena terhubung ke mata
majemuk.
D. Hal tersebut membuat kumbang ini
dapat melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan ide pokok teks.
13. Perhatikan paragraf berikut!
Hari ini, 22 September adalah hari
Badak Sedunia. Peringatan “hari Badak” diadakan untuk melihat hasil dari upaya
menyelamatkan hewan langka ini. Dalam rangka hari Badak Sedunia tahun 2016,
World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menyatakan, bahwa kondisi badak sumatra tak
sebaik badak jawa.
Gagasan utama paragraf tersebut
adalah ....
A. Tanggal 22 September adalah hari
Badak Sedunia.
B. Peringatan hari Badak Sedunia.
C. WWF menyatakan kondisi badak
sumatra buruk.
D. Hari Badak untuk melihat hasil
penyelamatan badak.
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
14. Perhatikan pantun berikut!
Buah anggur jangan dilempar
Nanti berubah menjadi mangga
Anak sekolah rajin belajar
Jadi juara orang tua bangga
Pesan pantun di atas adalah ....
A. Anak yang rajin belajar bisa
sukses dan membanggakan orang tua.
B. Anak yang rajin belajar bisa
menjadi juara dan menjadi orang yang berhasil.
C. Anak yang rajin belajar bisa
menjadi juara dan membuat orang tua bangga.
D. Anak yang rajin belajar disayang
guru dan membanggakan orang tua.
Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawabsoal nomor 15−20!
Saat bangun dari rumahnya di lubang
kecil di
tepi telaga, Katak Hijau segera
menceburkan diri
ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan
oleh kawanan Semut.
Semut : “Tolonglah kami Katak
Hijau, kami ingin ke tanah seberang.
Katak : “Memangnya mengapa kalian
ingin ke sana?”
Semut : “Kami selalu diganggu oleh
Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami
kumpulkan.”
Katak : “Baiklah kalau begitu.
Naiklah ke punggungku.”
Semut : “Terima kasih, Katak.”
Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus
bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.
Katak : “Tunggu sebentar, aku
kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai)
Katak : “Nah, sekarang naiklah ke
daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
15. Bagaimana cara Katak
mengantarkan Semut ke tanah seberang?
A. Menggunakan punggungnya.
B. Menggunakan daun teratai.
C. Menggunakan jembatan.
D. Menggendong sampai seberang.
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
16. Mengapa Semut ingin pindah ke
tanah seberang?
A. Semut kesulitan mencari makanan.
B. Semut diganggu oleh Rayap dan
Belalang.
C. Penduduk Semut terlalu padat.
D. Di tanah seberang lebih
menjanjikan.
Indikator:
Peserta didik dapat menggali informasi tersirat dalam karya sastra (memaknai
bagian teks).
17. Sifat tokoh Katak dalam teks
drama tersebut adalah ....
A. cerdik
B. licik
C. bijaksana
D. pemaaf
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa amanat.
18. Amanat yang terkandung dalam
teks drama tersebut adalah ....
A. membantu orang yang kesusahan
B. membantu teman yang meminta
pertolongan
C. menghadapi segala cobaan
D. pindah ke tempat yang lebih baik
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa latar.
19. Latar tempat pada teks tersebut
adalah ....
A. lubang kecil
B. tepi telaga
C. tanah seberang
D. rumah
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa tokoh.
20. Tokoh utama dalam drama
tersebut adalah ....
A. Semut
B. Katak
C. Rayap
D. Belalang
Indikator:
Peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita.
21. Perhatikan cerita berikut!
Hujan kali ini sungguh lebat. Warga
terdiam dan berdoa di dalam rumah. Tibatiba, air sungai yang semula tenang berubah
menjadi gemuruh. Air dari hulu sungai datang begitu cepatnya. Menerjang apa
saja di depannya.
Peristiwa yang mungkin terjadi
berkaitan dengan isi cerita tersebut adalah ....
A. banjir
B. banjir bandang
C. tsunami
D. banjir rob
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan nilai-nilai cerita.
22. Perhatikan cerita berikut!
“Inilah wajah pencuri itu.
Perhatikan baik-baik dan segera lakukan penangkapan secepatnya!” Pencarian
segera dilakukan. Tidak sampai satu hari, pencuri itu sudah tertangkap. Di
hadapan Raja ia mengakui kesalahannya telah mencuri kalung milik Putri Mekar.
Nilai moral positif pada cerita di
atas adalah ....
A. menjunjung tinggi kejujuran
B. patuh pada perintah
C. berani mengakui kesalahan
D. bertanggung jawab
Indikator:
Peserta didik dapat menggali informasi tersirat dalam karya sastra berupa
menyimpulkan bagian teks.
23. Perhatikan cerita berikut!
“Cepat keluar semua dari mobil atau
Bapak Tua ini akan celaka!” bentak salah seorang dari mereka seraya menarik
baju Pak Tohir.
“Aduh... jantungku sakit!” Pak
Tohir tibatiba menjerit sambil menekan dada sebelah kirinya. Kemudian Pak Guru
tua itu berjalan sempoyongan keluar dari mobil dan akhirnya jatuh tersungkur di
depan mobil kami.
Kejadian itu menarik perhatian
beberapa orang yang kebetulan sedang lewat. Melihat orang-orang berdatangan,
ketiga penjahat itu panik dan akhirnya melarikan diri. Setelah ketiga penjahat
itu pergi, Ayah dibantu beberapa orang berusaha untuk mengangkat Pak Tohir.
Mereka terkejut karena Pak Tohir
justru dengan sigap bangun sendiri sambil membersihkan bajunya yang kotor.
“Maaf tadi aku hanya berpura-pura,” katanya.
Simpulan cerita tersebut adalah
....
A. Pak Tohir hanya berpura-pura
terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.
B. Pak Tohir terkena serangan
jantung ketika sedang dirampok.
C. Pak Tohir sembuh dari penyak it
jantungnya setelah penjahat pergi.
D. Pak Tohir adalah orang tua yang
memiliki riwayat penyakit jantung.
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
24. Perhatikan syair berikut!
Jadilah orang yang mulia
Dikagumi karena prestasinya
Dibanggakan karena akhlaknya
Dicintai karena kebaikannya
Maksud syair di atas adalah ....
A. Jika menjadi orang mulia, banyak
orang yang mengidolakan.
B. Orang yang mulai dikagumi ,
dibanggakan, dan dicintai oleh semua orang.
C. Menjadi orang yang mulia tidak
mudah untuk dilakukan.
D. Orang yang mulia memiliki
prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa tema.
25. Bacalah paragraf berikut!
Kata ayahku, setiap hari Pak Ridwan
berperahu menghampiri rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai,
termasuk rumah kakekku. Hanya untuk membujuk warga di sana agar mau
menyekolahkan anak mereka.
Tema bacaan di atas adalah ....
A. kekeluargaan
B. lingkungan
C. pendidikan
D. pekerjaan
Indikator:
Peserta didik dapat menggali informasi tersirat dalam karya sastra (memaknai
bagian teks).
26. Perhatikan paragraf berikut!
Pak Susilo menyisihkan sebagian
gajinya untuk keperluan buku dan alat tulis muridmuridnya. Bahkan ketika ayah
dan beberapa orang murid lain ingin melanjutkan ke SMP, Pak Susilo yang
mengantarkan mereka dengan mengayuh perahu sendiri ke kampung seberang karena
di Kampung Air belum ada SMP waktu itu.
Maksud kalimat bercetak miring
adalah ....
A. Pak Susilo selalu membelikan
muridmuridnya buku-buku dan alat tulis.
B. Pak Susilo meminta bantuan buku
dan alat tulis pada pemerintah.
C. Pak Susilo membelikan buku dan
alat tulis untuk muridnya dengan sebagian uang gajinya.
D. Pak Susilo mengharuskan muridnya
membeli buku dan alat tulis.
Indikator:
Peserta didik dapat menyusun petunjuk menggunakan sesuatu.
27. Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
Cara Mengepel Lantai
(1) Peras kain pel hingga air sudah
tidak menetes.
(2) Celupkan kain pel ke dalam
cairan pembersih yang sudah tercampur air.
(3) Mulailah mengepel lantai secara
merata.
(4) Campurkan cairan pembersih
dengan air sesuai petunjuk pemakaian.
(5) Bersihan debu dari lantai
dengan sapu atau pembersih debu.
Urutan petunjuk cara mengepel
lantai yang
benar adalah ....
A. (1)−(2)−(3)−(4)−(5)
B. (4)−(2)−(1)−(3)−(5)
C. (2)−(1)−(4)−(5)−(3)
D. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
Indikator:
Peserta didik dapat melengkapi teks dengan istilah.
28. Perhatikan paragraf berikut!
Luka yang tidak segera dibersihkan
akan menyebabkan [...]. Apabila hal tersebut tidak segera ditangani, luka
tersebut akan semakin sulit disembuhkan.
Istilah yang tepat untuk melengkapi
paragraf di atas adalah .....
A. injeksi
B. infeksi
C. imunisasi
D. inkubasi
Indikator:
Peserta didik dapat menyusun teks narasi.
29. Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
(1) Iwan segera memapahnya ke
rumah.
(2) Yulhan sedang bermain di rumah
Iwan.
(3) Lututnya memar dan pergelangan
kakinya terkilir.
(4) Ibu Iwan segera memberikan
pertolongan pertama sebelum Yulhan dibawa ke puskesmas.
(5) Ketika sedang bermain bola,
tiba-tiba Yulhan jatuh.
Kalimat-kalimat tersebut akan
menjadi paragraf dengan urutan ....
A. (2)−(5)−(3)−(1)−(4)
B. (2)−(3)−(5)−(1)−(4)
C. (2)−(5)−(3)−(4)−(1)
D. (2)−(3)−(4)−(5)−(1)
Indikator:
Peserta didik dapat melengkapi jenis teks iklan.
30. Perhatikan iklan berikut!
Mari berhemat!
Matikan keran air jika tidak [...]!
Kata yang tepat untuk melengkapi
iklan di atas adalah ....
A. mengalir
B. dinyalakan
C. penuh
D. digunakan
Indikator:
Peserta didik dapat menyusun petunjuk membuat sesuatu.
31. Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
Cara Memasak Nasi dengan Rice
Cooker
(1) Masukkan ke dalam rice cooker.
(2) Tekan tombolnya dan tunggu
hingga matang.
(3) Cuci beras hingga bersih lalu
beri air secukupnya.
(4) Takar beras secukupnya.
(5) Colokkan kabel rice cooker ke
sumber listrik.
Urutan petunjuk cara membuat nasi
dengan
rice cooker yang benar adalah ....
A. (4)−(3)−(5)−(1)−(2)
B. (4)−(1)−(3)−(5)−(2)
C. (4)−(3)−(1)−(5)−(2)
D. (4)−(1)−(5)−(3)−(2)
Indikator:
Peserta didik dapat menyusun teks narasi.
32. Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
(1) Ia merayakan ulang tahun di
panti asuhan itu dengan membagikan bingkisan pada anak-anak di panti asuhan.
(2) Tanggal 8 Mei adalah ulang
tahun Mita.
(3) Mita sangat senang bisa
membantu orang lain di hari bahagianya.
(4) Ia ingin merayakannya dengan
cara yang tidak biasa.
(5) Saat hari ulang tahunnya tiba,
ia mengunjungi panti asuhan di kotanya.
Kalimat-kalimat tersebut akan
menjadi paragraf yang baik dengan urutan ....
A. (2)−(4)−(1)−(5)−(3)
B. (2)−(5)−(1)−(3)−(4)
C. (2)−(4)−(5)−(1)−(3)
D. (2)−(5)−(1)−(4)−(3)
Indikator:
Peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan ungkapan.
33. Pulang dari Semarang, tante
membawakanku [....].
Ungkapan yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. buah tangan
B. tangan kanan
C. panjang tangan
D. tangan dingin
Indikator:
Peserta didik dapat menyusun petunjuk membuat sesuatu.
34. Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
(1) Aduk hingga tercampur rata.
(2) Masukan kelapa muda dan airnya
ke dalam gelas saji.
(3) Es kelapa muda siap dinikmati.
(4) Tambahkan gula jawa dan es
batu.
(5) Siapkan kelapa muda, air kelapa
muda, gula jawa, dan es batu.9
Urutan petunjuk yang tepat cara
membuat es kelapa muda adalah ....
A. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
B. (5)−(2)−(4)−(1)−(3)
C. (5)−(4)−(1)−(2)−(3)
D. (5)−(2)−(1)−(4)−(3)
Indikator:
Peserta didik dapat melengkapi jenis teks laporan.
35. Perhatikan teks berikut!
Pukul 05.00 kami sampai di Asrama
Pondok Gede. Kami segera mandi, sarapan, dan mempersiapkan diri karena bus akan
berangkat pukul 07.00 tepat.
[....] Walaupun masih mengantuk
karena perjalanan jauh, kami tetap semangat dan penasaran.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
teks tersebut adalah ....
A. Pukul 07.00 bus berangkat menuju
objek wisata pertama, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.
B. Kemudian kami sarapan di hotel
dan segera naik bus.
C. Tak lama kemudian, akhirnya
sampai di tempat tujuan.
D. Karena perjalanan sangat jauh,
kami tidur dahulu di bus.
Indikator:
Peserta didik dapat melengkapi jenis teks pidato.
36. Perhatikan pidato berikut!
Seringkali kita melihat murid-murid
yang membuang sampah sembarangan. Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau
melihat sampah tersebut berserakan di mana-mana. [....]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
pidato tersebut adalah ....
A. Sampah tadi juga dapat mencemari
lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
B. Sampah tersebut dapat
menyebabkan wabah penyakit di lingkungan masyarakat.
C. Marilah kita menyuruh
murid-murid membuang sampah pada tempatnya.
D. Sampah tersebut harus segera
dibersihkan oleh tukang kebun.
Indikator:
Peserta didik dapat menyusun teks deskripsi.
37. Perhatikan gambar berikut!
Deskripsi yang sesuai dengan gambar binatang tersebut
adalah ....
A. Binatang tersebut memiliki jiwa
sosial yang tinggi. Jika bertemu dengan kerabatnya, ia akan bersalaman dengan
menggunakan antena di kepalanya.
B. Binatang tersebut memiliki jiwa
sosial yang kurang. Terlihat bahwa mereka saling berebutan untuk mendapatkan
makanan.
C. Binatang tersebut memiliki jiwa
sosial yang kurang. Biasanya mereka bekerja hanya untuk memenuhi keinginan
sendiri-sendiri.
D. Binatang tersebut memiliki jiwa
sosial yang tinggi. Terlihat bahwa mereka saling bekerja sama dengan yang lain
untuk mengangkat sebongkah makanan.
Indikator:
Peserta didik dapat menggunakan ejaan.
38. Penggunaan ejaan yang tepat
terdapat pada kalimat ....
A. Retno berpikir untuk melanjutkan
ke sekolah di luar negeri.
B. Retno berfikir untuk melanjutkan
ke sekolah di luar negeri.
C. Retno berpikir untuk melanjutkan
ke sekolah di luar negri.
D. Retno berfikir untuk melanjutkan
ke sekolah di luar negri.
Indikator:
Peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan.
39. Pada rabu malam, terjadi banjir
bandang di kabupaten garut Jawa Barat.
Perbaikan ejaan yang tepat pada
kalimat di atas adalah ....
A. Pada rabu malam, terjadi Banjir
Bandang di kabupaten Garut Jawa Barat.10
B. Pada Rabu malam, terjadi banjir
bandang di Kabupaten Garut Jawa Barat.
C. Pada Rabu malam, terjadi Banjir
Bandang di Kabupaten Garut Jawa Barat.
D. Pada rabu malam, terjadi banjir
bandang di kabupaten Garut Jawa Barat.
Indikator:
Peserta didik dapat memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca.
40. Sherli berbelanja: bayam, sawi,
wortel dan kol di pasar.
Perbaikan tanda baca yang tepat
pada
kalimat di atas adalah ....
A. Sherli berbelanja: bayam, sawi,
wortel, dan kol di pasar.
B. Sherli berbelanja, bayam, sawi,
wortel dan kol di pasar.
C. Sherli berbelanja bayam, sawi,
wortel dan kol, di pasar.
D. Sherli berbelanja bayam, sawi,
wortel, dan kol di pasar.
Indikator:
Peserta didik dapat memperbaiki penggunaan kata.
41. Setelah berhari-hari tidak ada
pembeli, akhirnya hari ini motor Pak Beni berjualan.
Perbaikan kata bergaris bawah di
dalam kalimat tersebut adalah ....
A. menjual
B. terjual
C. dijual
D. penjual
Indikator:
Peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan.
42. Perhatikan teks berikut!
Tanpa sengaja, Dian memecahkan
gelas yang akan digunakan untuk percobaan (1)
pada pelajaran IPA. Akan tetapi, Bu
Indah hanya menasehati (2)
dengan bunyi yang lembut. Dian yang
awalnya ketakutan kini menjadi sudah tidak takut (3)
lagi. Ia berjanji untuk
berhati-hati (4).
Penggunaan ejaan yang salah
terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Indikator:
Peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca.
43. Perhatikan kalimat berikut!
Ibu Mesya menjelaskan: “Contoh
sampah organik misalnya kertas bekas, karton bekas, kain bekas, dan daun
pembungkus makanan.”
Tanda baca yang tidak tepat
penggunaannya adalah ....
A. tanda titik dua (:) setelah kata
menjelaskan
B. tanda petik ganda (“...”)
C. tanda koma (,) setelah kata
bekas
D. tanda titik (.) setelah kata
makanan
Indikator:
Peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan kata bentukan.
44. Bacalah kalimat berikut ini!
Pertumbuhan penduduk di Pulau
Sumatera mengakibatkan luas hutan alam [...] seiring dengan pembukaan lahan
untuk perumahan.
Kata bentukan yang tepat untuk
melengkapi
kalimat tersebut adalah ....
A. mengurang
B. terkurang
C. berkurang
D. dikurangi
Indikator:
Peserta didik dapat menggunakan tanda baca.
45. Perhatikan kalimat berikut!
Pelajari bentuk dan gaya yang
digunakan oleh penyair-penyair terkenal supaya mengenal struktur, format, sajak
dan unsur lain yang digunakan dalam menulis puisi.
Penggunaan tanda baca yang tepat
untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah
....
A. tanda koma (,) setelah kata gaya
B. tanda koma (,) setelah kata
terkenal
C. tanda koma (,) setelah kata
mengenal
D. tanda koma (,) setelah kata
sajak11
II. Jawablah pertanyaan di bawah
ini dengan tepat!
Bacalah
fabel berikut untuk menjawab soal
nomor 46 dan 47!
Ketika memandangi anak-anaknya yang
baru menetas, induk ayam bingung. Salah satu anaknya kecil sekali dibandingkan
anak-anak yang lain. Tetapi, ia tetap menyayanginya. Sekelompok anak ayam nakal
sering mengejek ayam kecil itu. Namun, anak ayam kecil tetap bahagia bersama
keluarganya. Induk dan saudara-saudaranya selalu menjaganya.
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan keteladanan tokoh cerita.
46. Jelaskan keteladanan yang dapat
diambil dari fabel tersebut!
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan makna kata.
47. Jelaskan makna kata dari
menetas!
Indikator:
Peserta didik dapat memperbaiki tata kalimat dalam paragraf.
48. Perhatikan paragraf berikut!
Kelompok Anggrek Bulan mendapat
tugas mengamati pasar ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah pulang sekolah
pada hari Jumat. Pasar yang diamati terletak di pinggir jalan.
Mereka memperhatikan para
penjual-penjual meletakkan jualannya di dekat jalan raya. Akibatnya jalan
macet, becek, dan bau.
Perbaikilah kalimat yang bercetak
miring tersebut!
Indikator:
Peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa konflik.
49. Bacalah fabel berikut!
Binatang-binatang di hutan sedang
memilih raja. Tiba-tiba Kera berteriak, “Manusia saja yang menjadi raja, ia kan
sangat pandai”. “Tidak mungkin,” jawab Tupai. “Coba kalian semua perhatikan
aku, aku mirip dengan manusia bukan? Maka akulah yang cocok menjadi raja,” ujar
Kera.
Setelah melalui perundingan,
penghuni hutan sepakat Kera menjadi raja yang baru. Setelah diangkat menjadi
raja, tingkah laku kera sama sekali tidak seperti raja. Kerjanya hanya
bermalas-malasan sambil menyantap makanan yang lezat-lezat.
Jelaskan konflik yang terjadi pada
fabel
tersebut!
Indikator:
Peserta didik dapat melengkapi teks dengan peribahasa.
50. Bacalah paragraf berikut!
Guruku bernama Ibu Mutiara Dewi.
Beliau berprofesi sebagai guru sudah 28 tahun. Beliau pun sudah pernah mengajar
di berbagai sekolah dari pedalaman sampai sekolah terkenal di kota.
Berbagai kesulitan dan hambatan
dalam mengajar pernah dialaminya. Pengalaman itu membuatnya mengajar dengan
baik. (....)
Sebutkan peribahasa yang sesuai
untuk
menggambarkan teks tersebut!
Bagi rekan-rekan yang membutuhkan File-nya silahkan unduh pada link berikut :
Bagi rekan-rekan yang membutuhkan File-nya silahkan unduh pada link berikut :
Artikel Terkait :
Demikian
admin sampaikan terkait Latihan Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI,
semoga bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "Latihan Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI"