Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal & Jawaban PTS/UTS Sosiologi Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal & Jawaban PTS/UTS Sosiologi Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal & Jawaban PTS/UTS Sosiologi Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013
 – Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang Soal & Jawaban PTS/UTS INFORMATIKA Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013, pada kesempatan yang baik ini admin kembali mengupdate informasi yang berkaitan dengan Soal Penilaian Tengah Semester atau Ulangan Tengah Semester (PTS/UTS) SMA/SMK/MA semester genap berdasarkan Mata Pelajaran Sosiologi, berikut informasi selengkapnya :


Dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester Genap, Soal PTS/UTS untuk Kelas 11 Semester 2 beserta kunci jawabannya akan admin bagikan pada akhir postingan.

Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PTS Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PTS dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru.


Oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh soal Penilaian Tengah Semester Genap yang admin tuliskan berikut ini dari nomor 1-20 sebagai contoh saja dan file lengkapnya dapat di unduh pada akhir postingan:

Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat !!


1. Sebelum terjadinya konflik, seluruh elemen masyarakat dapat hidup berdampingan secara damai. Akan tetapi, mereka hidup dalam suasana antar hubungan yang penuh kecurigaan dan sikap bermusuhan saat ini. Dapat disimpulkan bahwa konflik telah mengakibatkan dampak negative. Berupa....
  • A. Kerusakan harta benda
  • B. Pudarnya nilai dan norma
  • C. Hilangnya nyawa manusia
  • D. Munculnya dominasi kelompok pemenang
  • E. Keretakan hubungan antarindividu dan persatuan kelompok
 
2. Konflik yang di picu oleh perbedaan pandangan atau ideologi yang dianut antar pihak disebut....
  • A. Konflik Ras
  • B. Konflik Politik
  • C. Konflik Gender
  • D. Konflik sektarian
  • E. Konflik antar pemeluk agama
 
3. Terdapat usaha untuk mempertemukan keinginan dari pihak yang bertikai sehingga tercapai suatu kesepakatan. Ini merupakan proses akomodasi dalam bentuk....
  • A. Koersi (coercion)
  • B. Mediasi (mediation)
  • C. Arbitrasi (arbitration)
  • D. Konsiliasi (Conciliation)
  • E. Kompromi (compromise)
 
4. Berikut ini yang dimaksud dengan pihak utama berkonflik adalah....
  • A. Actor yang netral
  • B. Aparat penegak hukum
  • C. Pihak ketiga yang bersedia mendorong penyelesaian konflik
  • D. Mereka yang memiliki kepentingan langsung dari hasil konflik
  • E. Mereka yang memiliki kepentingan tidak langsung dari hasil konflik
 
5. Suatu tahap di mana konflik mulai terbuka terjadi pada tahap....
  • A. Krisis
  • B. Resolusi
  • C. Prakonflik
  • D. Konfrontasi
  • E. Rehabitasi
 
6. Berikut ini yang bukan termasuk dalam faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik sosial dalam masyarakat yaitu ….
  • A. Perbedaan individu
  • B. Perbedaan pendirian dan perasaan
  • C. Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan
  • D. Perbedaan kepentingan individu di bidang ekonomi, sosial, dan politik
  • E. Persamaan prinsip dan pemikiran dalam anggota masyarakat.
 
7. Masalah sosial terjadi karena ada perbedaan dalam suatu masyarakat yaitu dalam hal …
  • A. Hukum adat
  • B. Nilai-nilai
  • C. Kekayaan
  • D. Kekuasaan
  • E. Persepsi masyarakat
 
8. Berikut adalah dampak positif dari konflik, kecuali …
  • A. Munculnya dominasi kelompok pemenang
  • B. Menghidupkan kembali norma lama
  • C. Menciptakan norma baru
  • D. Menjadikan masyarakat lebih dinamis
  • E. Memunculkan sebuah kompromi
 
9. Konflik sosial dapat diredakan dengan adanya …
  • A. Sikap saling menjatuhkan
  • B. Pertentangan
  • C. Harmoni sosial
  • D. Disorganisasi
  • E. Kelompok yang dominan
 
10. Seorang guru yang menasehati muridnya karena ketahuan menyontek saat ujian. Guru itu berisaha untuk memberi pengertian pada murid tersebut bahwa perbuatannya itu tidak baik, tercela dan berdosa dan merugikan diri sendiri saat itu dan di masa depannya. Kejadian tersebut merupakan bentuk pengendalian sosial. Tujuan pengendalian sosial tersebut adalah …
  • A. Mengurangi beban tugas kepolisian
  • B. Guru sebagai pelaksana pengendali keamanan
  • C. Memberdayakan masyarakat sebagai penjaga keamanan
  • D. Menciptakan kepatuhan pada norma sosial
  • E. Menjamin terpelihara ketertiban lingkungan


11. Usaha pengendalian sosial yang dilakukan sesudah terjadinya pelanggaran disebut …
  • A. Refresif
  • B. Koersif
  • C. Konformitas
  • D. Kuratif
  • E. Preventif
 
12. Suatu masyarakat berada dalam kondisi kesatuan yang kokoh, di mana seluruh anggota masyarakat dapat menjalin kerjasama secara intensif. Ini merupakan bentuk integrasi sosial yang di sebut …
  • A. Konformitas
  • B. Kedamaian
  • C. Kohesi
  • D. Kompromi
  • E. Harmoni
 
13. Proses atau tahap tahap integrasi sosial adalah kecuali …
  • A. Tahap akomodasi
  • B. Tahap kerjasama
  • C. Tahap koordinasi
  • D. Tahap asimilasi
  • E. Tahap kehidupan
 
14. Integrasi sosial merupakan sebuah proses sosial yang dapat dicapaimkarena adanya berbagai faktor internal dan eksternal yang mendorong proses tersebut. Dalam proses asimilasi setiap anggota masyarakat mengakui kelemahan dan kelebihan kebudayaan masing-masing. Poses integrasi tersebut di dorong faktor …
  • A. Keseimbangan dalam kesempatan ekonomi
  • B. Sikap saling menghargai terhadap pribadi orng lain
  • C. Persamaan dalam unsur unsur kebudayaan daerah
  • D. Toleransi terhadap kebudayaan yang berbeda-beda
  • E. Perkawinan campuran antaretnik (amalgamasi)
 
15. Berikut ini yang merupakan faktor pendorong integrasi sosial, kecuali …
  • A. Kesadaran diri sendiri sebagai makhluk sosial
  • B. Adanya sikap apatis dan rasisme
  • C. Tuntutan kebutuhan dan jiwa Semangat gotong royong
  • D. Tuntunan perkembangan zaman
  • E. Persamaan visi,misi dan tujuan
 
16. DI suatu masyarakat terdapat berbagai kelompok primordialisme seperti kelompok berdasarkan suku bangsa, agama, dan Ras. Mereka hidup berdampingan secara damai meskipun memiliki perbedaan ciri sosial. Karakteristik masyarakat multicultural yang terdapat pada contoh tersebut adalah …
  • A. Menganggap semua ciri primordial sama dan setara
  • B. Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan menyimpang
  • C. Menerima berbagai perbedaan dalam keberagaman
  • D. Masyarakat bisa bersatu karena ada unsur pedesaan
  • E. Memiliki potensi konflik yang suatu waktu bisa pecah
 
17. Kekuatan sosial biasanya mampu menyatukan dan mengikat individu untuk tetap berada di dalam kelompok. Ini merupakan bentuk integrasi sosial yang di sebut …
  • A. Konflik
  • B. Kompromi
  • C. Kedamaian
  • D. Kohesi
  • E. Disintegrasi
 
18. Masyarakat desa Krapyak di Jogjakarta mayoritas bermata pencaharian membuat wayang kulit, yang dipasarkan baik dalam maupun luar negeri. Deskripsi tersebut menunjukkan fungsi lembaga ekonomi dalam hal …
  • A. Memberdayakan masyarakat
  • B. Agen perubahan budaya
  • C. Meningkatkan kesejahteraan keluarga
  • D. Mengurangi pengangguran
  • E. Mengisi wakltu luang.
 
19. Berikut ini merupakan penyebab terjadinya konflik, kecuali …
  • A. Adanya benturan kepentingan antar individu maupun kelompok
  • B. Adanya perbedaan kebudayaan yang menimbulkan pertentangan
  • C. Adanya perbedaan pendirian yang semakin tajam
  • D. Adanya peristiwa perubahan sosial yang terlalu cepat yang menyebabkan disorganisasi
  • E. Adanya konsensus dan integrasi dalam masyarakat.
 
20. Pernyataan di bawah ini yang benar mengenai konflik dan kekerasan adalah …
  • A. Konflik sama artinya dengan kekerasan
  • B. Semua konflik berakibat negatif sedangkan kekerasan belum tentu.
  • C. Sikap kekerasan merupakan hal yang sangat lumrah dalam jaman modern seperti ini
  • D. Cara menyelesaikan konflik bermacam –macam dan tidak selalu dengan kekerasan
  • E. Sikap penyelesaian konflik dan kekerasan adalah pilihan terakhir yang ditempuh.


Bagi Bapak dan Ibu Guru yang membutuhkan Soal Penilaian Tengah Semester Genap Kelas 11 Beserta Kunci Jawaban, silahkan unduh File-nya melalui link dibawah ini :

 

Keterangan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait informasi Soal PTS/UTS Sosiologi Kelas 11 Semester 2 SMA/SMK Beserta Jawaban, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal & Jawaban PTS/UTS Sosiologi Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013"