Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal & Jawaban PTS/UTS B Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal & Jawaban PTS/UTS B Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal & Jawaban PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013
 – Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang Soal & Jawaban PTS/UTS Sosiologi Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013, pada kesempatan yang baik ini admin kembali mengupdate informasi yang berkaitan dengan Soal Penilaian Tengah Semester atau Ulangan Tengah Semester (PTS/UTS) SMA/SMK/MA semester genap berdasarkan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, berikut informasi selengkapnya :


Dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester untuk Kelas 11 semester Genap, Soal PTS/UTS untuk Kelas 11 Semester 2 beserta kunci jawabannya akan admin bagikan pada akhir postingan.

Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PTS Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PTS dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru.


Oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh soal Penilaian Tengah Semester Genap yang admin tuliskan berikut ini dari nomor 1 - 20 sebagai contoh saja dan file lengkapnya dapat di unduh pada akhir postingan:

Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat !!


1. Betapa apiknya Mangunwijaya meneliusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya, Pak Ansana, adalah pecinta alam. Maka, tidak mengherankan apabila anaknya, Atik kemudian menjadi ahli biologi. Atik seneng buku, Ia membuat karirnya dengan buku. Keistimewaan Mangunwijaya lagi bahwa ia menampilkan penuturan-penuturan sesuai dengan tingkat sosial dan lingkungannya.
Masalah yang disoroti dalam penggalan resensi novel di atas adalah ….
  • a. Kelebihan pengarang (Mangunwijaya) dalam menggambarkan latar.
  • b. Cara Mangunwijaya bercerita dalam novel
  • c. Latar belakang kehidupan tokoh Atik
  • d. Pemaparan keturunan tokoh Atik
  • e. Kepandaian Mangunwijaya dalam menulis cerita

2. Terlepas dari berbagai ketidaksempurnaannya, harus diakui bahwa buku pertama seorang “yogi buku” ini merupakan karya yang memikat. Bahkan cara dan gaya pengungkapannya, dalam kadar tertentu, telah memberikan sentuhan sastra yang cukup enak dinikmati. Kita menantikan karya berikutnya.
Sumber: Majalah Matabaca, Agustus 2002.
Pernyataan yang tepat untuk penutup resensi tersebut adalah ….
  • a. Penutup resensi buku tersebut sangat tepat.
  • b. Pada bagian penutup resensi buku seharusnya mengajak untuk membaca buku karena sangat bermanfaat
  • c. Pada bagian penutup resensi buku seharusnya mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikkan lebih ajuh fenomena atau problem yang muncul dalam sebuah buku.
  • d. Pada bagian penutup resensi buku seharusnya memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku
  • e. Pada bagian penutup resensi buku seharusnya berisi uraian tentang buku itu penting untuk siapa dan mengapa.

3. Novel ini membuka nuansa baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaharuaan di bidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya, adalah pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria bekerja, aktif di luar rumah dan mengajukan kaumnya yang dieakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai teladan di masa sekarang dan para pelajar (Tokoh Masa Depan).
Berdasarkan data buku tersebut jika disusun sebagai kalimat resensi tentang keunggulan novel adalah…
  • a. Wajarlah novel Layar Terkembang wajib dibaca oleh para siswa.
  • b. Memang sepantasnya novel ini mendapatkan penghargaan dari dunia pendidikan
  • c. Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib dikenal di dunia pendidikan
  • d. S. Takdir Alisayhbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam dunia pendidikan
  • e. Memang masih jarang novel yang membahas emansipasi dan perjuangan kaum wanita

4. Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya dapat diteria akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan panjang lebar karakter tokoh-tokoh nya. Jadi, cerita tidak kabur. Sayang pengarang sering mengulang-ulang kata porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah.
Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan buku adalah …..
  • a. Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan
  • b. Karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang
  • c. Pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan menghalangi
  • d. Cerita diungkapkan seperti lazim nya cerita yang lain.
  • e.  Kebosanan dapat diatasi oleh pembaca buku ini

5. Judul: Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang: Ismail Pamungkas
Penerbit: PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun: 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat resensi yang tepat untuk menggabarkannya adalah ….
  • a. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
  • b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komnikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berfikir keras.
  • c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti
  • d. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap.
  • e. Cerita dalam buku ini sangat menarik, dapat membuat kita seolah-olah hadir pada masa nabi terdahulu.
 
6. Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnyadimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.
Masalah yang dinilai dalam penggalan resensi di atas adalah ….
  • a. Kekurangan atau kelemahan novel tersebut
  • b. Keunggulan atau kelebihan novel tersebut
  • c. Latar belakang pengarang novel
  • d. Kekurangan dan kelebihan novel tersebut
  • e. Sinopsis novel tersebut
 
7. “Insiden” kecil ini mewarnai karya Suwarno, yang kalau tidak salah juga merupakan disertasinya. Suwarno adalah orang Yogya. Pendeknya, ia hidup di sana dan merasakan demikian membudaya, Suwarno mengagumi Hamengku Buwono IX. akibatnya, buku itu over-repetitive, kurang bermutu, dan kurang perbandingan.
Penggalan resensi di atas merupakan unsur resensi yang menunjukkan ….
  • a. Keunggulan buku
  • b.Isi pokok buku
  • c. Deskripsi buku
  • d. Kelemahan buku
  • e. Identitas buku
 
8. Judul : Sekolah itu Candu
Penulis : Roem Topati Masang
Penerbit : Inside Press, Yogyakarta
Cetakan : Pertama, Juli 2007
Tebal : xvii + 178 halaman
Kelebihan : Buku ini menggunakan bahasa komunikatif, tidak terkesan menggurui, dan patut dibaca semua kalangan.
Kelemahan : Desain cover buku kurang menarik
Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku sesuai dengan data tersebut adalah ….
  • a. Buku ini mengangkat masalah aktual dan cerdas, tetapi tidk terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, cover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
  • b. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, Cover buku sengaja di  desain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
  • c. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, cover buku sengaja di desain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
  • d. Buku inimengangkat masalah yang aktual, dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, Cover buku sengaja didesain dengan penampilan menarik. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
  • e. Kover buku ini sangat bagus membuat orang yang melihatnya ingin membacanya, namun buku ini seakan menggurui pada pembacanya.
 
9. Judul Buku : Ayat – Ayat Cinta
Nama Pengarang : Habiburrahman El Shirazy
Tempat dan Penerbit Buku : Jakarta, Penerbit Republika
Tahun Penerbit : 2004
Tebal Buku : 20,5 x 13,5 cm
Keunggulan : Novel Ayat – Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan dan juga cinta.
Kekurangan : Menggunakan terlalu banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak mudah dipahami.
Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah ….
  • a. Novel yag ditulis  Habiburrahman El Shirazy adalah novel terlaris di Indonesia. Novel ini tampak memiliki banyak kelebihan. Kelemahan nyaris tidak terdapat dalam novel ini.
  • b. Novel terbitan tahun 2004 ini adalah novel penting yang mengajak pembaca untuk lebih jernih dan cerdas. Buku setebal 20,5 x 13,5 cm sangat laris di pasaran.
  • c. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy diterbitkan oleh Penerbit Republika. Novel ini disajikan dengan menggunakan bahasa campuran. Bahasa tersebut adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab.
  • d. Novel Ayat – Ayat Cinta terbitan tahun 2004 ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy ini mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas, dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta. Sayangnya, novel ini menggunakan terlalu banyak kata berbahasa Arab yang tidak mudah dipahami.
  • e. Novel ini ditulis Habiburrahman El Shirazy yang mana membahas tentang cinta dengan nuansa islam. Novel tersebut sangat mudah dipahami karena menggunakan Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Arab
 
10. Judul Buku : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Keunggulan : Hubungan antara satu bagian dari bagian lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca.
Kelemahan : Penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah ….
  • a. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi atau gabungan dari empat karya berbeda, buku kedua Sang Pemimpi berikutnya Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta.
  • b. Keunggulan buku ini adalah hubungan antara satu bagian dan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Oleh karena itu, buku ini laris di pasaran
  • c. Selain menarik, kelebihan buku Laskar Pelangi memiliki hubungan harmonis antara satu bagian dari bagian yang lain dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Akan tetapi, penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
  • d. Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut sehingga pembaca akan lebih repot karena harus membuka halaman glosarium jika ingin tahu artinya.
  • e. Buku ni ditulis oleh Andrea Hirata di Jakarta. Setelah kita membaca novel ini akan banyak kata-kata ilmiah yang kita dapat.



11. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan dalam meresensi buku ialah ….
  • a. Menyunting
  • b. Menimbang
  • c. Membahas
  • d. Mengkritik
  • e. Mengungkapkan Kembali
 
12. Berikut merupakan kalimat yang mengungkapkan kalimat yang mengungkapkan kelemahan buku….
  • a. Buku ini sangat menarik, banyak sekali gambar-gambar yang menarik. Cerita yang disampaikan mudah untuk dimengerti.
  • b. Penulis sangat enjoy menggunakan kata-kata yang digunakan dalam membuat novel sehingga memberi kesan tidak menggurui
  • c. Kemunculan buku ini telah memperkaya pengetahuan bisnis khususnya untuk para pembisnis.
  • d. Kekuatan novel ini tidak hanya dari covernya saja yang menarik, isi perlembar dari novel ini pun sangat menarik sehingga orang yang membacanya tidak mudah bosan
  • e. Sayang sekali banyak sekali kata-kata yang sulit sehingga para pembaca sulit mengartikan kata.
 
13. Berikut bukan merupakan langkah-langkah menulis resensi ….
  • a. Menentukan jenis buku yang ingin diresensi
  • b. Menentukan bagian paling menarik dari buku
  • c. Menyusun iktisar dari buku tersebut
  • d. Menaksir harga buku
  • e. Membaca buku hingga halaman terakhir
 
14. Yang bukan merupakan unsur-unsur dalam resensi novel adalah ….
  • a. Kepengarangan
  • b. Sinopsis
  • c. Kelemahan Novel
  • d. Kelebihan Novel
  • e. Tempat pembelian novel
 
15. Tujuan dari resensi novel adalah ….
  • a. Memberikan informasi kepada khalayak akan kehadiran sesuatu buku
  • b. Mensugesti khalayak agar membaca buku-buku yang lain
  • c. Memberitahu khalayak  manfaat dari membaca buku
  • d. Menyebar kekurangan dari suatu buku
  • e. Memaksa khalayak untuk membaca buku
 
16. Identitas buku meliputi sebagai berikut, kecuali ….
  • a. Judul buku
  • b. Harga buku
  • c. Jumlah halaman
  • d. Penerbit
  • e. pengedit buku
 
17. Yang bukan dimaksud dengan kepengarangan dalam resensi buku adalah ….
  • a. Tentang diri pengarang buku
  • b. Perjalanan cinta pengarang
  • c. Riwayat hidup pengarang
  • d. Karya-karyanya yang lain
  • e. Biografi singkat pengarang

18. Pembuat resensi disebut ….
  • a. Resentator
  • b. Resentor
  • c. Rensensist
  • d. Rensesiers
  • e. Peresensi

19. Berikut merupakan langkah-langkah dalam membuat resensi film, kecuali ….
  • a. Mengenali film yang akan diresensi
  • b. Menandai bagian-bagian yang akan dijadikan sebagai kutipan dalam resensi
  • c. Menonton film yang akan diresensi dengan cermat
  • d. Membuat ikhtisar dari film yang akan diresensi
  • e. Menonton trailer film yang akan diresensi

20. Akhir-akhir ini resensi buku juga disebut ….
  • a. Timbangan buku
  • b. Pencerita buku
  • c. Kelemahan/Kelebihan buku
  • d. Pengenalan buku
  • e. Pencermatan buku


Bagi Bapak dan Ibu Guru yang membutuhkan Soal Penilaian Tengah Semester Genap Kelas 1, silahkan unduh File-nya melalui link dibawah ini :



Keterangan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait informasi Soal & Jawaban PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal & Jawaban PTS/UTS B Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013"