Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format PK-7a Daftar Penyerahan IJazah Terbaru

Format PK-7a Daftar Penyerahan IJazah Terbaru

Format PK-7a Daftar Penyerahan IJazah Terbaru – Pada postingan sebelumnya admin berbagi informasi tentang Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang Pemberian THR Bagi PNS, TNI, Polri, Non PNS, dan Pensiunan Tahun 2020, pada kesempatan yang berbahagia ini admin akan kembali memberikan informasi terkait Format PK-7a atau Daftar penyerahan ijazah dengan format terbaru.


Perlu  rekan-rekan ketahui bahwa setiap akhir tahun sebelum ijazah dibagikan kepada peserta didik perlu adanya salah satu administrasi yaitu Format PK-7 a, hal ini bertujuan agar setiap penyerahan ijazah ada bukti tertulis yang diketahui oleh pihak sekolah dan tentunya peserta didik yang dinyatakan lulus serta format ini juga mengantisipasi apabila ada pihak orang tua/wali siswa menanyakan terkait ijazah sudah di bagikan atau belum.


Memiliki ijazah adalah dambaan setiap siswa yang telah selesai mengikuti ujian nasional. Ijazah merupakan dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus dari satuan pendidikan. Satuan pendidikan yang dimaksud bisa satuan pendidikan di tingkat sekolah dasar (SD/MI), menengah (SMP/MTs) dan atas (SMA/MA) atau perguruan tinggi (Mahasiswa).


Ijazah biasanya digunakan untuk persyaratan berkas penerimaan peserta didik baru selain SKHU yang juga menjadi prasyarat utama. Siswa secara resmi diakui lulus dari satuan pendidikan jika ia sudah memperoleh ijazah.


Ijazah diterbitkan oleh satuan pendidikan setelah menerima blanko ijazah dari pemerintah. Blanko ijazah yang sudah didsitribusikan ke sekolah-sekolah kemudian pengisiannya dilakukan secara manual menggunakan tulisan tangan. Ijazah tersebut kemudian di tetapkan oleh kepala satuan pendidikan yang menerbitkan ijazah.

Beberapa bagian yang harus diisi atau dilengkapi pada saat pengisian blanko ijazah sebelum dibagikan dan diserahkan kepada siswa adalah :
  • Identitas lengkap peserta didik
  • Identitas satuan pendidikan yang bersangkutan
  • Pernyataan bahwa peserta didik tersebut telah memenuhi seluruh kriteria dan dinyatakan lulus dari satuan pendidikan tersebut
  • Daftar nilai mata pelajaran yang ditempuhnya



Blanko ijazah yang sudah selesai diisi, alangkah baiknya segera diserahkan kepada siswa. Sehingga bisa segera langsung digunakan untuk melengkapi berkas pendaftaran. Sekolah wajib menyiapkan dokumen serah terima ijazah dari pihak sekolah ke siswa berupa Format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah. Untuk mudahnya,

Rekan-rekan bisa mendownload form PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah tersebut melalui link di bawah ini. File berupa Microsoft Word, agar bisa rekan-rekan edit sendiri sesuai kebutuhan di sekolahnya masing-masing.

  • Download Contoh Pengisian Format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah (DISINI)
  • Download Format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah (DISINI)



Catatan : Dokumen penyerahan Ijazah ini sangat penting karena sebagai bukti bahwa sekolah telah menyerahkan semua Ijazah ke siswanya. Sehingga apabila dikemudian hari ada yang menyatakan belum menerima, sekolah bisa menunjukkan bukti serah terima ijazah dengan menunjukkan Format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah.



Demikian yang dapat admin sampaikan terkait informasi Format PK-7a Daftar Penyerahan IJazah Terbaru, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Format PK-7a Daftar Penyerahan IJazah Terbaru"