Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Jawaban PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 Tahun 2022

Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013

Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 – Pada kesempatan yang lalu admin berbagi Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK Kelas 4 Tema 9 SD/MI Kurikulum 2013, pada kesempatan kali ini admin kembali berbagi soal-soal Penilaian Akhir Tahun (PAT/UKK) terutama untuk jenjang Sekolah Dasar dan sederajat, berikut informasi selengkapnya :


Surat Edaran yang sudah di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal-soal Harian, PAS ataupun PAT Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin bagikan Soal-soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ini dalam rangka mempermudah rekan-rekan guru,  untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini !!


Soal-soal PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 dibuat dari prediksi soal-soal dan kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun Kurikulum 2013 Edisi Revisi.

Baca Juga :



Selain soal-soal PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 admin juga sudah melengkapinya dengan kunci jawaban serta kisi-kisi agar bisa mengantisipasi jika terjadi kesalahan.


Namun soal-soal PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 ini memang jauh dari sempurna bila rekan-rekan Operator Sekolah ataupun Guru-guru menjadikan acuan utama, karena admin yakin indikator pencapaian kompetensi di setiap sekolah pastinya akan berbeda-beda.


Berikut admin tuliskan contoh Soal PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 yang akan di ujikan nanti !!!


I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar !!


1. Besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda disebut . . .
a. Derajat
b. Celcius
c. Suhu
d. Kalor 

2. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah . . .
a. Barometer
b. Kalorimeter
c. Celcius
d. Termometer

3. Salah satu jenis hubungan antara benda mati dan benda hidup adalah . . .
a. Jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat tidak dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yangberkembang di daerah tersebut.
b. Jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh kecuali hewan yang berkembang di daerah tersebut.
c. Jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.
d. jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat tidak dapat memengaruhi semua jenis tanaman yang tumbuh di daerah tersebut.

4. Contoh hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam adalah . . .
a. Para petani tidak harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik
b. Para nelayan bisa berlayar tanpa menyesuaikan dengan keadaan cuaca.
c. Para petani menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik
d. Manusia mencoba membuat hujan buatan.

5. Interaksi manusia dengan alam yang mempunyai dampak negarif adalah . . .
a. Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan
b. Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan
c. Penggunaan musuh alami hama tanaman
d. Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik


6. Salah satu tradisi yang timbul dari interaksi manusia dengan alam yaitu . . .
a. Festival mane’e
b. Festival kembang api
c. Festival Lagu daerah 
d. Festival budaya

7. Urutan nada yang disusun secara berurutan disebut . . .
a. Notasi nada
b. Ritme nada
c. Tangga nada 
d. Melodi

8. Tangga nada yang di miliki alat musik seperti piano dan organ adalah . . .
a. Diatonis
b. Pentanonis
c. Kromatis 
d. Pelog

9. Alat music dibawah ini digunakan untuk mengiringi lagu yang memiliki tangga nada lagu . . .

Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013

a. Diatonis
b. Pentatonis
c. Kromatis
d. Melodic

10. Tangga nada yang digunakan dalam menyanyikan lagu yang berjudul “ Cing Cangkeling” adalah tangga nada pentatonis yang berjenis . . .
a. Melodic
b. Ritmis
c. Slendro
d. Pelog 


11. Hak seorang siswa disekolah adalah . . .
a. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
b. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah.
c. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya
d. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid

12. Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. 
Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu. 

Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan . . . Sebagai siswa dengan penuh taggung jawab. 
a. Kewajiban 
b. Hak
c. Sikap
d. Norma 

13. Keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain disebut . . .
a. Tanggung jawab
b. Kewajiban
c. Hak 
d. Norma 

14. Tanggung jawab setiap warga Negara  adalah . . .
a. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif
b. Memiliki kedudukan yang sama di mata hukum
c. Mempunyai kebebasan memeluk dan menjalankan agama yang mereka percayai. 
d. Menyuarakan pendapat mereka

Teks bacaan soal 15-16

Sumber Energi Panas

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.


Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!  Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu!  Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.


Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian

15. Macam-macam sumber energi panas adalah . . .
a. Matahari
b. Gesekan dua benda
c. Api 
d. a,b, dan c benar


16. Pokok pikiran pada paragraph kedua adalah . . .
a. Sumber energi panas
b. Macam- macam energi
c. Manfaat energi panas matahari 
d. Energi panas matahari 

Teks bacaan soal 17 dan 18

Perbedaan Suhu dan Panas

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak 
terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.  

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur. 


Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api.  Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas.  Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat.

Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun.  Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.  Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter. 
(Sumber : How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)

17. Kata kunci pada paragraph kedua adalah . . .
a. Kalor
b. Alam
c. Suhu
d. Panas

18. Pokok pikiran pada pargraf ke tiga adalah . . .
a. Perbedaan panas dan suhu
b. Panas dan suhu
c. Persamaan panas dan suhu
d. Hubungan panas dan suhu

19. Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin disebut . . .
a. Pengkristalan
b. Pencairan
c. Penyusutan
d. Pemuaian 

20. Perpindahan kalor yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah . . .

Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013

a. Pencairan
b. Pengembunan
c. Pengkristalan
d. Penyublinan 



II. Isilah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat !!


1. Sebutkan hak-hak siswa berdasarkan peraturan pemerintah No 28 tahun 1990!

2. Apakah yang dimaskud dengan tanggung jawab?
Sebutkan tanggung jawab sebagai warga Negara Indonesia!

Teks bacaan soal No 3-4

Bahan Konduktor dan Isolator

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan  bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. 

Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarka panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. 

Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan  bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut.

Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. 

Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. 

Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.

Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator.  Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.

Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. 

Per-hatikanlah gambar di bawah ini! Panci yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang berbeda. Ada bahan yang ber-fungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. 

Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci.

Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas.

Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.

3. Kata kunci pada paragraph pertama adalah . . .

4. Sebutkan informasi yang kamu dapatkan dari paragraph di atas!

5. Sebutkan perbedaan suhu dan kalor!

6. Apakah yang dimaksud dengan penyusutan?
Sebutkan contoh penyusutan di dalam kehidupan sehari-hari!

7. Sebutkan dan jelaskan dua macam interaksi manusia dengan alam!

8. Sebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkungan sekitar!

9. Jelaskan maksud dari tehnik arsir, tehnik blok, dan tehnik sapuan? 

10. Apa yang di maksud dengan pola lantai dalam seni tari?
Sebutkan macam-macam pola lantai!



Bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan File-nya silahkan Download soal-soal dan kunci jawaban serta kisi-kisi PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013 pada link berikut ini :




Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada Soal dan Kunci Jawaban PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013, silahkan sesuaikan dengan Pembelajaran dan Kebijakan sekolahnya masing-masing.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait soal PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 SD/MI Kurikulum 2013, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi yang membutuhkannya . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban PAT/UKK Kelas 5 Tema 6 Tahun 2022"