Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020




Berkaitan dengan hal itu admin akan kembali membagikan Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020 .

Sedangkan Tujuan dari Soal dan kunci jawaban ini adalah agar dapat peserta didik mampu menjadikan soal-soal ini sebagai bahan referensinya ataupun bahan untuk latihan sebelum pada soal-soal sebenarnya yang akan di ujikan nanti, bagi rekan-rekan yang membutuhkan file-nya dapat di unduh pada akhir postingan ini.


Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020



Berikut admin Tuliskan contoh Soal Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA Nomor 1 sampai 5 dari Total 50 Soal Tingkat Kabupaten Tahun 2020, untuk selengkapnya silahkan unduh file nya di akhir Postingan ini !!


Soal BIOLOGI Kompetisi Sains Nasional Kabupaten/Kota tahun 2020

Pilihlah salah satu jawaban yang anda anggap benar, dengan memberi tanda silang (X) pada lembar jawaban!


1) Membran sel terdiri dari lipid dan protein yang berfungsi sebagai pembatas antara bagian dalam sel dan lingkungan. Membran juga membagi sitoplasma eukariot menjadi ruang-ruang (kompartemen) khusus. Tentukan apakah pernyataan berikut ini Benar (B) atau Salah (S)!
  • A. Sel darah merah tidak memiliki membran dalam (internal membranes) kecuali membran inti.
  • B. Glikolipid (fosfolipid dengan gugus karbohidrat) ditemukan pada kedua sisi membran plasma (sisi intraseluler dan ekstraseluler).
  • C. Komposisi protein pada membran sel tidak seragam di seluruh bagian membran plasma, sedangkan komposisi fosfolipid seragam di semua permukaan membran plasma.
  • D. Membran sel pada organisme termofilik memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh lebih tinggi dibandingkan organisme psikrofilik.



2) Klorofil merupakan salah satu pigmen yang penting bagi tumbuhan, khususnya pada daun. Pengukuran kadar klorofil dapat dilakukan dengan spektrofotometri. Pemisahan klorofil dengan pigmen lain dapat dilakukan dengan kromatografi. Tentukan apakah pernyataan berikut Benar (B) atau Salah (S)!
  • A. Spektrofotometri sebaiknya dilakukan pada panjang gelombang yang sama dengan warna pigmen.
  • B. Klorofil a dan b dapat dibedakan dengan spektrofotometri karena klorofil lebih efektif menyerap cahaya biru, sedangkan klorofil b efektif menyerap cahaya kuning.
  • C. Klorofil memiliki sifat dominan hidrofobik sehingga tidak efektif dikromatografi menggunakan fasa cair berupa air.
  • D. Jika klorofil a berbeda dengan klorofil b pada gugus samping - CH3 (a) atau - CHO (b) maka kromatografi dengan pelarut non-polar menyebabkan klorofil a bergerak lebih jauh dibandingkan klorofil b.



3) Diketahui tekstur rambut diatur oleh gen A. Individu AA memiliki rambut keriting, Aa berambut bergelombang, dan aa berambut lurus. Pada tahun 1940, Pulau Kocheng terkena letusan gunung berapi sehingga menyisakan 50 orang berambut keriting, 20 orang berambut lurus, dan 30 orang berambut bergelombang. Setelah 80 tahun, ukuran populasi pulau tersebut menjadi 1000 orang, hasil dari perkawinan acak 100 orang yang tersisa sehingga berada dalam kesetimbangan Hardy Weinberg. Pada Tahun yang sama, 2 Gelombang migrasi terjadi dari daratan utama menuju pulau Kocheng, masing-masing sebanyak 2000 orang. Jika diketahui populasi daratan utama dalam kesetimbangan Hardy Weinberg, dan frekuensi alel A di sana sebesar 0,3, tentukan apakah pernyataan di bawah ini Benar (B) atau Salah (S)!
  • A. Letusan gunung berapi merupakan faktor seleksi alam dan fenotip rambut keriting merupakan sifat yang lebih disukai alam, sehingga frekuensinya lebih besar pasca letusan.
  • B. Frekuensi alel A pada Pulau Kocheng setelah migrasi pertama adalah kurang dari 0,4.
  • C. Frekuensi alel a di Pulau Kocheng setelah migrasi kedua bertambah sebanyak 0,04 dari frekuensi alel setelah migrasi pertama.
  • D. Frekuensi alel-alel gen A di Pulau Kocheng setelah dua gelombang migrasi akan berada dalam kesetimbangan Hardy-Weinberg, dengan syarat terjadi perkawinan acak, kemudian 5000 orang tersebut mati, dan menyisakan keturunannya saja.



4) Seorang peneliti menguji produktivitas primer dari dua danau di Jawa Barat yang sama luasnya dan terletak berdekatan. Danau A diberi fosfor (P) sebanyak 100 kg sementara Danau B adalah kontrol. Produktivitas primer bersih dari danau yang diberi fosfor 20% lebih tinggi dibandingkan danau kontrol. Tentukan apakah pernyataan berikut Benar (B) atau Salah (S)!
  • A. Fosfor bukan merupakan faktor pembatas pada Danau B.
  • B. Kelimpahan produsen primer pada Danau A meningkat relatif terhadap Danau B setelah penambahan fosfor.
  • C. Sebagian besar fosfor yang ditambahkan akan berada dalam bentuk sedimen dan berputar pada jaring-jaring makanan.
  • D. Jika diasumsikan semua nutrien tidak bisa bersifat toksik, pada suatu titik produktivitas primer menjadi konstan setelah ditambahkan fosfor dalam jumlah yang sangat besar.



5) Termoregulasi merupakan proses yang sangat penting dalam menjaga kestabilan metabolism tubuh. Salah satu bagian tubuh yang berperan dalam termoregulasi adalah kulit. Aliran darah melewati kulit berpengaruh dalam mengatur pertukaran panas dengan lingkungan.

Tentukan apakah pernyataan berikut Benar (B) atau Salah (S)!
  • A. Olahraga menyebabkan perubahan dari kondisi A ke B.
  • B. Mandi menggunakan air hangat akan menyebabkan perubahan dari A ke B.
  • C. A menunjukkan kondisi pembuluh darah pada musim panas sedangkan B menunjukkan kondisi pembuluh darah pada musim dingin.
  • D. Perubahan dari A ke B terjadi ketika tubuh memproduksi senyawa yang menyebabkan peningkatan suhu acuan di hipotalamus (dari 370 C ke 380 C).



  • Download Soal Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA Tingkat Kabupaten 2020 (DISINI)
  • Download Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA Tingkat Kabupaten2020 (DISINI)



Catatan : Soal-soal diatas adalah sekedar Contoh dengan tujuan menjadi bahan referensi bagi pihak-pihak yang membutuhkan, apabila ada ketidaksesuaian pada Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA Tingkat Kabupaten 2020 diatas mohon maklum adanya.


Demikian yang admin sampaikan penjelasan terkait contoh Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020"