Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Kunci Jawaban KSN EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten

Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020

Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020 - Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi contoh Latihan Soal Kompetensi Sains Nasional (KSN) BIOLOGI SMA/MA TAHUN 2020Berkaitan dengan hal itu admin akan kembali membagikan Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020 .



Sedangkan Tujuan dari Soal dan kunci jawaban ini adalah agar dapat peserta didik mampu menjadikan soal-soal ini sebagai bahan referensinya ataupun bahan untuk latihan sebelum pada soal-soal sebenarnya yang akan di ujikan nanti, bagi rekan-rekan yang membutuhkan file-nya dapat di unduh pada akhir postingan ini.


Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020



Berikut admin Tuliskan contoh Soal Kompetensi Sains Nasional (KSN) EKONOMI SMA/MA Nomor 1 sampai 10 dari Total 40 Soal Tingkat Kabupaten Tahun 2020, untuk selengkapnya silahkan unduh file nya di akhir Postingan ini !!


Soal EKONOMI Kompetisi Sains Nasional Kabupaten/Kota tahun 2020

A. Pilihlah salah satu jawaban yang anda anggap benar, dengan memberi tanda silang (X) pada lembar jawaban!



1) Fitria adalah seorang peserta didik kelas X IPS yang tinggal di sekitar sekolah. Ia memiliki beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi antara lain:
  • Membeli buku mata pelajaran ekonomi X seharga Rp55.000,00
  • Membeli seragam sekolah abu-abu putih seharga Rp95.000,00
  • Memperbaiki handphone diperkirakan butuh biaya Rp75.000,00
  • Membeli tas baru seharga Rp85.000,00, tas lama masih layak pakai


Cara memenuhi kebutuhan Fitria, apabila ia memiliki dana sebesar Rp 150.000,00  adalah ….
  • A. membeli buku pelajaran ekonomi dan seragam sekolah sedangkan tas masih menggunakan yang lama
  • B. memperbaiki sepeda dan membeli seragam sekolah sedangkan tas masih menggunakan yang lama
  • C. membeli tas baru dan buku pelajaran ekonomi sedangkan sepeda tidak diperbaiki karna ia jarak sekolahnya dekat
  • D. membeli buku pelajaran ekonomi, tas baru dan memperbaiki sepeda sedangkan kekurangannya ia utang dengan teman
  • E. memperbaiki sepeda dan membeli tas baru sedangkan kekurangannya ia utang dengan bengkel sepeda



2) Daerah Jepara terkenal sebagai daerah penghasil ukiran berbagai perlengkapan rumah tangga, bahkan sudah menembus pasar internasional. Di sisi lain menghasilkan banyak limbah kayu dari kegiatan tersebut. Pak Joko memanfaatkan limbah tersebut sebagai bahan pembuatan kerajinan replika. Kegiatan yang dilakukan oleh pak Jokoi merupakan pemecahkan masalahan pokok ekonomi modern, adalah ....
  • A. barang apa yang akan diproduksi
  • B. untuk siapa barang akan diproduksi
  • C. bagaimana barang  akan diproduksi
  • D. kapan barang akan diproduksi
  • E. dimana barang akan diproduksi



3) The purpose of a production possibilities graph is to ….
  • A. enable a country to mobilize to win a competition
  • B. keep an economy from having non producttive workers
  • C. make the least costly use of its resources
  • D. make it possible to increase an economy’s input
  • E. show alternative ways to use an economy’s resources



4) Trend masyarakat Indonesia dalam menikmati kopi, terutama di kalangan muda menarik perhatian Davido sebagai seorang pengusaha. Ia melihat trend ini sebagai suatu peluang bisnis yang menjanjikan. Ia membidik pasar kalangan muda dengan membuka coffee shop. Desain interior dan eksterior yang dinamis, ruangan yang santai dan dilengkapi dengan sarana wifi. Keputusan bisnis yang dilakukan Davido menjawab permasalah ekonomi modern, yaitu ….
  • A. what
  • B. how
  • C. where
  • D. for whom
  • E. when



5) Indonesia merupakan negara keempat terpadat penduduknya di dunia sekaligus penduduk muslim terbesar di dunia. Hal tersebut menjadi salah satu factor pendukung dalam pengembangan sistem ekonomi syariah. Berikut merupakan pernyataan-pernyataan yang berkaitan dalam sistem ekonomi:
  • 1) Kewajiban zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas.
  • 2) Pembagian keuntungan usaha didasarkan berdasarkan perhitungan jasa bunga modal usaha.
  • 3) Pelarangan kegiatan yang bersifat maysir.
  • 4) Melakukan kegiatan dalam bentuk eksploitasi.
  • 5) Sumber daya tidak boleh digunakan secara mubazir.


Prinsip-prinsip yang melekat dalam sistem ekonomi syariah adalah nomor ….
  • A. 1), 2), dan 3)
  • B. 1), 3), dan 4)
  • C. 1), 3), dan 5)
  • D. 2), 3), dan 4)
  • E. 3), 4), dan 5)



Baca Juga :




6) At equilibrium, the slope of the indifference curve is ….
  • A. greater than the slope of budget line
  • B. smaller  than the slope of budget line
  • C. a vertikal straight line of budget line
  • D. none
  • E. equal to the slope of badget line



7) Biaya tetap  yang dikeluarkan oleh Warung Bakso “Katok” untuk menghasilkan 500 porsi bakso sebanyak Rp 2.000.000,00 dan biaya variabel per porsi  sebesar Rp 6.000,00. Harga jual bakso Rp 12.500,00 per porsi. Jumlah keuntungan atau kerugian yang dialami oleh Warung Bakso “Katok” jika seluruh bakso habis terjual adalah ....
  • A. rugi Rp 1.250.000,00.
  • B. laba Rp 1.250.000,00.
  • C. rugi Rp 5.000.000,00.
  • D. laba Rp 6.250.000,00.
  • E. Break Even Point. 



8) Slamet Bekamto adalah seorang pedagang bebek di pasar hewan. Pada saat harga bebek Rp 150.000,00 per ekor, ia mampu menjual bebek sebanyak 100 ekor, namun pada saat harganya Rp 125.000,00 per ekor, ia hanya  menjual sebanyak 80 ekor. Jenis koefisien elastisitas penawaran bebek tersebut adalah ….
  • A. inelastis
  • B. Inelastis sempurna 
  • C. elastis sempurna
  • D. elastis uniter
  • E. elastis



9) A decrease in quantity demanded caused by an increase in price represented by a ….
  • A. movement up and to the left along the demand curve
  • B. leftward shift of the demand curve
  • C. rigthward shift of the demand curve
  • D. movement down and to the right along the demand curve
  • E. there is no movement on the demand curve



10) Diketahui fungsi permintaan sepatu Qd = 20.000 – 2P dan fungsi penawaran Qs = -5.000 + 3P, subsidi yang diberikan sebesar Rp2.500,00. Berdasarkan data tersebut, harga keseimbangan setelah subsidi adalah ….
  • A. Rp1.500,00
  • B. Rp5.500,00
  • C. Rp7.000,00
  • D. Rp13.000,00
  • E. Rp14.500,00



  • Download Soal Kompetensi Sains Nasional (KSN) EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020 (DISINI)
  • Download Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020 (DISINI)



Catatan : Soal-soal diatas adalah sekedar Contoh dengan tujuan menjadi bahan referensi bagi pihak-pihak yang membutuhkan, apabila ada ketidaksesuaian pada Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020 diatas mohon maklum adanya.


Demikian yang admin sampaikan penjelasan terkait contoh Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "Soal dan Kunci Jawaban KSN EKONOMI SMA/MA Tingkat Kabupaten"