Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOLUSI Tidak Bisa Instal Dapodik Di Laptop

SOLUSI Tidak Bisa Instal Dapodik Di Laptop

SOLUSI Tidak Bisa Instal Dapodik Di Laptop – Kehangatan kasus atau permaslahan dapodik akhir-akhir ini semakin meningkat karena adanya pembaruan atau update dari admin Dapodikdasmen, pada kesempatan yang lalu admin sudah berbagi salah satu permasalahan dapodik yaitu : Cara Sukses Sinkronisasi Dapodikdasmen Versi 2020.b.



Berkaitan dengan Dapodik tentunya kita sebagai Operator Sekolah selalu menemukan permasalahan pada saat proses penginputan data pada aplikasi dapodik, baik itu sifatnya yang ringan ataupun berat. Karena hal tersebut admin berinisiatif kembali berbagi solusi atas permasalahan tersebut dan kali ini admin akan mengupas permasalahan “SOLUSI Tidak Bisa Instal Dapodik Di Laptop”.

SOLUSI Tidak Bisa Instal Dapodik Di Laptop

Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang mengalami permasalahan pada laptopnya karena tidak bisa instal Dapodik, silahkan simak penjelasannya berikut ini :

Pada beberapa kesempatan dan pada waktu yang tak terduga  kondisi di sekolah bisa terjadi laptop harus diinstal ulang, yang tentunya harus instal lagi dapodiknya menggunakan file fress installer. Masalah yang terjadi bisa dikarenakan memang instalasi windowsnya dari orang atau tempat jasa instal laptop yang tidak full installnya.


Sangat direkomendasikan untuk hal yang sesuai ialah install windowsnya menggunakan yang asli atau original. Beberapa yang perlu diperhatikan lagi adalah spesifikasi minimal laptop karena semakin updatenya sofware harus diimbangi dengan hardware. Lihat gambar spesifikasi minimal laptop pada juknis bos 2019 ialah core i3, sedangkan pada juknis BOS 2020 tidak disebutkan minimal spesifikasinya.

Bila karena keterbatasan tidak bisa instal dapodik karena habis install ulang windowsnya, silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :
  • 1. Install atau Update NET framework windows yang sesuai pada laptop,
  • 2. Kemudian Install atau update Microsoft Visual C++ yang sesuai pada laptop
  • 3. Jika tidak memungkinkan atau tidak bisa untuk update sendiri, silahkan perbantukan teman atau orang lain yang bisa mengupdatenya.



Demikian admin sampaikan tentang SOLUSI Tidak Bisa Instal Dapodik Di Laptop, semoga bermanfaat . . .*)

Posting Komentar untuk "SOLUSI Tidak Bisa Instal Dapodik Di Laptop"