KI dan KD BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD/MI KURIKULUM 2013
KI dan KD BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD/MI KURIKULUM 2013 - Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 37
Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan
Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan
Dasar Dan Pendidikan Menengah.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA SD/MI KURIKULUM 2013
KELAS I
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai
melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler. Rumusan Kompetensi
Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut. Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara
duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara
membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan
cahaya yang terang, dan etika membaca buku)
dengan cara yang benar.
3.2 Mengemuka-kan kegiatan persiapan
menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara
meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya
yang terang) yang benar secara lisan.
3.3 Menguraikan lambang bunyi vocal dan
konsonan dalam kata bahasa Indonesia
atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta
perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,
dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara
kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan
sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah,
dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara
lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan
diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis
yang dapat dibantu dengan kosakata Bahasa daerah.
3.10 Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah
keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan
dengan tujuan untuk kesenangan.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR (KD)
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk
wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis
permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara
mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan
gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/meja, melemaskan jari
dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan
lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di
tempat bercahaya terang) dengan benar.
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata Bahasa Indonesia atau
bahasa daerah.
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar
dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan
bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara
memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan
dibantu dengan bahasa daerah.
4.6 Menggunakan kosakata Bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan
dibantu dengan bahasa daerah mengenai
berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata
Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam
bentuk lisan dan tulis.
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan
kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah keluarga.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan
diri.
Demikian yang dap atadmin sampaikan
terkait KI dan KD BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD/MI KURIKULUM 2013, semoga
bermanfaat . . .*)
Posting Komentar untuk "KI dan KD BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD/MI KURIKULUM 2013"