Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ijazah Asli atau Palsu? Tips Mengetahui Keabsahan Ijazah Anda

Tips Mengetahui Keabsahan Ijazah Anda

Ijazah Asli atau Palsu? Tips Mengetahui Keabsahan Ijazah Anda, dengan semakin maraknya pemalsuan ijazah di era digital ini menginspirasi admin untuk menerbitkan artikel ini, dengan harapan semua elemen masyarakat mengetahui keabsahan ijazahnya.


SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik adalah Suatu sistem atau aplikasi verifikasi ijazah secara elektronik atau online yang datanya terintegrasi langsung dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga akan memverifikasi keabsahan nomor ijazah nasional, serta memastikan kesesuaian antara ijazah yang diterbitkan oleh perguruan tinggi dengan ijazah yang terdaftar di PDDikti.


Perlu diketahui, saat ini masih banyak kasus penipuan (pemalsuan) ijazah.
Biasanya modusnya dengan menjanjikan kuliah dalam tempo cepat dan singkat, atau bahkan tidak kuliah sama sekali bisa langsung dapat ijazah.


Untuk ukuran orang normal, tawaran seperti ini pasti langsung dianggap penipuan. Tapi bagi orang yang merasa sangat butuh ijazah untuk keperluan tertentu, tawaran seperti ini akan diterima. Merekapun memperoleh ijazah, namun ijazahnya abal-abal alias palsu.



Penelusuran melalui sivil dini untuk menekan maraknya kasus ijazah palsu.
Meskipun demikian jika nomor ijazah yang diterbitkan tidak ditemukan di sivil bukan berarti ijazah tersebut tidak sah, dapat di sebabkan karena belum dilaporkannya data tersebut oleh perguruan tinggi, atau terjadi Kesalahan/Kekeliruan pada data.


Bagi kita yang berprofesi sebagai pendidik atau Guru, peran ijazah begitu penting. Sampai-sampai ada yang rela kuliah di usia lanjut, hanya untuk menyesuaikan bidang studi ijazah dengan tugas mengajar sehari-hari. Termasuk dalam mengikuti tes CPNS baru-baru ini, ijazah pendidikan yang perannya sangat penting, saya yakin tak perlu dijelaskan lagi.



Ijazah yang asli tentu saja yang nomornya terdaftar resmi di kantor Kemristek Dikti. Untuk mengecek keabsahan ijazah tersebut, kita bisa melihatnya lewat Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL).

Berikut ini admin sajikan TIPS MENGETAHUI KEABSAHAN IJAZAH ANDA :
  1. Buka laman https://ijazah.ristekdikti.go.id/
  2. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini ;
  3. Setelah itu masukan nama Perguruan Tinggi ;
  4. Pilih Program Studi ;
  5. Masukan Nomor Seri Ijazah Anda ;
  6. Masukan angka pengaman yaitu berupa penjumlahan angka yang tercantum di kolom ;
  7. Klik tombol verifikasi ;



Tapi bagaimana seandainya tidak terdaftar ?

Ada 2 kemungkinan untuk menjawabnya, yaitu :
  1. Ijazah Palsu (Saran : jangan dulu panik karena  belum tentu palsu atau abal-abal).
  2. Karena belum dilaporkannya data tersebut oleh perguruan tinggi, atau terjadi Kesalahan/Kekeliruan pada data. (Saran : Silakan menghubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan atau diperbaiki melalui PD-DIKTI).




Demikian informasi “TIPS MENGETAHUI KEABSAHAN IJAZAH ANDA”, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Posting Komentar untuk "Ijazah Asli atau Palsu? Tips Mengetahui Keabsahan Ijazah Anda"