Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Mencari NISN

Tips Mudah Mencari NISN


Assalamualaikum Wb. Wb.
Tips Mudah Mencari NISNRekan-rekan Operator Sekolah dimanapun berada, Kali ini admin akan berbagi informasi tentang bagaimana mencari atau menemukan NISN, baik siswa yang masih aktif ataupun siswa yang sudah lulus (alumni).

Sebelum membicarakan inti pembahasan sebaiknya meluangkan waktu untuk membaca sedikit penjelasan berikut ini :

Tentang NISN

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia.

NISN diberikan kepada setiap siswa yang bersekolah di satuan pendidikan yang terdaftar di Referensi Kemendikbud. Selain untuk mengidentifikasi setiap individu siswa di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

NISN sangat penting dimiliki oleh siswa untuk menunjang kegiatan administrasi terkait pembelajaran di antaranya :
  • Bantuan Operasional Sekolah (BOS),
  • Ujian Nasional (UN),
  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN).

Mengecek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan kegiatan yang biasanya operator sekolah atau guru lakukan untuk melengkapi data pribadi siswa. NISN merupakan nomor yang penting bagi siswa, karena melekat pada siswa sejak TK sampai jenjang SMA.

Saat ini NISN menjadi acuan dalam banyak pendataan, khususnya pendataan yang berskala nasional.
Oleh karena itu, baik operator maupun guru tidak boleh salah dalam menginputnya. Untuk memastikan, tidak terjadi kesalahan juga untuk mengecek kembali, terutama saat menjelang tahun pelajaran baru seperti sekarang adalah waktu yang tepat.

Pada tahun pelajaran 2017-2018 sistem pada aplikasi dapodik memudahkan operator untuk membuat NISN secara otomatis, terutama pada siswa baru atau siswa kelas 1, yang dilakukan operator atau guru cukup menginput data siwa baru beserta kelengkapannya pada aplikasi Dapodik, setelah itu melakukan sinkronisasi maka akan terbit secara otomatis aplikasi dapodik tersebut, selain itu NISN juga dapat dilihat di verval pd melalui laman (https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/app/home) dengan login menggunakan akun operator.

Mengecek NISN siswa aktif tentunya tidak sama dengan mengecek NISN siswa yang baru diajukan. Untuk yang terakhir ini.

Dengan mengecek kembali NISN siswa secara online, Bapak/Ibu dapat memastikan valid atau tidaknya NISN yang selama ini diyakini milik siswa. Sebab tak jarang begitu nomor itu diinputkan, ternyata yang muncul siswa lain. Atau ada juga yang tidak muncul datanya (no records to display). Nah jika masalah itu bisa diketahui sejak awal, tentu bisa segera diperbaiki lewat Dapodik. Sebab perubahannya terkadang butuh waktu lama.

Bagi rekan-rekan operator yang belum tahu bagaimana mencari NISN, admin akan memberikan “Tips Mudah Mencari NISN” siswa baik yang masih aktif maupun sudah lulus (alumni), silahkan simak penjelasannya berikut ini :
  • Silahkan masuk ke http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

  1. Untuk mencari berdasarkan NISN silahkan klik Pencarian Berdasarkan NISN, silahkan Masukan NISN Siswa dan Masukan Nama Ibu Kandung. Setelah selesai klik Cari, Lihat gambar dibawah ini :
    Tips Mudah Mencari NISN
  2. Untuk mencari berdasarkan NAMA silahkan klik Pencarian Berdasarkan Nama, silahkan masukan Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Nama Ibu. Setelah selesai klik Cari, Lihat gambar dibawah ini :
Jika sudah muncul datanya, silahkan cermati setiap identitas siswa mulai dari nama, jenis kelamin, tempat lahir dan tanggal lahir. Jika masih ada kesalahan, maka perlu mulai mencari sumber kesalahannya. Kalau dari Dapodik, mintalah bantuan pada operator sekolah untuk memperbaiki dan melakukan sinkronisasi sesegera mungkin.

Demikian informasi yang dapat admin  sajikan mengenai Tips Mudah Mencari NISN bagi siswa yang sedang aktif maupun yang sudah lulus (alumni).

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Mencari NISN"