Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu NUKS? Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Apa itu NUKS? Bagaimana Cara Mengetahuinya?
#Salam Satu Data#
Rekan-rekan Operator Sekolah (OPS) apakah baru kali ini mendengar kata NUKS?
Biar admin yang mewakili menjawab rekan-rekan Operator, dan jawabannya Ya benar sekali baru pertama kali, hehee (maaf Cuma intro).

Langsung saja kita kupas tuntas yang namanya NUKS!

Apa itu NUKS?

Setelah membaca berita pada situs dapodikdasmen tentang Persiapan Dokumen dan Data untuk Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 yang dirilis pada tanggal 22 Juli 2019. Saya sendiri baru tahu tentang istilah NUKS merupakan singkatan dari Nomor Unik Kepala Sekolah.

Bersumber dari beberapa informasi dan situs website berikut ini saya rangkum tentang penjelasan NUKS dan mudah-mudahan bisa menjadi referensi. Nomor Unik Kepala Sekolah atau yang atau yang disingkat dengan NUKS merupakan data dasar pada Dinas Pendidikan di tingkat Kota atau Kabupaten dan juga di LPPKS (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah) dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan sumber daya manusia dalam hal ini adalah kepala sekolah.

Tentang NUKS
Peran penting Kepala Sekolah sebagai pemimpin suatu lembaga atau instansi di dinas pendidikan merupakan salah satu sumberdaya yang harus dikembangkan atau ditingkatkan apabila ingin meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. 

Kepala sekolah merupakan cerminan mutu pendidikan disuatu lembaga yang dipimpin. Apabila seorang kepala sekolah dapat bertindak tegas dan bijaksana maka kinerja bawahan dan hasil yang dicapai oleh sekolah tersebut akan mendapat prestasi yang baik.
Berdasarkan permendiknas no 13 tahun 2007, berisi tentang kepala sekolah harus memiliki beberapa kemampuan atau  kompetensi penting seperti : Kepribadian, Kewirausahaan, Manajerial, Supervisi, dan Sosial.

Kepala sekolah adalah jantung dari pengelolaan suatu sekolah, karena dengan kinerja yang baik tentunya dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Oleh karena itu, Kepala sekolah selayaknya mendapatkan tunjungan khusus sebagai kepala sekolah. Dan syarat utama bagi kepala sekolah yang ingin mendapatkan tunjangan, maka wajib memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

NUKS atau Nomor Unik Kepala Sekolah adalah nomor identitas yang dikeluarkan dan dicatat dalam database nasional oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS). NUKS terdiri dari 21 digit angka, diberikan setelah kepala sekolah melalui 2 tahapan yaitu tahap rekruitmen dan tahap pelatihan serta pendidikan (diklat) calon kepala sekolah.

Berkaitan dengan persiapan dokumen untuk pengisian data podok pendidikan pada Aplikasi Dapodik serpti pada berita yang dirilis pada tanggal 22 Juli 2019, bahwa  pada poin Guru dan tenaga Kependidikan  terdapat penambahan item seperti pada dibawah ini.

Pembaruan pada menu GTK, yaitu adanya penambahan atribut baru berupa :
  • Nomor Kartu Keluarga (KK) Sekolah harus melakukan sosialisasi agar GTK mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) Penambahan atribut nomor KK dan NUKS ini dilakukan untuk mengakomodasikan kebutuhan para pemangku kepentingan untuk melakukan evaluasi, pembinaan GTK serta perumusan kebijakan serta mendukung transaksional GTK berbasis data Dapodik.
Rekan-rekan Operator Sekolah mungkin memiliki pertanyaan berkaitan dengan cara Mengetahui/Mencari NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah) atau cara mengecek NUKS Kepala Sekolah,

Berikut ini admin sajikan Tutorialnya, simak penjelasan lengkapnya :

Tips Mengetahui NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah)
  1. Masuk ke laman https://lppks.kemdikbud.go.id/nuks/login.php
  2. Pilih menu Pencarian NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah) masukkan nama Kepala Sekolah pada kolom yang telah tersedia,
  3. Masukkan tahun lahir, bulan lahir dan tanggal lahir Kepala Sekolah (contoh 1983-11-17) pada kolom yang telah tersedia,
  4. Kemudian klik tombol CARI, (akan tampil rincian meliputi : nama, nip, nuks serta status)
    Apa itu NUKS? Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Catatan : Jika data tidak tampil kemungkinan NUKS belum diterbitkan.

Demikian penjelasan tentang NUKS, serta tutorial "Tips Mengetahui NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah)", semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa itu NUKS? Bagaimana Cara Mengetahuinya?"