Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Langkah Cepat Cek NUPTK

Cara Cek NUPTK Dengan Mudah


3 Langkah Cepat Cek NUPTKSetiap profesi atau pekerjaan pasti memiliki identitas yang akan melambangkan dan mengidentifikasi seseorang sebagai salah satu dari profesi tersebut. Tak terkecuali untuk profesi tenaga pengajar atau sering disebut (guru).

Setiap tenaga pengajar baik tenaga pengajar yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun non-PNS akan diberi NUPTK.

NUPTK guru ini hanya diberikan kepada guru atau pengajar baik PNS maupun non-PNS hanya apabila pengajar tersebut sudah memenuhi persyaratan serta ketentuan-ketentuan sebagaimana yang tercantum dalam surat Direktur GTK. NUPTK ini berfungsi sebagai nomor identitas yang digunakan untuk keperluan-keperluan resmi seperti keperluan identifikasi dalam berbagai hal ataupun kegiatan kependidikan yang resmi.

Apakah NUPTK itu?

NUPTK adalah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan Nomor Induk bagi seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan. NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

Manfaat dan pentingnya NUPTK

Ibarat Bangunan, maka NUPTK adalah Pintu gerbang memasuki program di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk syarat mendapatkan tunjangan, pembinaan guru, dan program menarik lain kemdikbud. Untuk lebih detilnya berikut ini beberapa manfaat memiliki NUPTK :
  • Mengikuti Program Sertifikasi
  • Mendapatkan Tunjangan
  • Mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru)
  • Memperoleh tunjangan
  • Syarat memperoleh Tunjangan Fungsional
  • Mengikuti UKG
  • Memperoleh Beasiswa Pendidikan

NUPTK diberikan kepada seluruh GTK (PNS dan Non-PNS) yang memenuhi syarat dan ketentuan, digunakan sebagai Nomor Identitas resmi untuk keperluan identifikasi berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan.

NUPTK bersifat tetap, terdiri dari 16 angka. Sehingga meskipun guru yang bersangkutan pindah tugas mengajar, berubah status kepegawaian, atau perubahan data lainnya, NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah.

Lalu bagaimana jika kita ingin mengetahui NUPTK seorang guru PNS ataupun non-PNS?
Berikut ini admin sampaikan bagaimana caranya cek NUPTK dengan cepat!

3 Langkah Cepat Cek NUPTK

Untuk mengetahui 16 digit angka NUPTK, caranya sangat mudah. Anda bisa mengeceknya di pencarian GTK di SIM PKB.

Ikuti langkahnya satu demi satu agar tidak terjadi kesalahan :
  1. Masuk ke gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk
  2. Isikan nama atau nomor peserta UKG dikolom Nama GTK/No. Peserta UKGUntuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini, karena mungkin nama anda sama dengan guru di daerah lain, sebaiknya mengisi kolom propinsi dan kota.
    Cara Cek NUPTK Dengan Mudah
  3. Klik “Cari GTK” atau tekan EnterMaka disana akan muncul data anda, nomor UKG, NUPTK, satminkal, dan status.
Demikian admin sampaikan “3 Langkah Cepat Cek NUPTK”.
Terimakasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "3 Langkah Cepat Cek NUPTK"